Pengertian Brainware | Tugas, Fungsi, Jenis, Klasifikasi

Banyak yang mengira bahwasanya Artificial Intelligence (AI) merupakan Inovasi tertinggi yang dicapai umat manusia, namun ada…

Banyak yang mengira bahwasanya Artificial Intelligence (AI) merupakan Inovasi tertinggi yang dicapai umat manusia, namun ada pula yang berpendapat bahwasanya suatu saat AI dapat melampaui kecerdasan maupun kreativitas manusia. Benarkah begitu? 

Ada perbedaan mengenai kecerdasan AI dengan Manusia yaitu, Kecerdasan Manusia bertujuan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dengan memanfaatkan kombinasi proses kognitif yang berbeda. Sedangkan Kecerdasan Buatan (AI) bertujuan untuk membangun mesin atau sistem yang dapat meniru perilaku manusia dan melakukan tindakan seperti manusia. Otak manusia adalah analog, tetapi mesin adalah digital. Intinya AI hanyalah sebuah program komputer yang terkandung banyak perintah di dalamnya sehingga dapat mengolah berbagai macam tugas sekalipun.

Pada akhirnya manusialah yang menjalankan dan memerintah AI, karena itulah dalam ilmu komputer manusia disebut sebagai Brainware. Apa itu definisi Brainware? Kenapa disebut sebagai Brainware? Berikut pembahasan lengkapnya.

Lihat Juga : Pengertian Foxit Reader beserta Fitur Lengkapnya

Definisi dan Pengertian Brainware

Definisi Brainware
Sumber Gambar : rentberry.com

Secara umum, Brainware dapat diartikan sebagai orang yang mengoperasikan komputer. Dengan kata lain tanpa adanya brainware, komputer tidak dapat beroperasi. Sedangkan untuk definisi brainware sendiri yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan dan mengatur sistem di dalam perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) komputer.  

Ada pula sebutan lain seorang Brainware yang lebih akrab di telinga yaitu User (Pengguna). User adalah seseorang yang menggunakan atau mengoperasikan hal tertentu. Artinya User juga dapat disebut sebagai orang yang memakai dan memanfaatkan sesuatu, seperti kegiatan yang sedang Anda lakukan dalam membaca artikel ini melalui media elektronik.

Lihat Juga : Pengertian Layout Desain, Prinsip, Elemen, Tujuan, dan Manfaat

Tugas dan Fungsi Seorang Brainware  

Contoh Software
Sumber Gambar : pxhere.com

Seorang pengguna komputer memiliki tugas serta tujuan yang berbeda-beda, karena mereka tidak dibatasi oleh kebebasan dalam bertindak di dunia digital. Nyatanya ada beberapa hal pokok yang harus dilakukan oleh seorang Brainware atau User di antaranya:

  1. Melakukan Kegiatan input dan Output Sebagai seorang pengguna kegiatan Input dan output sudah menjadi aktivitas yang sering dilakukan, pasalnya sebuah komputer merupakan perangkat elektronik di mana dalam menjalankannya memerlukan suatu perintah input. Hasil dari perintah yang telah di input-kan tadi akan diolah kemudian dikeluarkan sebagai keluaran atau output. Contohnya ketika Anda mau mencetak sebuah file menjadi lembaran kertas melalui perangkat pencetak seperti printer
  2. Mengolah Data Pada Komputer – Fungsi utama komputer ialah untuk mengolah dan memproses sebuah data menjadi informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Oleh karena itu seorang brainware perlu mengetahui ilmu tentang pengolahan data dalam sistem digital, misalnya saja seperti melakukan analisis laporan dan informasi melalui Microsoft Excel, menciptakan sebuah Artwork dari Adobe Illustrator, ataupun melakukan editing foto dengan Adobe Photoshop.
  3. Bertanggung Jawab Atas Keamanan Sistem – Terlepas dari peran Anda dalam menjalankan komputer, Sebagai seorang brainware yang baik tentunya menjaga keamanan file dan sistem perlu dijadikan prioritas utama. Cara mudah yang dapat Anda lakukan ialah dengan sering melakukan backup terhadap file-file penting ke dalam penyimpanan awan (Cloud Computing).
  4. Memanajemen File – Setiap komputer memiliki ukuran dan jenis penyimpanan yang berbeda-beda, ada baiknya seorang pengguna memanajemen file maupun aplikasi yang mereka simpan di dalam komputer agar mudah untuk diakses ketika dibutuhkan. Selain itu apabila pengguna teledor dalam memanajemen file yang mereka simpan, ada kemungkinan hal tersebut untuk berefek ke dalam sistem seperti kinerjanya menjadi lambat dan tidak stabil.

Lihat Juga : Pengertian E-learning | Jenis, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Jenis dan Klasifikasi Brainware  

Klasifikasi Brainware
Sumber Gambar : kotakpintar.com

Brainware sendiri memiliki berbagai jenis tugas dan tanggung jawab sesuai peranannya masing-masing, beberapa di antaranya bahkan dikategorikan sebagai sebuah profesi dari suatu pekerjaan seperti berikut:

  • Programmer – Bisa di bilang tugas seorang programmer cukup berat karena bertanggung jawab untuk mengetik kode pada program komputer dan aplikasi mobile. Mereka juga terlibat dalam pemeliharaan, debugging, dan pemecahan masalah sistem juga perangkat lunak untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar.
  • Operator Komputer – Apabila bicara mengenai tugas operator komputer secara umum tugas mereka ialah memantau dan memelihara komputer yang digunakan dalam bisnis. Misalnya saja operator komputer yang bekerja di Bank yang mana bertugas dalam membuka / memodifikasi / menutup akun pada sistem termasuk pemindaian tanda tangan yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang dalam bank.
  • Teknisi Komputer – Secara garis besar tugas seorang teknisi cukup banyak yang di antaranya seperti men set-up Hardware, menginstall Software. Menjaga dan memperbaiki peralatan untuk komputer, mengelola perangkat lunak di komputer dan jaringan, memastikan privasi dan perlindungan data, melakukan pengecekan dan perawatan rutin, melakukan Troubleshooting, memasang LAN / WAN dan jaringan lain serta menjaganya agar berfungsi dengan baik.
  • Trainer Komputer – Pekerjaan trainer komputer biasanya dapat Anda jumpai pada instansi tertentu seperti tempat kursus. Tugas mereka antara lain yaitu  mengajar siswa dan karyawan tentang topik teknis seperti sistem komputer, server, jaringan hardware, dan workstation. Dalam peran ini, seorang Trainer Komputer mengembangkan kurikulum yang digunakan untuk mengajar dengan metode yang dikhususkan kepada masing-masing individu yang berbeda-beda.
  • Project Manager – Dalam artian luas seorang project manager bertanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, dan mengarahkan penyelesaian proyek tertentu untuk suatu organisasi sambil memastikan proyek-proyek ini selesai tepat waktu sesuai dengan pengeluaran anggaran yang telah disepakati pihak terkait. Misalnya saja seperti pembuatan sebuah aplikasi digital semacam E-Money ataupun E-Commerce yang mana membutuhkan perencanaan serta pengarahan yang matang agar perusahaan mampu mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang telah dibuat.
  • Graphic Designer – Graphic Designer atau Desainer grafis adalah tipe pengguna (user) yang bekerja dalam membuat konsep visual, menggunakan perangkat lunak komputer atau dengan tangan secara manual, untuk menuangkan ide-ide yang menginspirasi dalam memikat memikat konsumen. Mereka juga mengembangkan kemampuan desain yang dimiliki dalam bidang produksi untuk aplikasi seperti iklan, brosur, majalah, dan sebagainya.
  • Sistem Analis – Orang-orang yang bekerja dalam bidang ini biasanya bertugas dalam menganalisis data, kemudian mempelajari analisis tersebut dan menggunakan pengetahuan dan wawasan yang telah dipelajari tadi untuk mengoptimalkan operasi bisnis. Maksud dari optimalisasi operasi bisnis yaitu mengubah proses bisnis sehingga menghasilkan nilai yang lebih besar bagi organisasi.
  • Spesialis Jaringan – Juga dikenal sebagai Teknisi Jaringan, mereka bertugas dalam mengelola sistem jaringan suatu organisasi maupun Individu. Biasanya mereka juga memiliki tugas lain seperti menginstal, mengoperasikan, memelihara, meningkatkan, dan memperbaiki komputer dan peralatan jaringan. Bahkan memantau operasi jaringan komputer sehari-hari dalam sebuah organisasi.
  • Administrator Database – Dalam pekerjaan seorang Administrator database mereka selalu memastikan bahwa analis data agar pengguna lain (pelanggan) dapat dengan mudah menggunakan database untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dan juga melakukan pemeliharaan agar sistem berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa Administrator database juga bertugas dalam mengawasi pengembangan database baru. Mereka bekerja dalam menentukan kebutuhan database dan siapa yang akan menggunakannya (target pelanggannya).

Lihat Juga : Pengertial Email | Sejarah, Cara Kerja, Fungsi dan jenisnya

Komponen – Komponen Brainware

Komponen Brainware
Sumber Gambar : kupandu.net

Terlepas dari informasi sebelumnya, Brainware terbagi menjadi 2 komponen yang berbeda dalam mengoperasikan dan mengelola setiap atribut dalam komputer. Di antaranya adalah software engineer dan hardware engineer. Berikut penjelasannya terkait hal tersebut.

1. Software Engineer

Seorang Software Engineer adalah seseorang yang menggunakan pengetahuan tentang prinsip-prinsip teknik dan bahasa pemrograman untuk membangun produk perangkat lunak yang akan memuaskan keinginan akan kebutuhan bisnis dan konsumen. Biasanya dalam pekerjaan ini mereka dituntut untuk membuat berbagai jenis solusi seperti aplikasi desktop dan web, aplikasi seluler, game, robot, sistem operasi, sistem jaringan, dll.

Perlu Anda ketahui juga bahwasanya Software Engineer merupakan pilihan karier yang cerdas. Mungkin pekerjaan ini bisa dikatakan sebagai salah satu keterampilan yang paling banyak diminati di seluruh dunia. Mengingat di negara Amerika saja, seorang Software Engineer bisa mendapatkan gaji rata-rata $ 112.000 (Rp.1.620.640.000,00).

Meski demikian untuk menjadi seorang menjadi Software Engineer memang sulit. Akan tetapi jika Anda mau meluangkan waktu untuk mempelajari pemrograman dan melakukannya secara teratur, tentu saja Anda akan mampu untuk melakukannya. Bahkan Anda bisa mendapatkan pekerjaan sebagai Software Engineering tanpa gelar sarjana komputer.

2. Hardware Engineer

Seorang Hardware Engineer setiap harinya bertugas untuk merancang cetak biru untuk Hardware baru dan membangun perangkat keras dari desain teknis yang telah dibuat. Dalam hal ini juga mereka bertugas untuk melakukan riset, merancang, mengembangkan, dan menguji sistem dan komponen komputer seperti prosesor, motherboard, keyboard, perangkat memori, jaringan, dan router.

Untuk menjadi seorang Hardware Engineer Anda minimal harus memiliki gelar sarjana di bidang teknik komputer, Karena mayoritas tawaran pekerjaan dari pengusaha dalam bidang industri menuntut ini sebagai kualifikasi minimum untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda butuhkan.

Lihat Juga : Pengertian Desain Grafis | Para Ahli, Sejarah, Prinsip, dst.

Contoh – Contoh Brainware

Contoh Brainware
Sumber Gambar : webinvantive.com

Kita tahu bahwasanya contoh penerapan dari Brainware sendiri bisa terbilang hampir sering ditemui dalam kehidupan sehari – hari. Berikut ini beberapa contoh dari brainware yang perlu pengguna ketahui.

  • Programmer – Programmer adalah seorang individu yang menulis / membuat software atau aplikasi komputer dengan memberikan instruksi pemrograman khusus pada sistem komputer. Orang-orang seperti programmer ini berperan penting dalam pengembangan teknologi komputer dan bidang komputasi.
  • EDP Department – Umumnya di semua perusahaan ada departemen yang mengurus semua pekerjaan komputer yang dinamakan sebagai EDP atau Electronic Data Processing. Beberapa perusahaan menyebutnya sebagai IT Department dan beberapa perusahaan menyebut departemen ini sebagai E.D.P. Departemen. Mereka biasanya bertugas dalam melakukan kontrol sistem komputer dan hal yang masih terkait dengan bidang ini. EDP juga melakukan tugas dukungan dan tugas di sistem komputer dalam suatu organisasi dan pekerjaan komputer lainnya sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Network System – Orang yang menggeluti bidang ini biasanya bertugas dalam menghubungkan node seperti komputer, router, dan sakelar menggunakan kabel, serat optik, atau sinyal nirkabel. Koneksi ini memungkinkan perangkat dalam jaringan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dan sumber daya. Jaringan mengikuti protokol, yang menentukan bagaimana komunikasi dikirim dan diterima.
  • Netter – Netter termasuk ke dalam kategori pengguna internet secara umum hanya saja mereka adalah bagian dari suatu organisasi atau perusahaan yang bertugas dalam mencari informasi yang bermanfaat melalui penjelajahan internet.

Lihat Juga : Pengertian Reseller | Definisi, Kelebihan, Kekurangan, Tips

Kesimpulan,

Perkembangan teknologi digital memanglah luar biasa namun secanggih apa pun sebuah komputer baik dari segi hardware atau software, jika tidak ada brainware yang mengoperasikannya, maka fungsi kedua perangkat tersebut tidak akan bisa berjalan secara optimal seperti seharusnya.  

Apa fungsi dari sebuah user account (akun pengguna)?

Akun pengguna adalah lokasi di server jaringan yang digunakan untuk menyimpan nama pengguna komputer, kata sandi, dan informasi lainnya. Akun pengguna juga berfungsi dalam mengizinkan atau tidak mengizinkan pengguna lain untuk terhubung ke jaringan, komputer Anda, atau sistem berbagi lainnya.

Bisakah AI dianggap sebagai manusia atau makhluk hidup?

Singkatnya AI dapat bertindak sebagai manusia yang mungkin meyakinkan kita bahwa mereka adalah makhluk yang cerdas seperti manusia, tetapi di dalamnya mereka tidak lebih dari serangkaian kode dan instruksi yang telah diprogram oleh manusia. karena itulah mereka tidak akan pernah benar-benar bisa dianggap sebagai manusia.

Apa AI lebih baik daripada manusia?

AI telah membuktikan kemampuannya dengan mengalahkan manusia dalam game, bisnis, bidang pelayanan dsb. Selain itu AI juga dapat mengkonsolidasikan rekam medis sehingga dapat membantu melakukan diagnosa terhadap seorang pasien. Namun perlu diingat pula AI dibuat dan disempurnakan oleh bantuan manusia, oleh karena itu tanpa manusia sebagai penciptanya AI juga tidak akan pernah berkembang. Karena pada hakikatnya manusia adalah penggunanya (Brainware).

Bisakah AI (kecerdasan buatan) menggantikan manusia?

Meskipun Artificial Intelligence memiliki kemajuan yang signifikan, AI masih belum bisa menyamai kecerdasan manusia dalam banyak aspek. kecerdasan buatan hanya sebatas membantu tugas manusia (Pengguna/Brainware) dalam beraktivitas, tetapi tidak akan menggantikan manusia setidaknya dalam waktu dekat.

Sekian ulasan singkat mengenai pengertian Brainware beserta tugas, fungsi, jenis dan komponen – komponennya. Bagikan artikel ke sosial media Anda supaya lebih bermanfaat. Apabila anda memiliki tanggapan terhadap ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar tentang Brainware. Tugas dan fungsi seorang Brainware akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  2. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih
  3. Apa itu Esports?

    Esports merupakan bentuk dari sebuah kompetisi games yang terorganisir.