8+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Galeri Telah Berhenti” di HP Android (UPDATE)

2

Dianisa.com – Mengatasi “Unfortunately Gallery Has Stopped” di HP Android. Galeri merupakan salah satu Aplikasi bawaan dari semua jenis smartphone Android. Galeri difungsikan sebagai tempat berkumpulnya semua foto dan video dari Internal Card dan Eksternal card.

Sebagai pengguna Android, tentunya anda merasa bahwa Galeri merupakan salah satu aplikasi paling penting untuk membuka, mencari, dan Mengedit Foto Dan Video.

Namun sayangnya, ternyata Galeri android juga dapat mengalami Kerusakan Seperti Macet, Tidak Bisa Dibuka, Dan Muncul Pesan Error. Salah satu error yang paling sering terjadi pada Galeri Android yakni muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya Galeri Telah Berhenti”, “Galeri Terus Berhenti”, “Sayangnya, Galeri Tidak Menanggapi”, “Sayangnya, Galeri Terhenti”, “Maaf, Galeri Telah Berhenti”, atau “Unfortunately Gallery Has Stopped”.

Ada beberapa penyebab yang membuat galeri Android error seperti penumpukan Cache, Memori RAM Penuh, Telah di lakukan rooting pada Android, dan lainnya.

Masalah Pada Smartphone

Mengatasi Galeri Android Error & Macet

Cara yang saya berikan mungkin belum sepenuhnya bisa berhasil 100%, tapi setidaknya anda coba terlebih dahulu dan nantinya anda bisa lihat hasilnya.

1.Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan restart smartphone. Ketika masalahnya hanya keran hang, ram yang penuh, maka restart bisa menjadi solusi.

Namun hal ini bersifat tidak pasti, adapun jika masih bermasalah maka anda bisa coba metode berikutnya.

2. Hapus Cache Galeri

File cache merupakan salah satu file yang harus anda perhatikan. Dalam 1 minggu sekali, minimal pengguna Android harus Membersihkan File Cache supaya performa Android dapat terus optimal dan maksimal.

Setiap aplikasi yang anda jalankan akan membentuk File cache mulai dari Galeri, Kamera, Pesan, Instagram, WhatsApp, BBM, LINE, Facebook Lite, YouTube, dan lainnya.

Untuk Membersihkan File Cache, anda 2 metode yang bisa anda lakukan, bisa satu persatu dan bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti Clean Master, 1 Tap Cleaner, CM Security, Go Speed, dan lainnya. Untuk hasil yang lebih maksimal memang lebih baik menggunakan aplikasi tambahan / dari pihak ketiga.

Hapus Cache Galeri

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Galeri” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

3. Hapus Data Galeri

Menghapus data android merupakan solusi paling jitu dalam Mengatasi Galeri Android Yang Macet Atau Error. Hapus data yang saya maksud kali ini adalah menghapus keseluruhan data Aplikasi secara permanen mulai dari cache, History, basis data, dan lainnya (Bukan termasuk foto dan Video).

Cara ini akan membuat Aplikasi Galeri serasa lebih fresh dan akan kembali pada pengaturan default.

Hapus Data Galeri

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Galeri” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

4. Unroot Jika Sebelumnya Pernah Root

Jika Masalah Galeri Android Yang Muncul Pesan Error setelah anda melakukan root pada Android maka dapat dipastikan penyebab error tersebut adalah ROOTING.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda unroot android anda supaya Aplikasi Tidak Error lagi dan bisa kembali normal seperti semula.

5. Update Galeri Yang Anda Gunakan

Cobalah untuk melakukan update pada aplikasi Galeri di HP Android anda. Diharapkan dengan melakukan hal ini masalah error pada galeri dapat teratasi.

Namun jika Galeri tidak tersedia update terbaru, maka anda bisa abaikan metode ini.

6. Factory Reset Smartphone

Jika semua cara diatas telah anda lakukan tapi tidak membuahkan hasil sama sekali maka cobalah dengan Factory Reset. Factory Reset atau Mengembalikan Android Ke Pengaturan Pabrik merupakan cara paling jitu namun juga cara paling menyedihkan.

Sebelum melakukan cara ini pastikan anda membackup semua data android yang anda anggap penting, baik di Internal Card dan Eksternal Card (Micro SD).

Reset HP Android

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

7. Gunakan Galeri Lain

Ketika galeri bawaan selalu bermasalah dan bagi anda mungkin serasa sulit ditangani, maka anda bisa unduh Galeri dari pihak ketiga. Ada banyak Aplikasi Galeri Gratis tersedia di Google Play Store.

Selain itu, aplikasi galeri dari pihak ketiga biasanya lebih user friendly dan fitur yang lengkap ketimbang bawaan.

8. Flashing Android Anda

Jika dengan Factory Reset tidak berhasil juga, cobalah dengan melakukan Flashing pada Android anda. Cara ini memang terbilang ribet dan sulit karen anda nantinya harus mengunduh sistem Android sesuai dengan merek dan tipe android yang anda gunakan.

Dari pengalaman saya pribadi, saat Andromax saya mengalami kerusakan. Saya mengunduh sistem Android yang berukuran 400 MB lebih.

Dan bagi anda anda yang belum pernah mencoba cara ini, saran saya lebih baik bawa ke Service Center terdekat agar dapat ditangani oleh orang yang lebih ahli. Atau bisa juga ke teman anda yang lebih memahami masalah pada smartphone.

Kesimpulan,

Lakukan metode – metode diatas dimulai dari yang pertama sampai yang terakhir. Jika cara pertama tidak berhasil maka lanjut ke cara kedua, dan jika cara kedua tidak berhasil maka lanjut cara ketiga, dan seterusnya.

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Unfortunately Gallery Has Stopped” di HP Android, Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

2 KOMENTAR

  1. Kak, apakah jika menginstall apk galeri lain bisa sesuai dengan sistem android bawaan ? Dan apa bisa diatur secara default ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here