Cara Menghapus Data Aplikasi Android

Perlu anda ketahui bahwa smartphone dan tablet android dilengkapi dengan fitur hapus data, Anda bisa melihat fitur ini pada setelan aplikasi. Tapi tahukah anda apa sebenarnya fungsi dari hapus data aplikasi pada smartphone android tersebut? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai fitur hapus data pada android lengkap dan detail. Lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Hapus Data?

Beberapa pengguna Android menggunakan fitur “Hapus Data” sebagai salah satu cara disaat ada aplikasi yang terjadi error atau macet. Seperti contohnya muncul pesan error bertuliskan Sayangnya Aplikasi Telah Berhentiatau “Unfortunately App Has Stopped”. Dalam hal ini, fungsi dari hapus data sendiri menghapus semua data yang ada pada aplikasi dan mengembalikannya ke setelan default aplikasi.

Pesan error tersebut memang terkadang bisa terjadi pada semua aplikasi Android, dan yang paling sering biasanya Aplikasi Google Play Store, Facebook, LINE, Galeri, Kontak, Musik, dan beberapa aplikasi Android lainnya. Semua perangkat Android tersedia fitur hapus data seperti Samsung, OPPO, ASUS, Xiaomi, VIVO, Realme, dan lainnya.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache di HP Android

Cara Hapus Data Aplikasi Android

Menghapus data aplikasi akan membersihkan data aplikasi secara permanen seperti setelan, basis data, data login, cache, history, dan lainnya. Seperti contohnya apabila aplikasi Google Play Store terjadi error dan anda menghapus data aplikasi tersebut maka Google Play Store akan bersih dari bookmark, cache, dan setelan Google Play Store.

Artinya Google Play Store akan kembali pada setelan awal. Untuk melakukan hal tersebut, anda bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Langkah pertama, anda buka menu “Setelan” di HP OPPO yang anda miliki. Selanjutnya, anda bisa pilih “Setelan Tambahan”.

Manajemen Aplikasi di OPPO

Kemudian lanjutnya dengan memilih “Manajemen Aplikasi”. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin anda hentikan dan hapus data. Dan untuk melakukannya, anda bisa tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Hapus Data Aplikaasi di OPPO

Dengan melakukan hal ini, maka aplikasi akan tertutup dan semua data pada aplikasi akan terhapus seperti yang saya katakana diatas.

NOTE: Untuk metode diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37. Setiap perangkat mungkin akan punya opsi yang berbeda, namun intinya tetap sama. Anda cukup menyesuaikannya saja.

Itulah ulasan singkat mengenai cara menghapus data aplikasi android, semoga bisa berguna untuk semua pengguna Android. Bagikan artikel melalui sosial media supaya lebih bermanfaat.  Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Tips Android

Masalah Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.