8 Cara Mengatasi Google Drive Error, Tidak Bisa Dibuka

Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpanan awan (Cloud Storage) milik Google yang paling populer hingga saat ini. Dengan dukungan kapasitas gratis 15GB, Google Drive menjadi layanan terbaik yang memberikan kebutuhan penyimpanan seperti foto, video, audio, dokumen, dan sejenisnya. Integrasi yang baik dari Google memungkinkan pengguna untuk mengakses file dari beragam perangkat, mulai dari browser desktop hingga aplikasi Android dan iPhone (iOS).

Namun terkadang, sebagian pengguna mengalami masalah ketika mengakses file dari Google Drive, entah itu file sendiri, teman, rekan, kerabat, ataupun orang lain. Masalah error pada setiap pengguna tentu berbeda-beda, baik pada aplikasi ponsel ataupun akses melalui browser komputer. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan dan solusi lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 11 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Dibuka Windows

Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Dibuka di Laptop

Dalam banyak kasus, berikut beberapa penyebab yang membuat file Google Drive tidak bisa dibuka/ di akses.

  • Anda tidak memiliki izin untuk mengakses file. Jika Anda membuka link Google Drive dan link tersebut tidak ditemukan (padahal sebenarnya ada) maka kemungkinan Anda tidak memiliki akses terhadap file tersebut. Anda perlu memastikan kembali bahwa akun Google Anda (Gmail) telah ditambahkan oleh pemilik file.
  • Kemungkinan izin melihat/ mengunduh file telah di cabut. Bisa jadi yang sebelumnya Anda memiliki izin untuk mengakses file namun sekarang Anda tidak dapat melakukannya karena izin telah di cabut/ hapus.
  • Unduhan file terlalu banyak dalam satu waktu. Apabila Anda mengunduh file berukuran besar yang dapat di akses secara publik. Maka kemungkinan ada antrean yang membuat Anda harus menunggu.
  • Anda login pada akun Google yang salah. Coba cek apakah Anda telah login pada akun yang memiliki izin membuka/ melihat file, atau akun yang tidak memiliki izin tersebut.
  • Data yang Anda unduh tidak di izinkan antivirus. Kemungkinan lain, bisa saja antivirus menghalangi Anda dalam mengunduh file Google Drive.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silakan coba beberapa tipsnya berikut ini:

1. Pastikan kembali bahwa Anda memiliki izin untuk mengakses file

Apabila Anda membuka link Google Drive dan bertuliskan bahwa file tersebut tidak ditemukan/ tidak tersedia (padahal link tersebut benar), maka kemungkinan Anda tidak memiliki akses terhadap file tersebut. Untuk itu Anda perlu memastikan kembali bahwa Anda telah memiliki akses.

Tanyakan ke pemilik file tersebut, apakah email Anda telah di tambahkan untuk memberikan izin akses atau belum. Jika sudah ditambahkan, silakan akses kembali link tersebut.

2. Coba gunakan akun Google lainnya

Pastikan Anda mengakses link Google Drive menggunakan akun Google yang benar. Cek kembali apakah Anda menggunakan akun yang telah diberikan izin untuk akses file.

3. Matikan Antivirus Anda

3. Matikan Real-time protection Windows Security. RUDI DIAN ARIFIN

Jika Anda ingin mengunduh file yang sifatnya sensitif, coba matikan dulu Antivirus Anda agar tidak di blok oleh Antivirus. Apabila Anda menggunakan Windows Security, matikan fitur Real-Time Protection. Setelah itu, barulah Anda mencoba mengunduh kembali file Google Drive Anda.

  1. Buka menu Settings » Update & Security » Windows Security.
  2. Pilih Virus & threat protection » Manage Settings.
  3. Kemudian matikan Real-time protection.
  4. Selesai.

4. Simpan file tersebut ke akun Google Drive Anda

Jika Anda berhasil mengakses link Google Drive, namun ketika di unduh bertuliskan “Maaf , Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang” atau “Sorry you can’t view or download this file at this time“, maka di pastikan unduhan dari file tersebut cukup banyak.

Pesan tersebut tidak menandakan bahwa Google Drive error, namun karena limit access karena banyaknya unduhan. Untuk itu, Anda bisa menunggu selama 24 jam (1 hari) agar bisa mengunduhnya. Atau Anda juga bisa menyimpan file tersebut ke akun Google Drive Anda sendiri. Setelah itu, baru nantinya Anda bisa unduh file tersebut.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Google Chrome Error, Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Dibuka di Android

Selain melalui browser laptop/ komputer, masalah Google Drive terkadang juga terjadi pada pengguna Android. Beberapa pengguna mengalami masalah dalam mengakses Google Drive seperti hang, macet, lag, force close, hingga bertuliskan pesan error “Sayangnya, Google Drive telah berhenti”. Untuk mengatasi masalah tersebut, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Tutup semua aplikasi berjalan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan, cobalah untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di background (ikhtisar). Terkadang banyaknya aplikasi berjalan membuat RAM penuh sehingga membuat Google Drive tidak berjalan dengan baik. Setelah menutup, coba buka kembali dan lihat apakah masih bermasalah atau tidak. Jika masih bermasalah, coba lakukan tips selanjutnya.

Perlu diperhatikan juga, apabila Anda menggunakan ponsel Android dengan RAM di bawah 3GB. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi, agar smartphone tidak terlalu terbebani. Sering-seringlah untuk membersihkan sampah, cache, cookies, dan sejenisnya.

Lihat Juga : 3 Cara Menonaktifkan Aplikasi Android

2. Update Google Drive

Update Google Drive Android
2. Update Google Drive pada ponsel Android. RUDI DIAN ARIFIN

Tips berikutnya, cobalah untuk meng-update aplikasi Google Drive. Mungkin saja Google Drive di ponsel Anda terdapat bugs atau corrupt sehingga tidak bisa dibuka. Dengan update, diharapkan aplikasi dapat berjalan lebih baik ketimbang sebelumnya.

  1. Buka Google Play Store.
  2. Temukan dan pilih Google Drive.
  3. Klik Update untuk memperbarui aplikasi.
  4. Tunggu sampai proses update berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus

3. Coba hapus data aplikasi

Hapus Data Google Drive Android
3. Coba hapus data Google Drive Android. RUDI DIAN ARIFIN

Cara berikutnya yakni dengan menghapus data aplikasi Google Drive. Menghapus data membuat aplikasi kembali pada posisi default, membersihkan cache, cookies, data login, serta file sampah lainnya. Banyak pengguna Android membuktikan bahwa dengan menghapus data membuat aplikasi normal kembali.

  1. Buka Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih Google Drive.
  3. Pilih Penyimpanan, tap Hapus Data.
  4. Selesai.

Setelah menghapus data aplikasi, coba restart ponsel Android Anda. Setelah itu, baru Anda coba membuka kembali Google Drive.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WPS Office Error, Tidak Bisa Dibuka

Kesimpulan,

Setiap pengguna tentunya memiliki masalah yang berbeda-beda. Ikuti tips di atas sesuai dengan masalah yang Anda alami, apakah pada browser atau aplikasi Google Drive Android. Namun yang pasti tenang saja, jika Anda memiliki file yang tersimpan di akun Google Drive tetap bisa di akses kembali. Anda hanya tinggal membuka file melalui browser komputer/ laptop (apabila masalahnya terjadi pada aplikasi ponsel).

Kenapa Link Google Drive tidak bisa dibuka?

Tergantung, dari mana Anda mendapatkan link tersebut. Karena tidak semua link dapat di akses secara publik. Jika akun Google Anda tidak memiliki akses maka Anda tidak akan pernah bisa membukanya.

Kenapa Link Google Form tidak bisa dibuka?

Mungkin saja email Anda belum ditambahkan atau link tersebut telah habis waktunya. Karena biasanya, link Google Form dapat di atur seberapa lama melakukan survei atau tanya jawab.

Kenapa dokumen Google Drive tidak bisa dibuka?

Kemungkinan Anda tidak memiliki akses terhadap dokumen tersebut. Bisa juga pemilik dokumen mengatur untuk publik namun dalam mode read-only.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi Google Drive error, tidak bisa akses link. Jika Anda punya pertanyaan lain mengenai Google Drive, silakan tulis melalui kolom komentar. Bagikan artikel ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat.

Terima kasih dan selamat mencoba!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 4 Comment

  1. Tiya berkata:

    Saya mau bertanya, saya membuat folder di google drive tapi berbagi link tidak bisa diaktivkan, selalu muncul tulisan “tidak dapat mengubah setelan berbagi”. Padahal filenya tidak bermasalah dan bisa diaktivkan berbagi linknya.

  2. Sella berkata:

    Saya mau bertanya, Kenapa saat saya membuka file muncul tulisan tidak ada koneksi internet padahal koneksi sedang lancar terus saya membuka file yang lain dan bisa?

  3. Agung berkata:

    Mantap, penjelasannya sangat lengkap dan Work!