10 Cara Mengatasi HP OPPO Lemot

Masalah HP OPPO yang lemot / lambat saat digunakan memang tidak mengenakkan. Banyak aktivitas seperti bermain game, membuka medsos, edit video, dan beragam aktivitas lainnya terasa kurang maksimal. Hal ini terjadi lantaran ponsel OPPO yang telah digunakan selama bertahun-tahun mengalami penurunan performa. Tetapi faktor usia bukanlah satunya-satunya penyebab, spesifikasi dan cara Anda menggunakan smartphone setiap hari juga memiliki peran besar yang membuat smartphone menjadi lemot.

Umumnya pengguna yang mengeluh mengenai HP yang lemot kebanyakan adalah pengguna yang menggunakan HP kelas mid-range dan low-end. Meskipun demikian, bukan berati pengguna ponsel kelas high-end tidak pernah mengalami masalah. Meskipun memiliki ponsel OPPO dengan spesifikasi tinggi tetapi cara pemakaiannya kurang tepat akan tetap mengalami kelambatan pada ponsel. Untuk memahami lebih jauh mengenai masalah ini, simak penyebab dan solusi mengatasi HP OPPO yang lemot/ lelet berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Hang, Macet, LAG

Penyebab HP OPPO Lemot

OPPO selaku produsen smartphone Android telah banyak mengeluarkan varian dan tipe ponsel yang sangat beragam, dari kelas low-end sampai kelas high-end (flagship). Ponsel OPPO kelas low-end biasanya yang paling sering mengalami kelambatan. Karena bagaimanapun spesifikasi hardware sangat berpengaruh pada performa smartphone. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa poin penyebab HP OPPO lemot berikut ini.

  • Terlalu banyak menjalankan aplikasi – Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan sebenarnya tidak jadi masalah apabila kapasitas RAM Anda di atas 4GB. Tetapi jika RAM Anda kecil, lebih baik jangan membuka banyak aplikasi.
  • Konsumsi RAM yang berlebihan – Konsumsi RAM berkaitan dengan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Ponsel OPPO dengan kapasitas RAM di bawah 4GB tidak mampu menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Mungkin untuk aplikasi seperti Facebook, YouTube, WhatsApp, dan sejenisnya tidak jadi masalah, tetapi untuk game akan terasa lemot-nya.
  • Memori penyimpanan penuh – Sistem dan aplikasi terinstall juga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan data-data sementara seperti cache, cookies, data login, dan lain sebagainya. Apabila ponsel tidak tersedia ruang penyimpanan yang cukup, maka ponsel menjadi lemot bahkan LAG saat digunakan.
  • File cache tidak pernah dibersihkan – File cache yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan memori penuh dan masalah pada aplikasi terinstall. Meskipun file cache membantu mempercepat dalam menjalankan aplikasi, tetapi dalam kurun waktu tertentu file cache tetap harus dibersihkan.
  • Performa smartphone mengalami penurunan – Usia juga menjadi penyebab kenapa HP OPPO terasa lemot saat digunakan. Rata-rata HP Android memiliki rentan usia 4 – 5 tahun. Dalam usia tersebut, ponsel mengalami penurunan performa dan kurang optimal untuk menjalankan aplikasi atau game. Jika Anda ingin mendapatkan performa terbaik, saatnya untuk membeli smartphone baru.
  • Dan lain sebagainya…

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO

Mengatasi HP OPPO Lemot

Setelah mengetahui penyebab HP OPPO yang lemot, kini saatnya melakukan perbaikan dan perubahan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, seperti membersihkan file sampah, membersihkan memori internal, melakukan pembaruan sistem dan aplikasi, sampai dengan mengembalikan ponsel ke setelan pabrikan. Simak dan cermati beberapa tipsnya berikut ini.

1. Bersihkan file sampah

Tips pertama, cobalah untuk membersihkan file junk (sampah) dan cache pada ponsel OPPO Anda. File cache, cookies, basis data, dan sejenisnya sebenarnya sangat membantu dalam mempercepat akses file sistem dan aplikasi. Tetapi dalam kurun waktu tertentu, file cache tetap harus dibersihkan agar tidak terjadi penumpukan pada memori internal. Membersihkan file cache juga tidak menyebabkan masalah pada sistem dan aplikasi terinstall. Anda bisa ikuti petunjuk menghapus cache secara manual dan menghapus cache menggunakan aplikasi pembersih berikut ini.

Menghapus cache secara manual

Menghapus Cache Aplikasi OPPO
1. Menghapus cache secara manual. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Manajemen Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Ketuk Hapus Cache untuk menghapus cache pada aplikasi.
  4. Selesai.

Menghapus cache dengan pembersih

Bersihkan Cache OPPO
1. Bersihkan cache dengan aplikasi pembersih. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Manajer Telepon pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Bersihkan & Percepatan » tunggu sampai proses pemindaian cache selesai dilakukan.
  3. Ketuk Bersihkan.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Pembersih Android & iOS Terbaik

2. Jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi

Bagi Anda yang menggunakan HP OPPO dengan kapasitas RAM yang kecil, sebaiknya jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi. Anda perlu membatasi aktivitas agar ponsel tetap stabil dan optimal saat digunakan. Apalagi untuk pengguna HP OPPO tipe lama seperti OPPO A37, A57, A71, A83, dan lainnya yang telah mengalami penurunan performa sehingga tidak bisa diandalkan lagi untuk aktivitas berat.

Dalam hal ini, bukan berarti HP Anda tidak layak pakai, Anda masih bisa menggunakan HP OPPO lama menyesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Saya sendiri masih menggunakan HP OPPO lama yang mana masih nyaman digunakan untuk membuka media sosial, chat, browsing, streaming video, dan lainnya.

3. Cukup gunakan satu aplikasi Antivirus

Apabila Anda ingin memasang aplikasi antivirus, sebaiknya cukup pasang satu antivirus saja. Antivirus sering kali melakukan pemindaian real-time di latar belakang (background), dampaknya konsumsi baterai dan RAM menjadi lebih tinggi. Antivirus pada ponsel Android sebenarnya juga tidak begitu dibutuhkan. Sistem Android dan aplikasi keamanan bawaan OPPO sudah cukup untuk melindungi ponsel Anda dari serangan virus dan malware.

Ponsel Android lebih rentan terhadap serangan malware yang menginjeksi sistem dan aplikasi. Kebanyakan malware itu ada pada aplikasi yang di unduh dari sumber yang tidak resmi. Artinya, jika Anda mengunduh aplikasi langsung dari sumber resminya seperti Google Play Store, maka saya rasa aplikasi tersebut aman-aman saja untuk digunakan.

Lihat Juga : 19 Aplikasi Antivirus Android & iOS Terbaik

4. Lakukan pembaruan sistem dan aplikasi

Sebagian pengguna mungkin berpikir bahwa pembaruan sistem dan aplikasi menyebabkan memori internal penuh. Memang ada benarnya, dalam pembaruan sistem dan aplikasi terdapat penambahan file pada memori internal. Tetapi perlu diperhatikan bahwa pembaruan sistem dan aplikasi juga membawa perbaikan dan peningkatan performa. Artinya, saya tetap menyarankan untuk melakukan pembaruan jika tersedia pembaruan. Jika Anda merasa memori internal tidak cukup untuk melakukan pembaruan, pindahkan data-data yang ada di memori internal ke memori eksternal.

Perbarui ColorOS OPPO

Lakukan Pembaruan ColorOS
4. Perbarui ColorOS OPPO. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Pembaruan Perangkat Lunak » lakukan pembaruan ColorOS jika tersedia versi baru.
  3. Gunakan koneksi WiFi agar update berjalan lancar.
  4. Selesai.

Perbarui Aplikasi Terinstall

Lakukan Pembaruan Aplikasi
4. Perbarui aplikasi terinstall. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka Google Play Store pada ponsel OPPO Anda.
  2. Masuk pada halaman Aplikasi dan Game saya.
  3. Ketuk Update semua untuk melakukan pembaruan pada semua aplikasi terinstall.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Mengatasi ColorOS Telah Berhenti

5. Hapus file berkas yang sudah tidak dibutuhkan

Apabila memori internal Anda terasa penuh sampai muncul notifikasi “memori internal penuh”, “memori internal tidak cukup”, atau “penyimpanan hampir habis”, cobalah untuk menghapus file berkas dan media yang sudah tidak dibutuhkan, seperti dokumen, foto, video, audio, dan lainnya. Selain RAM, memori internal (ROM) juga memiliki peran penting untuk menjaga HP OPPO tetap stabil dan optimal saat digunakan.

Kiriman file media WhatsApp biasanya yang paling sering membuat memori internal penuh. Tanpa sadar dalam kurun waktu 1-2 bulan, ada ratusan foto dan video masuk dari pesan WhatsApp. Untuk masalah ini, Anda bisa menghapus file kiriman melalui fitur Penyimpanan dan data pada aplikasi WhatsApp. Selain menghapus file berkas, Anda juga perlu menghapus aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan. Anda bisa simak penjelasannya pada poin keenam.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Memori Internal Android

6. Menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan

Menghapus Aplikasi OPPO
6. Hapus aplikasi yang tidak digunakan. RUDI DIAN ARIFIN

Anda tidak perlu mempertahankan aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan. Memasang banyak aplikasi tanpa melihat kebutuhan dapat menyebabkan HP OPPO lemot. Anda bisa hapus aplikasi atau game melalui manajemen aplikasi. Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Manajemen Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi.
  3. Ketuk Hapus untuk menghapus aplikasi.
  4. Konfirmasi penghapusan dengan tap OK.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi di HP OPPO

7. Kurangi penggunaan animasi dan tema

Sebagian pengguna mungkin merasa bosan dengan tampilan antarmuka default OPPO. Memang betul, tampilan antarmuka OPPO sudah cukup bagus, intuitif, dan friendly. Tetapi beberapa pengguna sering kali gereget ingin mengganti dengan tema yang lebih memanjakan mata. Tidak ada larangan untuk menambahkan efek animasi dan tema pada HP OPPO. Ponsel OPPO sendiri juga tersedia aplikasi Tema agar pengguna dapat memilih tema dan wallpaper kesukaan.

Tetapi bagi Anda yang menggunakan HP OPPO kelas low-end, saran saya jangan. Animasi dan tema juga membutuhkan konsumsi baterai dan RAM yang cukup tinggi, akan lebih baik apabila konsumsi baterai dan RAM tersebut digunakan untuk sistem dan aplikasi.

8. Reset HP OPPO

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengembalikan OPPO ke setelan awal / pabrikan. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi HP OPPO yang lemot, karena semua data akan dihapus dan sistem akan dikembalikan ke posisi awal. Sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup pada data penting Anda miliki. Pindahkan semua file berkas yang ada di memori internal ke memori eksternal. Atau kalau mau lebih aman, Anda bisa pindahkan ke komputer.

Berikut dua metode untuk melakukan reset yang bisa Anda ikuti, melalui menu Pengaturan dan melalui ColorOS Recovery (Recovery Mode). Simak dan cermati langkah-langkahnya.

Factory Reset OPPO

Reset HP OPPO
8. Factory Reset HP OPPO. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada ponsel OPPO Anda.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan » Buat cadangan dan reset.
  3. Pilih Kembalikan ke pengaturan pabrik » Hapus semua isi & pengaturan.
  4. Konfirmasi reset ponsel OPPO ke setelan pabrik.
  5. Selesai.

Hard Reset OPPO

  1. Pertama, pastikan ponsel OPPO Anda dalam keadaan off atau mati.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo OPPO.
  3. Setelah muncul logo OPPO, lepaskan kedua tombol dan tunggu beberapa saat maka Anda akan masuk pada menu ColorOS Recovery.
  4. Untuk bahasa, pilih Bahasa Inggris » lanjutkan dengan memilih Wipe Data » konfirmasi dengan Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos).
  5. Tunggu selama beberapa saat sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Tekan Reboot untuk restart ponsel OPPO.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Sering Macet, LAG

Penutup,

Dengan beberapa tips di atas, diharapkan masalah HP OPPO yang lemot dapat teratasi dengan baik. Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua varian dan tipe HP OPPO seperti OPPO A37, OPPO A53, OPPO A3s, OPPO A15, OPPO A11K, OPPO A15S, OPPO A33, OPPO A32, OPPO A1K, OPPO A12, OPPO A5S, OPPO A71, OPPO F1, OPPO F5, OPPO F7, OPPO F9, dan semua seri OPPO lainnya. Jika ada sedikit perbedaan tampilan atau langkah-langkah, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Berikut beberapa poin penting untuk menjaga supaya HP OPPO tetap stabil dan optimal saat digunakan.

  • Gunakan smartphone sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.
  • Lakukan pembaruan sistem dan aplikasi untuk mendapatkan perbaikan dan peningkatan performa.
  • Peduli pada memori internal, jangan sampai memori internal penuh.
  • Lakukan perawatan dengan membersihkan cache secara rutin.
Apa penyebab HP OPPO lemot padahal aplikasi sedikit?

Aplikasi sedikit bukanlah patokan smartphone akan tetap stabil dan optimal. Ada banyak faktor yang menyebabkan HP OPPO lemot seperti penumpukan file sampah, file media, ruang penyimpanan penuh, hingga masalah pada sistem dan aplikasi terinstall.

Apa penyebab HP OPPO restart sendiri?

Bisa karena bugs pada sistem dan aplikasi, overheat, hingga kerusakan pada komponen hardware.

Kenapa HP OPPO saya sering macet dan LAG?

Aktivitas multitasking yang terlalu tinggi dapat menyebabkan smartphone macet dan LAG. Untuk smartphone dengan RAM tinggi tidak jadi masalah, tetapi untuk smartphone dengan RAM kecil akan terasa lemot dan macetnya.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Masalah OPPO

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.