15 Cara Mengatasi RAM Cepat Penuh di HP Android

Salah satu cara mengatasi RAM HP penuh adalah dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di latar…

Sama seperti komputer, smartphone dan tablet Android juga membutuhkan kapasitas RAM yang cukup untuk melakukan aktivitas multitasking pada layar. Salah satu aktivitas multitasking yang paling sering dilakukan oleh pengguna Android adalah bermain game, chatting, internetan, streaming, dan video call. Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia, pengguna ingin merasakan kemudahan saat beralih antar aplikasi melalui recent apps, tanpa harus membuka secara berulang. Dalam hal ini, kapasitas RAM berperan penting agar multitasking dapat berjalan lancar dan optimal.

Perlu Anda ketahui bahwa membuka banyak aplikasi atau bermain game berat tentu akan membutuhkan banyak memori. Seperti misalnya Anda membuka media sosial secara bersamaan seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok, dan sejenisnya maka jangan heran apabila RAM HP Anda cepat penuh. Jika RAM HP Anda memiliki kapasitas yang besar mungkin tidak terlalu masalah, tapi jika RAM HP Anda berkapasitas kecil antara 1 GB sampai 2 GB atau bahkan di bawah 1 GB maka yang terjadi adalah smartphone serasa berat dan lemot.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Suara HP Android Hilang / Tidak Keluar

Penyebab RAM HP cepat penuh

Ada beberapa faktor yang menyebabkan RAM HP cepat penuh, berikut beberapa di antaranya:

  • Aktivitas multitasking yang berlebihan – Terlalu banyak menjalankan aplikasi secara berlebihan juga dapat menyebabkan RAM HP cepat penuh. Dampak dari membuka banyak aplikasi biasanya HP terasa lag / macet, dan aplikasi sering keluar sendiri secara tiba-tiba.
  • Terlalu memaksakan HP – Terlalu memaksakan HP untuk menjalankan aktivitas berat, seperti bermain game atau menjalakan aplikasi editor kelas berat juga dapat menyebabkan RAM HP penuh, yang akhirnya juga berdampak pada penurunan performa.
  • Banyak aplikasi berjalan di latar belakang – Meski tidak dibuka, beberapa aplikasi dan game biasanya juga berjalan di latar belakang untuk mengirimkan informasi kepada pengguna secara real-time. Jika tidak diperlukan, Anda bisa mengurangi penggunaan memori dengan menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut.
  • Tidak pernah membersihkan file sementara – Penumpukan file sementara secara berlebihan juga dapat menyebabkan memori penuh. Sebagai pengguna, Anda juga disarankan untuk membersihkan file sementara dan mengoptimalkan kinerja perangkat menggunakan aplikasi perawatan perangkat bawaan yang telah disediakan.
  • dll.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Pengaturan Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Cara mengatasi RAM HP cepat penuh

Untuk mengatasi RAM HP yang cepat penuh dan menghindari masalah lag atau macet saat RAM HP penuh, Anda bisa mencoba beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Tutup recent apps

Cara paling mudah untuk mengurangi penggunaan memori RAM secara cepat dan instan adalah dengan menutup semua aplikasi (recent apps) yang Anda jalanan. Setelah menutup semua aplikasi, HP Anda akan terasa lebih ringan saat jalankan kembali. Meski bersifat sementara, cara ini cukup efektif untuk menghindari lag / macet saat menggunakan HP untuk beraktivitas. Jika Anda merasa tidak cukup hanya menutup aplikasi, Anda bisa mencoba cara-cara lain seperti: memuat ulang perangkat, membersihkan cache, hingga menghapus aplikasi yang tidak diperlukan.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Android

2. Muat ulang perangkat

Selain menutup aplikasi, Anda juga bisa mencoba memuat ulang HP Anda untuk mengatasi RAM HP yang penuh. Cara ini juga cukup efektif dalam mengatasi HP yang suka lag / macet karena RAM HP yang penuh, serta beberapa masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka karena service sistem yang crash. Cara memuat ulang HP juga cukup mudah, Anda bisa tekan tombol Power selama beberapa saat lalu pilih muat ulang. Jika HP Anda tidak tersedia pilihan muat ulang, Anda bisa matikan HP kemudian menyalakannya kembali.

3. Bersihkan cache pada perangkat

Optimalkan perangkat Samsung
3. Bersihkan cache pada perangkat. RUDI DIAN ARIFIN

Untuk menghindari masalah pada sistem dan penurunan performa pada perangkat, Anda juga disarankan untuk membersihkan file-file sementara yang tidak diperlukan dan mengoptimalkan kinerja perangkat menggunakan aplikasi perawatan perangkat bawaan. Pada perangkat Samsung misalnya, Anda bisa menggunakan fitur perawatan perangkat untuk melihat data penggunaan baterai, penyimpanan, dan memori. Anda juga dapat mengosongkan memori dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan sekali ketuk. Untuk menggunakannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Samsung Anda.
  2. Gulir ke bawah, lalu pilih Perawatan perangkat dan baterai.
  3. Pada halaman Perawatan perangkat, Anda dapat melihat informasi penggunaan sumber daya pada perangkat.
  4. Anda bisa ketuk ‘Optimalkan sekarang’ untuk mengoptimal perangkat Anda.
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 15 Cara Membersihkan Cache Android

4. Hapus aplikasi yang tidak pernah digunakan

Hapus aplikasi Samsung
4. Hapus aplikasi Android. RUDI DIAN ARIFIN

Selain menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, Anda juga bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak pernah digunakan. Hal ini diperlukan untuk mengurangi beban penggunaan memori di latar belakang serta menghemat penggunaan memori internal. Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Gulir ke bawah, pilih menu Aplikasi.
  3. Kemudian temukan dan pilih aplikasi yang Anda inginkan.
  4. Lanjutkan dengan memilih Hps Instalan.
  5. Klik OK untuk konfirmasi penghapusan aplikasi.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Menghapus Aplikasi Android

5. Bersihkan file berkas dan media

Selanjutnya, Anda juga dapat membersihkan file berkas dan media yang tidak diperlukan lagi, seperti foto, video, audio, dokumen, apk, dan lain sebagainya. Meski tidak berhubungan langsung dengan masalah RAM HP yang penuh, file berkas dan media juga dapat menyebabkan memori internal penuh yang akhirnya juga berdampak pada penurunan performa. Setidaknya, Anda bisa menyisakan 20% ruang penyimpanan kosong dari total kapasitas penyimpanan internal Anda.

Anda bisa mulai mengecek bagian-bagian yang menyebabkan memori cepat penuh, seperti folder WhatsApp (kiriman file berkas dan media dari teman atau grup), folder DCIM (hasil jepretan foto dan video), folder unduhan, file apk, duplikat file, dan lainnya. Pada perangkat Samsung misalnya, Anda bisa membuka aplikasi My Files untuk memantau penggunaan memori internal dan membersihkan file-file yang tidak dibutuhkan secara bersamaan dengan mudah dan cepat.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android

6. Reset HP Android

Reset HP Samsung
6. Reset HP Android. RUDI DIAN ARIFIN

Terakhir, cara paling efektif untuk mengatasi RAM HP penuh, dan juga memperbaiki masalah pada sistem dan aplikasi adalah dengan mengembalikan setelan HP ke posisi awal / pabrikan. Istilah lain dapat disebut dengan “reset data pabrik”. Cara ini akan membersihkan file berkas dan media yang tersimpan di memori internal dan menghapus semua aplikasi pihak ketiga. Anda bisa jadikan reset HP sebagai pilihan untuk mendapatkan performa HP yang lebih stabil dan optimal seperti membeli HP baru. Jika Anda menggunakan HP Samsung keluaran terbaru, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan pada HP Samsung Anda.
  2. Temukan dan pilih menu Manajemen umum » kemudian pilih Reset.
  3. Pada bagian tersebut, terdapat beberapa pilihan reset, mulai dari Reset Pengaturan sampai Reset data pabrik. Untuk menghapus seluruh data dan mengembalikan ponsel ke setelan awal, silakan pilih Reset Data Pabrik.
  4. Lanjutkan dengan memilih Reset.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Jika sudah, maka smartphone akan kembali ke posisi awal seperti yang Anda harapkan.
  7. Selesai.

*RESET SAMSUNG

  • Reset Pengaturan – Melakukan reset hanya pada Pengaturan smartphone ke posisi default. Artinya, reset hanya dilakukan pada setelan sistem yang telah dilakukan perubahan seperti nada dering, notifikasi, alarm, dan lainnya.
  • Reset Pengaturan Jaringan – Mengembalikan setelan Wi-Fi, Bluetooth, Hotspot, dan jaringan lainnya ke posisi default.
  • Reset Pengaturan Aksesibilitas – Mengembalikan setelan aksesibilitas ke posisi default, seperti font, keyboard, emoji, dan sejenisnya.
  • Reset Data Pabrik – Mengembalikan smartphone ke posisi awal / pabrikan. Ini akan mengembalikan setelan sistem dan aplikasi ke posisi default serta menghapus semua data yang tersimpan di memori internal.

*NOTE

  • Letak menu Reset tidak selalu pada Manajemen umum. Terdapat perbedaan tampilan antara HP Samsung lama dengan yang baru. Namun yang pasti Anda tetap bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : 21 Daftar Biaya Servis HP Android Lengkap!

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips sederhana yang kami paparkan di atas, semoga masalah RAM penuh di HP Anda dapat teratasi dan HP Anda bisa digunakan dengan lancar dan optimal. Dalam mengikuti beberapa tips di atas, mungkin akan terdapat perbedaan antarmuka sistem dan aplikasi, sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan ponsel Android yang Anda gunakan. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan mengenai masalah RAM HP penuh, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Kenapa OS Android menghabiskan banyak RAM?

Untuk memastikan HP Android berjalan lancar dan optimal, sebagian memori digunakan OS Android di latar belakang untuk melakukan banyak hal. Hal-hal ini termasuk menyimpan informasi yang akan segera digunakan, mengoptimalkan proses sistem dan aplikasi, dan memastikan semuanya berjalan stabil tanpa ada masalah apa pun.

Bagaimana cara menghemat RAM?

Anda bisa menghemat penggunaan memori dengan beberapa cara, di antaranya seperti: menutup beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang, menghapus aplikasi yang tidak diperlukan dan hanya menginstall aplikasi yang benar-benar dibutuhkan, hindari penggunaan animasi dan live wallpaper, serta membersihkan dan mengoptimalkan kinerja perangkat secara berkala.

Apakah RAM HP bisa ditambah?

RAM HP tidak dapat dilepas, diganti, maupun ditambah kapasitasnya. Misalnya, Anda memiliki HP dengan RAM 3GB, maka Anda bisa menambah kapasitas RAM jadi 4GB atau 6GB. Satu-satunya cara Anda menambah kapasitas RAM HP adalah dengan membeli HP baru dengan kapasitas RAM yang lebih besar.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 2 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Arya berkata:

    Gimana cara mmbuat Ram d zenfone live l1 jdi lega,padahal bbrapa app sudh sayanonaktifk,bahkan bbrapa app yg aktif ttep sya non aktifkn latar belakangnya,cache jg sring saya brsihkan,tp ttep aja sisanya d bawah 500mb,padahal Ram 2gb.

  1. FBVideoDown : Cara Download Reel Facebook Tanpa Aplikasi

    Download reels Facebook tanpa aplikasi dengan FBVideoDown
  2. SSSGram – Pengunduh Instagram Terbaik

    Gunakan SSSGram untuk mengunduh story dan reel Instagram dengan mudah dan cepat!
  3. X8 Speeder Apk Higgs Domino Terbaru 2022, Tanpa Iklan, No Root

    Berikut link download X8 Speeder yang bisa Anda akses secara gratis dan tanpa root