10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di HP Xiaomi

HP Xiaomi yang tengah hadir saat ini dikenal memiliki kualitas dan performa yang sangat baik. Seperti yang diketahui bahwa HP Xiaomi tersedia dengan beragam seri yaitu, Redmi, Redmi NOTE, Mi, dan POCO. Pengguna juga dapat memilih jenis kapasitas RAM dan ROM, mulai dari 2 GB, 3 GB, 4 GB, 6 GB, dan 12 GB. Di samping kualitasnya yang bagus, tidak sedikit pengguna HP Xiaomi yang mendapatkan kasus aplikasi tidak menanggapi atau berhenti secara tiba-tiba.

Setelah melihat kasus tersebut, hal ini kemungkinan lebih sering terjadi pada ponsel dengan kapasitas RAM yang kecil. Seperti halnya, pengguna memainkan game berat dengan grafis tinggi, melakukan editing foto / video, serta instalasi aplikasi / game yang berlebihan. Kejadian seperti ini terasa sangat menyebalkan bagi pengguna Xiaomi. Maka dari itu pengguna harus bisa menyesuaikan spesifikasi perangkat sesuai kebutuhannya. Untuk memahami lebih dalam mengenai masalah tersebut, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Realme

Penyebab Aplikasi Tidak Menanggapi

Kita tidak bisa berasumsi hanya karena keterbatasan kapasitas RAM dan penyimpanan internal menyebabkan aplikasi error dan macet. Ada banyak faktor yang membuat aplikasi di HP Xiaomi bermasalah. Bisa saja penumpukan file cache dan bugs pada sistem yang justru menyebabkan masalah tersebut terjadi. Simak beberapa poin penyebab aplikasi tidak menanggapi berikut ini.

  • Bugs pada sistem dan aplikasi – Kemungkinan sistem atau aplikasi di HP Xiaomi Anda terdapat bugs sehingga menyebabkan aplikasi tidak stabil ketika dijalankan. Pernah dalam kasus File Manager di HP Xiaomi muncul notifikasi error bertuliskan File Manager terus berhenti. Pengguna hanya bisa menunggu sampai pihak Xiaomi melakukan perbaikan.
  • Memori RAM penuh – Faktor lainnya adalah memori RAM penuh, yang diakibatkan oleh aplikasi di latar belakang dan multitasking yang berlebihan. Memori RAM penuh lebih sering terjadi pada ponsel Xiaomi dengan kapasitas RAM di bawah 3 GB. Anda bisa simak penjelasan lengkap mengenai penyebab dan tips mengatasi memori RAM penuh di sini.
  • Penumpukan file cacheSelain memori penuh, penumpukan file cache juga dapat menyebabkan masalah pada aplikasi terinstall. Hal ini beralasan karena file cache yang tidak pernah dihapus akan menyebabkan konflik. Untuk itulah Anda harus memperbarui file cache dengan membersihkannya secara berkala.
  • Aplikasi tidak kompatibel – Kemungkinan lain, aplikasi yang Anda install tidak kompatibel dengan versi Android pada ponsel Xiaomi Anda. Misalnya saja aplikasi hanya mendukung Android 7.0 (Nougat) ke atas, sedangkan ponsel Xiaomi Anda masih menggunakan Android 6.0 (Marshmallow). Maka dari itu, Anda perlu memastikannya kembali apakah aplikasi masih kompatibel atau tidak.
  • Aplikasi masih dalam versi beta – Bisa jadi aplikasi yang Anda install masih dalam versi beta (percobaan).Jika demikian, harap maklum apabila aplikasi masih sering bermasalah. Pengembang tentu akan melakukan perbaikan sampai nantinya tersedia versi yang lebih stabil.
  • HP telah dilakukan rootingAkses root sekali kali dilakukan pengguna untuk mendapatkan tools yang lebih Advanced serta kustomisasi sistem yang bebas tanpa ada batasan. Namun dibalik keuntungan rooting ada risiko kerusakan sistem dan aplikasi. Mungkin saja aplikasi tidak menanggapi terjadi karena akses rooting tersebut.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang, Bertanda X

Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi

Sebelum mengikuti tips yang saya berikan, Anda juga perlu memahami masalah tersebut sesuai dengan penyebab yang telah saya jelaskan di atas. Pikirkan kembali adakah aktivitas yang sebelumnya Anda lakukan sehingga menyebabkan aplikasi tidak menanggapi. Karena terkadang tips yang saya berikan berhasil di satu perangkat tapi belum tentu berhasil di perangkat lain. Simak dan cermati tips mengatasi aplikasi tidak menanggapi berikut ini.

1. Restart ponsel Xiaomi Anda

Tips pertama Anda bisa mencoba memuat ulang ponsel Xiaomi Anda. Mungkin saja masalah aplikasi tidak menanggapi terjadi karena service sistem dan aplikasi yang tidak berjalan optimal. Anda tinggal mematikan ponsel, kemudian menyalakannya kembali. Meskipun sederhana, tidak ada salahnya untuk dicoba, siapa tahu aplikasi normal dan bisa digunakan kembali. Jika pun nantinya masih bermasalah, ikuti tips selanjutnya dengan membersihkan cache sistem dan aplikasi terinstall.

2. Bersihkan cache sistem dan aplikasi

Tips selanjutnya, cobalah untuk membersihkan cache sistem dan aplikasi yang sedang bermasalah tersebut. Seperti yang saya jelaskan di atas, penumpukan file cache dapat menyebabkan masalah pada aplikasi. Maka dari sangat disarankan untuk membersihkan cache setidaknya seminggu atau sebulan sekali. Anda bisa membersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih dari Xiaomi atau aplikasi pembersih dari pihak ketiga yang dapat Anda temukan melalui Google Play Store.

Selain itu, Anda bisa menghapus cache secara manual pada aplikasi yang bermasalah melalui manajemen aplikasi Xiaomi. Anda bisa ikuti dua metode membersihkan cache Xiaomi berikut ini.

Hapus cache aplikasi secara manual

Hapus Cache Aplikasi Xiaomi
2. Hapus cache aplikasi secara manual. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Bersihkan cache » lalu konfirmasi dengan Oke untuk membersihkan cache.
  4. Selesai.

Bersihkan cache dengan aplikasi pembersih

Bersihkan cache Xiaomi
2. Bersihkan cache sistem dan aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Membersihkan Cache Xiaomi

3. Lakukan pembaruan sistem dan aplikasi

Bisa jadi aplikasi yang tidak menanggapi diakibatkan oleh bugs pada antarmuka Xiaomi (MIUI). Hal ini beralasan karena Xiaomi sendiri pernah mengalami masalah pada GMS (Google Mobile Service). Maka dari itu saya sarankan untuk melakukan update MIUI dan aplikasi terinstall. Update sistem dan aplikasi akan membawa sejumlah fitur, perbaikan, stabilitas, dan peningkatan performa. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

Update MIUI Xiaomi

Update MIUI Xiaomi
3. Update MIUI Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Tentang ponsel » Pembaruan sistem.
  3. Jika tersedia versi MIUI atau sistem terbaru, Anda bisa lakukan update.
  4. Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, Anda bisa restart ponsel Xiaomi Anda.
  6. Selesai.

Update aplikasi terinstall Xiaomi

Perbarui Apl Sistem Xiaomi
3. Update aplikasi terinstall Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pada menu Setelan Xiaomi » pilih Pembaruan Apl sistem.
  2. Jika tersedia pembaruan, tap Perbarui Semua » konfirmasi dengan Lanjut.
  3. Tunggu sampai proses pembaruan berhasil dilakukan.
  4. Selesai.

4. Coba hapus data aplikasi Xiaomi

Hapus Data Aplikasi Xiaomi
4. Hapus data aplikasi Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, cobalah untuk menghapus data aplikasi. Cara ini biasanya efektif dalam mengatasi aplikasi yang error atau bermasalah. Menghapus data aplikasi akan mengembalikan aplikasi ke posisi awal (default). Semua data sementara dan setelan aplikasi akan dihapus seperti basis data, cache, cookies, bookmark, histori penelusuran, data login, dan lainnya. Tenang saja, cara ini tidak akan menghapus akun pada aplikasi (apabila aplikasi yang bermasalah tersebut membutuhkan akses login). Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Hapus semua data » lalu konfirmasi dengan Oke untuk menghapus data aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Xiaomi

5. Reset HP Xiaomi

Factory Reset / Hard Reset dapat Anda jadikan pilihan apabila semua metode di atas tidak berhasil mengatasi masalah yang ada. Metode ini akan mengembalikan ponsel ke setelan awal serta menghapus semua data pada memori internal. Sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Ada dua metode dalam melakukan reset HP Xiaomi, melalui menu Pengaturan dan melalui menu Recovery Mode (Mi Recovery). Silakan pilih satu metode yang menurut Anda untuk dilakukan. Simak dan cermati langkah-langkahnya di bawah ini.

Factory Reset Xiaomi

Factory Reset Xiaomi
5. Factory Reset HP Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Hard Reset Xiaomi

Selain melalui setelan, Anda bisa melakukan reset melalui Recovery Mode (Mi Recovery), berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, matikan ponsel Xiaomi Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume up secara bersamaan selama beberapa detik sampai nantinya muncul logo Xiaomi dan lepaskan.
  3. Pada menu Mi Recovery, Anda bisa pilih Wipe Data » Wipe All Data.
  4. Lanjutkan dengan memilih Confirm.
  5. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Selanjutnya pilih Back to main menu.
  7. Pilih Reboot » Reboot to System.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Xiaomi

6. Flashing

Apabila semua cara di atas tidak membantu sama sekali, cobalah untuk melakukan Flashing atau install ulang sistem Android. Flashing dapat Anda jadikan pilihan apabila yang bermasalah adalah aplikasi bawaan (bloatware). Untuk melakukan Flashing, Anda perlu mempersiapkan bahan dan alatnya seperti firmware / ROM sesuai dengan tipe HP, software Flashing, USB, dan beberapa tools lainnya. Karena saya tidak banyak menyediakan metode Flashing HP Xiaomi, maka Anda bisa temukan metode dan langkah-langkahnya dari situs lain atau YouTube.

Anda bisa unduh ROM Xiaomi versi Global melalui situs resmi Xiaomi di sini. Xiaomi sendiri juga telah menyediakan langkah-langkah Flashing melalui Local Update dan Fastboot Update.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang / Tidak Muncul

Penutup,

Perlu diperhatikan bahwa terkadang masalah terjadi bukan dari faktor pengguna atau kerusakan sistem. Anda perlu melihat dari banyak sisi untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar stabil dan optimal ketika dijalankan. Anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukan reset ataupun Flashing ulang. Karena biasanya menghapus data aplikasi sangat efektif dalam mengatasi aplikasi tidak menanggapi. Dengan semua penjelasan dan tips yang saya berikan di atas, semoga masalah aplikasi tidak menanggapi dapat teratasi dengan baik.

Mengapa aplikasi keluar sendiri di HP Xiaomi?

Kemungkinan karena bugs pada aplikasi itu sendiri. Coba update aplikasi untuk mendapatkan perbaikan.

Mengapa co.g app terus berhenti di HP Xiaomi?

Kemungkinan karena bugs pada MIUI Xiaomi. Coba lakukan Factory Reset untuk melakukan perbaikan.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Yunita Setiyaningsih, Wahyu Setia Bintara

Masalah Xiaomi

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.