10 Cara Factory Reset HP Android

Factory Reset adalah bagian dari fitur Android yang menjadi salah satu fitur paling penting saat pengguna…

Factory Reset adalah bagian dari fitur Android yang menjadi salah satu fitur paling penting saat pengguna ingin mengembalikan OS Android ke setelan awal / pabrik. Fitur ini biasanya digunakan saat pengguna Android memiliki masalah error pada sistem dan aplikasi atau saat pengguna ingin menjual ponsel Android. Fitur Factory Reset ada pada semua perangkat Android, mulai dari Samsung, OPPO, Lenovo, ASUS, Xiaomi, LG, Motorola, Smartfren, Sony, Meizu, OnePlus, Huawei, dan merek ponsel Android lainnya.

Setiap smartphone Android memiliki metode yang berbeda-beda dalam melakukan Factory Reset. Itu artinya, Anda harus bisa menyesuaikan fitur tersebut sesuai dengan antarmuka setelan Android yang Anda miliki. Dengan Factory Reset, perangkat sistem Android Anda akan kembali ke setelan awal atau sesuai standar bawaan pabrik, sehingga nantinya Anda dapat melakukan konfigurasi ulang sistem dan aplikasi sesuai kebutuhan. Anda bisa simak penjelasan serta panduan Factory Reset Android berikut ini.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Lupa Pola / PIN HP Xiaomi

Apa itu Factory Reset?

Factory Reset / Hard Reset / Wipe Data merupakan opsi yang disediakan oleh sistem Android untuk mengembalikan setelan sistem ke posisi awal / pabrikan. Opsi reset sebenarnya tidak hanya pada OS Android saja, Anda juga bisa menemukan opsi ini pada iOS, Mac, Windows, dan juga Linux. Fitur ini kebanyakan dipilih ketika pengguna memiliki masalah pada sistem operasi atau karena ingin menjual perangkat.

Pada ponsel Android khususnya, ada dua perbedaan antara Factory Reset dan Hard Reset. Factory Reset dilakukan melalui menu Pengaturan / Setelan, sedangkan Hard Reset / Wipe Data dilakukan melalui menu Recovery Mode. Untuk mengetahui apa itu Recovery Mode, Anda bisa simak penjelasannya di sini. Pada intinya, keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni mengembalikan Android ke setelan pabrik.

Factory ResetDilakukan melalui menu Pengaturan / Setelan.
Hard ResetDilakukan melalui menu Recovery Mode.

Melakukan Factory Reset akan menghapus seluruh data dan aplikasi pada sistem Android. File foto, video, dokumen, dan data apa pun yang tersimpan di memori internal akan terhapus secara permanen. Oleh karena itu, sebelum melakukan Factory Reset, diharapkan pengguna untuk melakukan backup atau mencadangkan file yang tersimpan ke memori eksternal (SD Card), hard disk, atau penyimpanan Cloud. Tujuannya adalah agar Anda memiliki cadangan file, sehingga nantinya bisa dikembalikan lagi setelah proses reset selesai.

Alasan melakukan Factory Reset ponsel Android

Kebanyakan pengguna Android akan melakukan Factory Reset saat perangkatnya bermasalah. Factory Reset menjadi salah satu jalan keluar untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Ada banyak sekali alasan yang membuat pengguna ingin melakukan Factory Reset, Anda bisa simak daftar alasannya berikut ini.

Mengatasi smartphone lag atau hang

Pengguna sering mengalami masalah smartphone macet saat menjalankan aplikasi, menonton video atau bermain game. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa hal, spesifikasi perangkat yang tidak mendukung juga menjadi salah satu pengaruh. Apalagi penyimpanan data smartphone yang kian bertambah juga dapat menyebabkan smartphone terasa berat saat menjalankan tugas. Smartphone yang sering lag dan lemot akan kembali normal dan lebih ringan setelah dilakukan Factory Reset.

Solusi membersihkan virus dan malware

Smartphone juga terkadang rawan terhadap virus ataupun malware jika pengguna sering mengunduh aplikasi dari situs yang tidak terpercaya. Apalagi saat ini semakin masif aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga (bukan dari Google Play Store) yang tidak menjamin keamanan data pengguna serta disematkannya malware pada aplikasi tersebut, yang akhirnya pengunduh aplikasi mendapati suatu masalah saat menjalankannya.

Bisa jadi malware yang masuk ke sistem Android merusak atau mengganggu kinerja sistem serta mencuri data pengguna. Alternatif yang dapat dilakukan adalah me-reset smartphone ke setelan awal, mulai dari Factory Reset atau Hard Reset.

Lupa pola / PIN / kata sandi

Masalah lupa pola juga sering kali di alami oleh sebagian pengguna Android. Padahal pola kunci atau sandi merupakan bagian penting untuk menjaga privasi dan data, agar perangkatnya tidak dapat diakses secara langsung oleh pengguna lain. Untuk membuka pola bisa dengan me-reset ulang pola menggunakan email. Namun hal ini hanya bisa dilakukan apabila pengguna masih ingat dengan email dan kata sandi yang dimilikinya, bagaimana jika lupa?

Cara yang dapat yang dapat dilakukan yakni dengan Hard Reset lewat Recovery Mode. Sayangnya, beberapa tipe smartphone Android terkadang juga mengalami kendala saat ingin melakukan Hard Reset, smartphone meminta pola / kata sandi untuk konfirmasi Hard Reset, solusinya harus bypass sistem Android. Namun secara umum, Hard Reset masih efektif untuk mengatasi lupa pola pada ponsel Xiaomi, ASUS, Infinix, dan juga Advan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang masalah ini, Anda dapat menemukan banyak metode di Google maupun YouTube.

Ingin menjual smartphone

Masih ada alasan lain pengguna harus melakukan Factory Reset, salah satunya saat ingin menjual smartphone. Pengguna harus menjaga keamanan data yang masih tersimpan di memori internal dengan Factory Reset, tujuannya agar data atau akun tertaut tidak di salah gunakan oleh orang lain atau pembeli berikutnya. Selain itu, smartphone dalam keadaan bersih, normal, dan ringan juga dapat membuat pembeli merasa nyaman.

Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan untuk melakukan backup seluruh data Anda, sebelum melakukan Factory Reset maupun hard reset. Dari banyaknya alasan di atas, masih banyak alasan lain yang membuat pengguna ingin melakukan Factory Reset pada smartphone Android. Untuk melakukan Factory Reset, simak panduannya berikut ini.

Lihat Juga : Fungsi IMEI pada Smartphone Android

Cara Factory Reset Android

Factory Reset dapat dilakukan ketika ponsel Android dalam keadaan normal, yang mana masih memungkinkan untuk masuk ke antarmuka sistem. Sedangkan apabila ponsel dalam keadaan mati yang mana tidak memungkinkan untuk masuk ke antarmuka sistem, mungkin karena lupa pola atau bootloop, maka Anda bisa memilih jalan Hard Reset. Silakan pilih salah satu metode yang dirasa mudah untuk Anda lakukan, dan berikut panduannya.

Factory Reset melalui menu Pengaturan / Setelan

Seperti yang saya katakan di awal, setiap ponsel Android hadir dengan antarmuka sistem yang berbeda-beda, sehingga opsi reset yang disediakan pengembang terdapat pada menu yang berbeda pula. Namun secara umum, Anda bisa temukan opsi reset pada menu Pengaturan. Jika dilihat dari perkembangan OS Android dari waktu ke waktu, opsi reset pada menu Pengaturan juga beragam, Anda bisa memilih untuk me-reset pengaturan sistem, jaringan, dan reset data pabrik. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Sebagai contohnya, Anda bisa simak panduan melakukan reset HP Samsung di bawah ini.

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan pada HP Android Anda.
  2. Temukan dan pilih menu Manajemen umum » kemudian pilih Reset.
  3. Pada bagian tersebut, terdapat beberapa pilihan reset, mulai dari Reset Pengaturan sampai Reset data pabrik. Untuk menghapus seluruh data dan mengembalikan ponsel ke setelan awal, silakan pilih Reset Data Pabrik.
  4. Lanjutkan dengan memilih Reset.
  5. Tunggu sampai proses reset HP Android berhasil dilakukan.
  6. Jika sudah, maka smartphone akan kembali ke posisi awal seperti yang Anda harapkan.
  7. Selesai.

*RESET SAMSUNG

  • Reset Pengaturan – Melakukan reset hanya pada Pengaturan smartphone ke posisi default. Artinya, reset hanya dilakukan pada setelan sistem yang telah dilakukan perubahan seperti nada dering, notifikasi, alarm, dan lainnya.
  • Reset Pengaturan Jaringan – Mengembalikan setelan Wi-Fi, Bluetooth, Hotspot, dan jaringan lainnya ke posisi default.
  • Reset Pengaturan Aksesibilitas – Mengembalikan setelan aksesibilitas ke posisi default.
  • Reset Data Pabrik – Mengembalikan smartphone ke posisi awal / pabrikan. Ini akan mengembalikan setelan sistem dan aplikasi ke posisi default serta menghapus semua data yang tersimpan di memori internal.

*NOTE

  • Letak menu Reset tidak selalu pada Manajemen umum. Terdapat perbedaan tampilan antara HP Samsung lama dan baru. Namun yang pasti Anda tetap bisa menyesuaikannya.

Factory Reset Android

Hard Reset / Wipe Data melalui menu Recovery Mode

Jika Anda berada pada kondisi yang tidak memungkinkan untuk masuk ke antarmuka OS Android, opsi reset yang bisa dilakukan adalah melalui menu Recovery Mode / Android Recovery. Untuk masuk ke menu Recovery Mode, setiap ponsel Android memiliki kombinasi tombol yang berbeda-beda, lebih jelasnya Anda bisa simak perbedaannya berikut ini.

ASUSPower + Volume Up
Power + Volume Down
SamsungPower + Home + Volume Up
Power + Home
Power + Volume Down
OPPOPower + Volume Down
VIVOPower + Volume Down
Power + Home + Volume Down
SONYPower + Volume Up
HuaweiPower + Volume Up
XiaomiPower + Volume Down
Power + Volume Up
RealmePower + Volume Down
Google PixelPower + Volume Down
NOKIAPower + Volume Up
LenovoPower + Volume Up
SmartfrenPower + Volume Up
LGPower + Home + Volume Up
HTCPower + Volume Down
OnePlusPower + Volume Down
ADVANPower + Volume Down
Hard Reset / Wipe Data HP Samsung. YouTube | hardreset.info

Sebagai contohnya, Anda bisa simak panduan Hard Reset / Wipe Data HP Samsung seri terbaru berikut ini.

  1. Pertama, pastikan kondisi smartphone Android Anda dalam keadaan mati / Off.
  2. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya masuk ke menu Android Recovery.
  3. Selanjutnya pilih menu Wipe Data / Factory Reset (gunakan Volume Up dan Volume Down untuk navigasi atas dan bawah, serta Power untuk memilih menu).
  4. Kemudian konfirmasi reset dengan memilih Yes.
  5. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Pilih Reboot system now untuk memuat ulang smartphone.
  7. Selesai.

*METODE LAIN

  • Untuk HP Samsung seri lama (yang masih terdapat tombol Power), cara masuk Android Recovery harus menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Up + Home.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Tombol Power HP Rusak

Penutup,

Saya rasa, semua penjelasan serta panduan Factory Reset di atas mudah untuk Anda mengerti. Pada intinya, Factory Reset dan Hard Reset bisa Anda lakukan melalui menu Pengaturan dan Recovery Mode. Sebagai catatan, jangan lupa sebelum melakukan reset, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki.

Apakah Factory Reset membutuhkan konfirmasi pola / sandi?

Tergantung, jika sebelumnya Anda telah membuat pola / kata sandi layar maka Factory Reset maupun Hard Reset membutuhkan konfirmasi pola. Sebaliknya, jika Anda tidak membuat pola maka Anda tidak membutuhkan konfirmasi pola sama sekali.

Apakah Factory Reset / Hard Reset aman dilakukan?

Tentu saja, cara ini aman dan tidak akan merusak sistem Android. Namun sebelum melakukan reset, pastikan telah melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki.

Apakah Hard Reset dapat mengatasi bootloop?

Dalam beberapa kasus, Hard Reset dapat mengatasi masalah bootloop, namun apabila bootloop disebabkan oleh kerusakan komponen seperti eMMC, Hard Reset tetap tidak akan membantu.

Apakah Hard Reset dapat mengatasi lupa pola / password?

Pada beberapa merek ponsel Android, Hard Reset dapat mengatasi lupa pola / kata sandi. Tetapi pada sebagian ponsel Android yang lebih mengutamakan keamanan dan privasi pengguna, Hard Reset tidak dapat mengatasi lupa pola / kata sandi.

Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Yunita Setiyaningsih, Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Membersihkan Cache di HP Samsung

    Pada perangkat Samsung, Anda bisa gunakan 'Perawatan Perangkat' untuk membersihkan tumpukan file cache
  2. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  3. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih