Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Android

Kini, ada sebagian pengguna yang mengeluh terkait aplikasi yang suka keluar sendiri ketika dijalankan. Yap, hal semacam ini tentu sangat menggangu aktivitas kita sebagai pengguna. Terlebih jika aplikasi yang digunakan dirasa sangat penting dalam menunjang semua produktifitas harian kita.

Untuk smartphone android sendiri, ada banyak developers yang hadirkan aplikasi gratis dan berbayar di Google Play. Dan hal ini sangat tidak pasti apakah aplikasi yang dipakai nanti berjalan dengan normal atau tidak.

Mungkin untuk aplikasi terpercaya seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lainnya pasti aman – aman saja. Sementara untuk aplikasi lain yang dibuat secara individual atau tim kecil, tentu masih banyak kekurangannya.

Apalagi saat ini, ada banyak smartphone android dengan sistem dan spesifikasi yang berbeda – beda. Dan tidak mungkin semua aplikasi Google Play dapat kompatibel semua smartphone android yang telah beredar.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut penjelasan dan beberapa metode sederhana yang diharapkan dapat membantu masalah anda …

Artikel Terkait : 10+ Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di HP Realme

Aplikasi Keluar Sendiri di Android

Sebagai pengguna Android saya-pun juga mengalami aplikasi suka keluar sendiri, bahkan ketika dibuka langsung keluar. Hal ini saya alami pada aplikasi buatan kampus saya.

Ketika dilakukan update, bukannya makin stabil dan bertambah fitur namun justru tidak bisa digunakan. Adapun hasil analisis saya, kemungkinan aplikasi tidak kompatibel dengan sistem yang lebih baru atau aplikasi memang masih banyak bugs dan kesalahan.

Sebagai pengguna, coba lakukan beberapa tips berikut ini, semoga nantinya aplikasi dapat normal kembali.

#1. Kemungkinan Aplikasi Tidak Kompatibel

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bisa jadi aplikasi tidak kompatibel dengan smartphone yang anda gunakan.

Mengingat, perkembangan sistem android yang terus update dari waktu ke waktu, sedangkan dari sisi aplikasi tidak dilakukan pembaruan maka tentu hasilkan akan berbeda antara smartphone satu dengan smartphone lainnya.

Selain itu, dukungan sistem (requirement) minimal yang dipilih oleh pengembang biasanya juga menyesuaikan kebutuhan pasar, dengan melihat mayoritas pengguna.

#2. Aplikasi Masih Dalam versi Beta

Alasan lain, aplikasi masih dalam versi beta atau masih dalam tahap pengembangan. Dan hal ini sangat wajar apabila masih banyak kekurangan. Semisal, smartphone A dapat menjalankan dengan normal, sedangkan smartphone B tidak dapat menjalankan.

Solusinya, tunggu sampai aplikasi benar – benar stabil pada kebanyakan smartphone android. Jika mungkin ada alternatif aplikasi lain, silahkan gunakan aplikasi tersebut.

#3. Lakukan Update Aplikasi

Opsi lain, jika hal – hal diatas tidak menjadi penyebab masalah aplikasi keluar sendiri, maka cobalah untuk update aplikasi. Kunjungi Google Play dan lakukan update pada aplikasi yang anda gunakan.

Update Aplikasi Android
  • Buka Google Play » Aplikasi & game saya » kemudian lakukan update pada aplikasi yang bermasalah tersebut.

#4. Update Sistem Android

Selain aplikasi, lakukan update juga pada sistem android anda. Tujuannya tentu agar sistem dan aplikasi lebih stabil ketika digunakan. Siapa tahu dengan langkah ini juga aplikasi dapat normal kembali.

Update ColorOS Realme
  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Perangkat Lunak » kemudian ikuti petunjuk hingga update sistem berhasil dilakukan.

#5. Coba Bersihkan Cache Aplikasi

Hal lain yang bisa anda lakukan, cobalah untuk membersihkan cache aplikasi dimana anda bisa langsung melakukannya melalui manajemen aplikasi atau menggunakan aplikasi. Karena kemungkinan, penumpukan cache pada memori internal membuat aplikasi bermasalah dan tidak bisa digunakan.

Berikut metode membersihkan cache aplikasi yang bisa anda ikuti …

Hapus Cache Aplikasi Realme
  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » pilih Nama Aplikasi » Penggunaan Memori » kemudian tap Hapus Cache.

Baca Lebih Lanjut : 6+ Cara Membersihkan Cache di HP Realme

#6. Hapus Data Aplikasi

Jika dengan membersihkan cache tidak membuahkan hasil, cobalah untuk hapus data aplikasi. Data yang terhapus nantinya berupa basis data, cache, history, dan data sementara lainnya. Setelah menghapus data aplikasi, lakukan restart dan cobalah untuk membuka aplikasi.

Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Realme
  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » pilih Nama Aplikasi » Penggunaan Memori » kemudian tap Hapus Data.

*NOTE : Screenshot yang terlihat diatas saya lakukan pada smartphone Realme 3 dengan sistem operasi Android 9.0 (Pie). Jika anda menggunakan smartphone dengan merek dan sistem yang berbeda maka tentu bisa menyesuaikannya.

Penutup,

Itulah beberapa solusi sederhana yang bisa saya berikan terkait masalah aplikasi sering keluar sendiri atau force close. Bagikan artikel ini ke sosial media yang anda miliki supaya lebih berguna dan bermanfaat.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)