10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

Punya masalah saat install aplikasi pada perangkat Android, simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini!

Kita tahu saat ini perangkat Android seperti smartphone dan tablet hadir dengan varian yang sangat beragam. Hal ini terjadi lantaran peminat dari perangkat Android begitu banyak, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain penggunaannya yang mudah, fasilitas dan layanan yang dihadirkan pun cukup menarik. Pengguna dapat merasakan kemudahan dalam melakukan transaksi secara digital, hiburan media sosial dan game yang tak terbatas, hingga belajar dan melakukan pertemuan secara daring tanpa dibatasi jarak dan waktu.

Meski terlihat memanjakan, terkadang para pengguna Android juga merasa kesal dengan masalah aplikasi tidak terpasang atau aplikasi tidak dapat terdownload atau terinstall saat memasang aplikasi dari Google Play Store ataupun dari toko aplikasi pihak ketiga. Masalah ini dapat terjadi pada perangkat Android mana pun seperti: Samsung, OPPO, VIVO, Xiaomi, Realme, dan lainnya. Setiap perangkat Android biasanya akan menampilkan pesan error saat gagal memasang aplikasi seperti:

  • application cannot be installed in the default installation location
  • not enough space on device
  • insufficient storage available
  • corrupted apk or apk file
  • dan beragam jenis pesan error lainnya.

Lalu, apa penyebab dari masalah aplikasi tidak terpasang tersebut? Dan bagaimana cara mengatasinya? Ada banyak hal yang menyebabkan aplikasi tidak terpasang, selengkapnya Anda bisa simak penyebab dan solusi mengatasinya dalam pembahasan berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp

Penyebab aplikasi tidak terpasang

Berikut beberapa hal yang menyebabkan aplikasi tidak terpasang pada perangkat Android Anda:

  • File APK rusak – Pertama, ada kemungkinan file APK yang Anda install mengalami kerusakan / korup. Hal ini biasanya juga ditandai dengan pesan kesalahan yang bertuliskan “corrupted apk or apk file” atau “application not installed”. File aplikasi yang rusak lebih sering terjadi ketika pengguna mengunduh tidak melalui Google Play Store, tetapi dari website atau toko aplikasi pihak ketiga.
  • Ruang penyimpanan tidak cukup – Memori penuh atau tidak cukup juga dapat menyebabkan aplikasi tidak terpasang. Hal ini biasanya ditandai dengan pesan kesalahan yang bertuliskan “Insufficient storage space” atau not enough space on device”. Anda perlu menghapus data dan beberapa aplikasi agar aplikasi yang Anda inginkan dapat terpasang.
  • Aplikasi tidak kompatibel – Ada kemungkinan aplikasi atau game yang Anda install tidak kompatibel pada perangkat Android Anda. Misalnya game Genshin Impact yang hanya support pada perangkat Android 7.0 Nougat ke atas. Jika Anda memasang game ini pada Android 5.0 Lollipop, maka tentu saja game ini tidak akan terpasang atau terpasang tetapi akan mengalami banyak masalah ketika digunakan.
  • Masalah perizinan sistem dan aplikasi – Jika Anda ingin menginstall aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga, Anda membutuhkan perizinan akses agar dapat menginstall aplikasi tersebut. Hal ini dilakukan karena aplikasi tersebut teridentifikasi sebagai aplikasi dari “sumber yang tidak dikenal”.
  • OS Android bermasalah – Ada banyak faktor yang menyebabkan sistem Android bermasalah seperti: virus atau malware yang menyerang sistem Android, penumpukan file sementara, bugs pada sistem Android, tidak melakukan pembaruan perangkat lunak, penumpukan file sementara, dan masih banyak lagi.
  • dll.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Xiaomi

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

Untuk mengatasi masalah apk atau aplikasi yang gagal terpasang pada perangkat Android Anda, cobalah beberapa tips berikut ini.

1. Restart perangkat Android

Metode pertama, Anda bisa mencoba memuat ulang perangkat untuk mengatasi masalah aplikasi tidak terpasang. Dalam kondisi tertentu, terkadang service sistem dan layanan Google Play Store yang tidak berjalan dengan benar atau mengalami crash mengakibatkan aplikasi tidak dapat terunduh dan terpasang. Dalam beberapa kasus, memuat ulang perangkat dapat mengatasi beragam masalah yang terjadi pada perangkat Android seperti: aplikasi tidak bisa dibuka, aplikasi telah berhenti, aplikasi keluar sendiri, aplikasi tidak terpasang, dan beragam masalah lainnya.

Karena itulah, kami menyarankan untuk memuat ulang perangkat untuk mengatasi service sistem yang crash tersebut. Setelah memuat ulang perangkat, Anda bisa mencoba memasang kembali aplikasi / file APK yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda bisa melihat dan mengidentifikasi apakah aplikasi dapat terpasang atau tidak. Jika aplikasi tidak terpasang, cobalah untuk mengikuti metode selanjutnya.

2. Aktifkan perizinan aplikasi

Izinkan install aplikasi dari sumber tidak dikenal
2. Aktifkan perizinan aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN

Jika Anda ingin memasang aplikasi dari website atau toko aplikasi pihak ketiga (tidak dari Google Play Store), maka pastikan Anda sudah mengaktifkan perizinan untuk menginstall aplikasi dari “sumber yang tidak dikenal”. Untuk melakukannya, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat Android yang Anda gunakan. Anda bisa membuka menu Pengaturan untuk mencari dan mengaktifkan perizinan akses. Pada perangkat Samsung, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Gulir ke bawah, lalu pilih Biometrik dan keamanan.
  3. Kemudian pilih Instal aplikasi yang tidak dikenal.
  4. Karena nantinya ingin menginstall aplikasi dalam bentuk file APK yang tersimpan di file manager, maka aktifkan “File saya”.
  5. Apabila pada ponsel Android Anda terdapat toko aplikasi lain yang ingin Anda aktifkan, maka silakan aktifkan.
  6. Jika sudah, Anda bisa keluar dari halaman tersebut.
  7. Selesai.

Dalam mengaktifkan perizinan akses “install aplikasi yang tidak dikenal”, terdapat perbedaan pilihan antara OS Android versi baru dengan OS Android versi lama. Namun yang pasti, Anda dapat mengaktifkan perizinan ini melalui fitur keamanan pada OS Android versi mana pun. Jika terdapat perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

3. Periksa kapasitas penyimpanan internal

Jika Anda mendapati pesan kesalahan saat menginstall aplikasi bertuliskan “Insufficient storage space”, “not enough space on device”, dan sejenisnya, maka coba pastikan kembali kapasitas penyimpanan internal Anda tidak penuh atau setidaknya masih cukup untuk menginstall aplikasi yang Anda inginkan. Cobalah untuk membersihkan file / data yang tidak dibutuhkan, seperti foto, video, audio, dokumen, apk, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban penumpukan file dan aplikasi pada memori internal.

Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Hapus aplikasi Samsung
3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Gulir ke bawah, pilih menu Aplikasi.
  3. Kemudian temukan dan pilih aplikasi yang Anda inginkan.
  4. Lanjutkan dengan memilih Hps Instalan.
  5. Klik OK untuk konfirmasi penghapusan aplikasi.
  6. Selesai.

Bersihkan file-file yang tidak diperlukan

Hapus file berkas Samsung
3. Bersihkan file berkas dan media. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi My Files pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih kategori file yang ingin Anda bersihkan.
  3. Jika Anda ingin menghapus file APK, Anda bisa pilih kategori APK.
  4. Tandai beberapa file / semua file yang ingin dihapus.
  5. Ketuk Hapus untuk menghapus file yang diinginkan.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android

4. Periksa kompabilitas sistem dan aplikasi

Selanjutnya, cobalah untuk memeriksa kompabilitas dan versi aplikasi / game yang ingin Anda pasang. Hal ini penting untuk Anda lakukan, mengingat kompabilitas aplikasi akan berpengaruh pada jalannya aplikasi, apakah aplikasi tersebut nantinya bisa berjalan normal atau tidak. Beberapa aplikasi dan game akan terus menerapkan perubahan dan pembaruan mengikuti perkembangan sistem Android yang rilis, baik dari segi privasi dan keamanan, antarmuka, hingga pengalaman pengguna saat menjalankan aplikasi.

Bahkan beberapa aplikasi populer seperti WhatsApp sekarang tidak lagi mendukung OS Android 4.0.4 dan yang lebih lama. Hal ini dilakukan karena teknologi yang dibawa memang tidak tersedia di Android lama. Untuk game juga demikian, banyak game-game populer seperti PUBG, Mobile Legends, hingga Genshin Impact yang hanya dapat dimainkan pada perangkat Android yang mumpuni. Jadi, sebelum memasang aplikasi ataupun game, pastikan aplikasi yang Anda install tersebut masih kompatibel dengan versi OS Android yang Anda gunakan.

5. Reset HP Android

Reset HP Samsung
5. Factory Reset HP Samsung. RUDI DIAN ARIFIN

Jika semua metode yang saya jelaskan di atas tidak membantu memperbaiki masalah yang Anda alami, cobalah untuk mengembalikan setelan perangkat ke posisi awal / pabrikan. Mungkin ini adalah jalan terakhir untuk mengatasi sistem Android yang bermasalah. Cara ini akan membersihkan file berkas dan media yang tersimpan di memori internal dan menghapus semua aplikasi pihak ketiga. Jika Anda menggunakan HP Samsung keluaran terbaru, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan pada HP Samsung Anda.
  2. Temukan dan pilih menu Manajemen umum » kemudian pilih Reset.
  3. Pada bagian tersebut, terdapat beberapa pilihan reset, mulai dari Reset Pengaturan sampai Reset data pabrik. Untuk menghapus seluruh data dan mengembalikan ponsel ke setelan awal, silakan pilih Reset Data Pabrik.
  4. Lanjutkan dengan memilih Reset.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Jika sudah, maka smartphone akan kembali ke posisi awal seperti yang Anda harapkan.
  7. Selesai.

*RESET SAMSUNG

  • Reset Pengaturan – Melakukan reset hanya pada Pengaturan smartphone ke posisi default. Artinya, reset hanya dilakukan pada setelan sistem yang telah dilakukan perubahan seperti nada dering, notifikasi, alarm, dan lainnya.
  • Reset Pengaturan Jaringan – Mengembalikan setelan Wi-Fi, Bluetooth, Hotspot, dan jaringan lainnya ke posisi default.
  • Reset Pengaturan Aksesibilitas – Mengembalikan setelan aksesibilitas ke posisi default, seperti font, keyboard, emoji, dan sejenisnya.
  • Reset Data Pabrik – Mengembalikan smartphone ke posisi awal / pabrikan. Ini akan mengembalikan setelan sistem dan aplikasi ke posisi default serta menghapus semua data yang tersimpan di memori internal.

*NOTE

  • Letak menu Reset tidak selalu pada Manajemen umum. Terdapat perbedaan tampilan antara HP Samsung lama dengan yang baru. Namun yang pasti Anda tetap bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung

Penutup,

Untuk mengurangi risiko dan masalah dalam memasang aplikasi pada perangkat Android, pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya, misalnya dari Google Play Store atau toko aplikasi dari produsen perangkat Android Anda. Jika Anda mengunduh aplikasi (file apk) dari website pihak ketiga, maka pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan versi OS Android yang Anda gunakan, bebas dari virus dan malware, serta aplikasi tidak terjadi kerusakan sama sekali.

Jika Anda masih memiliki kendala setelah mencoba beberapa metode perbaikan yang kami jelaskan di atas, silakan tulis kendala Anda melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Bagaimana cara mengizinkan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal?

Anda bisa membuka menu Pengaturan pada perangkat Android Anda. Kemudian temukan dan akses fitur “menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal”. Pastikan fitur tersebut dapat keadaan aktif (enable) agar aplikasi yang Anda inginkan dapat terpasang.

Mengapa Google Play Store tidak bisa dibuka?

Google Play Store yang tidak bisa dibuka dapat disebabkan oleh layanan Google Play Service yang bermasalah, entah karena penumpukan file cache atau service sistem yang crash. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menghapus data aplikasi Google Play Store untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengapa HP sering mengalami hang dan macet?

HP yang sering hang dan macet dapat disebabkan karena service sistem yang mengalami crash, memori internal yang penuh, penumpukan file sementara, instalasi aplikasi dan game yang terlalu banyak, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengoptimalkan perangkat dengan membersihkan file sementara dan membersihkan data-data yang tidak diperlukan.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…