5 Cara Mengatasi RAM Android Sering Penuh

Sama halnya dengan komputer, smartphone dan tablet Android juga membutuhkan Memori RAM untuk melakukan Aktifitas Multitasking di Layar. Salah satu Aktifitas multitasking yang paling sering dilakukan oleh pengguna android adalah bermain game, chatting, internetan, streaming, dan video call.

Perlu anda ketahui bahwa membuka banyak aplikasi atau bermain game berat tentu akan membutuhkan banyak memori. Seperti misalnya, anda membuka aplikasi messenger secara bersamaan seperti Facebook Messenger, WeChat, WhatsApp, Instagram, dan lainnya maka jangan heran apabila RAM Android anda penuh.

Jika RAM Android anda memiliki kapasitas yang besar mungkin tidak terlalu masalah, tapi jika RAM Android anda berkapasitas kecil seperti 1 GB atau bahkan 512MB (Setengah GB) maka yang terjadi adalah smartphone serasa berat dan lemot.

Selain chatting, bermain game (gaming) juga membutuhkan space RAM yang banyak, hal ini terjadi pada seseorang yang suka bermain game, terlebih sekarang ini ada banyak game yang keren dan seru untuk dimainkan, seperti Mobile Legend atau PUBG.

Seseorang yang bermain game harus menyadari mengenai space RAM yang dimilikinya, tidak semua game bisa berjalan dengan mulus, tergantung Spek dari Smartphone itu sendiri.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi HP Android Lemot / Lelet

Mengatasi RAM Android Selalu Penuh

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips mengatasi memori RAM penuh / cepat habis. Sebanarnya mengatasi RAM Android penuh sangatlah mudah, pintar – pintar penggunanya saja dalam mengatur dan menggunakan semua data dan aplikasi yang ada di ponsel Android.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak beberapa tipsnya berikut ini….

1. Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Aplikasi yang jarang anda gunakan, sebaiknya hentikan saja aplikasi tersebut secara paksa. Kebanyakan Aplikasi yang membuat RAM cepat penuh adalah aplikasi chat, maka dari itu sebaiknya hentikan aplikasi chat yang berjalan di belakang layar tersebut seperti misalnya, LINE, WeChat, Facebook Messenger, Instagram, atau yang lainnya.

Untuk menghentikan aplikasi secara paksa, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

2. Pindahkan Aplikasi dari Internal ke Eksternal Card

Sebenarnya metode kedua ini tidak berhubungan dengan penuhnya memori RAM, tetapi metode ini juga bisa anda coba sebagai alternatif untuk menghemat memori internal Android. Selain RAM, setidaknya anda juga harus menghemat memori Internal supaya memiliki space yang lebih besar.

Untuk memindahkan aplikasi ke eksternal card (sd card), anda bisa secara langsung melalui smartphone android itu sendiri (khusus untuk jelly bean ke atas), tanpa aplikasi. Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi tambahan seperti LINK2SD.

Untuk memindahkan aplikasi, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari NAMA APLIKASI, kemudian tap “Pindahkan Ke Kartu SD”.

Lihat Juga : Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card HP OPPO

3. Hapus atau Nonaktifkan Aplikasi yang Jarang Digunakan

Jika anda ingin RAM Android tetap dalam keadaan normal dan tidak sering mengalami penuh, sebaiknya nonaktifkan aplikasi bawaan yang memang jarang anda gunakan. Atau jika mau, anda juga bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak anda gunakan tersebut.

Cara seperti ini akan membuat RAM Anda lebih lega, terlebih memori Internal anda juga akan memiliki space ruang yang cukup banyak. Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Nonaktifkan Kamera
  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari NAMA APLIKASI BAWAAN, kemudian tap “Nonaktifkan”.

Lihat Juga : Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp

4. Bersihkan Cache Secara Rutin

Sebagai pengguna Android yang bijak, anda harus membersihkan file cache android secara rutin, minimal 3 hari sekali atau seminggu sekali. Hal ini dilakukan supaya performa android anda tetap optimal dan tidak gampang lemot.

Selain itu, membersihkan cache Aplikasi juga mengurangi dampak error pada aplikasi seperti lag, macet, force close tiba-tiba, muncul pesan error, dan lainnya. Untuk membersihkan cache android secara rutin, anda bisa gunakan aplikasi cleaner atau bisa juga secara manual.

Hapus Cache Aplikasi
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

5. Gunakan Aplikasi Booster

Aplikasi booster merupakan aplikasi Android yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa android secara signifikan. Aplikasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan penggunaan RAM supaya lebih optimal dan tidak gampang terjadi lemot.

Ada banyak aplikasi booster yang tersedia di Google Play Store secara gratis seperti CM Booter, 1 Tap Booster, Clean Master, dan lainnya. Anda bisa mengetikkannya sendiri di Google Play Store dengan kata kunci “Aplikasi Booster”.

Akhir Kata,

Itulah beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk mengatasi RAM android penuh. Metode yang saya berikan dapat anda ikuti pada semua perangkat Android seperti SAMSUNG, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, OnePlus, Huawei, NOKIA, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, maka tentu bisa menyesuaikannya.

Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Masalah HP Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. Arya berkata:

    Gimana cara mmbuat Ram d zenfone live l1 jdi lega,padahal bbrapa app sudh sayanonaktifk,bahkan bbrapa app yg aktif ttep sya non aktifkn latar belakangnya,cache jg sring saya brsihkan,tp ttep aja sisanya d bawah 500mb,padahal Ram 2gb.