6+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android (UPDATE)

64

Dianisa.com – Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka. Aplikasi atau software adalah bagian terpenting yang ada pada smartphone atupun tablet android. Ada 2 jenis aplikasi yang ada di Android yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi tambahan.

Aplikasi Bawaan merupakan aplikasi yang langsung ada pada smartphone Android itu sendiri seperti Galeri, Musik Player dan lainnya.

Sedangkan aplikasi tambahan yaitu aplikasi yang kita tambahkan sendiri sesuai dengan keinginan kita, seperti aplikasi seperti BBM, WhatsApp, FB Messenger, Instagram, Twitter, Path, dan lain sebagainya.

Apa Penyebab Aplikasi Android Saya Tidak Bisa Dibuka? Pertanyaan seperti ini sering kali hadir dari pengguna android yang sering kali mengeluhkan aplikasinya tidak bisa dibuka sama sekali.

Terkadang muncul pesan seperti Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti, “Sayangnya, Aplikasi Tidak Menanggapi”, “Sayangnya, Aplikasi Terus Berhenti”, “Sayangnya, Aplikasi Terhenti”, “Unfortunately, App Has Stopped”, “Unfortunately Force Close, Not Enough Memory”, “Not Responding”, “Sayangnya, com.android.process Telah Berhenti”, dan lainnya.

Pesan semacam itu pertanda bahwa aplikasi tersebut mengalami error sehingga tidak bisa dibuka dan tidak bisa dijalankan sama sekali.

Penyababnya bisa bermacam – macam mulai dari Cache File Yang Tidak Pernah Dihapus, memori Android penuh, atau Terjadinya Bugs Pada Aplikasi itu sendiri, dan lainnya.

Sebagai penguna android yang gaptek tentunya anda pasti bingung dalam mengatasi masalah tersebut. Tapi tenang saja, karena kali ini saya akan memberikan solusi jitu yang mungkin saja bisa mengatasi permasalahan yang sedang anda hadapi.

Lihat Artikel Terkait Android

Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka

Setiap pengguna android memiliki kerusakan aplikasi yang berbeda – beda, baik itu aplikasi bawaan atau aplikasi tambahan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa opsi yang bisa anda lakukan mulai dari Menghapus Cache Android, mengganti dengan versi lain, hapus data aplikasi, dan Menghentikan Aplikasi Secara Paksa

1. Restart Smartphone

Untuk metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan restart atau reboot smartphone. Metode ini memang bersifat tidak pasti, namun tidak ada salahnya untuk anda coba. Siapa tahu nantinya aplikasi yang bermasalah tersebut dapat normal kembali.

2. Menghapus Cache Memori

Cara pertama yang paling gampang yakni dengan menghapus cache memori. Apa Itu Cache Memori? Cache memori adalah salah satu file sementara yang apabila tidak di lakukan penghapusan secara berkala, maka lama – kelamaan akan terus menumpuk pada memori android itu sendiri.

Cara Menghapus Cache Memori yakni dengan memanfaatkan Aplikasi Clean Master. Aplikasi tersebut dapat menghapus cache dan file sementara lainnya hanya dengan satu klik saja.

Untuk cara manualnya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Fitur Clear Data dan Force Stop ada pada semu versi OS Android. Dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi akan menjadikan aplikasi kembali pada posisi default.

Dan semua data sementara pada aplikasi tersebut akan hilang seperi basis data, cache memori, bookmark, History, dan lainnya. Tenang saja, cara ini tidak menghapus aplikasi, namun hanya Menghapus Data Aplikasi saja.

Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Update Aplikasi

Banyaknya bugs terjadi mungkin karena aplikasi tersebut memang belum fiks atau belum maksimal saat digunakan. Biasanya sebuah aplikasi memang perlu dilakukan update, hal ini untuk menghilangkan bugs atau kekurangan dari aplikasi tersebut.

Seorang Developers biasanya berusaha untuk memaksimalkan kinerja dari aplikasi tersebut. Dan bagi anda yang belum melakukan update pada aplikasi, anda bisa lakukan melalui Google Play Store.

5. Ganti Dengan Versi Lain

Jika sebelumnya anda menginstall aplikasi secara manual melalui file Apk, dan ternyata tidak bisa dibuka, itu artinya aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan OS Android yang anda miliki.

Sebaiknya hapus aplikasi tersebut, dan ganti dengan aplikasi versi dibawahnya. Untuk Menghapus Aplikasi Android, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

6. Factory Reset Smartphone

Kemudian untuk metode keenam yakni bisa dengan Factory Reset Smartphone. Metode ini sebenarnya tidak dianjurkan karena aplikasi lain-pun juga ikut terhapus. Cobalah beberapa metode lain yang mungkin yang mungkin lebih baik dan lebih maksimal.

Adapun jika memang terpaksa melakukan Factory Reset, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Kesimpulan,

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Saya merasa bahwa metode yang kami berikan belum bisa di katakana berhasil 100%.

Namun tidak ada salahnya untuk di coba, karena metode di atas adalah metode paling umum yang di gunakan untuk Mengatasi Aplikasi Error, Macet, Bermasalah, Dan Lainnya. Jika ada yang kurang jelas, bisa hubungi melalui fanspage Dianisa atau langsung melalui kolom komentar.

Itulah beberapa metode singkat mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada pertanyaan yang ingin anda sampaikan atau ingin menambahkan tips dan trik lain mengenai pengalaman dalam mengatasi masalah pada aplikasi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Masalah Pada Game

Masalah Pada Aplikasi

Masalah Pada Play Store

Masalah Pada Sosial Messenger

64 KOMENTAR

  1. Banyak aplikasi terhenti di android saya seperti ada tulisan ” google terhenti”. Terus dibawahnya ada tulisan “laporkan ” dan “ok”. Bagaimana solusinya

  2. Gmna ini solusinya aplikasi saya masih blm bisa di buka semuanya padahal saya sudah mengikuti semua metode anda dari 1 – 5

  3. gan seluruh aplikasi yg ada di android baik yg download atau bawaan pabrik tidak bisa di buka semuanya meski udah di reset kembali ke bawaan pabrik..caranya gimana ya biar normal lagi

  4. Aplikasi FAVE tadinya jalan di HP Android saya (LG dan Samsung), tapi tiba2 nggak mau jalan lagi dengan message bahwa FAVE tidak bisa jalan di Rooted Device, padahal saya tidak pernah melakukan perubahan apapun di HP saya.

  5. Saya punya aplikasi bukalapak kenapa tidak bisa terkoneksi internet,,pdahal di aplikasi yang lain jalan dan internet stabi..mohon dibantu gan

  6. Mas/mba. Kalo aplikasi pengaturan telpon tidak bisa di buka itu knapa ya. Dan penanganan nya bagai mana? Mohon solusi nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here