Cara Factory Reset & Hard Reset HP Realme

0

Dianisa.comSeperti yang kita tahu, Realme merupakan salah satu smartphone yang sedang naik daun. Terlebih saat ini hadir pula seri terbaru dari Realme, yakni Realme X yang hadir dengan desain dan nuansa berbeda, terkhusus untuk kamera pop up layaknya smartphone flagship berkelas tinggi.

Realme X dibekali dengan layar berukuran 6,23 Inchi FHD+ Super AMOLED dengan rasio layar ke bodinya mencapai 91,2%. Dengan bodi dan layar yang begitu memukau tersebut tentu membuat pengguna merasa nyaman saat melakukan aktivitas multitasking. Terlebih saat ini, UI ColorOS 6 sudah sangat stabil.

Kemudian pada bagian kamera yang pastinya menarik untuk dibicarakan. Hadir dengan resolusi 48MP + 5MP dengan teknologi Sony IMX586 dan 16MP untuk kamera selfie dengan teknologi Sony IMX471. Hadir dengan kamera pop up yang pastinya menjadi pengalaman lebih bagi para pengguna, hanya dengan waktu 0,74 detik pop up kamera akan terbuka atau muncul ke atas.

Tes ini sudah dilakukan sebanyak 200.000 kali dan kabarnya mampu digunakan 50 kali dalam sehari selama 10 tahun.

Bicara mengenai generasi terbaru dari Realme X, kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana dalam melakukan Factory Reset dan Hard Reset smartphone Realme. Panasaran, simak ulasannya berikut ini.

Hard Reset HP Lain

Masalah HP Realme

Masalah Smartphone Realme

Sebagai pengguna, kamu pasti punya alasan mengapa ingin melakukan hard reset smartphone Realme ke setelan pabrikan. Mungkin karena banyaknya masalah yang terjadi pada perangkat Realme, entah itu pada sistem atau aplikasi terinstal.

Mengingat sistem android tidak selamanya stabil dan terkadang ada saja masalah pada perangkat, baik itu karena human error atau karena aplikasi terinstal yang kurang stabil. Berikut beberapa masalah yang bisa saja terjadi pada perangkat Realme.

  • Lupa pola kunci atau kata sandi layar
  • Muncul pesan error pada aplikasi
  • Sistem yang bermasalah
  • Booting berhenti di logo
  • Kamera Realme tidak bisa digunakan
  • dan lainnya …

Sebenarnya tidak harus terkait masalah pada perangkat, Hard Reset juga dapat menjadi alasan ketika pengguna dari awal ingin mengembalikan smartphone ke setelan pabrikan, mungkin karena ingin dijual atau karena sudah lama digunakan dan opsi terbaik untuk mengurangi kelambatan dilakukanlah Hard Reset.

Haruskah Melakukan Hard Reset

Pilihan dalam melakukan Hard Reset tentu ada pada pengguna, namun disini saya mencoba memberikan opsional mengapa harus dilakukan Hard Reset ketika masih ada opsi – opsi lain. Dari pada nantinya kamu harus melakukan setelan harus awal lagi dan membuat mu sibuk untuk setting – setting tampilan, kontak, instal aplikasi, game, dan sebagainya.

Ketika masalahnya ada pada aplikasi seperti misalnya muncul pesan error atau aplikasi tersebut tidak bisa dibuka, tidak bisa mengirim pesan, gagal, dan lainnya maka cobalah untuk Menghapus Data Aplikasi melalui manajemen aplikasi.

Dengan melakukan hal tersebut maka tentunya tidak perlu melakukan Hard Reset, atau jika masalahnya ada pada sistem, booting berhenti dilogo, UI yang error karena proses root dan sebagainya, maka lebih baik Hard Reset.

Sebelumnya, ada opsi lain selain Hard Reset, yakni Factory Reset yang dapat dilakukan melalui menu Pengaturan. Akan ada opsi Reset ke setelan pabrikan tanpa menghilangkan data lain seperti foto, video, audio, dokumen, dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, simak metodenya berikut ini.

Factory Reset HP Realme

Factory Reset merupakan metode mengembalikan smartphone ke setelan awal dimana pengguna dapat lebih mudah melakukannya melalui menu Pengaturan. Ketika masuk pada menu pengaturan, akan ada beberapa opsi dalam melakukan reset ke setelan pabrik seperti reset ke pengaturan sistem saja, hapus aplikasi yang diunduh dan data aplikasi, serta bersihkan semua data.

Apabila ada data yang mungkin perlu untuk kamu backup, silahkan lakukan backup. Salin semuanya ke memori eksternal kemudian lepaskan atau ke komputer agar nantinya dapat dikembalikan lagi. Untuk melakukannya, kamu bisa lihat langkah – langkahnya berikut ini.

Factory Reset Realme

  • Buka menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Reset ke Data Pabrik » Kemudian pilih opsi reset sesuai keinginan, namun saya sarankan memilih Reset Pengaturan Sistem Saja.

Hard Reset HP Realme

Hard Reset bisa menjadi solusi ketika pengguna mendapati masalah pada sistem atau masalah lain yang sudah tidak mungkin diselesaikan dengan metode sederhana. Untuk melakukannya, nantinya kamu bisa masuk melalui menu Recovery Mode atau ColorOS Recovery.

Jangan lupa, sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang kamu miliki. Adapun untuk melakukan Hard Reset atau Wipe Data Realme, kamu perlu ingin kata sandi lock sceen, karena itu nantinya akan dibutuhkan sebagai bagian dari konfirmasi atau verifikasi.

  • Pertama, pastikan smartphone Realme berada pada posisi off atau mati.
  • Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan sampai nantinya masuk pada menu ColorOS Recovery.
  • Pada menu tersebut akan ada opsi pilihan Bahasa, kamu bisa pilih English. (Gunakan Volume Up dan Down untuk navigasi atas dan bawah).
  • Untuk melakukan Hard Reset, kamu bisa pilih Wipe Data, kemudian konfirmasi dengan kata sandi lock screen lalu tap Ok. Tunggu hingga proses Wipe Data selesai.
  • Jika sudah, pilih Reboot untuk memuat ulang smartphone.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah metode dalam melakukan Hard Reset HP Realme, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Metode diatas dapat kamu coba pada semua perangkat Realme seperti Realme U1, Realme 2, Realme 2 Pro, Realme 3, Realme 3 Pro, Realme C1, Realme C2, Realme X, dan seri lanjutannya.

Jika ada sesuatu yang ingin kamu tanyakan atau sampaikan terkait metode diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here