12+ Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca, Error di HP Android

83
89660

Dianisa.com – Memperbaiki SIM Card Android Tidak Terbaca. Apakah SIM Card Android Anda Tidak Terbaca? Jika ya, tentu anda pasti merasa sedih, galau, bingung, dan pusing. Pada dasarnya SIM Card merupakan salah satu jenis dari Micro SIM yang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan dan menjadi alat tambahan untuk berkomunikasi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya.

Tanpa adanya SIM Card maka Android tidak akan pernah bisa digunakan untuk berkomukasi, baik itu SMS, Telepon, atapun Internet.

Di era modern sekarang ini perkembangan Smartphone android semakin lama semakin canggih. Dan kebanyakan smartphone canggih pasti mengadopsi model yang tipis.

Dan untuk membuat desain yang tipis tersebut ada beberapa bagian dalam yang dibuat ringkas dan sedikit lebih simple.

Sebagai contohnya anda bisa melihat produk dari SAMSUNG, yang mempersempit bagian SIM Card-nya, sehingga membuat penguna harus memotong agar pas dan bisa dipasang. Dan inilah yang menjadi permasalahan pengguna smartphone di Indonesia yang memotong SIM Card dengan alat potong yang tidak seharusnya digunakan.

Sehingga hal tersebut Membuat Android Tidak Bisa Membaca SIM Card yang telah ia pasang. Mungkin saja hal tersebut terjadi karena potongan yang tidak pas karena jika sedikit saja potongan meleceng maka SIM Card juga tidak akan terdeteksi.

Masalah Pada Smartphone


Selain dari pada itu, ada beberapa Penyebab Lain Yang Membuat SIM Card Tidak Mau Terbaca. Dan berikut penyebabnya.

  1. SIM Card Sudah Tidak Layak Digunakan. SIM Card yang sudah lama atau yang sudah berumur lebih dari 5 tahun maka wajar saja jika SIM Card anda sudah tidak terbaca lagi karena SIM Card sudah usang dan sudah tidak layak untuk digunakan lagi. Selain itu, Keadaan Kuningan SIM Card Juga Sudah Tidak Begitu Baik, mungkin sudah sedikit berwarna hitam. Untuk itulah sebaiknya ganti SIM Card anda dengan yang baru.
  2. Jalur Kuningan Rusak. Seperti yang anda lihat bahwa pada bagian SIM Card terlihat warna kuning yang artinya itu merupakan bagian terpenting dari sebuah SIM Card. Bagian tersebut sangat sensitif, jika ada benda lain yang membuat Kuningan SIM Card Tergores Terlalu Dalam dan membuat jalur kuningan terputus maka akan terjadi kerusakan, sehingga SIM Card tersebut tidak akan terbaca lagi oleh Android.
  3. Sebuah perangkat teknologi yang mengalami Overheat atau panas yang berlebihan maka akan membuat perangkat tersebut cepat rusak atau error, termasuk pada bagian SIM Card. Panas yang berlebihan karena aktifitas gaming atau internet maka bisa membuat SIM Card Terbakar Atau Meleleh, karena kita tahu bahwa SIM Card terbuat dari bahan kuningan dan plastik.

Selain 3 penyabab diatas, masih banyak penyebab – penyebab lain yang tidak bisa saya tulis satu per satu. Untuk Mengatasi SIM Card Yang Tidak Terbaca tersebut, cobalah dengan tips – tips berikut ini.

Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, selanjutnya adalah solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa metode yang bisa anda coba untuk Mengatas SIM Card Android Yang Tidak Bisa Terhubung Atau Tidak Terdeteksi Sama Sekali.

Metode yang saya berikan terbilang cukup sederhana dan pastikan mudah untuk anda lakukan. Memang tidak bisa dikatakan berhasil 100%, tapi setidaknya anda coba dahulu dan barulah nanti lihat hasilnya. Langsung saja simak beberapa metodenya berikut ini.

1. Matikan Smartphone Android anda

Cara pertama yang paling mudah yakni dengan mematikan smartphone android. kemudian lepaskan SIM Card anda, bersihkan dengan bahan yang halus seperti tisu atau semacamnya. Bersihkan juga pada bagain Slot SIM Card, mungkin saja ada debu – debu yang menghalangi smartphone untuk membaca SIM Card.

Setalah dibersihkan, cobalah untuk memasang dan menyalakan smartphone anda. Jika sinyal masih tidak muncul, cobalah untuk masuk pada mode pesawat selama beberapa menit, kemudian kembalikan ke mode normal.

2. Coba Dengan SIM Card Jenis Lain

Coba manfaatkan fitur Mode Pesawat Terbang untuk menyalakan dan mematikan koneksi / sinyal dari kartu SIM yang anda gunakan. Nyalakan mode pesawat terbang selama kurang lebih satu menit, kemudian matikan mode tersebut.

Dengan begitu, smartphone akan melakukan pencarian jaringan / sinyal secara berulang. Metode ini bisa menjadi alternatif ketikan sinyal di HP Android anda hilang total, tidak terbaca, atau putus – putus.

Namun jika nantinya masih bermasalah, coba metode berikutnya.

3. Cek Kartu SIM

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan pengecekan pada Kartu SIM yang anda gunakan.

Bagaimana caranya? Coba tes Kartu SIM pada perangkat lain, jika memang terdeteksi dan normal maka kartu SIM tersebut masih layak digunakan dan artinya masalah terjadi bisa pada Slot SIM Card atau Smartphone anda.

Selain itu, coba tes dengan SIM Card lain pada smartphone anda.

4. Coba Dengan SIM Card Jenis Lain

Jika SIM Card anda tidak terbaca, coba dengan SIM Card jenis provider lainnya. Jika tidak punya, pinjam teman atau saudara anda.

Dan jika SIM Card orang lain bisa terbaca sedangkan SIM Card Anda Tidak Terbaca kemungkinan besar provider dari SIM Card anda memang terjadi Masalah Atau Error.

5. Cek IMEI Smartphone

Selanjunya, coba lakukan pengecekan pada Kode IMEI yang ada di smartphone Android anda. Mengapa Harus IMEI? Karena provider dapat terhubung dengan smartphone anda karena ada IMEI. Jika tidak tersedia IMEI atau IMEI dalam keadaan invalid maka sampai kapanpun sinyal tidak akan terdeteksi.

Anda bisa cek IMEI pada bagian Pengaturan dan biasanya ada pada Tentang Ponsel. Jika nantinya dalam keadaan Invalid maka anda harus perbaiki terlebih dahulu.

Caranya, anda bisa searching di Google dan biasanya smartphone harus dilakukan root.

6. Update OS Android

Selain dari solusi pengecekan diatas, anda bisa coba update Sistem Android anda. Hal ini tentu memungkinkan dalam mengatasi SIM Card yang tidak terbaca. Biasanya dengan update, semua bugs dan kerusakan pada sistem akan diperbaiki.

Adapun jika nantinya update tidak tersedia, maka anda bisa abaikan metode ini.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

7. Factory Reset Smartphone

Jika semua jenis SIM Card yang anda masukkan tidak terbaca sama sekali. Cobalah untuk melakukan Factory Reset atau Mengembalikan Smartphone Android Ke Pengaturan Pabrik. Cara ini memang terlalu beresiko karena nantinya semua konfigurasi Android anda akan hilang.

Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya lakukan Backup pada data – data yang anda anggap penting supaya nantinya data anda tetap aman dan masih bisa di lihat kembali.

Dan untuk Melakukan Reset Android, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

8. Flashing ….

Flashing juga dapat menjadi solusi ketika masalah error sulit teratasi, khususnya pada bagian SIM Card yang tidak terbaca. Anda bisa cari tahu terlebih dahulu mengenai metode Flashing yang benar, bisa Googling, YouTube, Facebook, Forum, atau yang lainnya.

Siapkan semua tools atau bahan yang dibutuhkan, baik itu firmware, usb, software flashing, dan lainnya. Adapun jika nantinya anda merasa kebingungan, anda bisa tanya teman, kerabat, atau yang lainnya yang mungkin lebih jago terkait masalah ini.

9. Datang Ke Service Center

Jika beberapa metode diatas tidak mengatasi permasalah, cobalah mengunjungi Service Center terdekat di Kota anda. Tanyakan Mengenai SIM Card Yang Tidak Terbaca tersebut.

Apabila nantinya memang ada slot SIM Card yang bermasalah, tentu akan diperbaiki.

Dan jika SIM Card yang anda punya memang rusak maka anda akan mendapat ganti yang baru dan nomornya tetap sama seperti nomor sebelumnya. Khusus untuk SIM Card yang rusak maka anda bisa dapat ke Provider yang bersangkutan.

Kesimpulan,

Dengan adanya beberapa metode diatas, semoga smartphone dan tablet android anda bisa normal kembali dan SIM Card Bisa Terbaca Dengan Normal Tanpa Gangguan. Jika ada metode yang kurang di mengerti, anda bisa tanyakan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Android seperti ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Haier, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Luna, Smartfren Andromax, dan lainnya.

Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya. Terima kasih dan selamat mencoba!!

83 KOMENTAR

  1. Min knpa ya hp saya vivo y53 kemaren saya habis update versi android nya tpi pas udah selsai saya hidup kan.sim card nya kya hilang datang hilang datang.trus saya reset tetap aja masih kya gini kira2 apa nya min

    • Kalau mau aman, seharusnya sebelum reset atau update, lakukan backup dulu pada kontak yang tersimpan. Tapi kalau sudah terlanjur hilang ya saya tidak bisa melakukan apa – apa.

  2. Sim saya gejalanya gk bisa kebaca sinyal intenet nya aja, tapi siyal tlpn nya bisa kebaca, gejalanya cuma sinyal internet nya aja.
    Saya coba pake sim yg lain bisa kebaca sinyal internet nya, tapi saat masuk sim nya sendiri gk kebaca.
    Kira2 gejalan nya kanapa ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here