11+ Cara Membersihkan Cache di HP Android, Terbaru!!

Dianisa.comApakah Ponsel Android Kamu Kinerjanya Semakin Lambat? Jika ya, mungkin itu dikarenakan banyaknya cache memori yang tidak pernah dihapus. Disaat saya sedang meminjam ponsel teman saya, ternyata ponselnya terasa berat saat digunakan.

Teman saya tidak pernah sekalipun menghapus cache memori Android-nya dikarena memang tidak tahu dan tidak begitu peduli. Malahan apabila terasa lemot sering kali di reboot, biar tidak lemot katanya 😀

Melakukan reboot atau restart pada ponsel android agar tidak terasa lemot adalah cara yang salah, mungkin memang tidak lemot tapi hal tersebut bersifat sementara. Cara yang paling tepat adalah menghapus file – file sampah atau cache yang ada di android. Sama halnya dengan komputer android juga memiliki file – file sampah yang terus dibuat disaat menggunakan ponsel android.

File sampah atau Cache yang terus menumpuk pada memori akan berakibat melambatnya kinerja ponsel android. Untuk melakukan pembersihan cache pada memori android, ada dua cara yang bisa kamu pilih. cara pertama kamu bisa menghapus secara manual dan untuk cara kedua kamu bisa menghapus dengan menggunakan aplikasi.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Membersihkan Cache Smartphone

Masalah HP Android

#1. Cara Membersihkan Cache Android

Menghapus Cache Memori secara manual terbilang ribet karena harus melakukan satu per satu. Namun dengan cara seperti ini kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin dihapus cachenya. Sebagai contohnya, saya akan melakukan pembersihkan pada file cache di hp OPPO yang saya miliki.

Untuk kamu yang menggunakan smartphone merek lain, bisa menyesuaikan saja caranya. Berikut langkah – langkah yang dapat kamu ikuti.

Membersihkan Cache Android

  • Langkah pertama, kamu masuk pada menu Setelan, kemudian tap pada opsi Setelan Tambahan. Dan pada bagian tersebut akan muncul beberapa opsi menu pilihan. Pilih Manajemen Aplikasi.
  •  Selanjutnya, kamu cari aplikasi yang ingin kamu hapus file sampahnya. Sebagai contohnya saja akan memilih Aplikasi Facebook. Setelah terpilih, kamu bisa tap “Hapus Cache”. Tunggu beberapa saat maka file cache akan terhapus.
  • Cukup mudah untuk kamu lakukan, selamat mencoba.
  • Selesai.

#2. Membersihkan Cache HP Realme

Selanjutnya, bagi kamu pemilik HP Realme, kamu bisa ikuti metode membersihkan cache menggunakan Manajer Telepon. Fitur tersebut ada untuk memudahkan para pengguna Realme dalam melakukan manajemen pada memori serta melakukan membersihan file temporary. Kamu juga dapat melakukan scanning virus, pengaturan keamanan dan privasi, serta beberapa opsi tambahan lainnya.

Penggunaan Manajer Telepon sangat diperlukan demi memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja sistem dan UI Realme. Bagi pengguna dengan memori utama dan RAM yang besar mungkin tidak begitu berpengaruh, namun untuk yang sebaliknya, pengggunaan Manajer Telepon bisa menjadi opsi pilihan.

Manajer Telepon Realme

  • Pertama, buka Manajer Telepon, kemudian pilih Bersihkan Memori. Pada bagian tersebut akan terlihat beberapa opsi pilihan dalam membersihkan cache
  • Pilih Akhiri Semua. Kemudian centang semua aplikasi atau sebagian aplikasi yang diinginkan. Tap Hapus
  • Tunggu hingga proses pembersihan selesai.
  • Selesai.

#3. Membersihkan Cache HP OPPO

Para perangkat OPPO, kamu juga dapat menggunakan Manajer Telepon, namanya memang sama dengan Realme karena UI yang digunakan memang saja, namun untuk beberapa tipe lain menggunakan nama Pusat Keamanan. Fitur dan fungsinya sama, yakni melakukan pembersihan cache, baik akselerasi memori, iklan, apk, dan lain sebagainya.

Dapat juga digunakan untuk pemindaian virus, perlindungan pembayaran, Pembersih WhatsApp, serta melakukan perizinan aplikasi terinstal. Lebih jelas mengenai penggunaanya, kamu bisa lihat metodenya berikut ini.

Membersihkan Cache OPPO A71

  • Pertama, buka aplikasi Manajer Telepon atau Pusat Keamanan. Pada bagian tersebut akan terlihat beberapa opsi pilihan menu, tap Bersihkan & Percepat.
  • Tunggu hingga proses pembersihan selesai dilakukan. Jika sudah, tap Bersihkan.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#4. Membersihkan Cache HP VIVO

Pada perangkat VIVO, kamu bisa gunakan i Manajer untuk membersihkan semua file sampah yang ada. Fitur dan penggunaanya sama dengan Manajer Telepon, yakni pembersihan ruang, pemindaian virus, pemantauan data, pengelola izin, serta beberapa opsi tambahan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat melakukan penyaringan pada foto – foto yang dirasa perlu disimpan atau dihapus.

Menariknya lagi, dengan fitur sekali klik, kamu dapat dengan mudah mengoptimalkan dan membersihkan semua file cache yang ada. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti metodenya berikut ini.

Membersihkan Cache Memori VIVO

  • Pertama, buka aplikasi i Manajer yang ada di HP VIVO kamu, kemudian nanti akan terlihat beberapa opsi pilihan. Coba pilih Pembersihan Ruang. Pada bagian tersebut akan terlihat status dari penggunaan memori, cache, foto, serta bebeberapa aplikasi dan game terinstal.
  • Tap Kosongkan Tempat Sampah, lalu tap lagi Pembersihan dengan Sekali Ketuk. Tunggu hingga proses pembersihan selesai.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#5. Membersihkan Cache HP Xiaomi

Untuk pengguna Xiaomi, kamu bisa gunakan aplikasi Keamanan dalam melakukan pembersihan pada file sampah (cache) dan file temporary lainnya. Penggunaan fitur ini sama seperti smartphone lainnya, dapat digunakan untuk pembersihan file cache, penggunaan data, daftar blokir, manajemen baterai, pemindaian virus, serta melakukan perubahan pada izin aplikasi.

Pengguna Xiaomi banyak menggunakan fitur ini sebagai bagian untuk mengoptimalkan kinerja sistem dan aplikasi terinstal. Untuk lebih mudahnya, silahkan simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Membersihkan Cache Xiaomi

  • Pertama, buka aplikasi Keamanan, kemudian langsung saja tap Pembersih, kemudian nantinya kamu perlu mengunggu selama beberapa saat hingga proses pembersihan selesai.
  • Jika sudah, nantinya akan terlihat semua penggunaan file sampah pada aplikasi yang pernah dibuka atau digunakan selama beberapa waktu. Untuk menyelesaikannya, tap Bersihkan. Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan selesai.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#6. Membersihkan Cache HP SAMSUNG

Saat ini pengguna SAMSUNG begitu banyak, baik di Indonesia ataupun mancanegara. Hingga saat ini, SAMSUNG tetap menjadi produsen smartphone dengan penjualan dan pengguna paling banyak di dunia, disusul oleh Huawei dan Apple. Nah, bagi kamu pengguna SAMSUNG, membersihkan cache sangat mudah dilakukan. Kamu dapat memanfaatkan fitur Perawatan Perangkat untuk melakukannya.

Beberapa fitur yang dapat kamu gunakan seperti Optimal, cukup sekali klik maka semua file sampah terhapus dan ruang penyimpanan akan dikosongkan. Sementara pada bagian Memori, kamu dapat melihat penggunaan cache pada aplikasi terinstal (yang sering dibuka atau digunakan). Lebih jelasnya, kamu bisa simak metodenya berikut ini.

  • Pertama, masuk pada menu Pengaturan, kemudian nantinya kamu pilih Perawatan Perangkat. Apabila kamu ingin mencoba membersihkan memori dari semua file temporary serta mengoptimalkan semua kinerja sistem dan aplikasi, maka cobalah tap Optimalkan Sekarang.

Membersihkan Cache SAMSUNG

  • Dengan begitu, smartphone akan bekerja lebih optimal ketimbang sebelumnya. Tap Selesai apabila proses berhasil dilakukan.
  • Jika kamu ingin melihat penggunaan file cache dan memori, kamu bisa tap opsi Memori. Pada bagian tersebut akan terlihat seberapa banyak penggunaan memori, tap Hapus Sekarang untuk membersihkan memori yang telah digunakan.

Membersihkan Memori SAMSUNG

  • Tunggu hingga proses selesai dilakukan dan nantinya akn terlihat statistik memori setelah selesai.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#7. Membersihkan Cache HP Huawei

Bagi kamu pengguna Huawei, manfaatkan fitur dan fungsi dari aplikasi bloatware Pengelola Ponsel. Tidak hanya digunakan untuk membersihkan file temporary ataupun file cache, aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja ponsel, baik sistem ataupun aplikasi terinstal.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya sebagai manajemen data seluler, baterai, pemblokiran pada pesan dan panggilan, serta scanning virus secara berkala. Dalam penggunaannya juga cukup sederhana, lebih jelasnya kamu bisa ikuti metodenya berikut ini.

Membersihkan Cache Huawei

  • Pertama, buka aplikasi tersebut, kemudian tap bagian Bersihkan. Selanjutnya tunggu hingga proses analisis atau scanning pada sistem dan aplikasi selesai dilakukan.
  • Jika sudah, kamu tap Bersihkan lagi dan tunggu hingga proses pembersihan selesai.
  • Selain opsi tersebut, kamu juga dapat melakukan boost pada memori dengan tap Optimalkan dan tunggu hingga proses selesai.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#8. Membersihkan Cache dengan Clean Master

Opsi berikutnya yakni, kamu bisa coba membersihkan file sampah menggunakan Clean Master. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Cheetah Mobile yang sampai saat ini telah diunduh hingga 1 Milyar lebih oleh pengguna Android. Tanpa kamu sadari, sebenarnya aplikasi bawaan dari perangkat Android seperti i Manajer, Manajer Telepon, dan Keamanan juga bekerja sama dengan developers dari Clean Master. Artinya fungsi dan kegunaanya hampir sama.

Seperti misalnya fitur Berkas Sampah yang difungsikan untuk membersihkan cache, Antivirus digunakan untuk melakukan scanning, kemudian Penghemat Daya digunakan untuk manajemen baterai. Untuk penggunaanya, kamu bisa simak metodenya berikut ini.

Membersihkan Cache dengan Clean Master

  • Pertama kamu harus download dan Install terlebih dahulu Aplkasi Clean Master melalui Google Play Store secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh: [Google Play] [App Store]
  • Apabila sudah terunduh, dan berhasil kamu Install. Buka aplikasi Clean Master kemudian pilih Berkas Sampah untuk menganalisis semua sampah pada memori android kamu. Proses analisis akan terus berjalan sampai semua semua file terpindai. Jika smartphone membutuhkan perizinan, tap Izinkan.
  • Apabila proses telah selesai bersihkan semua cache memori dengan klik Bersihkan Sampah dan tunggu sampai proses pembersihan selesai.
  • Cukup mudah dan simple untuk kamu ikuti, selamat mencoba.
  • Selesai.

#9. Membersihkan Cache dengan CCleaner

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan opsi lain dari aplikasi pihak ketika. Selain Clean Master, kamu juga dapat memilih CCleaner. Awalnya, aplikasi ini sebenarnya hanya tersedia pada versi Dekstop, namun karena sistem android berkembang begitu pesat dan pengguna terus meningkat, maka pengembangan versi Android dilakukan.

Bagi pengguna Windows mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, sama seperti versi Dekstop, cukup dengan melakukan analisiss maka semuanya dapat dibersihkan dengan mudah dan cepat. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa simak metodenya berikut ini.

Membersihkan Cache dengan CCleaner

  • Pertama download aplikasi CCleaner dari Play Store terlebih dahulu. [Google Play] [App Store]
  • Buka dan jalankan aplikasi tersebut dengan tap Analisis dan tunggu hingga proses analisis pada memori utama, baik pada sistem dan aplikasi selesai.
  • Apabila analisis telah selesai, kamu bisa tap Selesaikan Pembersihan untuk membersihkan semua file cache secara maksimal.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

#10. Membersihkan Cache History Browser

Membersihkan cache, cookies, dan history web sangat penting untuk dilakukan. Terlebih untuk kamu yang sering buka Browser untuk mencari informasi tertentu, entah itu kebutuhan tugas kuliah, tutorial, tips, inspirasi, ataupun hal – hal lainnya. Setiap pengguna yang membuka laman, biasanya akan menyimpan data informasi yang bersifat sementara, dan semua itu tersimpan pada memori utama.

Apabila semua data tersebut terus kita simpan tanpa dibersihkan biasanya akan menumpuk dan terkadang membuat browser terasa lambat saat dibuka. Untuk membersihkannya, coba ikuti metodenya berikut ini.

Membersihkan Histori Browser Realme

  • Disini saya menggunakan Chrome, buka aplikasi tersebut, kemudian tap icon tiga titik pada bagian pook kanan atas, kemudian pilih Histori.
  • Selanjutnya pilih Hapus Data Penjelajah, kemudian pilih Hapus Data untuk menghapus histori, cookies, dan cache pada situs atau laman – laman yang pernah dibuka. Untuk opsi lebih lanjut, bisa pilih Lanjutan. Bagi kamu yang menggunakan browser lain, seperti Firefox ataupun SAMSUNG browser maka tentu bisa menyesuaikannya.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

Membersihkan History Browser

#11. Membersihkan Cache WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chat yang pastinya sering kamu gunakan. Pentingkan informasi dan komunikasi dengan teman, rekan bisnis, ataupun grup sebagai tempat ngobrol teman ke teman menjadikan space pada memori utama cepat penuh. Perlu kamu ketahui semua data chat tersimpan pada memori utama, saat ada pesan masuk maka saat itulah pesan tersimpan.

Penumpukan akan terlihat dan terasa apabila kamu sudah menggunakan WhatsApp dalam rentan waktu yang cukup lama, entah itu satu bulan, dua bulan, hingga satu tahun lamanya. Solusinya, cobalah untuk membersihkan basis data yang dirasa perlu untuk dihapus atau sudah tidak digunakan lagi.

Karena saya menggunakan smartphone Realme, dibawah ini saya tunjukkan metode melakukannya pada perangkat Realme.  Untuk smartphone lain tentu dapat menyesuaikannya.

Membersihkan Cache WhatsApp Realme

  • Buka aplikasi Manajer Telepon kemudian pilih Bersihkan Memori. Opsi ini sama seperti sebelumnya, kamu tentu akan merasa mudah melakukannya.
  • Pilih Pembersih WhatsApp. Tap Bersihkan Sekarang untuk menghapus semua file sampah pada WhatsApp. Untuk opsi lebih lanjut, kamu juga bisa membersihkan file lainnya seperti foto, video, audio, serta file – file tertentu jika dirasa tidak dibutuhkan lagi.
  • Cukup mudah bukan!
  • Selesai.

Kesimpulan

Pembersihan dengan aplikasi keamanan, manajer telepon, atau aplikasi bloatware lainnya dan juga aplikasi Clean Master terkesan lebih praktis dibanding pembersihan secara manual. Selain itu, beberapa aplikasi juga tersedia dengan Antivirus yang dapat membantu dalam mengamankan data yang ada di HP android.

Namun apabila kamu tidak tertarik dengan aplikasi cleaner bawaan atau Clean Master, kamu bisa menggunakan aplikasi lain yang dirasa memiliki fitur dan fungsi sama dengan UI yang berbeda.

Sekedar Share,

Selain Clean Master ataupun CCleaner, ada Aplikasi Pembersih Cache Lain yang tentunya bisa kamu gunakan untuk menghapus file cache dan history yang ada di android kamu. Berikut rekomendasi aplikasi cleaner android terbaik dari saya.

  • The Cleaner Speed Up Clean merupakan Aplikasi Pembersih Cache Android terbaik dan gratis yang dapat kamu unduh melalui Google Play Store. Selain untuk membersihkan cache, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk meningkatkan RAM serta menghapus file berbahaya/ virus yang melekat pada memori internal ataupun eksternal yang ada di Android kamu. [Google Play] [App Store]
  • AVG Cleaner adalah aplikasi Pembersih Cache Android besutan dari AVG. Selain memproduksi Antivirus komputer, ternyata AVG tersedia pula untuk versi cleaner. Yang menarik dari aplikasi ini adalah, dapat digunakan untuk menghapus history panggilan dan pesan dengan sekali tap, menghapus virus, serta meningkatkan performa Android. [Google Play] [App Store]
  • DU Speed Booster merupakan Aplikasi Penghemat Daya Baterai Android Terbaik. Aplikasi ini telah di unduh lebih dari 400 juta pengguna Android dan IOS. Selain untuk menghemat baterai, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan cache memori hanya dengan sekali tap. Fitur dari aplikasi ini sangat lengkap sekali. [Google Play] [App Store]
  • Cleaner Master Optimizer Free merupakan Aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file cache, history internet, history panggilan dan sms, serta file – file rusak. Dengan aplikasi ini, kamu bisa Menghapus File Cache yang ada di memori penyimpanan kamu dengan mudah dan cepat. Tersedia pula fitur Boost yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan kinerja RAM Android kamu. [Google Play] [App Store]
  • Dll.

Akhir Kata

Itulah beberapa metode yang dapat saya bagikan terkait membersihkan cache pada smartphone Android. Seperti yang saya katakana diatas, cache merupakan file yang diproduksi oleh sistem demi memaksimalkan segala kinerja dan performa, baik itu sistem ataupun aplikasi terinstal. Adanya cache sangat menguntungkan pengguna dalam mempercepat akses saat membuka atau menjalankan aplikasi.

Namun disisi lain penumpukan cache yang berlebih juga berdampak pada performa smartphone. Dengan membersihkannya secara berkala dan menggantinya dengan produksi cache baru menjadi solusi terbaik (sebagai bagian perawatan smartphone dari segi software). Bagikan artikel ini apabila dirasa berguna dan bermanfaat.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.