20 Aplikasi Pembersih RAM PC & HP Terbaik

Kinerja ponsel atau komputer Anda menurun? Jika iya, maka ulasan kali ini penulis bisa membantu Anda. Salah satu faktor yang dapat menurunkan kinerja segala macam perangkat adalah sampah. Tidak hanya menjadi masalah di kehidupan manusia, sampah juga menjadi masalah di kehidupan perangkat elektronik, khususnya ponsel dan komputer

Berbeda dengan sampah yang ada di dunia manusia, sampah di ponsel dan komputer ini berbentuk file, yang jika menumpuk maka akan memakan memori RAM dan menyebabkan perangkat Anda berjalan dengan lambat. 

Untuk membersihkannya, Anda membutuhkan aplikasi cleaner yang dapat menemukan dan membersihkan Junk File dari perangkat Anda secara cepat dan efisien. Untuk itu, di ulasan kali ini. Penulis akan memberikan Anda beberapa rekomendasi aplikasi cleaner terbaik yang penulis temukan. Berikut ini adalah listnya.

Lihat Juga : 14 Software Recovery Data PC & Mac Terbaik

Aplikasi Pembersih RAM HP Terbaik

Untuk yang pertama, penulis akan memberikan daftar aplikasi Pembersih RAM untuk ponsel Android dan iOS. Untuk versi komputer, Anda bisa menemukannya di bagian bawah ulasan ini.

1. Clean Cleaner

Clean Master
Sumber Image : Play Store

Aplikasi yang pertama adalah aplikasi yang sudah sangat terpercaya sejak lama, dan menjadi salah satu aplikasi pembersih yang paling banyak diketahui dan digunakan orang-orang. Aplikasi ini bernama Clean Master. Mungkin Anda pernah mendengar tentang aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang memiliki kemampuan luar biasa dalam pengoptimalan ponsel, dan karena kehebatannya itu aplikasi ini bisa menjadi sangat populer di kalangan pengguna Ponsel Pintar.

Aplikasi hasil rancangan Cheetah Mobile ini tidak hanya bisa membersihkan ponsel Anda dari Junk File, namun juga bisa mem-boost kinerja ponsel Anda agar berjalan lebih cepat. Tidak hanya itu, kemampuannya dalam menghemat penggunaan baterai juga patut diacungi jempol. Hal ini dapat terjadi karena kemampuan Clean Master yang dapat menutup aplikasi-aplikasi di latar belakang yang diam-diam mengkonsumsi baterai ponsel Anda.

Selain itu, Clean Master juga memiliki fungsi Anti virus yang dapat meniadakan berbagai macam virus/malware yang ada di ponsel Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir data pribadi Anda terbongkar karena terkena virus.

Sayangnya saat ini, Anda tidak bisa mendapatkan aplikasi ini dari layanan Google Play. Untuk bisa memilikinya, Anda harus mengunduh file .apk nya terlebih dahulu lalu menginstalnya pada ponsel Anda. Download .apk nya langsung di situs officialnya, klik link yang sudah penulis siapkan dibawah ini.

[Official Website] [App Store]

2. CCleaner

CCleaner
Sumber Image : Play Store

Menjadi salah satu pesaing dari Clean Master, CCleaner menempati urutan kedua di daftar rekomendasi aplikasi pembersih yang penulis buat. Tidak kalah populer dengan Clean Master, CCleaner ini sudah diunduh lebih dari 2,5 Miliar kali untuk seluruh versinya menurut situs resmi CCleaner. Sedangkan untuk versi mobilenya, Google Play mencatat CCleaner telah diunduh lebih dari 50 Juta kali dan mendapatkan rating 4,6 dari rata-rata total 1,5 Juta pemberi rating.

Untuk fiturnya sendiri, CCleaner mempunyai beberapa fitur yang berbeda dengan saingannya Clean Master. Dengan menggunakan CCleaner ini, tentu saja yang pasti Anda akan mendapatkan fitur untuk menemukan dan menghapus seluruh Junk File yang ada di penyimpanan Android.

Selain fitur utama tadi, CCleaner juga memiliki fitur Reclaim Space, yang dimana fitur ini akan membantu Anda menemukan berkas atau file .apk yang sudah Anda instal dan menghapusnya jika Anda berkehendak. Fitur ini akan sangat membantu Anda, untuk membersihkan file .apk yang lupa untuk dihapus setelah melakukan penginstalannya.

Fitur powerfull lainnya adalah System Monitoring yang akan membantu Anda memantau keadaan ponsel Anda, seperti penggunaan CPU, penggunaan RAM dan Memori Internal, serta pemakaian baterai dan suhu. Tidak itu saja, masih ada fitur seperti boosting, safer browser, dan fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan CCleaner. Gunakan link dibawah ini untuk bisa mengunduhnya.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 13 Software Pemutar Video PC & Mac Terbaik

3. Nox Cleaner

Nox Cleaner

Terbilang lebih muda dibanding dua aplikasi sebelumnya. Nox Cleaner adalah aplikasi pembersih RAM yang akhir akhir ini populer di kalangan pengguna ponsel pintar. Kepopulerannya itu disebabkan kemampuan aplikasi ini untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja ponsel anda. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, Nox Cleaner ini sangat pantas untuk berada di posisi ketiga.

Sebagai fitur utama dan fungsi utama aplikasi ini, fitur Deep Cleaning dapat menyelesaikan masalah Anda dengan semua Junk File yang memakan ruang ponsel Anda. Seperti namanya, fitur utama yang dimiliki Nox Cleaner ini memiliki keunggulan di bagian pemindaiannya yang akan memindai Junk File hingga folder yang terdalam. 

Selain itu, Nox Cleaner juga memiliki berbagai fitur bermanfaat lainnya, seperti Game Booster, Picture Segmentation, Battery Saver, CPU Cooler, dan fitur-fitur lainnya. Unduh melalui link dibawah ini untuk bisa menggunakan semua fiturnya.

[Google Play] [App Store]

4. Greenify

Greenify

Sedikit berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Greenify ini memiliki cara yang berbeda untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda. Jika aplikasi lain meningkatkan kinerja Ponsel dengan membersihkan Junk File – Junk File yang bersarang di ponsel, Greenify meningkatkan kinerja ponsel dengan mematikan beberapa aplikasi yang berpotensi memakan daya di latar belakang. Hal ini juga membuat daya tahan baterai Anda menjadi lebih tahan lama.

Cara kerja sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasi Greenify. Lalu selesaikan perizinan, setelah semua izin diberikan Greenify akan secara otomatis melacak aplikasi-aplikasi yang memakan daya di latar belakang, setelah itu kebijakan ada di tangan Anda, apakah Anda ingin meng-hibernasi-kan aplikasi-aplikasi tadi atau tidak.

[Google Play] [App Store]

5. AVG Cleaner

AVG Cleaner
Sumber Image : Play Store

Masih di aplikasi pembersih RAM di ponsel, urutan kelima ini ada aplikasi yang menjadi saingan dari aplikasi-aplikasi sebelumnya. AVG Cleaner, mungkin Anda sudah pernah mendengar aplikasi yang satu ini. Tentu saja, AVG Cleaner sudah diunduh lebih dari 50 Juta kali dan mendapatkan rating 4,6 dari total rata-rata 1,3 juta pemberi rating.

Dengan menggunakan AVG Cleaner ini, Anda akan membuat penyimpanan Anda menjadi lebih lega, kinerja yang lebih cepat, dan daya tahan baterai yang lebih lama. Hal itu bisa mungkin terjadi semua berkat fitur-fitur powerfull yang disediakan AVG Team di aplikasi AVG Cleaner mereka. Salah satu fitur yang cukup jarang dimiliki aplikasi sejenis lain adalah fitur yang dapat membersihkan galeri Anda dari gambar-gambar yang sama atau mirip, dan gambar yang memiliki kualitas buruk. 

Selain itu, ada juga fitur yang memungkinkan Anda untuk menghentikan segala macam pekerjaan aplikasi yang sedang berjalan. Dengan memberhentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang atau menghentikan aplikasi yang memakan banyak daya ponsel Anda, Anda akan dapat memfokuskan kinerja ponsel Anda untuk apa yang Anda inginkan.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 16 Aplikasi VPN Android & iOS Terbaik

6. Avast Clean Up

Avast Cleanup & Boost
Sumber Image : Play Store

Avast, merupakan salah satu nama yang cukup terkenal di kalangan pengguna perangkat elektronik sebagai software antivirus, namun tahukah Anda jika Avast juga memiliki aplikasi mobile untuk mengoptimalkan kinerja ponsel Anda? Seri ini bernama Avast Clean Up. Dengan menggunakan Avast Clean Up, Anda akan mampu untuk meningkatkan kinerja ponsel anda hingga 20%, meningkatkan ketahan baterai hingga 60%, dan mengosongkan ruang hingga 12 GB.

Semua itu mungkin terjadi berkat keberadaan fitur-fitur powerful yang ada didalamnya. Sebagai contoh fitur pembersih ruang, dengan memanfaatkan fitur ini Anda akan mampu menghapus berbagai Junk File yang bersarang di penyimpanan Anda, mulai dari cache aplikasi, unused data, dan Junk File-Junk File lain. Selain itu, Avast Clean Up juga memiliki fitur yang mampu mendeteksi keberadaan gambar yang sama, gambar yang mirip, gambar dengan kualitas buruk, dan menghapusnya dari penyimpanan Anda.

Anda juga bisa mengoptimalkan ukuran gambar atau memindahkannya ke cloud. Avast Clean Up juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda menghentikan berjalannya aplikasi di latar belakang, yang akan mengurangi pemakaian daya ponsel Anda. Fitur yang satu inilah yang akan sangat berguna untuk Anda yang merasa daya ponselnya selalu terserap dengan cepat.

[Google Play] [App Store]

7. DU Cleaner

DU Cleaner

Merupakan aplikasi pembersih RAM yang masih sangat baru, dan belum banyak diketahui orang. Du Cleaner, merupakan saudara dari aplikasi DU Battery dan DU Recorder yang cukup populer keberadaannya. DU Cleaner ini adalah aplikasi pembersih RAM yang ditawarkan oleh DU APPS STUDIO untuk membantu Anda menjaga dan mengoptimalkan kinerja ponsel Anda.

Dengan menggunakan DU Cleaner, Anda akan mendapatkan fitur-fitur yang kurang lebih sama dengan aplikasi pembersih lain. Beberapa diantaranya adalah Clean Up & Junk FIle Cleaning, Memory Boost, Useless APKs, dan Residual File. Yang menarik adalah keberadaan fitur Useless APKs dan Residual File, fitur-fitur ini mampu untuk menilai aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan dan bisa dihapus dengan persetujuan Anda, file-file yang tersisa juga akan bisa dihapuskan sehingga penyimpanan Anda akan lebih lega lagi.

[Google Play] [App Store]

8. AMC Security

AMC Security

Jika Anda mencari paket lengkap, maka AMC Security ini jawabannya. AMC Security ini adalah aplikasi yang memiliki berbagai fitur berguna dalam satu aplikasi. Tidak hanya mengoptimalkan kinerja ponsel, namun AMC Security ini juga mampu melindungi ponsel Anda dari berbagai macam bahaya, seperti situs phising, situs yang beresiko berisi malware, dan yang lain-lain.

Meskipun memiliki nama Security, namun aplikasi yang ditawarkan oleh IObit Mobile Security ini juga memiliki fungsi lain. Yakni, menjadi booster dan juga cleaner. Untuk fungsi booster, AMC Securitymemiliki fitur Booster yang dapat menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan dilatar belakang dan mengurangi pemakaian RAM. Sedangkan fitur Booster Game yang dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda untuk bermain game dengan mulus dan tanpa lag.

Untuk fungsi cleaner, AMC Security ini memiliki fitur scanner yang dapat memindai berbagai junk file dan file-file aplikasi yang tidak digunakan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengosongkan sebagian penyimpanan ponsel Anda.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 9 Aplikasi Pendingin CPU Android Terbaik

9. Cool Cleaner

Cool Cleaner

Sama halnya dengan software-software sebelumnya, Cool Cleaner yang menempati urutan ke sembilan ini juga merupakan aplikasi yang bisa Anda coba untuk menjaga dan meningkatkan kinerja ponsel Anda. Dengan menggunakan Cool Cleaner, Anda akan mendapatkan bermacam-macam fitur yang bisa membantu Anda meningkatkan kinerja ponsel anda yang semakin lama semakin lambat. Beberapa diantaranya adalah fitur Junk Cleaner, Phone Booster, RAM Booster, CPU Cooler, Battery Saver, dan fitur fitur lainnya.

Tidak hanya berguna sebagai pembersih, namun Cool Cleaner ini juga memiliki fitur yang dapat mengamankan ponsel anda dari serangan-serangan malware dengan fitur anti-virusnya. Anda juga akan mendapatkan fitur App Locker untuk melindungi data pribadi Anda dari jangkauan orang-orang.

[Google Play] [App Store]

10. iClean

iClean

Masih satu jenis dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi yang satu ini juga merupakan aplikasi cleaner yang cukup penulis rekomendasikan untuk Anda gunakan di ponsel Android Anda. Aplikasi ini bernama iClean. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda akan mampu menjaga ponsel Anda dari penurunan kinerja yang disebabkan menumpuknya sampah di penyimpanan.

Untuk fitur-fiturnya sendiri, kurang lebih sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Seperti Junk cleaner, Phone Booster, Apps Locker, Virus Scanner, CPU Cooler, Battery Saver, dan fitur-fitur lainnya. iClean juga memiliki fitur pembersih otomatis yang bisa Anda buat jadwalnya. Anda juga tidak perlu khawatir tidak memiliki ruang yang cukup untuk aplikasi ini, karena iClean ini memiliki ukuran yang sangat ringan, yakni 17 MB saja.

[Google Play] [App Store]

11. Super Clean

Super Clean

Aplikasi pembersih berikutnya adalah Super Clean. Aplikasi yang ditawarkan Magical Dev ini merupakan salah satu aplikasi pembersih yang cukup penulis rekomendasikan untuk anda coba. Super Clean ini sudah diunduh lebih dari 50 juta kali dan mendapatkan rating 4,6 dari total rata-rata 60 ribu pemberi rating.

Untuk fitur yang dimiliki kurang lebih sama saja dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, seperti Junk File Cleaner, RAM Booster, Battery Saver, CPU Cooler, Game Booster, dan fitur-fitur lainnya yang bisa Anda nikmati saat menggunakan aplikasi Super Clean ini. Untuk tampilannya sendiri, Super Clean ini memiliki tampilan yang modern namun tetap sederhana. Kesan intuitifnya juga sangat terasa, jadi Anda tidak akan kebingungan saat menggunakannya.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 14 Aplikasi Kompres Foto Android & iOS Terbaik

12. Safe Security

Safe Security

Rekomendasi aplikasi pembersih terakhir untuk ponsel adalah Safe Security. Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini, mungkin hanya sedikit orang tidak tahu mengenai aplikasi yang satu ini. Safe Cleaner merupakan salah satu aplikasi pembersih yang sangat populer. Jika dilihat dari jumlah pengunduhannya, aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 100 juta kali di Google Play, belum termasuk pengunduhan di luar Google Play. 

Yang membuat aplikasi ini sebegitu populernya adalah kemampuan fiturnya yang sangat luar biasa. Bahkan Safe Security mengklaim kalau dia bisa mempercepat kinerja ponsel Anda hingga 50%, pembersih junk file yang tangguh, pembaruan data virus secara real time, dan layanan keamanan yang menyeluruh. Tidak hanya itu, Safe Security juga memiliki fitur lain seperti penghemat daya, cooler, Game Booster, Apps Locker, dan fitur lainnya.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 30 Aplikasi Edit Foto Android & iOS Terbaik

Software Pembersih RAM PC Terbaik

Selesai untuk smartphone, saatnya kita beralih ke rekomendasi software pembersih RAM untuk komputer. Berikut ini adalah daftarnya…

1. Clean Master

Clean Master

Jika Anda berpikir kalau Clean Master hanya tersedia untuk pengguna Ponsel, maka Anda salah. Developer Clean Master, yakni Cheetah Mobile juga membuat versi Desktopnya dengan nama yang sama, sayangnya Clean Master versi Desktop ini hanya hanya dapat digunakan di OS Windows. Untuk fiturnya, Clean Master ini memiliki 4 fitur utama, yakni fitur Junk Clean yang memungkinkan Anda untuk menghapus semua Junk File yang tersimpan di komputer Anda.

Ada juga fitur PC Boost yang akan membuat Anda mampu memaksimalkan kinerja komputer Anda hanya dengan satu sentuhan. Selain itu ada juga fitur Privacy Clean, yang dapat menghilangkan 6 tipe privacy risky. Fitur lainnya yang dimiliki Master Cleaner ini adalah Driver Booster, yang mendukung pemindahan dan pemasangan lebih dari 5 juta device dan driver.

[Windows] [MacOS] [Linux]

2. Advanced System Care

Advanced System Care

Software yang berikutnya adalah Advanced System Care, software yang satu ini adalah software yang dikembangkan oleh IObit, yang juga merupakan saudara dari AMC Security yang kita bahas di aplikasi ponsel tadi. Dengan menggunakan Advanced System Care ini, anda akan mampu menyelesaikan masalah penurunan kinerja komputer atau laptop anda.

Sama halnya dengan software sebelumnya, Advanced System Care ini juga mampu untuk membersihkan komputer Anda dari berbagai macam Junk File yang menjadi salah satu penyebab penurunan kinerja komputer atau laptop Anda. Tidak hanya itu, Advanced System Care juga memiliki fitur untuk mem-boosting kinerja komputer Anda agar bisa berjalan lebih mulus lagi.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 11 Aplikasi Download Manager PC & Mac Terbaik

3. CCleaner

CCleaner Windows

Di urutan ketiga, ada software yang bernama CCleaner. Software yang satu ini merupakan salah satu software yang sangat populer dan bisa dibilang bersaing dengan Clean Master. Salah satu kelebihan dari CCleaner ini yang jarang dimiliki software lainnya adalah kelengkapan fiturnya di versi gratis. Jika software lainnya melakukan pemotongan fitur di versi gratisnya, maka di CCleaner ini Anda tetap bisa mendapatkan fitur yang cukup lengkap, meskipun tidak selengkap versi berbayarnya.

Dengan menggunakan CCleaner ini, Anda akan mampu membersihkan berbagi Junk File yang ada di penyimpanan komputer atau laptop anda. Tidak hanya itu, CCleaner juga memiliki fitur lainnya yang cukup spesial, yakni Duplicate Finder, dengan fitur ini Anda akan mampu mengosongkan ruang penyimpanan Anda dari berkas-berkas yang kembar.

[Windows] [MacOS] [Linux]

4. Razer Cortex: Game Booster

Razer Cortex

Razer Cortex: Game Booster merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Razer untuk menambah pengalaman gaming lancar di komputer dan laptop, tidak hanya pada produk Razer, tapi pada semua device komputer dan laptop ber-OS Windows.

Dengan menggunakan Razer Cortex ini, Anda akan mendapatkan fitur Game Boosteryang mampu meningkatkan kinerja komputer atau laptop Anda untuk pengalaman Gaming yang lebih mulus. Tidak hanya Game boosting, Razer Cortex: Game Booster ini juga mampu melakukan system boost yang bisa membersihkan penyimpanan komputer atau laptop Anda dari Junk File.  

[Windows] [MacOS] [Linux]

5. Avast Clean Up

Avast Clean Up

Avast CleanUp, jika di bagian sebelumnya nama ini Anda dengar sebagai aplikasi untuk ponsel, kali ini Anda akan mendengar Avast CleanUp sebagai salah satu software pembersih RAM di komputer atau laptop.Dengan menggunakan Avast CleanUp ini, Anda akan mampu menjaga kinerja komputer atau laptop dari penurunan akibat sampah yang berlebihan.

Avast Clean Up juga bisa mendeteksi berkas-berkas atau software yang tidak bermanfaat untuk dibersihkan dan melegakan sebagian ruang penyimpanan komputer atau laptop Anda. Kekurangan dari Avast CleanUp ini, ketidak beradaannya versi gratis atau versi trial yang membuat Anda harus membeli versi fullnya terlebih dahulu untuk bisa mencobanya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 10 Software Edit Audio PC & Mac Terbaik

6. AVG Tune Up

AVG PC TuneUp

Masih dengan rekomendasi software pembersih RAM, di urutan keenam ini ada software yang cukup terkenal yakni AVG TuneUp. Dengan menggunakan AVG TuneUp ini Anda, akan mampu menjaga atau bahkan meningkatkan kinerja komputer atau laptop Anda agar tetap berjalan dengan cepat dan stabil.

Untuk fitur-fiturnya kurang lebih sama saja dengan software-software sebelumnya. Seperti junk cleaner, battery saver, dan menutup celah keamanan. Tidak hanya itu, AVG TuneUp ini juga memiliki fitur yang dapat menonaktifkan software-software yang tidak diperlukan secara otomatis berkat fitur Sleep Mode yang dimilikinya. Software yang Anda nonaktifkan tadi bisa Anda aktifkan kembali saat Anda membutuhkannya. Dengan cara ini Anda bisa mempertahankan daya baterai Anda lebih lama lagi.

[Windows] [MacOS] [Linux]

7. Ashampoo WinOptimizer

WinOptimizer

Software rekomendasi pembersih RAM berikutnya adalah Ashampoo WinOptimizer. Dengan menggunakan software ini, seperti namanya, Anda akan mampu menjaga keoptimalan kinerja Windows Anda. Hanya dengan satu klik, Anda sudah menghilangkan masalah penurunan kinerja windows Anda akibat berbagai masalah, seperti junk file, system issues, dan masalah lainnya. 

Tidak hanya mengoptimalkan kinerja windows Anda, namun dengan satu ketukan tadi Anda juga mampu untuk meningkatkan kinerja windows Anda agar berjalan lebih mulus.

[Windows] [MacOS] [Linux]

8. Total PC Cleaner

Total PC Cleaner

Yang terakhir, terakhir di ulasan kali ini, ada software pembersih RAM yang bernama Total PC Cleaner. Dari semua software yang penulis sebutkan untuk komputer, cuma Total PC Cleaner inilah yang bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Total PC Cleaner memiliki tampilan user interface yang sederhana dan simpel, dengan kesan intuitif yang sangat terasa juga. 

Dengan menggunakan Total PC Cleaner, Anda hanya memerlukan beberapa klik untuk bisa menghilangkan segala macam bentuk Junk File yang dapat menurunkan kinerja komputer Anda.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.