19 Cara Mengatasi SIM Card Android Tidak Terbaca

Apakah SIM Card Android Anda tidak terbaca? Jika ya, tentu Anda pasti merasa kesal dan bingung. Pada dasarnya SIM Card merupakan salah satu jenis dari Micro SIM yang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan dan menjadi alat tambahan untuk berkomunikasi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Tanpa adanya SIM Card, ponsel Android tidak akan pernah bisa digunakan untuk berkomunikasi, baik untuk SMS, telepon, maupun internet.

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami masalah SIM Card tidak terdeteksi sampai muncul tulisan tidak ada layanan, panggilan darurat saja, bertanda X, hingga tidak terlihat notifikasi sama sekali. Ada banyak faktor yang menyebabkan SIM Card tidak terdeteksi. Untuk mengetahuinya, simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang / Tidak Muncul

Penyebab SIM Card Android Tidak Terbaca

Apabila ponsel Android Anda kesulitan membaca kartu SIM, coba pastikan penempatan kartu SIM sudah tepat. Jika Anda bertanya mengapa; kebanyakan SIM Card yang tidak terdeteksi disebabkan oleh penempatan SIM yang tidak tepat. Meskipun tidak selalu demikian, Anda bisa simak beberapa faktor penyebab lainnya berikut ini.

  • Penempatan kartu SIM tidak tepat – Penempatan kartu SIM yang kurang pas tentu saja membuat ponsel Android kesulitan untuk membaca kartu SIM. Efek benturan atau jatuhnya ponsel bisa saja menyebabkan posisi kartu SIM tidak sejajar.
  • Masa pakai kartu SIM sudah terlalu lama – SIM Card yang sudah berumur lebih dari 5 tahun akan mengalami degradasi pada material plastik dan kuningan. Pada kondisi tersebut sangat wajar apabila kartu SIM tidak terbaca.
  • Terjadi overheatPanas berlebihan ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan pada kuningan kartu SIM. Tidak hanya kartu SIM, overheat juga dapat menyerang komponen lain.
  • Kuningan kartu SIM rusak – Kuningan merupakan komponen paling penting pada kartu SIM. Bagian tersebut sangat sensitif, jika ada benda yang membuat kuningan tergores terlalu dalam, maka akan membuat jalur kuningan terputus.
  • Slot kartu SIM rusak – Kemungkinan slot kartu SIM mengalami kerusakan sehingga menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi. Coba lakukan pengujian dengan memasang kartu SIM lain.
  • Jaringan provider mengalami gangguan – Selain faktor internal, masalah kartu SIM yang tidak terdeteksi juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti jaringan provider mengalami gangguan atau sedang dalam perbaikan (maintenance).
  • Konfigurasi SIM salah – Kesalahan konfigurasi juga dapat menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi. Misalnya saja pengaturan kartu SIM ternyata dalam keadaan disable atau kesalahan pada pengaturan APN.
  • IMEI hilang – IMEI merupakan kode unik yang berfungsi sebagai identitas pada smartphone. Apabila IMEI tidak terdeteksi maka secara otomatis kartu SIM juga tidak terdeteksi.
  • Kerusakan komponen – Kemungkinan terburuk yakni telah terjadi kerusakan pada komponen penangkap sinyal IC PA (Power Amplifier). Jika komponen tersebut rusak maka sinyal HP hilang serta kartu SIM tidak terdeteksi.

Lihat Juga : 19 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri

Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, saatnya melakukan perubahan dan perbaikan dengan mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Restart HP Android

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yakni restart ponsel Android Anda. Biasanya masalah kartu SIM yang tidak terbaca dapat teratasi dengan memuat ulang ponsel. Alasannya karena bisa jadi terdapat service sistem Android yang tidak dijalankan sehingga menyebabkan masalah pada fitur jaringan atau konektivitas terkait. Dengan memuat ulang ponsel diharapkan service tersebut kembali normal serta kartu SIM yang tidak terbaca dapat terbaca lagi.

2. Gunakan mode pesawat terbang

Aktifkan Mode Pesawat Terbang
2. Aktifkan mode pesawat terbang. RUDI DIAN ARIFIN

Selain restart, Anda juga bisa mencoba memanfaatkan mode pesawat terbang (airplane mode). Sebenarnya fitur mode pesawat terbang digunakan pada saat melakukan penerbangan agar tidak mengganggu komunikasi. Namun Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk me-refresh konektivitas jaringan (SIM Card, WiFi, Bluetooth, dan lainnya). Anda bisa ON OFF mode pesawat terbang selama beberapa saat untuk me-refresh jaringan.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Lainnya » aktifkan Mode Pesawat.
  3. Tunggu beberapa saat. Setelah itu, matikan.
  4. Lihat apakah kartu SIM dapat terdeteksi atau tidak.
  5. Selesai.

Selain melalui menu Pengaturan, Anda bisa akses fitur mode pesawat terbang melalui status bar / notifikasi bar atas. Scrool down status bar lalu aktifkan mode pesawat terbang selama beberapa saat kemudian matikan lagi.

3. Pastikan penempatan kartu SIM tepat / pas

Tips selanjutnya coba pastikan kembali apakah penempatan kartu SIM sudah tepat atau belum. Karena bisa jadi ponsel yang sulit mendeteksi kartu SIM disebabkan oleh penempatan kartu SIM yang kurang tepat.

  • Buka slot kartu SIM HP Anda.
  • Selanjutnya, lepaskan kartu SIM lalu pasang kembali.
  • Pastikan pemasangan sudah tepat dan benar.
  • Jika sudah, coba muat ulang ponsel Anda untuk me-refresh komponen.

4. Coba gunakan kartu SIM lain

Mungkin saja kartu SIM yang Anda gunakan rusak atau sudah tidak aktif sehingga tidak terdeteksi. Maka dari itu coba tes dengan memasang kartu SIM lain di HP Anda. Apabila dengan memasang kartu SIM lain juga tidak terdeteksi maka kemungkinan masalah ada pada HP Anda. Tetapi jika kartu SIM lain tersebut bisa terdeteksi maka yang bermasalah yakni kartu SIM Anda.

Selain memasang kartu SIM lain, coba pasang kartu SIM yang bermasalah tersebut di HP lain. Dalam beberapa kasus terkadang kartu SIM tidak terdeteksi di HP kita sedangkan di HP orang lain bisa terdeteksi. Apabila kartu SIM Anda bisa terdeteksi di HP lain maka kemungkinan terdapat konfigurasi SIM atau jaringan yang bermasalah. Sebaiknya reset pengaturan jaringan ke posisi default. Anda bisa simak penjelasannya pada poin ketujuh.

5. Periksa konektor SIM

Selain mencoba menggunakan kartu SIM lain, periksa juga bagian konektor SIM-nya. Bisa jadi terdapat masalah pada bagian konektor, misal konektornya berdebu, bengkok, atau patah sehingga menyebabkan HP tidak dapat membaca kartu SIM. Apabila konektornya berdebu, Anda bisa bersihkan dengan penghapus karet, kapas, atau bisa juga alat pembersih lain yang sekiranya bisa digunakan untuk membersihkan bagian tersebut.

Bagi Anda yang masih menggunakan ponsel Android seri lama (yang masih menggunakan baterai removable), Anda bisa lepaskan baterai kemudian tambahkan sepotong busa untuk memberikan tekanan pada kartu SIM dengan konektor. Hal ini dilakukan agar HP Android lebih maksimal dalam membaca kartu SIM. Tetapi apabila terdapat kerusakan parah pada konektor, misal kuningannya patah maka sebaiknya bawa ke Service HP atau Service Center untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

6. Cek ketersediaan IMEI

Cek IMEI Android
6. Cek ketersediaan IMEI. RUDI DIAN ARIFIN

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan nomor identitas yang terdapat pada smartphone dan tablet di seluruh dunia. Sebagian pengguna mungkin tidak menyadari bahwa IMEI memiliki fungsi yang sama penting. Hilangnya IMEI pada smartphone dapat menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Untuk memastikan ketersediaan IMEI, Anda bisa cek melalui menu Pengaturan atau menggunakan kode dial *#06#*.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Tentang telepon » Status » Informasi IMEI.
  3. Pada bagian tersebut akan tampil informasi IMEI pada smartphone.
  4. Selesai.

Jika smartphone Anda berjenis Dual SIM maka akan terdapat dua nomor IMEI. Sedangkan jika smartphone Anda berjenis Single SIM maka akan terdapat satu nomor IMEI. Selain melalui menu Pengaturan, Anda bisa cek IMEI menggunakan kode dial *#06#*.

Kode IMEI Android
6. Kode IMEI Android. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Telepon (Dial Phone) pada ponsel Android Anda.
  2. Kemudian ketik *#06#*.
  3. Tunggu beberapa saat maka ponsel akan menampilkan informasi IMEI.
  4. Selesai.

Bagaimana mengetahui IMEI tidak tersedia? Apabila informasi IMEI bertuliskan “Invalid IMEI” maka artinya terdapat masalah pada ponsel Android Anda. Anda perlu memperbaiki masalah tersebut agar kartu SIM dan sinyal provider dapat muncul kembali.

Lihat Juga : 7 Cara Cek Keaslian HP OPPO Asli atau Palsu

7. Ganti pengaturan jaringan

Kelalaian pengguna mungkin saja menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Lakukan pengecekan pada konektivitas jaringan, seperti enable atau disable kartu SIM, APN (Access Point Name), serta pilihan jaringan. Untuk memastikannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Atur ulang APN

Setel Ulang APN Jaringan
7. Atur ulang APN. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kartu SIM & jaringan seluler » pilih kartu SIM Anda.
  3. Pilih Nama Titik Akses (APN) » Setel ulang.
  4. Tunggu sampai proses setel ulang APN selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Atur ulang pilihan jaringan

Pilih Jaringan Otomatis
7. Atur ulang pilihan jaringan. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kartu SIM & jaringan seluler » pilih kartu SIM Anda.
  3. Pilih Jaringan seluler » Otomatis pilih jaringan.
  4. Selesai.

Apabila perubahan di atas tidak membuahkan hasil atau mungkin tidak bisa melakukan perubahan karena SIM tidak terdeteksi sama sekali, sebaiknya lakukan reset setelan jaringan ke posisi default. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

Reset setelan jaringan

Setel Ulang Jaringan Android
7. Reset setelan jaringan. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Setelan jaringan diatur ulang » Setel ulang jaringan.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Pilih OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang Timbul

8. Update sistem Android

Update Sistem Android
8. Update sistem Android. RUDI DIAN ARIFIN

Mungkin saja masalah kartu SIM yang tidak terbaca terjadi karena bugs pada sistem Android. Maka dari itu saya sarankan untuk melakukan pembaruan sistem dan aplikasi terinstall. Stabilitas dan perbaikan hanya terjadi apabila Anda melakukan update. Namun opsi update sistem hanya dapat Anda lakukan apabila tersedia versi terbaru dari sistem atau antarmuka pada ponsel Android Anda.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Tentang ponsel » Pembaruan sistem.
  3. Jika tersedia versi sistem terbaru, Anda bisa lakukan update.
  4. Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, Anda bisa restart ponsel Android Anda.
  6. Selesai.

9. Reset HP Android

Factory Reset Android
9. Reset HP Android. RUDI DIAN ARIFIN

Jika semua tips sederhana di atas tidak membantu, Anda bisa mencoba melakukan reset HP Android. Namun sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Factory Reset akan mengembalikan setelan sistem dan aplikasi terinstall ke posisi default. Jika Anda yakin untuk melakukan reset, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Factory Reset Android

10. Flashing

Flashing juga dapat menjadi solusi ketika masalah sulit teratasi, khususnya masalah kartu SIM yang tidak terbaca. Flashing dapat Anda lakukan dengan beberapa cara; melalui halaman pembaruan ponsel, Recovery Mode, dan PC / Komputer. Anda bisa cari tahu terlebih dahulu mengenai metode Flashing yang tepat sesuai dengan merek dan tipe HP yang Anda gunakan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa Google, YouTube, Facebook, Forum HP, dan lainnya. Siapkan semua tools atau bahan yang dibutuhkan, mulai dari firmware, USB, software Flashing, dan lainnya.

Firmware Android

11. Service HP

Apabila semua tips di atas tidak membantu, ada kemungkinan terdapat kerusakan komponen sehingga menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Jika demikian, Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri, butuh orang yang lebih ahli untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tersebut. Sebaiknya bawa ke Service HP atau Service Center (resmi) yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Di tempat tersebut, Anda akan mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Untuk masalah biaya tentunya tergantung dari merek dan tipe HP, harga komponen, serta biaya service. Misalnya yang rusak adalah IC PA atau konektor SIM, rata-rata harga IC PA sekitar 20 ribuan – 50 ribuan; sedangkan konektor SIM rata-rata harganya 5 ribuan sampai 30 ribuan. Sedangkan biaya service, tentu tergantung dari tempat tersebut.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android

Penutup,

Dari semua penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa masalah kartu SIM yang tidak terbaca dapat disebabkan oleh kesalahan konfigurasi, pemasangan kartu yang kurang tepat, bugs pada sistem, hingga kerusakan komponen. Dengan membaca dan memahami semua tips yang saya jelaskan di atas, semoga masalah kartu SIM pada ponsel Android Anda dapat teratasi dengan baik. Metode di atas dapat Anda terapkan pada semua ponsel Android seperti VIVO, ASUS, Xiaomi, Samsung, OPPO, Huawei, Realme, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Mengapa kartu SIM tidak ada sinyal?

Ponsel Android yang tidak ada sinyal dapat disebabkan oleh gangguan pada provider atau lokasi Anda yang tidak mendapatkan sinyal yang stabil.

Mengapa kartu SIM tidak ada layanan?

Kartu SIM tidak ada layanan dapat diartikan kartu SIM tidak terbaca / terdeteksi. Anda bisa simak semua tips dan penjelasan di atas untuk memperbaiki masalah tersebut.

Mengapa kartu SIM bertuliskan panggilan darurat saja?

Panggilan darurat artinya tidak terdapat sinyal sama sekali. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan pada provider atau pemadaman. Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di sini.

Demikian panduan dan tips yang dapat saya bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Masalah Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 113 Comment

  1. Rahman berkata:

    Hp saya redmi note 7, gak bisa baca kartu sim. Kadang bisa kebaca, kadang engga. Skrng ini lagi bisa, tapi kadang-kadang gk kebaca lagi. Kira2 kenapa ya gan? Mohon pencerahanny

  2. enih rohayati berkata:

    Gan saya mau tanya,, hp saya oppo f5 slot 1 pake smartfren itu terbaca sinyal bagus,, yang slot 2 tidak terbaca padahal sim card nya baru

  3. Agus kusnadi berkata:

    Maaf mau tanya. Saya punya hp Samsung j6+ masih sangat bagus . Belum lama bisa pake krt. Dan blm pernah diservis. Dan saya juga udah dicoba pke krt SIM baru. Ttpi kartu simnya tidak mau terbaca trus. Sya udah coba kpngaturan jaringan. Metode penebangan. Pa lagi direset ulang. Hasilnya tetap tidak mau krtu SIM nya tidak terbaca trus. Kira2 yg mau tanyakan apa itu penyakitnya.

  4. Tony berkata:

    Mas kartu SIM saya bermasalah,katanya kartu tidak terinstall

  5. Subi Yanto berkata:

    Untuk hp CDMA(non GSM) slot 1 harus smartfren slot 2 GSM

  6. Dina berkata:

    saya punya HP Asus yang bermasalah dengan som card tidak terbaca dan saya udh ganti baterai tp tetap ga bisa baca sim card dan coba bawa ke bagian service dan katanya ada alatnya mau diganti tapi dengan harga Rp. 2,250.000 ya udah ga jadi ahal benar sebanding beli HP baru donk ya
    dan tolong cara apa lagi yg bisa dilakukan ya, Thanks

  7. Hasan asy'ari berkata:

    Saya punya hp k, kalok di beri sim card selain smartfren tidak bisa !!

  8. Tofa berkata:

    [email protected] punya saya kok aneh mas, saya beli hp baru , terus SIM card saya pindah di hp baru tapi tidak muncul sinyalnya, terus saya pasang dihp lama ada sinyalnya, kenapa mas? Ada solusi?

  9. pindi berkata:

    mas.. numpang tanya saya kan habis dikasih hp dari china niat saya mau saya ubah sinyal dari 3g ke 4g dengan dia #*#*4646*#*# tpi sekarang malah tdak terbaca sinyal nya karena saya ketekan di tulisan china gimana ya ngak tifin lagi

  10. Sri berkata:

    Maaf pak mau bertanya. Hp saya Oppo a11w tidak bisa membaca kartu Telkomsel. Kalau yg laen bisa pak. Jdi gimana tuh y pak

  11. Dyat sudrajat berkata:

    Semua saran dan langkah sudah dilaksanakan,tp sim card tetap gak terbaca dan suara pun gak ada ( vivo Y51L ) mohon penjelasannya..!! Trim’s sebelumnya.

  12. Suratman berkata:

    SIM CARD tidak terbaca di hp vivo dan mi fi prolink tapi terbaca di hp samsunh a20s

  13. Eka Laras berkata:

    Mas ,kartu SIM nya itu kk gk bisa dimasukin ke hp La klo dipindah in ke hp lain bisa,kenapa ya mas?

  14. Dhea berkata:

    Min, kasus saya sama kaya nomor 3 dan 4. SIM card saya tidak terdeteksi di hp sendiri tapi terbaca di hp lain. Saat saya mencoba SIM card lain di hp sendiri itu bisa. Itu berarti erorr dari SIM cardnya kah? Atau hp saya ya?

  15. Arif berkata:

    Gan, kalo sim card gak kebaca tapi muncul sinyalnya, dibuat panggilan gak bisa, padahal sim card baru, trus coba ke konter katanya suruh ganti mesin, bener gak gan?

  16. Jibran berkata:

    Min,knp SIM card Indosat ane d Xiaomi tiba2 tdk terbaca to di pindah k hp jadul bisa? Sedangkan SIM card Laen bisa

  17. Henry berkata:

    Mas, sim card saya tidak terbaca di android..
    Tapo ketika saya coba pindah ke hp nokia kecil simcardnya terbaca..
    Gimana ya mas ?
    Mohon bantuannya

  18. Ricko anuar berkata:

    Min saya punya hp samsung j2 prime.hp nya nggk bisa baca kartu sim sama sekali kira kira apa sebab nya min???

  19. dev berkata:

    min knp ya hp ku tdk bs bc sim… ni ada kartu perdana aja.. hpnya blom beli

  20. Nora berkata:

    Min, Xiaomi 3s sy tidak ada sinyal, tidak bisa deteksi sim cart, sudah coba ganti kartu lain tetap tidak bisa,kalau di ganti dgn kartu memori tidak bermasalah, jd cuma bisa paket hotspot/WiFi, tolong gimana solusinya? Terimakasih

  21. Harchan Bima berkata:

    Sim saya gejalanya gk bisa kebaca sinyal intenet nya aja, tapi siyal tlpn nya bisa kebaca, gejalanya cuma sinyal internet nya aja.
    Saya coba pake sim yg lain bisa kebaca sinyal internet nya, tapi saat masuk sim nya sendiri gk kebaca.
    Kira2 gejalan nya kanapa ya?

  22. alvarobima berkata:

    Min knpa ya hp saya vivo y53 kemaren saya habis update versi android nya tpi pas udah selsai saya hidup kan.sim card nya kya hilang datang hilang datang.trus saya reset tetap aja masih kya gini kira2 apa nya min

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau mau aman, seharusnya sebelum reset atau update, lakukan backup dulu pada kontak yang tersimpan. Tapi kalau sudah terlanjur hilang ya saya tidak bisa melakukan apa – apa.

  23. dadul berkata:

    mas hp q 2 sim yang sim 1tak masukin sbentar ksudian sim tidak ada….itu apanya

  24. NurSyuhada berkata:

    Min.. kenapa kontak yg ada dlm sim card x masuk dalam hp.. berkali2 aku reset.. apa masalah ya.. contact saja yg hilang lain nya jadi.. call boleh.. mcj boleh tpi contact nya xada.. gimana tu .. mohon jelasin mas

    • Dian Arifin berkata:

      Maksudnya gmana ya, saya bingung dengan penjelasan mbak. Kata – katanya kebolak – balik, kalau daftar kontaknya tidak terlihat atau hilang, pastikan bagian “menampilkan kontak” berada pada posisi “semua”.

  25. Siti Masyithoh berkata:

    Mas mau nanya.. kan waktu sim 1 yang nggak tak pake buat paketan data tak pasang kok tiba” sim 2 yang tak pake buat paketan data dari H+ kok sinyalnya jadi E ya mas? Padahal sebelumnya pas sim 1 nya belom tak pasang kan sinyalnya baik” saja. Mohon bantuannya mas.. makasih.

    • Dian Arifin berkata:

      Pastikan daerah anda maksimal jaringannya mbak, bisa jadi dari pihak operatornya yang bermasalah, tunggu beberapa waktu aja mbak.

  26. Eric Priyoga berkata:

    Mas hp saya samsung galaxy s4 setelah di flash sim card nya tidak terdeteksi apakah programnya yang salah atau apanya mas yang salah. di layar hanya muncul “hanya panggilan darurat” tetapi sinyalnya ada. Mohon penjelasannya mas.

  27. Eric Priyoga berkata:

    mas hp saya samsung s4 setelah di flash sim card nya tidak bisa muncul di notifikasi bar padahal sinyalnya ada mohon penjelasannya mas

  28. DiahIntan berkata:

    Mas sim 1 sama sim 2 itu terdeteksi semua tapi kalau dihidupin data misal data sim 1 langsung hilang tidak ada layanan begitu dan sebaliknya . Kira” knpa ya

  29. ibenk berkata:

    kalo pake sim card luar negeri bisa pas di masukin sim indo ga terdeteksi itu solusinya gimana ya min mohon pencerahan nya

    • Dian Arifin berkata:

      tergantung setelan dari sananya mas, kalau dari sana sudah disetel buat sim pada luar negeri, mau dimasukkan versi Indonesia kadang ada yang ngak bisa. Tapi coba dulu lakukan Hard Reset kemudian pasang kembali, siapa tahu nanti bisa detect …

  30. tristan berkata:

    Samsung j7 prime… sim tidak terbaca tp beberapa waktu terbaca lagi

  31. hariyono berkata:

    Hp sy oppo neo3 tidak bisa keluar sinyal tpi kontak terbaca gimana… Mohon pencerahannya

  32. Ndaa berkata:

    Kalo kadang tiba2 masuk tiba2 nggak, tapi sinyalnya full, tulisannya hanya panggilan darurat aja gitu gimana?

  33. Saya Noic berkata:

    Setelah baca ini.. kliatannya sim card ku yg error. Udah 8tahun lbh umurnya sialan.apes kontak disitu semua lg. Masalahnya cma ga saya pake/lepas 3hari cma buat gnti pakek kartu internet doang. Di CS nanti syaratnya apa klo nomornya diganti ke kartu lain.

    • Dian Arifin berkata:

      Mungkin suruh bayar buat ganti pulsa. Datang aja ke Provider nanti bakalan diganti mas, sesuai dengan nomor mas sendiri. Gratis!

  34. Ridho berkata:

    Mas hp saya tiba tiba hilang sinyal klo dibuat game tapi klo buat whatshapp gpp sama IG knp ya mohon solusinya

  35. Alfred Sanskara berkata:

    Vivo V3 sy, dalam jaringan Sim cardnya, antara sim satu dan sim dua tdak dpat aktif bersamaan, ketika diaktifkan bersamaan pada pengaturan, maka salah satu jaringan tidak aktif, dan ketika data sim satu diaktifkan maka jaringan telpon sim 2 hilang, jika data di alihkan ke sim 2 maka secara automatis jaringan telpon sim satu beralih ke sim 2, sebaliknya jaringan telpon sim 1 lagi yg hilang.

    • Dian Arifin berkata:

      Kok ribet amat ya, coba masuk Aplikasi Terinstall, kemudian pilih “SIM Toolkit” lalu tap “Hapus Data”. Setiap smartphone penembapatannya pasti berbeda – beda, jadi cari aja ya ..

  36. Supratikno berkata:

    Keluhan sy kartu sim udah di ganti tp ga terbaca jg di hp android sy seperti ga ada sim card gtu mas..kenapa y mohon solusinya

    • Dian Arifin berkata:

      Masuk pada bagian fitur SIM, kemudian jaringan seluler lalu temukan jaringan yang anda inginkan. Jadi istilahnya ini mencari jaringan yang baru …

  37. Dani berkata:

    Bang aq pnya android smart fren type q klo sim card gk k bc n aq pakai sim card teman jg gk k bc
    Itu gmn solusinya bang…

  38. Putri febriani berkata:

    Hp ku samsung di atas gambar sinyalnya gaada sama sekali. Tpi di tampilan menu nya ada kyk planet3 sama T-sel menu nyaa……
    Kok aneh yaa….. padahal udh aku copot kartunya dan aku bersihkan kartu sma kuning” nya itu…..
    Dan barusan aku reset pabrik…..
    Tpi masih tetepp…….

  39. Rieko berkata:

    Gan mohon pencerahannya, hp saya Xiaomi mi4, SIM-card tidak terbaca tapi kalo pakai hotspot atau WiFi sinyal masih ok, kira2 apanya yg harus diservis, tks.

  40. Fakhrul Rozi berkata:

    min ini knp ya, udh 3x soalnya, jdi ane pke kartu 3, nah wktu itu pas pngn kedua kalinya lg ngegame, tba² sim 3nya ga ada, cma sim 2nya doang yg ada, kayak ga kebaca gtu min, nah klo yg ketiga itu ane abis maen game, nah kan istirahatin tuh saya diemin aja tpi data nyala, eh tba² kyk gtu lg min, itu knp ya? knp yg kyk gtu cma kartu 3 doang ..
    pdhal itu yg ketiga bru di paketin blom ada seminggu eh udh kek gtu lg, gmna ya solusinya ??

  41. roni berkata:

    min mau tanya donk tadi sebelum kartu tidak terbaca saya mutar lagu dan saya tancapin hp ke sound sistyem.dan tiba2 hp mati,trus kartu tidak bisa terbaca/tidak terbaca di jaringan…mohon infonya donk

  42. Arjun prayoga berkata:

    Mas. Handphone saya xiaomi redmi note 4x. Problem saya sim1 tidak ada di notifikasi bar , sedangkan sim2 ada . Help me please

  43. Nien berkata:

    Mas, mau tanya dong… tiba2 saja simcard sya tidak terbaca pada Samsung J5 prime,, tp setelah sya pindahkan ke hp lain terbaca… itu gimana ya solusinya?

    • Dian Arifin berkata:

      Coba pakai kartu lain, bermasalah atau tidak? takutnya sensor di Slot SIM Card mas tidak bisa membaca SIM Card yang mas pasang. Coba gantu kartu lain mas …

  44. mirrs berkata:

    Mas hp saya asus zenfone 2 laser, saya pakai kartu simpati tapi kok gabisa ganti kartu lagi ya, pasti jaringannya gak ada kalo ganti kartu simpati yg lain, harus pake yg pertama, tapi kalo pake kartu lain bisa mas, itu kenapa ya mas?

    • Dian Arifin berkata:

      Bisa jadi simpati mas yang baru emang kartunya yang bermasalah mas. Bukan jaringannya.. Kalaupun jaringannya, lebih baik setel ke otomatis aja…

  45. Rahayu berkata:

    Mas hp saya Samsung j7 prime tdinya lancar aj tiba tiba signal Ilang trus SIM card tdk terbca kenapa y Kira Kira saya taruh di hp lain juga tetep nggk terdeteksi simcardnya.

    • Dian Arifin berkata:

      Berarti SIM Card-nya rusak, lebih baik ganti. Atau tunggu beberapa waktu siapa tahu pulih kembali. Dan bisa jadi kesalahan pada operator (signal) juga berpengaruh..

  46. Wahyudi ali berkata:

    Kalau tidak ada sinyal nya sama sekali..dan di tampilan menu android nya ada aplikasi sim toolkit nya, berarti di bagian komponen kabel conector antena ada yang lepas mungkin gan..makasi

  47. Daud Broto berkata:

    Mohon pencerahannya sim saya kalo di pasang di sim 1 bisa dideteksi kalo di sim 2 tidak bisa itu gimana ya?

  48. wiwik berkata:

    halo mas. sim card saya tidak bisa untuk telp keluar, tidak bisa ditelp, tidak bisa sms. tidak bisa menerima sms, tanda sinyal tidak keluar.
    saya coba pasang simcard sy ke hp lain (hp B). sama tidak keluar sinyal dan tidak bisa apa2.
    saya coba masukkan simcard berbeda ke hp sy yg pertama (Hp A). simcard lain tsb NORMAL.
    pertanyaannya.
    Simcard yg bermasalah tadi kenapa masih bisa untuk Whatsapp di hp pertama (Hp A), padahal untuk telp/sms, dan sinyal tidak bisa.
    Kira2 kenapa Mase. suwun

    • Dian Arifin berkata:

      Lebih baik tanyakan pada Provider yang bersangkutan, kemungkinan memang SIM Card-nya yang bermasalah mas, atau mas bisa ganti kartu aja kalau memang masalahnya semacam Itu. Semoga membantu!!

  49. didin sujana berkata:

    saya punya kartu 3,d sim 1 sama sekali gak dapt sinyal,tapi d pengaturan terbaca,saya pindah k sim 2 ternyta bisa dan sinyal normal,.
    saya coba pasang kartu as/tsel d sim 1,.bisa trbaca dengan baik dan normal,.

    kalau kasusnya sperti ini,bgaimana cara mngatasinya?
    trimakasih sbelumnya,.

  50. Alfred berkata:

    Sy punya Vivo V3, yang Sim Card_nya tidak dapat terbaca secara bersamaan, tetapi ketika setting data sim 1 dialihkan ke sim 2 maka jaringan sim 1 tdk terbaca, jaringan beralih ke sim 2. Begitu juga sebaliknya.
    Dan ketika data dimatikan, maka yg jaringan sim 2 tetap terbaca, ketika sim 2 yg dimatikan barulah sim 1 bisa terbaca.
    Salah satu sim harus di matikan ketika mau mengaktifkan salah satu sim card.
    Tetapi ketika diaktifkan ke dua sim card.
    Maka salah satu sim tidak terbaca terkecuali settingan data seluler di pindahkan.

    • Dian Arifin berkata:

      Saya juga belum pernah memakai OPPO V3, kenapa bisa bolak balik seperti itu ya, apakah ada settingan yang mas ubah. Cobalah untuk mengubah pengaturan SIM pada posisi Default.

  51. dies berkata:

    hp saya dikirim dari saudi arabia, pas saya masukkan sim card indonesia tidak bisa, keterangan:
    INVALID SIM CARD
    NETWORK LOCKED SIM CARD INSERTED
    ini bagaimana solusinya gan, mohon saya bisa dibantu babagaimana penyelesaiannya….?

    • Dian Arifin berkata:

      Berarti jenis SIM Card-nya memang di set untuk negara Arab Saudi, dan provider pasti di set untuk negara Arab Saudi. Solusinya coba buat install fimware atau ROM versi Indonesia. Kalau masih gagal, ya berarti emang tidak bisa mas…

  52. diana amelia p berkata:

    Mas kemarrn hp saya di reset pabrik pas udah nyala kertu saya gak kebaca atau terdekteksi ,apakah kemungkinan bisa normal lg? Soalnya banyak nomor penting

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau masalah seperti itu, lakukan Hard Reset via Recovery Mode aja mbak, kalau masih tidak bisa lakukan flashing. Untuk masalah nomor, kalau tersimpan di SIM card, bisa dibuka di HP lain dan mbak lihat atau backup semua nomor tersebut. Biar kedepannya juga ngak hilang.

  53. Ganjar setiabudi berkata:

    maaf saya bth pencerahan,kartu sim saya kenapa tidak bisa membaca google atau buka youtub tapi sinyal penuh LTE dan bisa berfungsi hanya utk Whatsap sama bbm saja sdh sy coba ke hp lain hasilpun sama.

  54. rizal berkata:

    mas punya saya sim a tidak terdeteksi meskipun disimpan di slot 1 atau 2 , tapi sim a tersebut terbaca di hp lain apakah ada solusinya ?

    • Dian Arifin berkata:

      Kemungkinan settingan jaringan di ponsel mas telah berubah, kembalikan pada posisi defalut saja. Atau jika masih tidak bisa, maka lebih baik ganti kartu SIM saja mas..

  55. ekaleo berkata:

    Admin…saya mau numpang tanya….jika terlalu sering gonta ganti kartu bisa merusak sensor sim card..apa itu bisa terjadi,gimana cara mengatasinya min?!! Tolong solusi pemecahannya.

  56. ferry berkata:

    Min numpang nanya hp saya samsung j1 ace, kenapa ya sim 2 saya selalu panggilan darurat sedangkan yg sim 1 baik2 saja. Padahal wes tk ganti2 kartu terus kembali ke pengaturan pabrik. Tapi tetep dkbisa,mohon bantuanya min

    • Dian Arifin berkata:

      Kemungkinan emang slot-nya yang bermasalah mas, cobalah buat Flashing, bukan reset ke pabrikan. Biasanya bisa normal kembali..

  57. Angel wings berkata:

    Mas. Hp saya Samsung j1s. Awalnya, dia ngdrop, trus saya cas. Kemudian saya hidupkan lagi, tapi dia restar sendiri. Tapi, data* di hp saya hilng, dan jaringan Gk kebaca. Udah di ganti* kartunya, tetap.aja Gk kebaca. Help me????

  58. dino berkata:

    Sim card beulang kali di coba tapi tidak bisa dan tdk terbaca, diresetpun tidak bisa juga,..apa ia yang rusak..mohon jawabannya trmakasih

    • Dian Arifin berkata:

      Mohon buat ganti SIM Card, kalau masih tidak bisa ya berarti bagian sensor SIM Card nya yang rusak. Sebelumnya, coba dulu dengan melakukan flashing…

  59. ambara berkata:

    Gan mau nanya,,saya punya 2 hp samsung android dan 1 lumia dan 1 BB,,ketika saya masukan simcard saya,,pada
    samsung duos ,BB ,sama lumia kok nggak kebaca ya?tapi hanya kebaca pada samsung galaxy V saja,,masalah nya dimana ya mas??tapi kartu yg lain kebaca sama semua HP tersebut’

  60. Fajar berkata:

    Min, saya beli perdana internet simpati, saya pasang di SIM 2, tp kadang2 suka ilang sinyal, saya copot kemudian pasang lg, baru deh bisa… Untuk SIM 1 normal2 aja, tp SIM 2 nya begitu, sblmnya gak ada mslh ky gini,
    Atau karena si tukang konter bukanya pake jarum ga bener yaa? Saya liat bukan jarum untuk buka kartu sim.

    • Dian Arifin berkata:

      Jikapun dibuka dengan Jarum kemungkinan juga tidak akan berpengaruh pada Sensor, karena letaknya berbeda. Apabila Signal hilang, cobalah untuk refresh Signal, tidak perlu lepas. Atau cobalah menggunakan kartu perdana lainnya.

  61. aji berkata:

    Kalo kartunya terdeteksi di hp lain tapi di hp sendiri gk kedetect itu kenapa ya? Tulisannya no SIM hp Meizu mx4 pro padahal sebelum ganti SIM bisa muncul sinyal sekarang malah gk kedetect simnya

  62. evie mei hayati berkata:

    lha kalo posisi sim card itu terbukti terpasang ada tulisan nama operatornya tapi sinyal tidak ada hanya bentuk segitiga aja ngga ada sinyal sama sekali. padahal posisi hp sebelumnya tidak terjatuh ataupun terkena benturan. bagaimana cara memperbaikinya mohon penjelasannya min 🙂