Cara Hard Reset HP OPPO Semua Tipe

OPPO Electronics Crop merupakan salah satu perusahaan teknologi yang menghadirkan beragam barang elektronik, salah satunya adalah smartphone OPPO. OPPO secara konsisten selalu menghadirkan smartphone dengan desain bodi cantik dan juga spesifikasi unggul dan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna smartphone Android di Indonesia.

Dan sampai saat ini ada banyak seri OPPO yang telah dihadirkan seperti OPPO Find 5, Find 7, OPPO R5, R7, OPPO F1 Plus, F1s, F1s Limited Edition, F3, F3 Plus, Neo 7, A37, A39, OPPO R9s, dan lainnya. Dari semua tipe yang dihadirkan oleh OPPO, tentunya ada sebagian pengguna yang mengalami masalah pada aplikasi atau sistem Android.

munculnya pesan error bertuliskan aplikasi telah berhenti, launcher telah berhenti, bilah status telah berhenti, dan pesan error lainnya sering kali di alami oleh para pengguna OPPO.

Adapun masalah yang lebih serius juga bisa terjadi seperti layar tidak respon dengan sentuhan, bootloop, lupa pola kunciatau kata sandi, hang, layar blank, hard brick, dan lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu ada banyak metode yang bisa dilakukan, seperti menghapus data aplikasi, membersihkan cache, atau dengan Hard Reset melalui menu Recovery Mode.

Lihat Juga : 8 Masalah OPPO & Solusi Mengatasinya

Cara Hard Reset Smartphone OPPO

Untuk melakukan Hard Reset OPPO, pastikan anda bisa masuk pada menu Recovery Mode OPPO.

Adapun untuk melakukan Hard Reset OPPO, pastikan anda telah melakukan backup pada semua file atau data yang tersimpan di memori Internal dan eksternal. Langsung saja, simak langkah – langkah hard reset HP OPPO berikut ini.

  1. Pertama, pastikan daya baterai smartphone OPPO anda mencukupi untuk melakukan Hard Reset. Minimal, sediakan 50% untuk melakukan Hard Reset agar proses Reset bisa berjalan lancar dan maksimal.
  2. Masuk menu ColorOS Recovery Mode OPPO dengen menekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode OPPO.
  3. Jika ada opsi bahasa, anda bisa pilih “Bahasa Inggris”.
  4. Dan untuk melakukan Hard Reset HP OPPO, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”.
  5. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil. Jika sudah, anda bisa melakukan Reboot atau restart pada smartphone OPPO anda. Ikuti petunjuk login gmail berikutnya agar anda bisa menggunakan smartphone anda kembali.
  6. Selesai.

Dengan adanya metode Hard Reset diatas, semoga semua masalah yang terjadi pada perangkat OPPO yang anda miliki bisa hilang.

…dan smartphone anda bisa normal dan bisa digunakan kembali. Apabila dengan Hard Reset tidak berhasil, maka anda bisa mencoba metode Flashing dengan Stock ROM atau Firmware OPPO yang baru.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di OPPO

Cara Factory Reset HP OPPO

Selain melakukan hard reset, metode lain yang bisa anda lakukan yakni Factory Reset. Pada intinya sama dengan hard Reset, hanya saja Factory Reset lebih mudah dilakukan, bisa melalui pengaturan OPPO.

Adapun untuk melakukannya, pastikan juga anda telah melakukan Backup pada semua file yang tersimpan di memori Internal dan eksternal smartphone OPPO anda. Dan untuk melakukan Hard Reset OPPO, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Reset HP Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar.

Dari kedua metode tersebut, mana yang ingin anda pilih, apakah ingin melakukan Hard Reset melalui Recovery Mode atau Factory Reset melalui menu pengaturan. Sebenarnya hasil sama, yakni mengembalikan smartphone ke pengaturan awal atau posisi pabrikan.

Hanya saja, untuk Hard Reset sendiri, opsi ini dilakukan diluar sistem, sementara Factory Reset didalam sistem Android. Artinya, ketika anda memiliki masalah pada Sistem Android, dan tidak memungkinkan untuk masuk ke Pengaturan, maka reset tetap dapat dilakukan melalui fitur Recovery Mode.

Tidak Semua Masalah Selesai Hanya dengan Reset

Sedikit membahas mengenai masalah pada smartphone OPPO, perlu anda perhatikan bahwa tidak semua masalah error dapat teratasi dengan Hard Reset saja. Mungkin kalau masalahnya pada sistem android (ColorOS) masih bisa diatasi, namun terkadang ada beberapa pengguna yang setelah melakukan reset ternyata blank atau booting sampai logo saja.

Masalah ini kemungkinan ada pada Hardware, salah satunya Chipset namun ini masih bersifat tidak pasti, solusi terbaik harus dilakukan pengecekan oleh teknisi smartphone. Atau jika mau, anda bisa membawanya ke Service Center sehingga nantinya pasti akan mendapat penanganan yang lebih baik.

Lupa Pola Kunci Tidak Teratasi dengan Reset

Masalah yang sering dialami oleh para pengguna Android, termasuk OPPO adalah lupa pola kunci layar. Sebenarnya masalah ini terlihat sepele, namun sebenarnya ini bukanlah masalah sepele, karena penanganan lupa pola kunci cukup rumit, tidak seperti dahulu kala yang hanya dengan reset semua selesai.

Perlu anda ketahui bahwasannya, sistem android dan smartphone OPPO keluaran terbaru saat ini telah dilakukan peningkatan keamanan demi menjamin privasi dan data para pengguna. Artinya, vendor smartphone berusaha agar hanya pengguna yang dapat mengakses pola kunci, tidak untuk orang lain.

…asumsikan ketika smartphone kita dicuri orang lain dalam keadaan terkunci, maka pencuri tetap tidak bisa membuka pola kunci karena dia bukan pemilik aslinya, meskipun dilakukan reset.

Nah, membuka pola kunci smartphone keluaran terbaru saat ini hanya bisa dilakukan melalui Service Center atau melakukan verifikasi ulang data diri anda ke email atau akun terkait.

Untuk yang paham mengenai masalah ini, biasanya ada metode bypass dimana pengguna mencoba membuka pola kunci dengan menerobos tingkat keamanan smartphone. Ini bisa dilakukan juga, anda bisa kunjungi forum atau tutorial tertentu untuk melakukannya.

… dan biasanya anda pasti membutuhkan tools tambahan untuk melakukannya. Jika mungkin dari anda punya pengalaman terkait unlock kunci layar, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. Syifa berkata:

    Lupa pola oppo a37f