9 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow Orang Lain

Kenapa instagram saya tidak bisa follow orang lain? Akun instagram yang tidak bisa melakukan follow tentunya membuat anda sedih dan kesal. Apalagi anda adalah seorang pebisnis online yang setiap hari aktif menggunakan intagram.

Sebagai pengguna sosial media seperti Instagram tentunya anda harus bijak dalam menggunakannya. Jangan berlebihan dalam melakukan aktifitas tertentu, seperti misalnya anda menggunakan facebook. Jika anda menambahkan teman terlalu sering maka anda akan di blokir dalam menambahkan teman.

Tak tanggung – tanggung, tim Facebook bisa memblokir anda selama berhari – hari bahkan berminggu – minggu. Sama halnya dengan instagram, jika anda melakukan aktifitas yang tidak wajar seperti berkomentar, menambahkan hashtag, ataupun mengikuti orang lain maka tim instagram juga akan memberikan tindakan untuk anda.

Lihat Juga : 6 Cara Mengatasi Sayangnya, LINE Telah Berhenti

Penyebab Tidak Bisa Follow Teman di Instagram

Jika anda mengalami masalah tidak bisa follow teman biasanya muncul pesan error seperti “The maximum number of requests per hour has been exceeded”, “no users found”, “action not allowed”.Pesan error tersebut mungkin saja terjadi karena kesalahan anda sendiri.

Perhatikan beberapa penyebab di bawah ini…

  1. Anda Telah Melewati Batas Maksimum Follow. Ketentuan dari tim instagram, anda bisa melakukan follow hingga 7500 akun. Artinya, instagram memberikan limit pada pengguna saat ingin mengikuti orang lain.
  2. Terlalu Sering Melakukan Follow. Aktifitas yang tidak normal membuat akun anda terkena tindakan dari tim instagram. Jika anda pernah melakukan follow pengguna lain lebih dari 20 akun dalam satu jam maka anda tidak akan di ijinkan lagi oleh tim instagram untuk melakukan follow.
  3. Terlalu Banyak Menekan Tombol Like. Berapa ratus kali anda menekan tombol like dalam satu jam? Jika anda menekan tombol like lebih dari 300 kali setiap jamnya maka nantinya anda tidak ijinkan lagi untuk melakukan aktifitas tertentu di instagram seperti like, follow, komentar, dan hashtag.
  4. Tidak Sopan Dalam Berkomentar. Pernahkan anda berkomentar di postingan orang lain yang tidak sopan? Jika pernah mungkin saja anda telah di laporkan ke pihak intagram atas komentar yang anda tulis. Sesuai dengan aturan yang di buat oleh instagram bahwa anda tidak boleh menghina, mencela, dan mencerca orang lain.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Mangatasi Instagram Tidak Bisa Follow Teman

Untuk mengatasi beberapa penyebab di atas, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Dan berikut tips – tipsnya…

  1. Unfollow Teman yang Tidak Pernah Aktif. Dari semua followers yang anda miliki tentunya ada beberapa teman yang jarang aktif atau bahkan tidak pernah aktif. Untuk itulah sebaiknya anda melakukan unfollow kepada mereka. Tapi anda harus ingat, anda hanya bisa unfollow teman tidak lebih dari 20 akun setiap jamnya.
  2. Tunggu Sampai 2 hari (48 Jam). Mungkin anda terkena block dari tim instagram. Sebaiknya tunggu saja selama 48 jam semoga nantinya anda bisa follow orang lain lagi.
  3. Minta Bantuan Dari Tim Instagram. Jika anda merasa bingung mengenai permasalahan yang sedang anda hadapi. Anda bisa menanyakan langsung kepada tim instagram mengenai alasan kenapa anda tidak bisa melakukan follow orang lain.

Lihat Juga : Mengatasi WhatsApp idak Bisa Menerima & Mengirim Gambar

Ganti Kartu SIM…

Selain menerapkan beberapa metode diatas, anda bisa mencoba untuk mengganti kartu SIM yang anda gunakan. Dengan mengganti kartu SIM, biasanya Instagram akan normal kembali. Ini adalah pengalaman dari para pengguna Instagram yang mendapatkan permasalahan yang sama.

Beberapa provider yang bisa saya rekomendasikan yakni Telkomsel, Indosat, XL, dan AXIS.

Hentikan dan Hapus Data Instagram

Untuk metode berikutnya, anda bisa mencoba untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi instagram. Data yang saya maksud disini adalah berupa data yang bersifat sementara seperti file cache, data login, basis data, cookies, history, dan lainnya.

Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Instagram
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Lihat Juga : Cara Menghapus Data Aplikasi Huawei

Akhir Kata

Setiap orang memiliki penyebab dan masalah yang berbeda – beda. Saran dari saya, jangan seperti robot yang semuanya bisa di lakukan dengan mudah dan cepat. Sosial media juga memiliki aturan dalam melakukan aktifitas seperti like, komentar, hashtag, dan follow.

Untuk itulah anda harus bijak dalam melakukan aktifitas tersebut, tidak perlu berlebihan, tidak perlu tergesa-gesa, dan tidak perlu melakukan spam. Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian ulasan sigkat dari saya mengenai solusi mengatasi instagram tidak bisa follow orang Lain, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin di tanyakan, sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Masalah Instagram

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 112 Comment

  1. Handa berkata:

    Komentar:min, instagramku nggak keluar pemberitahuan siapa yg ngelike dan koment fotoku, juga tidak keluar pemberitahuan siapa yg follow aku. yang keluar hanya SUGGESTED FOR YOU(teman yg disarankan). ini udah 3 hari. jadi kalau mau tau siapa yg like dan koment harus buka fotonya di timeline atau tombol paling bawah kanan. jumlah like dan komentku menurun (sepertinya hanya followerku yg bisa like n komen, sedangkan di explore nggak keluar). biasanya setiap hari followerku bertambah minimal 0,1k , tapi ini nggak bertambah sama sekali. Aku rasa fotoku memang nggak keluar di explore( padahal akunku nggak ku privat). min, mohon bantuannya.

    • Dian Arifin berkata:

      Cobalah untuk membersihkan data aplikasi Instagram, kemudian mas/mbak login ulang di Instagram. Semoga semua pemberitahuan yang tidak muncul kembali muncul. Selain itu, pastikan mbak tidak melakukan aksi berlebihan dalam menggunakan Instagram, karena takutnya nanti di Block oleh Tim Instagram. Pastikan juga mbak melakukan konfirmasi pada email dan nomor telepon agar akun lebih aman dan bisa lebih maksimal dalam menggunakan Instagram.

  2. Tomy berkata:

    Masalah nya bukan akun nya kk ?, tapi hp nya cobalah login dari hp lain pasti bisa follow

  3. cahyo berkata:

    Punya saya tidak bisa folow kk, padahal saya belum folow 1 orang pun, waktu sya ngtik folow muncul kata² Tindakan di blokir

  4. Firdaus berkata:

    Akun jualan saya di instagram udah satu minggu gak bisa follow orang,gimana ya kak solusinyaa? makasih

  5. Rafiarif berkata:

    Gan mau nanya punya saya baru buat tapi pas follow orang ada tulisan tindakan di blokir gitu. Itu kenapa ya

  6. indra berkata:

    iya sama aduh gabisa follow comment sama like, ada bacaan tindakan blablabla, kenapa coba……

  7. bagas berkata:

    akun saya bisa follow 1 jam mungkin cuma 30 orang. padahal dulu bisa follow sampe ratusan. untuk mengembalikan seperti dulu apakah bisa?

  8. erina berkata:

    Whats wrong dengan instagram ngak bisa follow atau folback padahal aku followingnya masih 200an

  9. Biolsky berkata:

    Saya gabisa follow orang juga tulisannya action blocked trs gimana ya udh 1 bulan nih

    • Dian Arifin berkata:

      Apa mbak melakukan pelanggaran dalam menggunakan Instagram atau mbak belum melakukan verifikasi email Instagram sepenuhnya..

      • yuli berkata:

        Konfirmasi email sudah, no hp sudah dimasukan, udah coba login di hp laen pun masih sama. Masih muncul tindakan diblokir. Gmana tuh gan. Padahal ig baru, ya gak baru-baru banget.

      • Dian Arifin berkata:

        apakah ada satu pelanggaran yang anda lakukan mas… Jika konfirmasi yang mas lakukan itu telat ya sama aja mas, sekali buat harus langsung konfirmasi mas…

      • Rvanya Manda berkata:

        Aku Juga Kk,Ngk Bisa Nge Follow Orng Lain

  10. Hendrik berkata:

    Min aku gabisa search orang di instagram , aku coba ketik namanya di searh tampi gak keluar. Mungkin ada solusinya ? Terimakasih

  11. rhys_erwe berkata:

    kenapa yahk , akun saya
    yg saya ikutin nambah otomatis. pdhal
    ngak ngefollow orglain loh .

    nambah2 mulu kesel. org gak jelas lgi .
    bantu jwb

  12. Yans berkata:

    Sebenarnya masalah ini kemungkinan besar penggunaan kartu 3. Saya mengalaminya.. setelah ganti kartu lain bisa follow lagi. Saya coba ganti pakai kartu 3 lagi, tidak bisa follow lagi

    • Ratri berkata:

      Alhamdulillah… makasih solusinya… aq dah bingung hampir sebulan 2 akun ga bs follow dan dm sama sekali. Padahal salah satu akun tuh penting buat swap postcard sm postcrosser2 luar negeri. Emg tdnya aq pake 3 skrg ganti pake simpati bs follow2 lg 2 akunku. Makasiiiiiiih…. ?

  13. Novitadiann_ berkata:

    Akun instagram saya tidak bisa follow orang.Gimana solusinya agar bisa follow orang?kasih tau dong!

  14. Chandra ayu berkata:

    Kenapa hp saya tdk bisa ngefollow orang lain?

  15. ridwan berkata:

    Minn instagram gua cuma bisa follow sama dm hanya lewat wifi… Knpa yah.?
    Gimna min solusinya.?

  16. saipul berkata:

    min kan aku punya 2 instagram . la keduanya kok masalahnya samaan ya ga bisa follow orang lain .. tolong recomendasinya min

  17. Elise berkata:

    mas ig saya kan baru ya blm sebulan lah la itu kok ga bisa difollo atau ngefollo yaa ? itu kenapa blm sy konfirmasi ke email sih.
    tapi kalo ig saya yg lama udah di konfirmasi semua tapi tetap juga tidak bisa folbek gitu, kenapa ya mas kasihh solusinya donk makasihh

    • Dian Arifin berkata:

      Kemungkinan ada verifikasi yang salah mas, mohon teliti dan mohon melakukan konfirmasi dengan benar. Selain itu, cobalah untuk ganti kartu mas…

  18. Ika berkata:

    Saya baru beli akun, pas mai bersihin followingnya kok gak bisa ya? Itu kenapa dan gimana caranya?

  19. andre1160 berkata:

    Kenapa ketika saya folow orang belum2 detik tiba tiba unfollow sendiri tolong jawabannya

  20. alexaryas berkata:

    kak kok sudah mau satu minggu belum bisa follow orang, padahal sdh coba berbagai cara..

  21. anam berkata:

    kalo berlebihan pake aplikasi unfolowers yg ada di play store itu bisa jd pengaruh gak min?

  22. Apri berkata:

    Min, kenapa ig ku ga bisa follback atau follow orang kayak mantul mantul gitu pas ditekan mengikuti kembali lagi ke diikuti gitu terus min

  23. Harada berkata:

    Ada yang bisa mengatasi kalau fitur close friends gabisa dipake di akun saya ? Hape saya samsung A5 dan sudah update Instagram ke yg paling baru. Sdh coba reinstal juga tetep aja.

  24. meldajupita berkata:

    Mim saya kan punya dua aku,terus akun saya yg kedua ini pas ada org yang fllow saya gabisa flbcl dia,bacaan nua ikuti terus gak bisa flbck begitu juga sebaliknya saya juga gabisa fllw org. Tapi saya beralih ke akun saya yg pertama bksa fllw sm flbcl org.tolong dong

  25. Nuri Sulistyawati berkata:

    Trus klo gara² terlalu banyak memfollow akun lebih dari 20 gimana????

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau follow diatas 20 akun saya kurang tau, kemungkinan tidak jadi masalah. Cobalah tunggu beberapa waktu kedepan, siapa tahu bisa normal kembali..

  26. siti berkata:

    Klau masalah sy itu, pas follow itu kembali lg follow terus bgitu, smpai tulisan pengikut yg mau sy ikuti bertambah setiap sy mencet follow. Padahal tdk ada indikasi pesan dr instagram bahwa ada kesalahan, dll. Mungkin ada prmaslahan yg sama. Bagaimana ya?

  27. Andi berkata:

    Akun say gk bisa login,misalnya login akunya itu white screen make hp orang juga gk bisa. Tolong solusinya…

  28. Ghina helfina berkata:

    Saya gak bisa follow orang, tapi me-coment dan like bisa kok. Kok bisa ya gak bisa follow orang??? Aku punya akun dua, satunya gak bisa memfolow dan satunya bisa memfolow, kok gitu ya?

  29. hans berkata:

    Min. Kemarin saya selama seharian penuh follow dan unfollow terus karna supaya dapat banyak followers seperti tips dari internet atau di youtube. Terus sekarang gak bisa follow ke siapapun lagi.. Tolong donk min

  30. Muhammadzikry berkata:

    Gan kenapa saya tidak bisa follow orang bacaan nya di blokir sementara tapi sudah 1 minggu gitu-gitu aja gan
    #thnks

  31. adkcl_38 berkata:

    kemarin saya ingin nambahin followers ssaya , terus saya banyak ikuti orang lebih dari 800 , jadi harus bagaimana biar aktif kembali bisa follow orang lagi . tadi sudah unfoll kurang dri 20 orang , trus apa lagi Bang ? mohon solusinya ya bang

  32. Armand berkata:

    Foto yang saya upload tidak muncul atau lambat muncul di halaman Hastag instagram. Saya juga tidak bisa login langsung dengan username dan password, hanya bisa login Instagram melalui Facebook. Tidak ada ditampilkan waktu sampai berapa lama akun saya dihukum instagram seperti ini. Ini sudah jalan 5 hari tapi tetap masalah belum hilang. Sebelumnya saya mengalami kesalahan dalam membagikan snapgram menjadi pesan grup ke semua kontak, mungkin kesalahan saya ini yang menyebabkan sakun aya ditindak seperti seorang spammer. hanya berapa lama waktunya ini yang tidak jelas, dan bisakah masalah ini pulih dengan menunggu waktu?

  33. Elisa berkata:

    Saya kan pakek ini ya yg auto like gitu, itu berpengatuh gak?

  34. Muttaqin azqiya hidayah berkata:

    Min cara minta bantuan dari Instagram gimana?kalau di blok Instagram gimana mengatasinya?kalau sudah di blok Instagram apa jadiny min?

    • Dian Arifin berkata:

      kalau misal diblock, lihat dulu blocknya seperti apa? lebih baik coba lihat pusat bantuan atau kirim email ke Instagram.

  35. reis berkata:

    Kenapa min Pas mau follow orang selalu ada tulisan gini “tindakan ini di blokir,coba lagi nanti kami melarang konten dan tindakan tertentu untuk melindungi komunitas kami”??

  36. Natasya berkata:

    Saya pas waktu itu follow orang lebih dari 20 eh udah pada di unfoll semua sama saya dan malahan saya gak bisa follow terus following saya bertambah-tambah sendiri.Itu gimana kak cara memperbaikinya?

  37. Sel berkata:

    Kalau nunggu serius bis kembali kan??

  38. fransiska berkata:

    slamat siang..
    saya mau tnya min mslah nya agak ribet sii
    jdi gni.
    saya py 2 akun ig yg satu buat jualan yg satu akun pribadi
    akun ig yg saya pake jualan kmren2 gak ada msalah apa2, krna saya pgin py foll bnyak saya akhirnya beli foll aktif sbnyak 200 org, sblum beli foll aktif ig saya ada 30 foll,
    nah stlh nya foll saya jadi 240.. tp pas siang nya tau2 foll nya berkurang jdi 225 saya gtw sbb nya apa, dan trs berkurang sampe 210.. pdahal di notifikasi itu ada bbrpa org baru yg follow saya, tp bukan nya followers bertambah tp mlah jdi berkurang, jdi intinya stiap kali ada yg ngefollow saya bukan nya followers saya bertambah tp mlah justru berkurang stlah saya beli followers aktif
    mohon bantuan untuk jwbannya min
    trimaksih

    • Dian Arifin berkata:

      itu yang followsers aktif yang mbak beli, sebagian ada yang unfollow mbak, karena tidak suka dengan akun mbak. Kejadian seperti ini sudah banyak, beli followers trus berkurang, dan ini biasa kok. Jadi yang namanya ig aktif trus dibajak untuk jualan followers pasti nanti ada yang unfollow, jadi wajar mbak …

      • fransiska berkata:

        ini justru yg berkurang bukan followers aktif yg saya beli mas,
        jdi foll aktif yg saya beli itu msih ttp tp yg berkurang justru followers asli saya, dan yg buat saya bgg..
        stiap kali ada yg baru foll saya jumlah followers saya bukan nya bertambah justru berkurang,
        saya kan pake 2 akun dalam satu aplikasi apakah itu juga berpengaruh ya?
        trimakasih

      • Dian Arifin berkata:

        Tidak masalah pakai 2 akun, kemungkinan followers mbak banyak yang unfollow. Itu alasannya . . . .

  39. Geral berkata:

    Min yang poin kedua yang kita trllu bnyak klik follow dalam sejam, apakah pihak instagram tidak akan mengizinkan kita follow org lain utk selamanya atau ada jangka waktu tertentu smpai kita bisa follow orang lagi?

  40. putri berkata:

    Min saya mau nanya kenapa ig saya ngk bisa juga sampe skrang ya follow udah seminggu lbihan min gmna yaa

  41. putri berkata:

    Ngk bisa juga gimana ya min,udah lebih 2 Minggu tadi barusan saya coba mintak pertemanan bisa 1 org aja tapi pas mintak satu lagi ngk bisa min gimana yaa

  42. putri berkata:

    Udah juga keduanya tapi ngk juga bisa min

  43. Izzati Lutfiyya berkata:

    Saya kebanyakan follow orang,karna untuk jualan hijab saya,saya gamauu dengan membeli foolowers akun saya banyak pengikutnya..saya mau bener” real yg saya lakukan,tapi alhasill malah akun saya tidak bisa memfollow orang”lgi..
    Mohon bantuannya terima kasih

    • eko berkata:

      sama saya jg gan…
      cara kembalikan seperti awal gmn ya?

    • Dian Arifin berkata:

      Harus nunggu, kena pinalti mungkin dari pihak instagram. normal kembali bisa beberapa hari atau lebih dari 1 minggu …

      • Pjohn berkata:

        mas ig saya emg sblumny lgi follow unfollow org mngkin byk akun dlm satu waktu dan stelah itu saya ga bs follow org lg tpi bs unfollow , like , kecuali follow akun org dan ad tulisan action blocked . udah saya tggu 24 jam jg ga bs , saya pakai wifi trs gnti ke data ga bs, hpus data cache instagram ga bs, install ulang trs log out jg ga bs, udh report problem kirim email ke tim instagram jg blm di reply. jadi gmn ya?
        trus kalo nunggu beberapa hari kedepan kan kita ga boleh follow org dlu nnti kalo mau cek eh ga bs jg trus kita hrus nunggu nya ngulang lgi dong krna udh melakukan pengecekan follow itu… gmn dong mohon mas nya memberikan penjelasa detail.terima kasih

      • Dian Arifin berkata:

        Mas mau buka instagram, mau like, follow, tetap ngk akan bisa. Namun bukan berarti nunggu dari awal lagi. Mas nya terhitung blokir semenjak hari itu. Mas mau aktivitas lainnya ngk masalah kok…

  44. Aulia berkata:

    Maaf mau tanya, selama menunggu apa kita tidak boleh melakukan aktifitas apapun di Instagram? Apa hanya sekedar tidak melakukan follow saja?
    terimakasih

  45. mia berkata:

    aku udh buat semuanya tapi tetep gk bisa

  46. Nurulloh berkata:

    Setelah melakukan paksa berhenti dan hapus data, terus gimana lagi ka?

  47. Ria Anggraini berkata:

    Saya buat akun baru nah saya follow kebanyakan akun jadinya ga bisa follow lagi. Gimana dong kan aku gatau klu gaboleh fllw lebih dari 20 org. Apa bisa ditunggu dua hari lagi?

  48. Della anggreani berkata:

    Saya ga bisa follow orang karna udah kebnyakan follow udah coba tunggu lebih 2hr tapi ttp ga bisa, udah hapus data di pengaturan juga gabisa trus bikin akun baru tapi tetep ga bisa follow juga… Kira” bakal balik lagi apa selamanya ya

  49. Wawa berkata:

    Akun ig saya tidak bisa melihat org yg saya ikuti maupun akun org lain yg di following nya
    Pas dibuka “following” tulesan nya “tidak dapat memuat pengguna” pdhl di akun lain bisa
    Tolong dong knp

  50. pocky berkata:

    alhamdulillah bisa gausah genti sim atau pindah hp, td cuma keluar trs login lagi dan bisa 🙂

  51. Selvi berkata:

    Kak ig kalo sdh dikonfirmasi kok malah suruh follow juga ya?

  52. Selvi berkata:

    Kak instragam aku kalo sdh dikonfirmasi kok malah suruh follow juga ya?

  53. Ervina berkata:

    Kalo ngehapus data Instagram itu followers,postingan,sorotan kita bakalan ikut kehapus ga?