10 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di HP OPPO

Media penyimpanan menjadi bagian yang sangat penting untuk menyimpan banyak data, aplikasi, dan game. OPPO menyediakan…

Media penyimpanan menjadi bagian yang sangat penting untuk menyimpan banyak data, aplikasi, dan game. OPPO menyediakan beberapa varian dan tipe ponsel dengan pilihan memori internal yang bermacam-macam, ada yang 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB dan juga 256GB. Harga menjadi patokan besaran memori yang akan di dapatkan. Pengguna yang memiliki HP OPPO dengan penyimpanan internal di atas 64GB mungkin cukup leluasa dalam menginstall banyak aplikasi dan menyimpan banyak data. Tetapi yang di bawah 64GB terasa sangat terbatas.

Ada banyak pengguna OPPO yang mengalami masalah memori internal penuh, termasuk Anda yang mungkin sedang mengalaminya saat ini. Beberapa pesan notifikasi yang muncul saat memori penuh di antaranya seperti “Ruang penyimpanan penuh”, “Ruang penyimpanan tidak cukup”, “Penyimpanan hampir habis”, “Not enough memory”, dan pesan notifikasi lainnya yang masih banyak lagi. Untuk memahami lebih jauh mengetahui pesan notifikasi tersebut, Anda bisa simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Maaf, Google Play Telah Berhenti di HP OPPO

Penyebab Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat

Memori internal penuh atau  tidak cukup ruang pada perangkat di sebabkan oleh simpanan data dan aplikasi terinstall yang cukup banyak. Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak beberapa poin penyebab berikut ini.

  • File cache tidak pernah dibersihkan – Tanpa disadari penumpukan file cache yang berlebihan dapat menyebabkan memori internal penuh. Hal inilah yang terkadang banyak diabaikan oleh pengguna OPPO. Setidaknya bersihkan file cache seminggu atau sebulan sekali agar tidak membuat memori internal penuh serta menjaga ponsel OPPO tetap stabil dan optimal.
  • Penumpukan file berkas dan media – Selain file cache, penumpukan file berkas dan media seperti dokumen, foto, video, audio, dan sejenisnya juga menyebabkan memori internal penuh. Coba cek File Manager pada ponsel OPPO Anda, berapa banyak jepretan kamera yang Anda lakukan dan berapa banyak kiriman media WhatsApp yang Anda terima.
  • Duplikasi file yang tidak pernah di cek – Terkadang file yang Anda miliki tersalin karena mengunduh atau mengirim file berkali-kali. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya duplikasi file. Untuk melihatnya, Anda bisa cek menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Files by Google.
  • Adanya file tersembunyi dengan ukuran besar – Kemungkinan terdapat file tersembunyi dengan ukuran besar yang tidak Anda tahu sehingga menyebabkan memori internal penuh. Hal inilah yang membuat beberapa pengguna bingung dengan memori internal penuh padahal tidak menginstall banyak aplikasi dan file.  
  • Unduhan video offline YouTube yang terlalu banyak –Unduhan video offline YouTube juga dapat menyebabkan memori internal penuh. Jika Anda merasa memiliki unduhan video YouTube, sebaiknya hapus atau kurangi unduhan tersebut.
  • Memasang aplikasi / game dengan ukuran besar – Instalasi aplikasi dan game dengan ukuran besar juga dapat menyebabkan memori internal penuh. Terutama game moba yang kebanyakan memiliki ukuran di atas 1GB.
  • Tidak memasang memori eksternal – Memori internal cepat habis / penuh diperparah dengan tidak memasang memori eksternal (MicroSD) untuk simpanan file berkas dan media. Anda tidak bisa menyimpan semua file berkas dan media ke memori internal apabila memori internal saja sangat kecil (di bawah 32GB). Anda perlu melakukan ekspansi dengan memasang memori eksternal.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Lemot / Lambat

Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat

Kenyataannya memori internal di atas 64GB jauh lebih leluasa ketimbang memori internal 32GB. Belum lagi jika 64GB masih dilakukan ekspansi dengan memasang memori eksternal untuk simpanan file berkas dan media. Meskipun memori internal HP OPPO Anda kecil, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Untuk menghemat dan menghilangkan notifikasi memori internal penuh, cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Hapus pesan masuk (SMS)

Cobalah untuk membersihkan histori pesan atau pesan masuk yang masih tersimpan. Pesan masuk yang terlalu banyak, bahkan sampai ribuan pesan tidak pernah dihapus maka saya sarankan untuk menghapusnya. Namun apabila Anda tidak memiliki pesan masuk, maka Anda bisa mengabaikan tips ini.

2. Bersihkan file junk dan cache

Bersihkan Cache OPPO
1. Bersihkan file junk dan cache OPPO. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, cobalah untuk membersihkan semua file junk dan cache pada ponsel OPPO Anda. File cache akan mempercepat akses pengguna ketika membuka atau menjalankan aplikasi. File cache akan terus diproduksi ketika Anda menjalankan sistem dan aplikasi terinstall. Meskipun sangat membantu, Anda tetap harus membersihkannya agar tidak terjadi penumpukan file cache di memori internal. Pada ponsel OPPO, Anda bisa memanfaatkan aplikasi manajer telepon untuk membersihkan cache dengan sekali klik.

  1. Buka aplikasi Manajer Telepon pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Bersihkan & Percepatan » tunggu sampai proses pemindaian cache selesai dilakukan.
  3. Ketuk Bersihkan.
  4. Selesai.

Selain manajer telepon, Anda bisa gunakan aplikasi pembersih pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store. CCleaner merupakan salah satu aplikasi pembersih yang sangat saya rekomendasikan. Aplikasi tersebut memiliki fitur manajemen memori yang sangat detail. Anda bisa cek file berkas, media, dan aplikasi yang menyebabkan memori internal penuh.

Lihat Juga : 7 Cara Membersihkan Cache di HP OPPO

3. Hapus file berkas dan media yang tidak dibutuhkan

Tips selanjutnya, cobalah untuk menghapus file berkas dan media yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi. Sisakan setidaknya 20% dari total kapasitas penyimpanan internal. Untuk melegakan ruang penyimpanan, mau tidak mau Anda hapus membersihkan data-data pada memori internal. Cek bagian-bagian yang sekiranya menyebabkan memori internal penuh seperti folder DCIM, kiriman media WhatsApp, file instaler APK, dan unduhan video offline Youtube.

Bersihkan File Manager OPPO

Bersihkan File Manager OPPO
3. Bersihkan file berkas dan media. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi File Manager pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih kategori file yang ingin Anda bersihkan.
  3. Jika Anda ingin menghapus file Gambar, Anda bisa pilih kategori Gambar.
  4. Tandai beberapa file / semua file yang ingin dihapus.
  5. Ketuk Hapus untuk menghapus file yang diinginkan.
  6. Selesai.

Hapus berkas dan media WhatsApp

Bersihkan File WhatsApp
3. Bersihkan file berkas dan media WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp pada ponsel OPPO Anda.
  2. Ketuk ikon tiga titik yang ada di bagian atas » pilih Setelan.
  3. Pilih Penyimpanan dan data » Kelola penyimpanan.
  4. Selanjutnya pilih chat dan media yang ingin Anda hapus.
  5. Selesai.

Matikan unduhan otomatis media WhatsApp

Matikan unduh data otomatis WhatsApp data otomatis WhatsApp
3. Matikan unduhan otomatis media WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Masuk pada menu Setelan WhatsApp » Penyimpanan dan data.
  2. Pada bagian Unduh otomatis media, ubah bagian Saat menggunakan data seluler, saat terhubung ke Wi-Fi, dan saat roaming.
  3. Hilangkan centang pada foto, video, audio, dan dokumen.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Hemat Data Saat Menggunakan WhatsApp

Hapus unduhan video offline YouTube

Hapus Unduhan Video Offline YouTube
3. Hapus unduhan video offline YouTube. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi YouTube pada ponsel OPPO Anda.
  2. Masuk pada halaman Koleksi » pilih Hasil Download.
  3. Ketuk ikon tiga titik pada bagian atas » pilih Setelan.
  4. Ketuk Hapus semua download untuk menghapus semua unduhan video Anda.
  5. Konfirmasi penghapusan dengan ketuk Hapus.
  6. Selesai.

4. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Menghapus Aplikasi OPPO
4. Hapus aplikasi / game yang tidak digunakan. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, cobalah untuk menghapus aplikasi / game yang lama tidak digunakan lagi. Aplikasi / game biasanya lebih cepat membuat memori internal penuh ketimbang file berkas dan media. Utamanya game yang memiliki ukuran relatif besar. Instalasi game moba saja rata-rata memiliki ukuran 1GB sampai 4GB. Apalagi instalasi aplikasi dan game tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal. Karena itulah saya sarankan untuk menghapusnya.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Manajemen Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Ketuk Hapus untuk menghapus aplikasi.
  4. Konfirmasi penghapusan dengan tap OK.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi Android

5. Tambah memori eksternal (MicroSD)

Apabila ponsel OPPO Anda tersedia slot MicroSD, maka saran saya cobalah untuk melakukan ekspansi (menambah kapasitas penyimpanan) dengan memasang memori eksternal (MicroSD). Dengan menambah kapasitas penyimpanan, Anda bisa menghemat memori internal. Pindahkan data-data yang bisa dipindahkan dari memori internal ke memori eksternal. Berikut beberapa poin penting apabila Anda ingin memasang MicroSD:

  • Saat ingin membeli MicroSD, pilihlah MicroSD kelas 10 atau yang lebih tinggi dengan kecepatan transfer data yang mencapai 10 Mbps. Kartu jenis ini sangat ideal untuk memutar video atau film tanpa lag sama sekali.
  • Jangan sampai tertipu dengan MicroSD palsu dengan harga murah.
  • Belilah MicroSD dengan kapasitas besar agar dapat menampung banyak data.
  • Pindahkan semua file berkas dan media dari memori internal ke memori eksternal.

Lihat Juga : 7 Cara Melepas MicroSD di HP Android

6. Manfaatkan layanan Cloud Storage

Selain memasang memori eksternal, alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan layanan cloud storage dari Google. Pada ponsel OPPO Anda bisa memanfaatkan Google Drive sebagai cloud storage untuk menyimpan banyak data. Anda bisa lakukan sinkronisasi file media Anda ke Google Photos untuk mempermudah pengunggahan. Selain menghemat penggunaan memori internal, integrasi dan ekosistem yang baik dari Google memudahkan Anda untuk mengakses file berkas dan media dari perangkat berbeda, baik itu smartphone, tablet, laptop, dan PC.

Selain Google Drive, Anda bisa juga memanfaatkan OPPO Cloud dari OPPO (khusus untuk ponsel OPPO seri terbaru) yang menyediakan penyimpanan gratis 5GB untuk satu akun.  

Lihat Juga : 10 Aplikasi Cloud Storage Android & iOS Terbaik

7. Reset HP OPPO

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan reset ponsel OPPO ke setelan awal / pabrik. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi memori internal penuh karena semua data dan aplikasi terinstall akan dihapus secara permanen (termasuk file tersembunyi yang tidak terlihat). Anda bisa jadikan Factory Reset / Hard Reset sebagai pilihan apabila Anda ingin mendapatkan performa ponsel yang stabil dan optimal seperti baru beli. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti dua panduan reset berikut ini.

Factory Reset OPPO

Reset HP OPPO
7. Factory Reset OPPO. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan » Buat cadangan dan reset.
  3. Pilih Kembalikan ke pengaturan pabrik » Hapus semua isi & pengaturan.
  4. Konfirmasi reset ponsel OPPO ke setelan pabrik.
  5. Selesai.

Hard Reset OPPO

  1. Pertama, pastikan ponsel OPPO Anda dalam keadaan off atau mati.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo OPPO.
  3. Setelah muncul logo OPPO, lepaskan kedua tombol dan tunggu beberapa saat maka Anda akan masuk pada menu ColorOS Recovery.
  4. Untuk bahasa, pilih Bahasa Inggris » lanjutkan dengan memilih Wipe Data » konfirmasi dengan Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos).
  5. Tunggu selama beberapa saat sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Tekan Reboot untuk restart ponsel OPPO.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP OPPO

Penutup,

Mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat sebenarnya mudah untuk Anda lakukan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan file cache, menghapus aplikasi, serta memindahkan atau menghapus data. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan cloud storage untuk simpanan file berkas dan media.

Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua varian dan tipe HP OPPO seperti OPPO A37, OPPO A53, OPPO A3s, OPPO A15, OPPO A11K, OPPO A15S, OPPO A33, OPPO A32, OPPO A1K, OPPO A12, OPPO A5S, OPPO A71, OPPO F1, OPPO F5, OPPO F7, OPPO F9, dan semua seri OPPO lainnya. Jika ada sedikit perbedaan. Berikut beberapa poin penting untuk melegakan memori internal.

  • Bersihkan file sementara setidaknya seminggu atau sebulan sekali.
  • Hapus aplikasi / game yang tidak digunakan lagi.
  • Hapus file berkas dan media yang tidak diperlukan lagi.
  • Lakukan ekspansi dengan memasang memori eksternal (MicroSD).
  • Hindari menyimpan video YouTube apabila Anda merasa memori internal tidak cukup.
  • Manfaatkan layanan cloud storage gratis.
Bagaimana memindahkan instalasi aplikasi ke memori eksternal?

Secara default, aplikasi terinstall tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal.

Mengapa memori internal penuh padahal tidak ada file?

Memori penuh tidak hanya disebabkan oleh simpanan data, tetapi juga bisa karena instalasi aplikasi dan game.

Mengapa kapasitas memori internal OPPO tidak sesuai spesifikasi?

Kapasitas memori internal OPPO sebenarnya sesuai spesifikasi. Tetapi sebagian dari kapasitas tersebut digunakan untuk instalasi sistem dan aplikasi bawaan (bloatware).

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Masalah OPPO

Discussion | 4 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Marsya berkata:

    Thanks, sangat membantu!

  2. Silvi Deswita Sari berkata:

    Hai ka, aku udh ngelakuin semua tips nya tapi ga ngurangin memori akuu tetep aja penuh bangett 😭 dan di reset itu yg terakhir apa ya mksdnya? Nanti foto” nya masih ada ga? Tolong jawab ka

  3. Fernandony berkata:

    OPPO A83 nda ad fitur seperti yg di atas anda jelaskan

  1. 15 Cara Membersihkan Cache di HP Samsung

    Pada perangkat Samsung, Anda bisa gunakan 'Perawatan Perangkat' untuk membersihkan tumpukan file cache
  2. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  3. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih