17 Cara Mengatasi HP Android Sering LAG / Macet

LAG atau macet sekali kali terjadi pada saat menjalankan aplikasi atau game tertentu di HP Android.…

LAG atau macet sekali kali terjadi pada saat menjalankan aplikasi atau game tertentu di HP Android. Hal ini memang membuat pengguna sedih dan galau karena merasa tidak nyaman saat beraktivitas dengan smartphone kesayangan. Lag atau macet tidak hanya terjadi pada smartphone Android, bisa saja terjadi pada komputer atau laptop. Lag sering terjadi saat sedang bermain game atau menjalankan aplikasi yang berukuran besar.

Dan masalah semacam ini dapat terjadi pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Lenovo, Realme, ASUS, Xiaomi, VIVO, Huawei, dan lainnya. Spesifikasi menjadi alasan kenapa performa ponsel tidak semaksimal seperti yang diharapkan. Masalah LAG lebih sering terjadi pada ponsel kelas low-end dan mid-range, sedangkan ponsel kelas high-end atau flagship sangat jarang mengalaminya. Untuk memahami lebih jauh mengenai masalah ini, Anda bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Android Agar Tidak Lemot

Kenapa HP Android saya sering macet tiba-tiba?

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan HP Android sering lag atau macet, salah satu penyebab yang paling sering yakni memori RAM penuh. Saya sendiri dulunya juga pernah mengalami hal yang sama. Saat saya sedang chatting dan main medsos dengan koneksi WiFi tiba – tiba aplikasi Facebook saya berhenti tiba-tiba dan terasa sangat berat. Mengapa demikian? Karena saya membuka banyak aplikasi mulai dari LINE, WhatsApp, Facebook, Instagram, UC Browser, YouTube, dan lainnya.

Bagi Anda yang menggunakan smartphone dengan spesifikasi hardware yang mumpuni mungkin tidak masalah, tapi bagi saya yang menggunakan smartphone RAM 2GB, benar-benar jadi masalah besar. Meskipun demikian, penyebab lag tidak hanya karena RAM penuh, bisa jadi bugs pada sistem dan penumpukan file cache juga dapat menyebabkan Android lag.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Force Close Aplikasi Android

Penyebab HP Android Sering LAG dan Macet

Untuk mengatasi lag pada ponsel Android, Anda harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Maka dari itu, simak beberapa penyebab Android lag / macet berikut ini.

Terlalu banyak aplikasi berjalan

Seperti yang saya jelaskan di atas, banyaknya aplikasi yang Anda jalankan membuat Android sering Lag dan macet. Maklum saja, hal ini terjadi karena RAM Android Anda penuh sehingga Android pasti akan macet karena memori RAM tidak dapat memberikan ruang pada aplikasi maupun sistem Android itu sendiri. Lebih parahnya lagi jika Anda mendengarkan musik sambil bermain game tentu RAM Android tidak kuasa dalam melakukan semua itu. Hal ini sering terjadi pada smartphone Android dengan kapasitas 2GB dan 3GB.

Terlalu banyak aplikasi terinstall

Walaupun memori internal ataupun eksternal Android Anda besar bukan berarti Anda bebas menginstall semua aplikasi yang ada. Makin banyak aplikasi yang Anda install juga makin lemot pula Android Anda. Tidak hanya memberatkan RAM saja, tetapi juga memberatkan memori internal. Apalagi jika aplikasi yang Anda install berjalan di latar belakang tentunya RAM dan baterai Android akan cepat habis. Menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan adalah salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Penumpukan file cache yang berlebihan

File cache dan file sementara lainnya akan terus di produksi saat Anda membuka dan menjalankan aplikasi tertentu. Pada intinya cache sifatnya file sementara yang artinya penting ketika digunakan namun tetap harus dibersihkan. Jika tidak dibersihkan maka akan menumpuk di memori internal dan membuat Android sering lag, lemot, dan macet. Untuk membersihkan file cache, Anda bisa melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih.

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih PC dan HP Terbaik

Memori RAM penuh

Sebenarnya RAM penuh sama seperti poin pertama karena banyak membuka aplikasi. Tak hanya itu saja, tidak membuka aplikasi juga bisa membuat RAM penuh. Jika Anda perhatikan aplikasi messenger seperti Messenger ataupun WhatsApp, meskipun Anda tidak membukanya tetap saja aplikasi tersebut membutuhkan RAM. Kenapa? Karena aplikasi tersebut berjalan di latar belakang. Intinya adalah aplikasi yang berjalan, entah itu terbuka atau tidak tetap membutuhkan RAM. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu banyak dalam menjalankan aplikasi.

Wallpaper animasi dan tema

Jika kita perhatikan wallpaper animasi dan tema memang terlihat menarik dan keren. Banyak sekali aplikasi Launcher yang menyediakan tema unik, lucu, dan keren. Tapi dibalik itu semua, tema Android membutuhkan memori RAM yang cukup besar. Nah, apabila Anda menggunakan tema tapi Anda tidak imbangi dengan penggunaan aplikasi lainnya tentunya Android akan serasa sangat berat. Terbukti saya sendiri memasang tema dan saat menjalankan aplikasi Instagram, LINE, dan UC Browser secara bersamaan ternyata Android serasa sangat berat sekali.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Sayangnya, Launcher Telah Berhenti

HP telah dilakukan root

Beberapa pengguna Android memilih untuk melakukan root untuk mendapatkan tools yang lebih Advanced serta kustomisasi sistem dan aplikasi lebih maksimal. Meskipun demikian, melakukan root juga memiliki banyak risiko. Berhasil ataupun gagalnya akses root terkadang membuat sebagian ponsel Android mengalami masalah sistem dan aplikasi. Tidak hanya lag, terkadang ada juga yang sampai mati total. Solusinya sulit, harus Flashing ulang OS Android dengan yang baru atau jika masih bisa nyala lakukan Factory Reset.

Malware menyerang sistem

Virus / malware yang menyerang aplikasi dan sistem berdampak buruk pada performa ponsel Android. Banyaknya virus yang menyerang akan membuat aplikasi sering error, lag, dan lemot. Ada atau tidaknya malware bisa Anda cek dengan melakukan scanning sistem dan aplikasi secara menyeluruh menggunakan aplikasi keamanan.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Sayangnya, Sistem UI Telah Berhenti

Mengatasi HP Android LAG dan Lemot

Setelah mengetahui beberapa penyebab Android sering lag dan macet, saatnya untuk melakukan perbaikan dan perubahan. Simak beberapa tips mengatasi Android lag dan macet berikut ini.

1. Mengatasi Android hang tidak respons sentuhan

Apabila Anda berada di kondisi di mana ponsel Android mengalami hang, tidak respons dengan sentuhan sama sekali dan tidak bisa dimatikan, Anda bisa mencoba beberapa trik berikut ini.

Matikan HP Android Secara Paksa

  • Tekan tombol Power selama beberapa saat sampai HP Android Anda benar-benar mati/ off.
  • Setelah benar-benar mati, coba hidupkan kembali HP Android Anda.
  • Selesai.

Restart HP Android Secara Paksa

  • Tekan tombol Power + Volume Down atau Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat.
  • Kemudian HP Android Anda akan restart secara otomatis.
  • Selesai.

2. Bersihkan Cache Android

Cobalah untuk membersihkan cache Android. Cara ini cukup efektif dalam mengatasi Android yang sering lag dan macet. Cukup mudah untuk menghapusnya, Anda bisa melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih. Jangan lupa hapus juga history pencarian browser yang sering Anda gunakan. Untuk melakukannya, Anda bisa simak dua metode menghapus cache di bawah ini.

Menghapus cache secara manual

Hapus Cache Aplikasi Android
2. Menghapus cache secara manual. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Bersihkan cache » lalu konfirmasi dengan Oke untuk membersihkan cache.
  4. Selesai.

Membersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih

Bersihkan cache Android
2. Membersihkan cache Android. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Android Anda.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

3. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Menghapus Aplikasi Android
3. Menghapus aplikasi Android. RUDI DIAN ARIFIN

Aplikasi dan game yang jarang Anda gunakan atau sudah tidak pernah Anda gunakan, sebaiknya uninstall aplikasi tersebut. Tujuannya agar memori internal Anda memiliki banyak ruang kosong. Untuk menghapus aplikasi cukup mudah, Anda bisa masuk pada fitur kelola aplikasi / manajemen aplikasi Android. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Uninstall » kemudian konfirmasi dengan Oke untuk menghapus aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi Android

4. Kosongkan penyimpanan internal

Tips selanjutnya, cobalah untuk mengosongkan penyimpanan internal. Jangan sampai Android Anda muncul notifikasi “memori penyimpanan hampir habis”, “tidak cukup ruang pada perangkat”, “insufficient storage”, dan beragam pesan notifikasi lainnya. Sisakan setidaknya 20% ruang penyimpanan kosong dari total kapasitas memori internal. Hal ini dilakukan untuk menjaga supaya performa Android tetap stabil dan optimal.

Bersihkan file berkas dan media yang sekiranya tidak Anda butuh kan, seperti foto, gambar, video, audio, apk, dan lainnya. Coba cek folder DCIM (hasil jepretan kamera Anda), kiriman file WhatsApp, serta unduhan video offline YouTube. Anda juga bisa melegakan memori internal dengan melakukan ekspansi ke memori eksternal dan memanfaatkan cloud storage (penyimpanan awan).

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Realme

5. Gunakan tema dan wallpaper default

Apabila sebelumnya Anda menginstall tema atau Launcher Android. Hapus tema tersebut, gunakan wallpaper biasa (default) dan jangan yang animasi. Hal ini beralasan karena tema dan animasi juga membutuhkan konsumsi RAM berlebih. Akan jauh lebih baik apabila RAM digunakan untuk sistem dan aplikasi terinstall. Apabila smartphone Anda memiliki kapasitas RAM 4GB mungkin tidak masalah, tapi jika di bawah kapasitas tersebut sebaiknya tidak perlu memasang Launcher atau tema tambahan.

6. Scan dengan Antivirus

Gunakan antivirus terbaik untuk melakukan scanning. Mungkin saja ada virus / malware yang melekat pada sistem dan aplikasi sehingga membuat Android serasa berat dan lemot. Rekomendasi antivirus terbaik adalah AVAST Mobile Security, AVG Antivirus Security, dan Kaspersky Internet Security. Anda bisa temukan beragam aplikasi keamanan terbaik dari Google Play Store. Biasanya aplikasi keamanan satu paket dengan aplikasi pembersih. Artinya tidak hanya melakukan scanning virus / malware tetapi dapat pula digunakan untuk membersihkan file cache dan file media yang tidak Anda dibutuhkan.

Lihat Juga : 19 Aplikasi Antivirus Android Terbaik

7. Update OS Android

Update Sistem Android
6. Update sistem Android. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila sistem Android Anda error atau terdapat banyak bugs (kerusakan), sebaiknya lakukan update. Pembaruan dilakukan agar Anda mendapatkan perbaikan, peningkatan performa, fitur, stabilitas, dan keamanan. Anda bisa melakukan update sistem melalui menu Pengaturan ponsel Android. Untuk melakukannya, Anda bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Tentang ponsel » Pembaruan sistem.
  3. Jika tersedia versi sistem terbaru, Anda bisa lakukan update.
  4. Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, Anda bisa restart ponsel Android Anda.
  6. Selesai.

8. Factory Reset Android

Factory Reset Android
7. Factory Reset HP Android. RUDI DIAN ARIFIN

Jika semua cara di atas tidak membantu sama sekali, jalan terakhir yakni dengan Factory Reset atau mengembalikan smartphone ke kondisi awal (pabrik). Factory Reset dapat Anda jadikan pilihan apabila masalahnya berkaitan dengan sistem Android yang error. Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya backup semua data ke komputer atau SD Card agar nantinya bisa Anda kembalikan lagi.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Factory Reset Android

Penutup,

Dengan adanya beberapa tips di atas semoga Android Anda tidak lag lagi dan dapat berjalan dengan normal dan stabil kembali. Tidak semua cara harus Anda lakukan, Anda bisa pilih satu dari banyaknya cara tersebut. Sesuaikan dengan penyebab dari yang terjadi pada ponsel Android Anda. Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua merek ponsel Android seperti Samsung, OPPO, VIVO, Realme, Xiaomi, Lenovo, Asus, Huawei, Sony, Advan, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan tampilan dan langkah-langkah, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Mengapa Android saya sering restart sendiri?

HP Android yang terasa sangat panas (overheat) biasanya akan melakukan restart sendiri. Hal ini sangat wajar, karena sistem Android di desain untuk menurunkan suhu ponsel dengan restart atau mematikannya. Tetapi jika restart sangat sering terjadi (serasa tidak wajar), maka kemungkinan terdapat masalah pada sistem Android Anda.

Mengapa aplikasi Android keluar sendiri?

Kemungkinan terdapat bugs pada aplikasi tersebut. Cobalah untuk memperbarui aplikasi untuk mendapatkan perbaikan.

Apa penyebab aplikasi terus berhenti?

Ada banyak faktor yang menyebabkan aplikasi terus berhenti, seperti penumpukan file cache, memori RAM penuh, hingga bugs pada aplikasi itu sendiri. Cobalah untuk menghapus data aplikasi melalui manajemen aplikasi untuk memperbaikinya.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Masalah HP Android

Discussion | 68 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. slfa berkata:

    hp saya tiba” ngelag,ga bisa buka foto, kadang buka wa langsung keluar sendiri,nonton video juga ga bisa suara nya dulu yang berjalan sedangkan gerakan video nya lambat,gmn ya biar normal lagi

  2. Daffa. S berkata:

    Assalamualaikum hp saya xiaomi redmi 9a,knp hp saya sering terjadi lag pada saat main game online dan pada saat membuka app lainnya… Padahal ram saya 2gb/32gb dan saya hanya mempunyai satu game saja…tapi sisa ram saya masih 800 mb an lagi

    Mohon bantuannya terima kasih

  3. Gadis septy virliani berkata:

    Bagaimana agar semua sosmed saya tidak macet lagi

  4. Army berkata:

    Jadi gini mas, masalahnya HP adek saya ini betul² lekat sekarang jdi gimana ya

  5. yeskiel berkata:

    Slamat siang…Hp saya samsung A6+. saat pembaruan perangkat ke android 10 resmi dari samsung,setelah selesai install tiba tiba tidak bisa kembali lagi sperti sbelumnya. di tampilan layarnya hanya tulisan/kata samsung tanpa ada tampilan apa apa. mohon solusinya trimakasih….

    • Rudy berkata:

      Tu botlop gan
      Butuh sofware aja bawa ke service centre samsung gratis kok

      • Agus hermawan berkata:

        Maaf mau tanya, hp oppo saya tidak bisa buka sampai menu utama. Hanya leg di tulisan oppo dg tanda titik … dibawah terus jalan. Apa bisa diperbaiki sendiri? Kiranya ada yang tau caranya?

      • Dian Arifin berkata:

        Ada dua kemungkinan, bisa karena sistem atau IC nya rusak. Kalau sistem, bisa flashing tapi kalau IC udah rusak harus ganti.

  6. Gilang Sandi Purnama berkata:

    Bang hp saya redmi note 8 yg 3/32, suka lag atau ngefreeze ketika main game tiba2 ada yg telepon atau video call, itu kenapa ya bang ? Ane bingung duh

  7. Maulana berkata:

    Handpone saya meizu mc5 saya lagi main hp sya ngelag terus kenapa ya

  8. Ripat berkata:

    Hp saya Asus Zenfone max pro M2 Yg Ram 4Gb . Nah Hp saya GK bisa disentuh layarnya padahal layar tersebut hidup saja dan kadang² bisa respon dan juga kadang² GK respon . Dan saat membuka aplikasi apapun tiba-tiba hp saya lag/Ceket dan itu cuman sebentar saja . Tapi setelah kurang dari 20 detik muncul lagi lagnya:( . Mohon infonya gan

  9. Slamet berkata:

    Hp saya realme c2 3/32 beli baru kok tiba2 ngehang atau macet trus lama2 mati hidupnya lama bgt udah saya bolak balik servis/garansi kok sama aja ya kira2 ada kerusakan apanya ya mas.makasih

  10. Yoga berkata:

    Hp saya Xiaomi 4a baru saya reset tapi buat main game tetep freeze itu gimana ya solusinya

  11. Maulidin berkata:

    Apa penyebab chache aplikasi banyak yang menumpuk gan? biasanya sampai 500mb. terima kasih!

  12. Aldi berkata:

    Mas hp saya advan i5c plus ,hp itu masih baru sih belom lama juga ,tapi setiap saya aktifkan data hp saya banyak iklan ,patah patah saat main game /internatan padahahal hp saya udah di instal ulang 3× emang sesudah instal ulang lancar ,tapi pas ufah 1minggu ,lemot lagi,iklan ,lagi emosi saya ,sampai banting hp ,saya udah coba pake pembersih tapi,semua apk gk ada yg mampu lancarin hp aku,TOLONG BANTUAN NYA

    • Dian Arifin berkata:

      Itu RAM nya cuma 1 GB ya mas, maklum mas kalau lemot banget. harus sabar dan kalau bisa matikan semua iklan yang ada. pastikan juga untuk tidak membuka banyak aplikasi terinstal. Soalnya itu kelas low …

  13. sofyan-senpai berkata:

    mau nanya mas hp saya samsung j1 mini buat browsing ama main game kok agak nge lag ya mas

  14. Okta berkata:

    Hp saya Advan android bagai mana cara memperbaiki masalah hp ini yang hidup mati hidup mati .. Ga masuk masuk
    Mohon pencerahan nya mas

  15. Farras berkata:

    Hp saya samsung j2 setiap buka aplikasi nge leg terus gmn solusi ny

  16. Rahmat berkata:

    Bagai mana cara ngatasin hp yg suka mencet2 sendiri

    Mohon info nya

  17. hero mobile berkata:

    thanks infonya gan hp saya sering lag

  18. Anonimous berkata:

    makasih gan, artiklenya sangat membantu 🙂

  19. Lubis berkata:

    Mas hp saya xiomi redmi 5 plus , baru beli hp 7hari yg lalu, saya download aplikasi penyimpan foto, aplikasi belanja online ,sama game Moba, pas di hari ke 4 , saya main game moba tiba” hp macet sampai di oN/off baru bisa lagi , Knp ya mas

  20. Dilah berkata:

    mau tanya mas hp aku lenovo type A7000 saya buat maen game ML pasti ngeleg atau ngadat padahal tidak ada aaplikasi lain selain aplikasi bawaan hp dan aplikasi game ML
    Tolong dong pencerahannya
    Trimakasih

  21. Sahrul berkata:

    Hp saya vibe p1m, tapi rom custom miui 9, udah 1th pake rom tersebut lancar lancar aja, lg enak enak pake tp kemarin siang tiba tiba hh lemot pas dipake, saya gak banyak instal aplikasi, udah bersihin sampah, factory reset, masih saja demikian, sampe sampe instal ulang rom dari beberapa versi (kecual stock rom bawaan) tetep saja lemot, kira kira kenapa ya mas? udah lemot dan tiba tiba suka lag.

    • Dian Arifin berkata:

      lebih baik pakai yang bawaan dulu aja mas, untuk test apakah nanti bisa normal kembali atau tidak. Resiko Costum ROM memang seperti itu.

  22. zefri berkata:

    Hp saya xiaomi redmi note 3 mtk ..sudah di reset factory…setelah reset hp normal dan playstore normal namun setelah 20 menitan hp kembali lag parah dan playstore tidak bisa dibuka…padahal belom instal apapun dan buka aplikasi apapun..mohon solusinya

  23. Rizalindrawan berkata:

    Hp saya tiba tiba lag padahal waktu pagi normal saja dan tidak menggunakan alplikasi banyak
    Tapi pas siang saya buka hp tiba tiba lag ngetik sms pun lambat
    Bagaimana cara ngatasinnya?

  24. Yuni berkata:

    Bagaimana mau pengaturan kalau tiba2 layarnya macet.pasti tidak bisa tekan apa2.kecuali tombol volume dan OF..

  25. Adrian dian berkata:

    Gua kalo buka sosmed lama” rada” ngelag gan. Apakah karena hp gua, atau karena app nya? Sebenarnya gua cuma ngerasain lagnya di satu app doang, di app yg lain gak ngelag. Nama appnya itu Instagram gan. Btw, ram hp gua udh gede loh ukurannya 4gb, dan gua kalo maen game berat lancar” aje meskipun maennya lama,tapi kok kalo pke Instagram lama” jadi ngelag gitu. Kok bisa yak? Sebenarnya gua baru ngerasain 2 kali ( ngelag kalo maen lama”) sich gan. Mohon pencerahannya gan.

    • Dian Arifin berkata:

      Coba hapus data aplikasi Instagram dan lakukan update juga mas, kemudian login ulang. Semoga nanti tidak nge-lag lagi …

    • Denny berkata:

      Menurut saya itu instagram nya mas.Hp saya ram 3 gb kalo buat buka instagram juga lag padahal pas main game nggk lag sedikitpun

    • Dila berkata:

      Hp adek saya samsung note 2 bang, baru dipake 1 tahunan, terus sekarang nge lag banget bang itu solusinya gmn ya?

      • Dian Arifin berkata:

        Itu HP nya udah lama banget loh, tahun 2012 keluarnya dan sistemnya juga kurang stabil. jadi maklum kalau kadang suka nge-lag, harus menyesuaikan saat mau instal aplikasi. Dan sering – sering bersihin cache pakai aplikasi cleaner ya …

  26. Rivaldi berkata:

    Hp saya Sony xperia z1 compact docomo,masalah dihp saya yaitu saat bermain game sama membuka aplikasi mas,tiba-tiba lag ga bisa digerakan sama sekali sampai sekian detik,terus jalan lagi,jadi pas main ml itu pasti matinya ditower mas,itu masalahnya dimana ya?

    • Dian Arifin berkata:

      Masalahnya, kebanyakan file sampah yang jarang dihapus. Solusinya Hapus file sampah dan jangan membuka banyak aplikasi saat bermain Game.

  27. M.Faisal.E berkata:

    Hp saya Advan G1 sering ngelag tiba – tiba padahal gak ada di pake ngelag, abis di cas ngelag, abis main game ngelag, gimana ya ngatasinya.

    • Dian Arifin berkata:

      Solusinya Flashing mas, kemungkinan sistemnya …

      • Ika berkata:

        Hape saya lenovo k6 power, ram 3 gb, storage 32 gb. Sering kali main game design home tiba-tiba force close. Kata gamenya disuruh force stop trus ntar masuk lagi. Udah saya lakuin sesuai perintah, ditambah saya lakukan trash cleaner, clear cache, dan restart juga. Sekarang malah gak bisa masuk ke game nya. Loading terus.. Karena hape saya atau apkikasinya yah? Aplikasi yabg lain normal-normal aja.. Mohon solusinya yah, makasih

  28. Jamal berkata:

    Hp saya Xiomi mi4i sering lag apalagi klo main game lag banget gmn ya solusi nya biar maen game lancar .

    • Dian Arifin berkata:

      Sering – sering gunakan aplikasi keamanan untuk membersihkan file sampah, virus, cookie, dan lainnya. Kemudian restart…

  29. Putra Parlindungan berkata:

    gan, kalo hp lag trus gak bisa di apa-apain sama sekali trus tempat baterai tak bisa di buka. itu gimana gan ?

  30. Althaf Dzaky berkata:

    Bukanya applikasi seperti clean master dll malah bikin tambah parah ya? Denger denger dari beberapa counter service sih begitu

  31. hadi berkata:

    bagaimana ya..bila saya turn on data internet atau pakai wifi..hp android saya jadi lagging banget..tetapi bila saya turn off internet dan mobile data hp nya itu ngak lagging..mohon bantuannya..

  1. 15 Cara Membersihkan Cache di HP Samsung

    Pada perangkat Samsung, Anda bisa gunakan 'Perawatan Perangkat' untuk membersihkan tumpukan file cache
  2. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  3. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih