Apa Itu Cache? Ini Penjelasan dan Cara Membersihkannya

0
989

Dianisa.com – Penjelasan Singkat Mengenai File Cache Yang ada di HP/ Smartphone Android. Pernahkan Android anda mengalami error, macet, tidak bisa dibuka, atau tidak bisa install aplikasi. Penyebab mengenai masalah tersebut biasanya karena penumpukan file cache di Memori yang terlalu banyak sehingga membuat aplikasi atau game tertentu serasa berat, lemot, dan error.

Baca Juga :

Sebenarnya Apa Sih File Cache Itu? Kata cache itu diambil dari kata crash. Secara istilah file cache dapat diartikan sebagai file sementara (Temporary) yang tersimpan di memori internal Android. Tahukah anda bahwa file cache sangat membantu mempercepat kinerja saat membuka atau menjalankan Aplikasi tertentu. Tapi di sisi lain, file cache juga dapat membuat Android menjadi lebih lemot dan berat.

Sebagai contohnya saat anda membuka aplikasi tertentu maka akan menghasilkan file cache. Di lain waktu anda membuka aplikasi yang sama yang sebelumnya pernah anda buka maka tentunya hal ini akan lebih cepat karena sudah tersedia file cache. Seperti yang saya katakana diatas bahwa file cache yang terlalu banyak atau berlebihan dan terus menumpuk pada memori maka bukannya semakin ringan tapi malah semakin lemot.

Apakah File Cache Harus Dihapus Secara Rutin? Jawabannya ya, minimal 7 hari sekali. Produksi file cache akan sangat banyak pada saat browsing di Internet atau membuka sosial media. Setiap halaman akan menghasilkan file cache, maka dari itu file cache akan terus menumpuk. Dan untuk mengatasi hal tersebut anda perlu menghapus supaya space memori bertambah dan tidak memberatkan ponsel.

Cara Membersihkan File Cache di Android

Ada 2 metode yang bisa anda lakukan dalam menghapus file cache atau file sementara. Anda bisa menghapus satu persatu dan anda juga bisa menghapus secara keseluruhan dengan satu kali tap menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti Clean Master atau CCleaner. Simak 2 Metode Dalam Menghapus File Cache dibawah ini.

Metode 1 : Hapus File Cache Tanpa Aplikasi

Menghapus file cache tanpa aplikasi sangatlah merepotkan karena harus dilakukan satu persatu pada semua aplikasi yang pernah anda buka atau jalankan. Namun dengan cara ini anda tidak perlu mengunduh atau menginstall aplikasi tertentu. Cara ini sangat mudah dan cepat, simak Langkah – Langkah Hapus File Cache dibawah ini.

1. Langkah pertama, anda buka menu “Setelan” di HP Android yang anda miliki. Selanjutnya, anda bisa pilih “Setelan Tambahan”.

Manajemen Aplikasi di OPPO

2. Kemudian lanjutnya dengan memilih “Manajemen Aplikasi”. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin anda bersihkan file cache-nya. Dan untuk melakukannya, anda bisa tap “Hapus Cache”.

Hapus Cache Aplikasi di OPPO

3. Dengan melakukan hal ini, maka aplikasi tersebut akan bersih dari file cache atau file sampah. Cukup Mudah bukan!!

4. Selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Hapus File Cache Dengan Aplikasi Tambahan

Untuk metode kedua dalam menghapus file cache yakni dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Cara ini terbilang cukup cepat, mudah, dan menghemat waktu. Dengan cara ini anda tidak perlu repot harus pilih satu persatu dari semua aplikasi yang ada, cukup dengan sekali tap maka semua file cache Android akan hilang dan bersih. Ada banyak aplikasi pembersih yang bisa anda gunakan secara gratis seperti Clean Master, CCleaner, Go Speed, CM Security, 1 Tap Cleaner, Speed Booster, dan lainnya.

Baca : 18 Aplikasi Cleaner/ Pembersih Android Terbaik Dan Terpopuler

Di sini perlu anda perhatikan bahwa cache berbeda dengan data, jadi anda tidak perlu takut apabila menghapus cache akan menghapus semua file sementara seperti data BBM atau Instagram. Ini adalah penjelasan yang salah, data login berbeda dengan cache artinya jika anda menghapus file cache tidak akan berpengaruh pada saat anda login pada aplikasi tertentu seperti Instagram atau BBM.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai file cache yang ada di smartphone dan tablet Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin di tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here