10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Realme

Realme merupakan salah produsen smartphone asal Tiongkok yang banyak menghadirkan beragam varian smartphone dan aksesoris dengan harga murah dan terjangkau. Realme pertama kali hadir di Indonesia pada akhir tahun 2018 dengan membawa tiga varian produk entry level, yaitu Realme C1, Realme 2, dan Realme 2 Pro. Hanya dalam beberapa tahun, Realme berhasil menguasai pasar Asia Tenggara. Pada tahun 2021, Realme masuk kategori brand smartphone pilihan masyarakat Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 6,6%.

Tak hanya merilis smartphone entry level, Realme juga banyak merilis smartphone kelas middle dan flagship dengan kualitas dan performa yang sangat baik. Meskipun demikian, beberapa varian smartphone Realme seri lama seperti C1, C2, dan Realme 2 hadir dengan kapasitas memori yang masih terbatas. Faktor tersebut yang membuat beberapa pengguna mengalami masalah memori internal penuh yang akhirnya berdampak pada penurunan performa. Untuk mengatasi masalah tersebut, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Xiaomi

Penyebab Memori Internal Realme Penuh

Memori penyimpanan yang cepat habis / penuh lebih sering terjadi pada ponsel dengan kapasitas memori di bawah 32GB. Hal tersebut berasalan karena kapasitas tersebut terbilang cukup kecil. Dilihat dari perkembangan dunia digital saat ini, kebutuhan penyimpanan semakin banyak untuk jepretan foto dan instalasi game. Kondisi tersebut diperparah dengan abainya pengguna terhadap penumpukan file sampah. Selengkapnya Anda bisa simak beberapa faktor yang menyebabkan memori penuh di bawah ini.

  • Tidak pernah membersihkan file cachePenumpukan file sampah / cache yang berlebihan juga dapat menyebabkan memori penuh. Hal inilah yang terkadang diabaikan oleh pengguna Realme. Setidaknya bersihkan file cache seminggu atau sebulan sekali untuk menjaga agar ponsel Realme tetap stabil dan optimal saat digunakan.
  • Penumpukan file berkas dan media – Penumpukan file berkas dan media seperti dokumen, foto, gambar, video, audio, dan sejenisnya juga menyebabkan memori internal penuh. Cek aplikasi File Manager pada ponsel Realme Anda, berapa banyak jepretan kamera yang Anda lakukan dan berapa banyak kiriman file WhatsApp yang Anda terima.
  • Duplikasi file yang tidak pernah di cek – Terkadang file yang Anda miliki tersalin karena mengunduh atau mengirim file berkali-kali. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya duplikasi file. Untuk melihatnya, Anda bisa cek menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Files by Google.
  • Adanya file tersembunyi dengan ukuran besar – Kemungkinan lain terdapat file tersembunyi yang tidak Anda tahu sehingga menyebabkan memori internal penuh. Untuk memastikannya, Anda bisa cek File Manager atau Galeri ponsel Realme. Cobalah untuk menampilkan semua file, termasuk file tersembunyi.
  • Unduhan video offline YouTube – Unduhan video offline YouTube juga dapat menyebabkan memori internal penuh. Jika Anda merasa memiliki unduhan video YouTube, sebaiknya hapus atau kurangi unduhan tersebut.
  • Memasang aplikasi dengan ukuran besar – Aplikasi dan game kebanyakan memiliki ukuran yang relatif besar. Terutama game moba yang ukuran instalasinya di atas 1GB.
  • Tidak menggunakan memori eksternal – Memori internal cepat habis / penuh diperparah dengan tidak memasang memori eksternal (MicroSD) untuk simpanan file berkas dan media. Anda tidak bisa menyimpan semua file berkas dan media ke memori internal apabila memori internal saja sangat kecil (di bawah 32GB). Anda perlu melakukan ekspansi dengan memasang memori eksternal.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO

Mengatasi Memori Internal Realme Penuh

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, saatnya melakukan perubahan dengan membersihkan semua hal yang menyebabkan memori penuh. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan mulai dengan membersihkan file cache, menghapus aplikasi / game, menghapus file berkas dan media, serta melakukan ekspansi dengan menambah memori eksternal. Selengkapnya Anda bisa simak dan ikuti panduan berikut ini.

1. Bersihkan file cache secara rutin

Bersihkan Cache Realme
1. Bersihkan file cache Realme. RUDI DIAN ARIFIN

File cache merupakan file sementara yang diproduksi oleh sistem dan aplikasi terinstall. File cache dibuat untuk mempercepat pengguna dalam menjalankan aplikasi dan membuka file tertentu. Meskipun bersifat membantu, Anda tetap harus membersihkan file cache seminggu atau sebulan sekali. Untuk membersihkan file cache, Anda bisa melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih bawaan Realme.

  1. Buka aplikasi Manajer Telepon pada ponsel Realme Anda.
  2. Ikuti proses pemindaian file cache pada ponsel Realme Anda.
  3. Jika sudah, ketuk Bersihkan untuk membersihkan file cache.
  4. Setelah itu, Anda akan melihat hasil pembersihan tersebut.
  5. Selesai.

Lihat Juga :  6 Cara Membersihkan File Cache di HP Realme

2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Menghapus Aplikasi Realme
2. Menghapus aplikasi Realme. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, cobalah untuk menghapus aplikasi / game yang tidak Anda gunakan lagi. Terutama game yang kebanyakan memiliki ukuran relatif besar. Mengingat game lebih cepat membuat memori internal penuh ketimbang file berkas dan media. Satu game saja terkadang memiliki ukuran di atas 1GB sampai 4GB. Apalagi aplikasi / game tidak dapat dipindahkan ke memori eksternal. Sekalipun Anda tidak ingin menghapus game, Anda harus menghapus file lain yang sekiranya perlu untuk dihapus.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Realme Anda.
  2. Pilih fitur Manajemen Aplikasi » Daftar Aplikasi.
  3. Temukan dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.
  4. Ketuk Bongkar untuk menghapus aplikasi.
  5. Konfirmasi dengan OK.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi di HP Android

3. Hapus file media yang tidak dibutuhkan

Tips selanjutnya cobalah untuk membersihkan file berkas dan media yang sekiranya tidak Anda butuh kan, seperti dokumen, foto, gambar, video, audio, apk, dan lain sebagainya. Setidaknya sisakan ruang kosong 20% dari total memori penyimpanan yang Anda miliki. Anda tidak bisa melegakan ruang penyimpanan jika tidak menghapus atau memindahkannya ke memori eksternal. Beberapa bagian yang perlu Anda cek yaitu folder DCIM (hasil jepretan kamera), kiriman file WhatsApp, file APK, dan unduhan video offline YouTube.

Bersihkan File Manager Realme

Menghapus File Berkas Realme
1. Bersihkan berkas dan media Realme. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi File Manager pada ponsel Realme Anda.
  2. Pilih kategori file yang ingin Anda bersihkan.
  3. Jika Anda ingin menghapus file APK, Anda bisa pilih kategori APK.
  4. Tandai beberapa file / semua file yang ingin dihapus.
  5. Ketuk Hapus untuk menghapus file yang diinginkan.
  6. Selesai.

Cek file berkas dan media WhatsApp

Bersihkan File WhatsApp
2. Cek kiriman berkas dan media WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi WhatsApp » tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Penyimpanan dan data » Kelola Penyimpanan.
  3. Pilih kontak yang Anda inginkan.
  4. Kemudian tandai file-file yang ingin dihapus.
  5. Tap ikon Hapus untuk menghapus file.
  6. Selesai.

Matikan unduhan otomatis WhatsApp

Matikan unduh data otomatis WhatsApp data otomatis WhatsApp
3. Matikan unduhan otomatis WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi WhatsApp, tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Penyimpanan dan data.
  3. Pada fitur Saat menggunakan data seluler. Hilangkan centang pada foto, audio, video, dan dokumen.
  4. Lakukan hal yang sama pada fitur Saat terhubung ke Wi-Fi. Hilangkan centang pada foto, audio, video, dan dokumen.
  5. Tap OKE.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Agar WhatsApp Tidak Menyimpan Foto Secara Otomatis

Cek data unduhan offline video YouTube

Hapus Unduhan Video Offline YouTube
4. Cek data unduhan offline video YouTube. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi YouTube pada ponsel Android Anda.
  2. Masuk pada halaman Koleksi » pilih Hasil Download.
  3. Ketuk ikon tiga titik pada bagian atas » pilih Setelan.
  4. Ketuk Hapus semua download untuk menghapus semua unduhan video Anda.
  5. Konfirmasi penghapusan dengan ketuk Hapus.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus History YouTube

4. Gunakan memori eksternal

Ponsel Realme kelas entry-level dan mid-range kebanyakan memiliki slot MicroSD. Sedangkan ponsel Realme kelas high-end atau flagship tidak memiliki slot MicroSD karena kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Apabila ponsel Realme Anda tersedia slot MicroSD, maka saran saya cobalah untuk melakukan ekspansi dengan memasang memori eksternal (MicroSD). Dengan memasang MicroSD, Anda mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar serta bisa menyimpan banyak file berkas dan media. Berikut beberapa poin penting apabila ingin memasang MicroSD:

  • Pilihlah MicroSD kelas 10 atau yang lebih tinggi dengan kecepatan transfer data yang dapat mencapai 10 Mbps. Kartu jenis ini juga sangat ideal untuk memainkan video atau film tanpa lag sama sekali.
  • Jangan sampai tertipu dengan MicroSD palsu dengan harga yang sangat murah.
  • Belilah MicroSD dengan kapasitas yang cukup besar agar dapat menampung banyak data.
  • Pindahkan file berkas dan media yang ada di memori internal ke memori eksternal.
  • Jangan memaksa aplikasi terinstall untuk dipindahkan ke memori eksternal agar tidak terjadi kerusakan atau error.

Lihat Juga : 7 Cara Melepas MicroSD Android dengan Benar dan Aman

5. Gunakan layanan cloud storage

Apabila Anda merasa tidak memiliki cukup dana untuk membeli MicroSD, alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan layanan cloud storage dari Google. Ponsel Android seperti Realme dapat memanfaatkan Google Drive sebagai cloud storage gratis untuk menyimpan banyak data. Google Drive menyediakan penyimpanan gratis 15 GB untuk satu akun. Selain menghemat memori internal, integrasi dan ekosistem yang baik dari Google memudahkan Anda untuk mengakses file dari perangkat mana pun, baik dari smartphone, tablet, laptop, ataupun PC.

Selain Google Drive, ada bayak layanan cloud storage yang juga menyediakan penyimpanan gratis seperti Dropbox, Box, OneDrive, dan lainnya.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Cloud Storage Android & iOS Terbaik

6. Reset HP Realme

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengembalikan ponsel Realme ke pengaturan awal. Cara ini cukup efektif dalam mengatasi memori internal penuh karena semua data dan aplikasi terinstall dihapus secara permanen. Hanya sistem dan aplikasi bawaan yang tidak dihapus. Anda bisa jadikan Factory Reset / Hard Reset sebagai pilihan untuk mendapatkan performa ponsel optimal seperti baru beli. Silakan pilih salah satu metode reset HP Realme berikut ini.

Factory Reset Realme

Factory Reset Realme
6. Factory Reset Realme. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Realme Anda.
  2. Temukan dan pilih Pengaturan Tambahan » Cadangan dan Reset.
  3. Kemudian pilih Reset ke Setelan Pabrik » Hapus Semua Data.
  4. Konfirmasi penghapusan dengan ketuk Hapus Data.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Realme

Hard Reset Realme

  1. Langkah pertama, matikan smartphone Realme Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai nantinya masuk pada menu Realme UI Recovery.
  3. Untuk pilihan Bahasa, silakan pilih English.
  4. Untuk melakukan reset, pilih Wipe Data.
  5. Konfirmasi dengan kata sandi/ lock screen, lalu tap Format Data.
  6. Konfirmasi dengan tap Format.
  7. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 8 Masalah OPPO dan Solusi Mengatasinya

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips di atas, diharapkan masalah ruang penyimpanan hampir habis / penuh dapat teratasi dengan baik. Masalah memori penuh sebenarnya bukan masalah berat dan tidak perlu ditakutkan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan file cache, menghapus atau memindahkan data, serta uninstall aplikasi. Selain itu, Anda bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan memasang memori eksternal.

Apa yang terjadi apabila tidak membersihkan cache Realme?

Performa ponsel akan menurun serta memori internal akan cepat habis / penuh.

Mengapa aplikasi Realme tidak dapat dipindahkan ke memori eksternal?

Karena setiap jenis kartu memori memiliki kecepatan transfer data yang berbeda-beda. Untuk menjaga kestabilan aplikasi, Android tidak mengizinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal.

Mengapa memori penuh padahal tidak install banyak aplikasi?

Bisa jadi terdapat file tersembunyi yang menyebabkan memori penuh.

Mengapa memori penuh padahal tidak ada file?

Kemungkinan terdapat file tersembunyi yang tidak terlihat serta instalasi aplikasi / game, dengan ukuran yang relatif besar.

Mengapa memori internal Realme tidak sesuai dengan spesifikasi?

Sebenarnya memori internal Realme sesuai dengan spesifikasi, hanya saja sebagian dari kapasitas memori digunakan untuk instalasi sistem dan aplikasi bawaan.

Itulah tips singkat dari saya dalam mengatasi memori internal Realme yang penuh, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Bagikan artikel ke media sosial Anda agar orang lain ikut terbantu. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. Nastha berkata:

    Terima kasih, sangat membantu

  2. mariashinta berkata:

    sudah saya coba tidak bisa kak -_-, bantu :'(