Pengertian Media Sosial | Sejarah, Jenis, Fungsi, Kelebihan

Dalam dunia digital kita mengenal media sosial yang selalu memainkan peran penting dalam kehidupan saat ini. Media sosial menjadi alat online yang memungkinkan seseorang untuk menemukan dan mempelajari informasi baru, berbagi ide, dan berinteraksi dengan individu maupun organisasi baru.

Bagaimana dengan efeknya? Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan menyebabkan stres, suasana hati yang buruk, dan kesehatan mental yang negatif. Banyak orang bangun di pagi hari dan langsung mengecek Instagram, Snapchat atau Twitter mereka. Hal inilah yang telah mengubah cara kita dalam menjalani hidup hari ini, yang mana telah mengubah cara manusia menjadi seorang makhluk sosial yang modern.

Lihat Juga : Pengertian WiFi | Sejarah, Perkembangan, Fungsi, Cara Kerja

Pengertian dan Definisi Media Sosial

Pengertian Media Sosial
Sumber Gambar : tekno.kompas.com

Secara umum media sosial merupakan teknologi berbasis komputer yang memfasilitasi sistem sharing informasi melalui jaringan internet dalam komunitas virtual. Media Sosial dirancang dengan bentuk komunikasi elektronik (seperti situs web untuk jejaring sosial dan microblog), di mana pengguna membuat komunitas online untuk berbagi informasi, ide, pesan pribadi, dan konten lainnya.  

Dan mengapa media sosial begitu penting saat ini? Menurut pendapat penulis sendiri karena media sosial memainkan peran penting dalam menghubungkan informasi antar satu orang dengan orang lainnya. Bahkan dalam sektor bisnis seperti jual beli sekalipun, media sosial dapat memberikan peluang besar untuk membangun layanan antar penjual dan pelanggan dengan cara seperti mengumpulkan masukan (memberikan saran), menjawab pertanyaan, atau mendengarkan umpan balik mereka (Feedback/ Review barang dagang).

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

  • B.K. Lewis – Media sosial adalah label bagi teknologi digital yang memungkinkan orang untuk berhubungan, berinteraksi, memproduksi, dan berbagi isi pesan (2010) Social Media and Strategic Communication: Attitudes and Perceptions among College Students. Public Relations Journal, 4, 1-23).
  • McGraw Hill Dictionary – Media sosial adalah sarana yang digunakan oleh orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual (McGraw-Hill Dictionary of Chemistry).
  • Tracy L. Tuten dan Michael R. Solomon – Media sosial adalah sarana untuk komunikasi, kolaborasi, serta penanaman secara daring di antara jaringan orang-orang, masyarakat, dan organisasi yang saling terkait dan saling tergantung dan diperkuat oleh kemampuan dan mobilitas teknologi (Social Media Marketing, Terbitan Pertama: 27 Februari 2012, Pengarang: Tracy L. Tuten, Michael R Solomon).
  • J. Mike Jacka dan Peter R Scott – Media sosial adalah seperangkat teknologi penyiaran berbasis Web yang memungkinkan terjadinya demokratisasi konten sehingga memberikan individu kemampuan untuk menampilkan konten dari konsumen kepada penerbit (Auditing Social Media: A Governance and Risk Guide).
  • Dave Kerpen – Media sosial adalah teks, gambar, video, dan kaitan secara daring yang dibagikan di antara orang-orang dan organisasi (Likeable Social Media, Third Edition: How To Delight Your Customers, Create an Irresistible Brand, & Be Generally Amazing On All Social Networks That Matter).

Lihat Juga : Pengertian Google Classroom | Manfaat, Fitur, Cara Menggunakan

Sejarah Media Sosial

Sejarah Media Sosial
Sumber Gambar : exabytes.co.id

Sejak diciptakannya Internet pada tahun 60an, situs media sosial pertama dibuat pada tahun 1997 degan nama Six Degres. Situs ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah profil dan berteman dengan pengguna lain. Kemudian berlanjut pada tahun 1999, situs blog pertama mulai populer dan menciptakan sensasi dalam perkembangan informasi yang sangat diminati pada masa nya. 

Setelah penemuan situs blog, media sosial mulai semakin meledak popularitasnya hingga situs-situs seperti MySpace dan LinkedIn menjadi terkenal di awal tahun 2000an, dan diikuti pula dengan situs-situs seperti Photobucket serta Flickr dalam memfasilitasi sistem berbagi foto (Sharing) secara online. Hal ini pun juga turut lahirnya YouTube pada tahun 2005, dan menciptakan cara baru bagi orang-orang untuk berkomunikasi dan berbagi informasi satu sama lain dalam jarak yang sangat jauh.

Dan pada tahun 2006, Facebook dan Twitter tersedia untuk pengguna di seluruh dunia secara gratis sampai hari ini dan telah menjadi jejaring sosial paling populer di Internet hingga mencapai milyaran pengguna. Berkat kemunculan Facebook dan Twitter, banyak situs lain seperti Tumblr, Spotify, Instagram, Tik Tok, Foursquare dan Pinterest mulai bermunculan dalam mengisi ruang jejaring sosial tertentu.

Lihat Juga : Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst

Jenis – Jenis Media Sosial

Apa itu LinkedIn
Sumber Gambar : searchenginejournal.com

Perlu diketahui bahwasanya media sosial terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsi dan peranannya. Berikut ini informasi lebih detailnya mengenai jenis – jenis dari media sosial.

  • Layanan Blog – Layanan blog adalah situs web yang memungkinkan Anda membuat, menjalankan, dan memelihara blog. Dengan kata lain, Layanan Blog merupakan situs web informasional yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis dengan menampilkan urutan postingan terbaru pada halaman pertama.
  • Social Network – Social network adalah situs web yang memungkinkan orang-orang dengan minat yang sama untuk berkumpul dan berbagi informasi, berupa foto, dan video. Contohnya seperti Facebook, MySpace, Twitter, dan LinkedIn.
  • Microblogging – Microblogging mengacu pada tindakan dalam membuat postingan ringkas untuk interaksi singkat dengan audiens. Hal ini sering kali ditemui pada platform umum seperti Twitter dan Tumblr. Selain teks dan postingan pengguna dapat menyertakan link, audio, gambar, dan bahkan video di microblog.
  • Media Sharing – Media Sharing adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto, video, dan audio dengan orang lain, meskipun dalam ruang lingkup yang berbeda melalui cara penyematan link. Contohnya seperti Instagram, Snapchat, Pinterest, YouTube, dan lainnya.
  • Forum Online – Bisa dibilang forum online merupakan papan pesan internet, dan merupakan situs diskusi online yang menjadi tempat bagi banyak orang dalam melakukan komunikasi dalam bentuk pesan yang di posting (Thread) yang dapat berisi pertanyaan, opini, gambar, video, link, dan lainnya. Pengguna lain juga dapat menanggapi dan mengakses postingan tersebut kapan saja, contohnya saja seperti Quora, KasKus, Reddit, dan lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Web Browser | Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya

Fungsi dan Manfaat Media Sosial

Sejarah Instagram
Sumber Gambar : nuchylee | DepositPhotos

Dibalik adanya teknologi media sosial, tentunya terdapat beberapa fungsi dan manfaat di dalam aspek kehidupan sehari – hari. Di antaranya dapat dimanfaatkan sebagai media hiburan, bisnis hingga pendidikan. Simak penjelasannya pada poin berikut ini.

1. Memperpendek komunikasi

Media sosial bisa sangat berpengaruh pada masyarakat baik secara positif maupun negatif. Hal Ini memberi seseorang sebuah cara (media) untuk tetap berhubungan dengan mereka yang tinggal jauh. Ini memungkinkan orang berbagi konten yang menyenangkan, menarik, dan informatif.  

2. Media Masyarakat

Media sosial bermanfaat untuk masyarakat karena memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk membuat thread kepada orang-orang apabila sedang membutuhkan bantuan di suatu tempat.

3. Sumber Hiburan

Hiburan adalah jenis pertunjukan yang memberikan kesenangan kepada orang-orang, karena itulah media sosial memenuhi fungsi ini dengan memberikan hiburan dan membantu mengurangi ketegangan terhadap penggunanya dengan menyediakan media online yang menawarkan cerita, film, komik, majalah, meme, dan sebagainya untuk menghibur penontonnya.

4. Media Bisnis

Media sosial adalah layanan internet yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan orang lain dan berbagi informasi serta membuat konten (post) melalui komunitas online. Dengan ini, media sosial menghadirkan peluang pemasaran yang bagus untuk segala bidang bisnis. Mulai dari promosikan nama merek hingga langsung masuk ke ranah perdagangan (jual/beli).

5. Berguna bagi Pendidikan

Media sosial berperan penting dalam kehidupan setiap siswa saat ini. Alasannya sendiri karena melalui media sosial lebih mudah dan nyaman untuk mengakses informasi maupun memberikan informasi dan berkomunikasi. Apalagi tak jarang seorang pengajar dan siswa terhubung satu sama lain untuk dapat memanfaatkan platform ini dalam kepentingan pembelajaran dan pengajaran mereka.

Lihat Juga : Pengertian E-learning | Jenis, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

Fitur dan Manfaat Pinterest
Sumber Gambar: professionaljeweller.com

Terlepas dari adanya fungsi dan manfaat dari media sosial, tentunya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang mungkin secara tidak sadar banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Media Sosial

  • Membangun Hubungan – Media sosial adalah sebuah alat komunikasi digital yang menghubungkan satu orang dengan orang lainnya. Dalam perspektif profesional, seseorang yang dikatakan sebagai pengguna media sosial dapat mengembangkan jaringan komunitas serta pertemanan. Tentunya dengan tujuan untuk membangun sebuah ruang lingkup pertukaran informasi yang produktif.   
  • Mengedukasi Diri – Sebenarnya media sosial memungkinkan penggunanya untuk mengatur apa yang benar-benar ingin anda ketahui dan apa yang Anda baca. Artinya Anda dapat mengatur dan membuat daftar mengenai apa saja yang bermanfaat dengan mudah dari media sosial. Alih-alih menyia-nyiakan waktu, setidaknya Anda dapat mengedukasi diri melalui media sosial.
  • Media Komunikasi & Belajar – Dengan media sosial, Anda dapat berinteraksi dengan orang lain dan bertukar informasi melalui komunikasi jarak jauh yang instan. Bahkan Anda juga dapat belajar dari orang-orang yang tinggal di seluruh dunia mengenai ilmu serta kreativitas yang bermanfaat. 
  • Tersedia secara Gratis – Hal yang paling menguntungkan dari media sosial adalah ketersediaannya. Anda bebas memakai seluruh fitur dari media sosial secara penuh tanpa harus membayar biaya sepeser pun. Bahkan justru Anda yang malah diuntungkan dengan disediakannya berbagai macam informasi. Mulai dari hiburan hingga perdagangan yang dapat Anda akses selama 24 jam non-stop.

Kekurangan Media Sosial

  • Berefek terhadap produktivitas – Jika Anda tidak cerdas dalam membentengi diri dari media sosial, maka Anda akan menjadi korban kemalasan. Bahkan terlalu banyak waktu di media sosial berakibat nilai buruk pada hasil belajar seorang siswa. Sering dijumpai pula karyawan yang menyia-nyiakan waktunya untuk berselancar di media sosial, sehingga berpengaruh terhadap produktivitasnya. Karena alasan inilah sebabnya banyak kantor/perusahaan memblokir situs media sosial dari jaringan internet mereka sepenuhnya.
  • Sumber Pertikaian – Ada banyak grup dan halaman di Facebook, Twitter dan Instagram yang dibuat dalam menerbitkan informasi palsu untuk disalahgunakan. Para oknum sering kali memunculkan sudut pandang baru dalam postingan untuk melecehkan atau menyerang dengan ujaran kebencian tentang agama, kepribadian, kebangsaan, suku, dan lain sebagainya. Bahkan kadang digunakan untuk menyesatkan orang serta meningkatkan kebencian melalui kegiatan diskriminatif yang sering kali hal Rasis ini tidak dapat diterima oleh masyarakat secara global.
  • Penyebaran Spam – Dengan basis pengguna yang besar dalam sistem berbagi konten di media sosial, menjadikan situs seperti ini sebagai sasaran empuk untuk virus. Meskipun banyak Media Sosial yang berupaya mencegah infeksi malware dan virus. Namun ketika akun pengguna diserang oleh virus atau malware, maka secara otomatis akun tersebut akan mem posting tautan dan pembaruan status sebagai upaya untuk menipu pengguna lain. Jika Anda mengeklik salah satu tautan spam ini, akun Anda sendiri dapat disusupi. Usahakan untuk berhati-hati untuk mengeklik tautan misterius dalam media sosial secara sembarangan agar terhindar dari hal-hal semacam ini.
  • Bersifat Adiktif – Mengapa media sosial begitu membuat ketagihan? Meskipun media sosial bisa terlihat menyenangkan dan santai, namun sebenarnya memiliki efek yang signifikan pada otak Anda. Setiap kali Anda masuk ke aplikasi favorit Anda, sinyal dopamine di otak Anda meningkat. Neurotransmiter ini berhubungan dengan kesenangan. Karena efeknya pada otak inilah, media sosial membuat ketagihan baik secara fisik maupun psikologis. Menurut sebuah studi baru oleh Universitas Harvard, pengungkapan diri di situs jejaring sosial memberikan efek yang sama ketika otak manusia menerima ataupun mengonsumsi zat adiktif.

Lihat Juga : Pengertian Email | Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, dan jenisnya

Kesimpulan,

Media sosial memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan saat ini, media sosial adalah alat online berbasis web yang memungkinkan orang menemukan informasi baru, berbagi ide, berinteraksi dengan orang dan organisasi baru. Itu telah mengubah cara orang menjalani hidup umat manusia hari ini, itu telah membuat komunikasi menjadi jauh lebih mudah. Namun apabila di akses secara berlebihan, hanya akan berefek buruk pada diri penggunanya.

Sosial media itu bermanfaat tidak sih?

Karena media sosial termasuk teknologi yang relatif baru, hanya ada sedikit penelitian untuk menetapkan konsekuensi jangka panjang, baik atau buruk, dari penggunaan media sosial. Namun, banyak penelitian telah menemukan hubungan yang kuat antara media sosial mengenai sisi buruknya seperti peningkatan risiko depresi, kecemasan, kesepian, menyakiti diri sendiri, dan bahkan pikiran untuk bunuh diri.

Apa pengaruh media sosial dalam hidup kita?

Media sosial berdampak besar pada individu dan kehidupan banyak orang. Meskipun beberapa ada yang berdampak bisa positif, namun kenyataanya media sosial telah terbukti lebih banyak berdampak negatif pada hal-hal tertentu seperti perngaruh terhadap peningkatan stres pada penggunanya.

Bisakah saya sukses dengan media sosial?

Beberapa orang mungkin mengatakan tidak, tetapi kenyataannya adalah ya, Anda bisa sukses dengan media sosial. Faktanya, beberapa bisnis seperti perdagangan dan jaringan informasi berjalan dengan stabil melalui pemasaran yang tersedia di media sosial.

Sekian ulasan singkat mengenai pengertian media sosial beserta sejarah, jenis, fungsi, manfaat, kelebihan dan kekurangannya. Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau tanggapan mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih !!!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar tentang Media Sosial. Penggunaan dan manfaat Media Sosial akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.