13 Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti di Xiaomi

Sebagian dari Anda para pengguna smartphone Xiaomi mungkin sudah tahu banyak mengenai spesifikasi dan keunggulan yang dihadirkan oleh Xiaomi. Harganya yang terjangkau dengan spesifikasi powerfull membuat para pengguna Android banyak yang tertarik untuk membeli Xiaomi. Lebihnya lagi, tampilan multitasking yang mengagumkan dengan balutan MIUI super ringan menjadikan setiap aplikasi yang dijalankan terasa lancar dan maksimal.

Memang betul, performa bisa sangat powerfull. Namun apakah hal tersebut bisa menjamin semua jalannya aplikasi bisa lancar tanpa masalah sama sekali? Bisa, tapi tidak sepenuhnya. Ada sebagian pengguna yang pastinya pernah mengalami masalah error pada aplikasi tertentu. Beberapa pesan error yang sering muncul pada ponsel Xiaomi di antaranya seperti “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”, “Sayangnya, aplikasi terus berhenti”, “Sayangnya, aplikasi tidak menanggapi”, “Unfortunately, app has stopped”, “Sayangnya, com.android.process telah berhenti”, dan pesan error lainnya.

Lihat Juga : 10 Masalah HP Xiaomi & Solusi Mengatasinya

Penyebab Aplikasi Terus Berhenti

Secara umum, aplikasi terus berhenti dapat disebabkan oleh bugs pada aplikasi, penumpukan file sampah, serta memori penuh. Namun tidak menutup kemungkinan masalah disebabkan oleh faktor lain. Anda bisa simak kemungkinan penyebab aplikasi terus berhenti berikut ini.

  • Penumpukan file cacheSelain menyebabkan memori penuh, penumpukan file cache pada memori internal juga dapat menyebabkan masalah pada sistem dan aplikasi. Dalam kondisi tertentu, file cache harus diperbarui dengan file cache yang baru agar sistem dan aplikasi lebih stabil dan optimal.
  • Bugs pada aplikasi – Bugs pada aplikasi pernah terjadi pada Google, yang mana aplikasi terus memunculkan pesan error “Google terus berhenti” pada semua pengguna Android, termasuk Xiaomi.
  • Memori RAM penuh – Multitasking yang berlebihan sampai membuat memori RAM penuh juga dapat menyebabkan aplikasi macet dan error. Hal ini lebih sering terjadi pada ponsel Xiaomi dengan kapasitas memori RAM di bawah 3GB.
  • Memori internal penuh – Simpanan data yang sangat banyak sampai membuat memori internal penuh juga dapat menyebabkan proses sistem dan aplikasi terganggu. Hal ini beralasan karena sistem dan aplikasi juga membutuhkan ruang yang cukup untuk memproses semua informasi yang dibutuhkan. Banyak pengguna Xiaomi yang tidak menyadari bahwa memori penuh juga dapat menyebabkan aplikasi terinstall dapat mengalami masalah.
  • Aplikasi tidak kompatibel – Tidak semua aplikasi yang Anda install kompatibel dan dapat berjalan stabil. Terkadang pengembang membatasi aplikasi untuk dapat berjalan pada versi minimum Android, misalnya Android 6.0 (Marshmallow) ke atas. Sebelum menginstall aplikasi, Anda perlu pastikan bahwa aplikasi tersebut kompatibel pada ponsel Xiaomi Anda.
  • Aplikasi masih dalam versi beta – Kemungkinan lain, aplikasi yang Anda install masih dalam versi beta (percobaan) sehingga masih terdapat banyak kekurangan dan bugs di dalamnya. Anda bisa menunggu sampai pihak pengembang merilis versi yang lebih stabil.
  • HP telah dilakukan rootingTak dapat dipungkiri bahwa root memiliki banyak keuntungan; pengguna memiliki kebebasan dalam memodifikasi sistem dan aplikasi sesuai keinginan dan kebutuhan. Tetapi root juga sangat berisiko; sistem dan aplikasi terinstall juga rentan terhadap masalah yang ada.
  • Custom ROM yang bermasalah – Tidak semua Custom ROM yang tersedia secara bebas di internet dapat berjalan stabil dan optimal. Pemasangan Custom ROM yang tidak tepat juga dapat menyebabkan aplikasi terinstall sering bermasalah.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Google Terus Berhenti di HP Xiaomi

Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti

Munculnya masalah tersebut tentu membuat multitasking di atas layar terhambat dan tidak maksimal. Adapun untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa metode yang bisa Anda coba lakukan. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan.

1. Restart ponsel Xiaomi Anda

Tips pertama, cobalah untuk memuat ulang ponsel Xiaomi Anda, siapa tahu dengan cara ini aplikasi kembali normal serta tidak lagi memunculkan pesan error. Cara ini memang sangat sederhana, namun cara ini sangat efektif dalam mengatasi aplikasi yang bermasalah yang disebabkan oleh memori RAM penuh. Apabila setelah me-restart ponsel aplikasi masih bermasalah, coba ikuti cara selanjutnya dengan membersihkan cache pada aplikasi.

2. Bersihkan cache sistem dan aplikasi

Tips selanjutnya, cobalah untuk membersihkan file cache pada sistem dan aplikasi tersebut. Penumpukan file cache pada memori juga dapat menyebabkan aplikasi error, lambat, hingga sering LAG / macet. Hal yang sangat lumrah bagi para pengguna Xiaomi untuk selalu membersihkan file cache menggunakan aplikasi pembersih atau keamanan agar ponsel tetap stabil dan optimal saat digunakan. Untuk melakukannya, Anda bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Hapus cache aplikasi

Hapus Cache Aplikasi Xiaomi
2. Hapus file cache pada aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Bersihkan cache » lalu konfirmasi dengan Oke untuk membersihkan cache.
  4. Selesai.

Bersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih

Bersihkan cache Xiaomi
2. Bersihkan file cache menggunakan aplikasi pembersih. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Membersihkan Cache Xiaomi

3. Hapus data aplikasi

Hapus Data Aplikasi Xiaomi
3. Menghapus data aplikasi Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila menghapus cache masih tidak membantu, cobalah untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi. Dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi biasanya aplikasi yang mengalami masalah seperti tidak bisa dibuka, muncul pesan error, LAG, dan lainnya dapat teratasi dengan baik. Menghapus data aplikasi akan menghilangkan data aplikasi yang bersifat sementara seperti file cache, basis data, data login, history, bookmark, dan lainnya. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Hapus semua data » lalu konfirmasi dengan Oke untuk menghapus data aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Xiaomi

4. Lakukan pembaruan aplikasi

Perbarui Aplikasi Xiaomi
4. Update aplikasi dari Google Play Store. RUDI DIAN ARIFIN

Selanjutnya, cobalah untuk update aplikasi langsung dari sumbernya, yakni Google Play Store. Dengan update aplikasi, biasanya bugs atau kerusakan yang terjadi pada aplikasi tersebut akan hilang, bahkan aplikasi akan berjalan lebih stabil dan optimal. Apabila pihak pengembang aplikasi memperbarui fitur yang ada, maka tentunya Anda juga akan mendapatkan fitur terbaru tersebut. Untuk update aplikasi, Anda bisa langsung buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi Anda yang sedang bermasalah. Selanjutnya, Anda bisa memulai untuk update aplikasi tersebut.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Tap ikon tiga garis [menu] yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Lalu pilih aplikasi yang terjadi masalah atau error tersebut.
  4. Jika tersedia perbaruan, Anda bisa ketuk Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Jika yang bermasalah adalah aplikasi bawaan (bloatware) Xiaomi, Anda bisa melakukan pembaruan melalui menu Setelan » pembaruan apl sistem.

Perbarui Apl Sistem Xiaomi
4. Update aplikasi bawaan Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pada menu Setelan Xiaomi » pilih Pembaruan Apl sistem.
  2. Jika tersedia pembaruan, tap Perbarui Semua » konfirmasi dengan Lanjut.
  3. Tunggu sampai proses pembaruan selesai dilakukan.
  4. Selesai.

5. Install ulang aplikasi

Menghapus Aplikasi Xiaomi
5. Hapus aplikasi Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila semua tips di atas masih tidak membantu, cobalah untuk install ulang aplikasi. Mungkin ini bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi aplikasi yang bermasalah. Agar lebih maksimal, setelah mencopot aplikasi, sebaiknya bersihkan semua file cache pada ponsel kemudian unduh aplikasi yang baru langsung dari Google Play Store, bukan dari file apk atau dari situs pihak ketiga. Untuk menghapus aplikasi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Uninstall » kemudian konfirmasi dengan Oke untuk menghapus aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi Xiaomi

6. Update MIUI Xiaomi

Update MIUI Xiaomi
6. Update MIUI Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Selain memperbarui aplikasi, sangat disarankan juga untuk memperbarui sistem Android atau user interface (UI) dari perangkat Xiaomi yang lebih dikenal dengan MIUI. Dengan update sistem, semoga nantinya permasalahan yang terjadi pada aplikasi bisa hilang dan smartphone Xiaomi bisa normal kembali seperti biasanya. Pastikan pengguna terhubung dengan jaringan WiFi agar proses update bisa lancar dan maksimal. Cari lokasi dengan kualitas sinyal terbaik supaya lebih cepat dalam memperbarui MIUI Xiaomi.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Tentang ponsel » Pembaruan sistem.
  3. Jika tersedia versi MIUI atau sistem terbaru, Anda bisa lakukan update.
  4. Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, Anda bisa restart ponsel Xiaomi Anda.
  6. Selesai.

7. Wipe Cache Partition

Tips selanjutnya, cobalah untuk melakukan Wipe Cache Partition. Wipe Cache Partition yang dimaksud di sini adalah membersihkan file cache pada sistem Android (MIUI). Cara ini diharapkan dapat membuat HP Xiaomi lebih stabil dan optimal. Untuk melakukannya, Anda harus bisa masuk pada menu Recovery Mode atau MI Recovery Xiaomi. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Sebelum masuk menu Recovery Mode Xiaomi, pastikan daya baterai mencukupi untuk melakukan Wipe Cache Partition.
  2. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo Xiaomi dan lepaskan.
  3. Secara otomatis Anda akan dibawa pada menu Mi Recovery.
  4. Untuk opsi bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  5. Dan untuk melakukan Wipe Cache Partition, Anda tinggal pilih Wipe Cache Partition, kemudian tunggu sampai proses wipe selesai dilakukan.
  6. Selanjutnya pilih Back to main menu.
  7. Pilih Reboot » Reboot to System.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

8. Reset HP Xiaomi

Apabila semua tips di atas tidak membantu, tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah reset HP Xiaomi Anda.Factory Reset sangat berdampak pada semua aplikasi terinstall, data aplikasi, data/ file yang tersimpan di memori internal, serta data-data sistem / pembaruan. Sebelum melakukan reset, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Ada dua metode reset yang bisa Anda lakukan, melalui menu Pengaturan dan melalui menu Recovery Mode. Simak kedua metodenya berikut ini.

Factory Reset Xiaomi

Factory Reset Xiaomi
8. Factory Reset Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Factory Reset HP Xiaomi

Hard Reset Xiaomi

Selain Factory Reset, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan hard reset melalui Mi Recovery Xiaomi. Untuk melakukannya, Anda bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama, matikan ponsel Xiaomi Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume up secara bersamaan selama beberapa detik sampai nantinya muncul logo Xiaomi dan lepaskan.
  3. Pada menu Mi Recovery, Anda bisa pilih Wipe Data » Wipe All Data.
  4. Lanjutkan dengan memilih Confirm.
  5. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Selanjutnya pilih Back to main menu.
  7. Pilih Reboot » Reboot to System.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 19 Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri

Penutup,

Dengan adanya beberapa di atas, semoga permasalahan yang terjadi pada aplikasi di HP Xiaomi Anda bisa teratasi dengan baik. Apabila semua tips di atas belum membuahkan hasil sama sekali, kemungkinan aplikasi tersebut tidak kompatibel atau dalam versi beta sehingga masih terdapat banyak masalah di dalamnya.

Tips di atas dapat Anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Redmi 4, Redmi 4A, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, Redmi NOTE 5A, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro,  Redmi Note 5, Redmi Note 6, Redmi Note 7, Redmi Note 8, Redmi Note 9, Redmi Note 10, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan, maka Anda tinggal menyesuaikannya saja.

­Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

23 Maret 2021 : Pada hari tersebut, Google mengalami masalah pada Android System WebView yang mana menyebabkan sebagian aplikasi Google tidak bisa dibuka seperti Gmail, Google Chrome, Google Play Store, dan lainnya.

22 Juni 2021 : Banyak pengguna Android mengalami masalah Google terus berhenti. Masalah tersebut membuat pengguna kesulitan dalam melakukan aktivitas multitasking karena pesan error yang terus muncul.

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Tips Xiaomi

Masalah Xiaomi

Masalah Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 44 Comment

  1. Ahmad pandi berkata:

    HP saya redmi 9 setiap saya buka aplikasi apa aja, ngelag habis itu keluar, kenpa ya? Sudah saya bersihkan sampah, install ulang juga tetep sama

  2. Mastika yanti berkata:

    Sy SDH brp kali beli hp xiomi pas baru xiomi dijual di Samarinda,sy suka dg hrg murah tapi bagus dari segi kelebihan,tapi ada yg bikin sy kecewa,sering aplikasi tiba2 berhenti dan harus ngirim laporan ke bug lah,hp tiba2 mati, browser terhenti … padahal baru sy download ulang kemedian kembali lagi hp sy eror,SDH berapa kali harus riset install ulang.hal ini merugikan file terhapus dan kontak pun sebagian hilang,ini sangat sering terjadi.sekarang sy berfikir kalo ada dana lebih sy mau coba pindah ke hp Samsung lagi,kesel sama hp sy yg bisa eror,dari hp sy type xiomi sebelumnya redmi 3 yg rusak mati total dg sendiri nya, sekarang note 8 yg beli pas baru keluaran nya sampai sekarang sering eror

  3. Nizrea berkata:

    Hp saya redmi 5 plus catatannya ga bisa dibuka, gache nya sudah saya hapus, tapi masi ga bisa dibuka, kalo hapus data si ga bisa saya lakukan, soalnya disitu semua berkas” penting!!, tolongin ini gimana?!

  4. Lulu berkata:

    Syangnyahzml viewer tlh brhnti itu gmn atasinya sudh saya tot tpi ttep aj gk bisa

  5. Amel berkata:

    Hp saya xiomy redmi note 7, setiap membuka filter ig, kenapa ya ig saya kok keluar sendiri? Plisss jawab

  6. Heni Rahma berkata:

    Redmi 5A saya juga sering tiba2 berhenti aplikasi WhatsApp bahkan galery…bikin jengkel saja sudah dibersihkan cache dll masih tetep macet nih

  7. Sofyan berkata:

    Gan saya redmi note 7 sudah sebulan ini instagram error kalo buka instagram pasti kmudian ada tulisan instagram terus berhenti…semua cara sudah saya lakukan cuman masih tetp error…kecuali hard reset hp yang belum saya lakukan….

  8. Rossalya berkata:

    Kak minta sarannya dong..

    WhatsApp sering keluar padahal versi sudah paling baru, udah aku coba hapus penyimpan di setelan WhatsApp, cache juga sudah di hapus, sudah di reset ulang, kok WhatsApp masih keluar sendiri ya?

    #Redmi Note 7

  9. aris berkata:

    Kalo donlud gimana mas.di palystore pasti sudah versi terbaru

  10. aris berkata:

    Redmi not 1 w.Setiap buka aplikasi apa aja serig keluar sendiri…kenapa ya bro

  11. brainy findy ahnan berkata:

    sudah saya restart tapi tidak keangkat2 dan berlangsung lama, gimana ya mas?

  12. Woojinnaaa berkata:

    Mas saya mau tanya ..
    Ini hp saya redmi note 3 mau saya hard reset tapi masalahnya tombol powernya sudah tidak bisa.. bagaimana solusinya ya terima kasih ..

  13. Mukadar berkata:

    Bang ini saya xiaomi mi 6x ram 6gb tapi kenapa buka pubg tidak bisa , kenal bug dari pihak xiaomi , mohon solusinya mas

  14. geta aditia berkata:

    mas , saya mau nanya ( merek hp : xiaomi redmi 4x )
    selama ini semua nya aman aman aja . pas 2 minggu lalu , tiap buka aplikasi file ( pengaturan berkas ) selalu muncul “aplikasi terus berhenti ” ( tidak mau terbuka ) sehingga sementara pakai ZA archiver . yg jadi masalah adalah tiap mau edit sesuatu ( contohnya edit info lagu di Musixmatch ) harus masuk ke aplikasi “file” tsb. ( untuk simpan data filenya) dan tiap masuk selalu keluar lagi . kira kira apa solusinya
    terimakasih sebelumnya

  15. Azizah berkata:

    Mas kalau pas hidupkan hp Xiaomi redmi 5 plus terus muncul laporan bug. Terus saya tekan laporkan. Hp saya langsung mati hidup.. terus saya coba tekan “batal” waktu saya hidupkan hp terus muncul laporan bug gitu juga. Mati hidup mati hidup juga. Gimana tuh mas?

  16. Roses berkata:

    Mas saya abis upgrade mi 10 trus masuk akun ok nah pas minta akun gmail ga bisa maaf afplikasi google play telah berhenti solusi nya mas.. Udah di wipe all data dan reebot

  17. Yudi berkata:

    Mas mau nanya, saya pengguna note 4x. Semua aplikasi lancar tak ada kendala. Kemuadian saya ingin bermain DLS(dream league) saya download langsung dri playstore tp setelah dibuka muncul sayangnya aplikasi telah terhenti. Seperti itu cm pada aplikasi DLS aja mas klo aplikasi lainnya lancar normal semua. Kira2 apanya ya mas?

    • Dian Arifin berkata:

      Coba bersihkan file sampah dan lakukan restart. Kalau masih seperti itu lakukan instal ulang. Hapus aplikasi, bersihkan cache, dan restart. Nah, barulah nanti instal kembali langsung dari Google Play Store.

  18. Rehan berkata:

    Hp sya xiaomi redmi note 2
    Sering keluar sendiri klo main Dream league socer. .itu gimana gan solusinya??

  19. Fajar Ns berkata:

    pagi mas.. ini hp xiaomi redmi note 1 saya udh saya kembalikan ke setelan pabrik. tapi sayangny ketika masuk ke pilihan keyboard munculah sayangny setelah telah terhenti. dan alhasil proses pemilihan keyboard tidak bisa. gmn solusinya ya mas ?

  20. Ardian berkata:

    Cara melakukan flashing gimana? Ini hp saya bug nya bukan di aplikasi. Tetapi sayangnya kelola perizinan telah berhenti

    • Dian Arifin berkata:

      tergantung HP nya mas, coba download firmware atau ROM sesuai dengan tipe perangkat mas. Masuk pada pembaruan, kemudian pilih ROM yang mas download tadi.

  21. lia berkata:

    notes, yahoomail, gmail semua gk bs kebuka karena berhenti sendiri trus gmn itu?

    • Dian Arifin berkata:

      Sudah coba buat hapus data kah mbak? kalau banyak aplikasi yang error, lebih baik lakukan Factory Reset aja mbak …

  22. Santi berkata:

    Adik saya baru beli hp xiaomi second mas, tapi ada bug “sayangnya calculator telah berhenti” sebelumnya sudah di reset sama yang punya hp sebelumnya jd muncullah bug itu. Pas mau hapus cache ternyata cuma ada pilihan berhenti aja, gimana cara mengatasi nya ya mas. Terimakasih atas bantuannya.

  23. caplin berkata:

    ane dah sampe hard reset tp tu bug ttp aja ngikut ?
    gmn gan??

  24. Yoga berkata:

    Mi5 semua aplikasi telah berhenti udah di bawa ke pnsel versi di naikan rurun kan tetep begitu kira2 apa ny ya bos