6 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di OPPO

Media penyimpanan menjadi bagian yang sangat penting untuk menyimpan berbagai data atau file kesukaan. Smartphone OPPO hadir dengan memori Internal dengan kapasitas yang bermacam – macam, ada yang 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, dan juga 64 GB. Harga menjadi patokan besaran memori yang akan di dapatkan.

Saat ini ada banyak para pengguna HP OPPO yang mengalami masalah semacam pesan error tertentu, termasuk anda yang mungkin sedang mengalaminya saat ini.

Beberapa masalah pesan error yang muncul saat memori penuh diantaranya bertuliskan Ruang penyimpanan penuh, “Ruang penyimpanan tidak cukup”, “Not enough memory”, dan pesan error lainnya yang masih banyak lagi.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Maaf, Google Play Telah berhenti di HP OPPO

Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat

Masalah semacam ini tentu penyebabnya karena memori Internal telah penuh. Banyaknya file dan aplikasi yang tersimpan membuat memori Internal penuh.

Terkadang tidak belum sampai penuh, pesan tersebut selalu muncul berulang – ulang. Dan yang pasti, pengguna merasa bingung dalam mengatasinya. Dan berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan…

1. Hapus Pesan Masuk (SMS)

Solusi pertama yang bisa anda coba lakukan adalah membersihkan history pesan atau pesan masuk yang masih tersimpan.

Pesan masuk yang terlalu banyak, bahkan sampai ribuan pesan tidak pernah dihapus sama sekali, maka anda harus menghapusnya. Namun apabila anda tidak memiliki history pesan, maka anda bisa mengabaikan solusi pertama ini.

2. Hapus File Cache Android

Untuk solusi yang kedua, anda bisa membersihkan file cache yang menumpuk terlalu banyak. Ada banyak aplikasi cleaner yang bisa anda gunakan.

Gunakan aplikasi cleaner tersebut untuk membersihkan file cache dan recidual sampai bersih.

Hapus Cache Aplikasi
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

3. Pindahkan Aplikasi Ke MicroSD

Selanjutnya, anda bisa memindahkan aplikasi yang terinstall di memori internal ke memori eksternal (MicroSD). Dengan memindah aplikasi, anda bisa menghemat puluhan bahkan ratusan MB pada memori Internal.

Cara ini bisa anda lakukan pada smartphone OPPO bersistem Kitkat 4.4 ke atas.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Diinstall » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Pindahkan Ke SD Card”.

4. Pindahkan Foto, Musik, dan Video

Untuk solusi yang keempat, anda bisa memindahkan semua file foto, musik, dan video ke memori eksternal. Seperti yang anda tahu bahwa ukuran satu foto selfie di HP OPPO terbilang cukup besar, sehingga membuat media penyimpanan cepat habis.

Dengan memindahkan semua file tersebut, maka ruang penyimpanan yang ada di memori internal akan lebih luas / lebih lega. Dan yang pasti, pesan error tersebut tidak akan muncul kembali.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca Komputer

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Solusi kelima, anda bisa menghapus aplikasi yang tidak penting atau sudah tidak anda gunakan lagi. Aplikasi yang tidak dipakai akan membuang banyak memori.

Khususnya game yang sudah tidak anda mainkan, maka sebaiknya anda hapus saja game atau aplikasi tersebut.

Menghapus Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Lihat Juga : Memori Penuh Padahal Tidak Install Banyak Aplikasi

6. Factory Reset OPPO

Apabila semua metode diatas tidak berhasil mengatasi pesan error bertuliskan “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat”, maka anda bisa mencoba untuk melakukan factory reset.

Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan anda melakukan backup pada semua file yang anda simpan.

Reset HP Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

Lihat Juga : Cara Hard Reset HP OPPO

Akhir kata,

Dengan hadirnya beberapa metode diatas, semoga HP OPPO anda bisa normal kembali. Metode – metode diatas bisa anda lakukan pada semua tipe OPPO seperti OPPO A37, OPPO A59, OPPO A53, OPPO A33, OPPO R7 Plus, dan perangkat OPPO lainnya.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. Fernandony berkata:

    OPPO A83 nda ad fitur seperti yg di atas anda jelaskan