10+ Cara Mengatasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” di HP Android

3

Dianisa.com – Memperbaiki “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” di HP Android. Tidak cukup ruang pada perangkat biasanya terjadi pada ponsel android dengan memori Internal yang terlalu kecil. Hal ini bisa terjadi pada semua perangkat android.

Tidak Cukup Ruang bukan berarti anda harus beli Android baru dengan memori internal yang lebih besar.

Tetapi ada cara lain agar anda bisa mengintall aplikasi android dan tidak terjadi masalah “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat”, “Ruang Penyimpanan Tidak Cukup”, “Ruang Penyimpanan Penuh”, “Ruang Penyimpanan Hampir Habis”, “Penyimpanan Internal Hampir Penuh”, “Penyimpanan Tidak Memadai”, “Not Enough Memory”, dan lainnya yang mungkin sedikit lebih berbeda.

Penyebab terjadinya Masalah Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat itu muncul, mungkin dikarenakan Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstall pada ponsel android sehingga membuat memori internal anda penuh.

Atau mungkin anda Tidak Pernah Menghapus Cache Android sehingga terjadi penumpukan yang sangat banyak sampai menguras Memori internal android.

Masalah Pada Smartphone

Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat

Aplikasi yang sering membuat cache yang banyak biasanya dari Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan BBM. Jadi, apabila anda tidak pernah Menghapus Cache Android, sebaiknya lakukan penghapusan agar tidak terjadi penumpukan yang berlebihan.

Menghapus cache bisa dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi tambahan seperti Clean Master.

1. Lakukan Pengecekan Pada Internal

Pertama, cobalah untuk melakulan pengecekan pada memori Internal di smartphone android anda. Memori yang penuh tentu disebabkan karena banyak hal, bisa Foto, video, dokumen, musik, basis data, aplikasi, dan juga game.

Anda bisa cek, dan lihat mana yang perlu dihapus, pindahkan, atau uninstall.

2. Hapus Pesan Masuk (SMS)

Selanutnya, anda bisa membersihkan pesan masuk atau Inbox. Hal ini anda lakukan tidak hanya pada aplikasi pesan saja, tetapi bisa juga pada aplikasi lain seperti BBM, LINE, WhatsApp, Hangout, dan lainnya.

Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya Memori Internal bisa jauh lebih baik.

3. Hapus File Cache Android

Kemudian, anda bisa Membersihkan Cache Pada Sistem dan Aplikasi Android. Anda bisa gunakan aplikasi Cleaner untuk membersihkan file sampah dengan cepat hanya dengan satu kali klik.

Atau anda bisa melakukannya secara manual langsung dari pengaturan Android. Dan untuk Menghapus Cache Secara Manual, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

4. Gunakan Aplikasi Cleaner

Ada banyak Aplikasi Cleaner yang bisa anda gunakan secara gratis dengan fitur yang lengkap. Dengan begitu, semua file sampah, basis data, history, dan virus akan terhapus secara menyeluruh.

Beberapa Aplikasi Cleaner yang bisa anda gunakan seperti CCleaner, Clean Master, CM Security, dan lainnya. Atau jika sistem android anda sudah terpasang aplikasi bawaan (cleaner) maka anda bisa gunakan.

5. Gunakan Aplikasi Keamanan

Aplikasi Keamanan sebenarnya sama dengan Aplikasi Cleaner yang fungsinya membersihkann semua file sampah, virus, dan melakukan boost pada RAM Android. Anda bisa gunakan aplikasi tersebut untuk membersihkan semua file sampah yang ada.

Sebagai contohnya, dibawah ini saya lakukan pada HP Xioami.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo warna hijau. Setelah dibuka, anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporaty lainnya.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Dan itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di HP Xiaomi menggunakan aplikasi Keamanan. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

6. Bersihkan Basis Data WhatsApp

Seperti yang dikonfirmasi oleh WhatsApp bahwa semua file yang dikirimkan akan otomatis masuk pada Internal memori. Dan hal inilah yang membuat memori internal cepat penuh dan terkuras karena semua file chat masuk ke Internal.

Dan lebihnya lagi, sebagian pengguna WhatsApp terlalu banyak mengabaikan file sampah, foto, video, audio, dan lainnya yang di share via Grub, teman, atau pasangan. Nah, anda sebagai pengguna WhatsApp yang mungkin setiap hari selalu dapat notifikasi chat, tentu bisa membersihkannya secara berkala tanpa harus repot pilih satu per satu.

Ada Aplikasi Cleaner Data WhatsApp yang bisa anda gunakan secara gratis. Lebih jelasnya, anda bisa cek langsung melalui Google Play Store.

7. Pindahkan Aplikasi Ke MicroSD

Selanjuutnya, anda bisaa Memindahkan Sebagian Aplikasi Ke SD Card atau Memori Eksternal. Sebagai catatan, sebelum anda melakukan cara ini, pastikan anda telah memasang memori eksternal dengan kapasitas yang cukup besar, minimal 4 GB agar cukup menyimpan banyak data dan file aplikasi.

Dan untuk memindahkan aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Pindahkan Ke SD Card”.

8. Pindahkan Foto, Musik, dan Video ke MicroSD

Selain memindahkan aplikasi, anda juga bisa memindahkan file atau data penting lainnya ke SD Card seperti dokumen, foto, gambar, musik, audio, video, dan lainnya.

Dengan memindahkan sebagian file, setidaknya memori Internal tidak terlalu banyak dalam menyimpan data.

9. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Apabila anda banyak menyimpan aplikasi atau Game yang saat ini sudah tidak pernah anda mainkan, maka sebaiknya hapus saja sebagian aplikasi atau game tersebut.

Biasanya game android banyak menyedot memori Internal, terlebih game dengan kualitas 3D.

Menghapus Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

10. Factory Reset

Dan untuk yang terakhir, anda bisa mencoba Melakukan Factory Reset atau Mengembalikan Smartphone Ke Pengaturan Pabrik. Metode ini anda lakukan apabila semua metode diatas tidak bisa mengatasi masalah yang anda hadapi.

Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan anda mem-backup semua data yang tersimpan.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Kesimpulan,

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa masalah “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” terjadi karena memori internal yang sudah penuh dan tidak bisa menginstall aplikasi yang anda inginkan.

Jadi, hal utama yang harus anda lakukan yaitu Menghapus Cache Android dan Memindahkan Aplikasi Yang Terinstall di memori internal ke Memori Eksternal (Kartu SD).

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai Solusi Mengatasi Memori Tidak Cukup di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyakan, tulis saja melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih!!

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here