Cara Hard Reset HP ASUS Semua Tipe, Gampang!

Dianisa.com – Cara Hard Reset/ Factory Reset HP ASUS ZenFone Semua Tipe. ASUS merupakan salah satu produsen smartphone Android ternama yang bermarkas di Taiwan. ASUS menghadirkan banyak varian smartphone dan tablet yang cukup beragam, mulai dari ASUS ZenFone, Padfone, Zenpad, dan juga Fonepad.

Selain itu, ASUS juga menghadirkan Powerbank bernama Zenbank. Menariknya, semua produk yang di pasarkan oleh ASUS di Indonesia terbilang laris manis.

Hal ini di karenakan smartphone ASUS cenderung dibandrol dengan harga terjangkau, sehingga pas di kantong masyarakat Indonesia yang notabene masih serba pas – pas-an.

Adapun kekurangan dan kelebihan tentu ada, namun ASUS selalu mengutamakan para penggunanya agar lebih maksimal dalam menjalankan semua aktifitas multitasking yang dilakukan di setiap harinya.

Forum ASUS ZenTalk Indonesia menjadi bukti real agar para pengguna bisa bertanya – tanya mengenai masalah yang terkadang terjadi pada sebagian pengguna ASUS.

Adapun masalah yang biasa terjadi adalah Aplikasi Telah Berhenti, Brick, Bootloop, layar blank, hank, Layar Tidak Respon Dengan Sentuhan, lupa pola kunci atau kata sandi, dan masalah – masalah lainnya.

Lihat Juga Artikel Terkait Hard Reset

Cara Hard Reset HP ASUS

Adapun untuk mengatasi masalah – masalah tersebut, pengguna bisa mencobanya dengan beberapa cara, salah satunya adalah Hard Reset atau Wipe Data melalui menu Recovery Mode ASUS.

Dengan Hard Reset, maka semua data akan hilang. Dan Setting-an atau pengaturan akan kembali pada posisi pabrikan.

Adapun bagi anda yang tertarik ingin Melakukan Hard Reset, pastikan anda telah melakukan Backup pada semua data atau file yang tersimpan di memori Internal dan eksternal HP ASUS anda.

  1. Langkah pertama, pastikan daya baterai dari smartphone anda mencukupi untuk melakukan Hard Reset. Minimal sediakan 50% agar Hard Reset nantinya bisa berjalan lancar dan maksimal.
  2. Dan untuk masuk menu Recovery Mode HP ASUS, anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda bisa berhasil masuk pada menu Recovery Mode ASUS.
  3. Untuk melakukan Hard Reset ASUS, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Lakukan konfirmasi dengan memilih “Yes – Delete All User Data”. (Gunakan tombol Power untuk memilih dan tombol Volume untuk Navigasi)
  4. Tunggu saja sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai dan berhasil. Jika sudah, anda bisa mencoba untuk melakukan “Wipe Cache Partition” untuk membersihkan sebagian file sampah yang masih menempel.
  5. Lakukan reboot atau restart jika semua metode diatas sudah anda lakukan. Ikuti petunjuk berikutnya sampai anda bisa menggunakan smartphone ASUS anda kembali.
  6. Selesai.

Cara Factory Reset HP ASUS

Selain melakukan Hard Reset, ada bonus metode yang bisa anda lakukan yakni Factory Reset.

Sama seperti Hard Reset, Factory Reset juga merupakan salah satu fitur pengembalian smartphone ke pengaturan awal atau pabrikan. Cara ini memang sudah dikenal banyak para pengguna smartphone Android.

Langsung saja, untuk Melakukan Factory Reset Pada Perangkat ASUS, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Factory Reset HP ASUS

  • Buka Menu Setelan/ Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kemudian tap “Kembali Ke Pengaturan Pabrik”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Dengan adanya metode – metode diatas, semoga nantinya HP ASUS yang anda miliki bisa normal kembali.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat ASUS seperti pada ASUS ZenFone 2, ZenFone 3, ZenFone 4, ZenFone 5, ZenFone 6, ZenFone C, ZenFone 2 Deluxe, ZenFone 2 Laser, ZenFone 3 Ultra, ZenFone 3 MAX, ZenFone MAX, ZenFone Selfie, ZenFone Go, dan masih banyak lagi. Jika nantinya ada sedikit perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Akhir Kata,

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Melakukan Hard Reset/ Wipe Data/ Factory Reset HP ASUS ZenFone, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 8 Comment

  1. rustam berkata:

    sy telah lakukan sampai langkah robot hijaunya tertulis eror namun tdk bisa kelangkah selanjutnya apa yang harus saya lakukan sekarang

  2. SURATMAN berkata:

    Setelah direset ternyata aplikasinya hilang semua yg timbul cuma tulisan selamat datang, gmana cara mengembalikannya. Tkb

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau udah direset emang hilang semua mas, kan kembali ke pengaturan pabrikan, seperti HP baru. Kalau udah ke reset ngak bisa dikembalikan mas aplikasinya.

  3. Restu Aji berkata:

    Beda hard reset sama factory reset dari perbedaan hasilnya apa yaa om??

    • Dian Arifin berkata:

      Sama saja, hanya saja biasanya kalau Factory Reset pengguna bisa lebih memilih data mana yang harus di pertahankan, sementara untuk Hard Reset semua akan hilang dan kembali ke pengaturan awal.

  4. mulyoto berkata:

    password setel ulang pabrik di asus selfie..apa ya gan..thanks