10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android

Salah satu masalah yang sering di alami oleh pengguna Android adalah memori internal penuh atau tidak cukup dengan munculnya notifikasi bertuliskan “tidak cukup ruang pada perangkat”, “memori penyimpanan hampir habis”, “memori penyimpanan tidak cukup”, “insufficient storage”, dan beragam pesan notifikasi lainnya. Kondisi tersebut menyebabkan pengguna terbatas dalam menyimpan file baru. Bahkan kadang-kadang untuk menerima pesan media atau membuat status WhatsApp tidak dapat dilakukan karena masalah memori yang penuh tersebut.  

Masalah tersebut banyak di alami pengguna Android dengan kapasitas memori internal di bawah 32 GB. Namun tidak menutup kemungkinan yang 32 GB ke atas tidak mengalami masalah yang sama. Mengingat simpanan data setiap pengguna berbeda-beda. Seiring berjalannya waktu, memori penuh menyebabkan penurunan performa. Hal tersebut dapat terjadi lantaran sistem dan aplikasi juga membutuhkan ruang untuk memproses data yang dibutuhkan. Jika ruang tidak tersedia, maka sistem akan berjalan lambat.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Hang, Macet, LAG

Penyebab Memori Internal Penuh

Spesifikasi mungkin dapat menjadi alasan kenapa memori internal pada ponsel Anda penuh. Ponsel Android dengan kapasitas memori di atas 64 GB memang lebih leluasa ketimbang ponsel Android dengan kapasitas memori di bawah 32 GB. Meskipun demikian, ada banyak faktor yang menyebabkan memori internal penuh. Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak poin penjelasannya berikut ini.

  • Penumpukan file sampah – File sampah dan file cache yang tidak pernah dibersihkan dapat membuat memori internal penuh. Untuk membuktikannya, Anda bisa lakukan pemindaian menggunakan aplikasi pembersih bawaan ponsel Android Anda.
  • Penumpukan file berkas dan media – Selain cache, file berkas dan media seperti dokumen, foto, video, audio, dan sejenisnya juga dapat menyebabkan memori internal penuh. Coba lakukan pengecekan pada jepretan kamera dan kiriman media WhatsApp.
  • Unduhan video offline YouTube – Video offline YouTube juga menyebabkan memori internal penuh. Jika Anda memiliki video offline, sebaiknya ubah setelan video unduhan ke memori eksternal (MicroSD).
  • Instalasi aplikasi dan game dengan ukuran besar – Aplikasi dan game memiliki pengaruh besar dalam penggunaan memori internal. Terutama game moba seperti Mobile Legends, PUBG, AOV, Free Fire, dan sejenisnya yang memiliki ukuran relatif besar. Apalagi instalasi aplikasi dan game tidak dapat dipindahkan ke memori eksternal.
  • Pengguna tidak menggunakan memori eksternal – Alasan lain adalah Anda tidak memanfaatkan slot MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Mungkin untuk ponsel dengan memori internal di atas 32 GB tidak jadi masalah, tetapi untuk yang di bawah 32 GB sebaiknya menambah kapasitas penyimpanan dengan memasang MicroSD.
  • Pengguna tidak memanfaatkan cloud storage Sangat disayangnya jika Anda tidak memanfaatkan layanan semacam ini. Mengingat layanan cloud storage menyediakan kapasitas penyimpanan gratis yang cukup besar.
  • dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP Realme Lemot

Mengatasi Memori Internal Penuh

Untuk mengatasi memori internal penuh, beberapa tips yang dapat Anda lakukan adalah dengan membersihkan file sampah, menghapus aplikasi / game, menghapus file berkas / media, memasang memori eksternal, memanfaatkan layanan cloud storage, dan melakukan reset ponsel ke setelan awal. Lebih jelasnya, simak tips dan panduannya berikut ini.

1. Bersihkan file sampah Android

Bersihkan cache Android
1. Bersihkan cache aplikasi Android. RUDI DIAN ARIFIN

Tips pertama, cobalah untuk membersihkan file junk (sampah), cache, cookies, dan lainnya menggunakan aplikasi pembersih. Setiap merek ponsel Android seperti OPPO, VIVO, Realme, Asus, Xiaomi, Samsung, dan lainnya memiliki aplikasi pembersih bawaan yang dapat digunakan untuk membersihkan file sampah. Selain file sampah, bersihkan juga histori penelusuran pada browser yang biasa Anda gunakan. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Android Anda.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

2. Hapus aplikasi atau game yang tidak digunakan

Menghapus Aplikasi Android
2. Menghapus aplikasi Android. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, cobalah untuk menghapus aplikasi atau game yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi. Karena bagaimanapun, instalasi aplikasi dan game juga membuat memori internal cepat penuh. Terutama game yang kebanyakan memiliki ukuran relatif besar. Berbeda dengan file berkas dan media yang dapat dipindahkan ke memori eksternal, instalasi aplikasi dan game tidak dapat dipindahkan ke memori eksternal. Untuk menghapus aplikasi Android, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Uninstall » kemudian konfirmasi dengan Oke untuk menghapus aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi Android

3. Hapus file berkas dan media yang tidak dibutuhkan

Cobalah untuk membersihkan file berkas dan media seperti foto, gambar, audio, video, apk, dokumen, dan sejenisnya yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi. Beberapa bagian yang perlu Anda cek adalah folder DCIM (hasil jepretan kamera), kiriman file WhatsApp, serta unduhan video offline YouTube.  Apa pun caranya, setidaknya sisakan 20% ruang penyimpanan dari total kapasitas memori internal Anda. Anda tidak bisa melegakan ruang penyimpanan jika tidak menghapus atau memindahkannya ke memori eksternal (MicroSD).

Bersihkan File Manager

Hapus File Manager Android
3. Bersihkan File Manager ponsel Android. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi File Manager pada ponsel Android Anda.
  2. Temukan dan pilih file-file yang ingin Anda hapus seperti gambar, video, dokumen, musik, APK, unduhan, dan lainnya.
  3. Anda bisa menandai file untuk mempercepat penghapusan.
  4. Tap Hapus untuk menghapus file yang Anda inginkan.
  5. Selesai.

Bersihkan file berkas dan media WhatsApp

Bersihkan File WhatsApp
3. Bersihkan file berkas dan media WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi WhatsApp » tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Penyimpanan dan data » Kelola Penyimpanan.
  3. Pilih kontak yang Anda inginkan.
  4. Kemudian tandai file-file yang ingin dihapus.
  5. Tap ikon Hapus untuk menghapus file.
  6. Selesai.

Bersihkan data unduhan YouTube

Hapus Unduhan Video Offline YouTube
3. Bersihkan data unduhan YouTube. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi YouTube pada ponsel Android Anda.
  2. Masuk pada halaman Koleksi » pilih Hasil Download.
  3. Ketuk ikon tiga titik pada bagian atas » pilih Setelan.
  4. Ketuk Hapus semua download untuk menghapus semua unduhan video Anda.
  5. Konfirmasi penghapusan dengan ketuk Hapus..
  6. Selesai.

Matikan unduhan otomatis WhatsApp

WhatsApp Tidak Menyimpan Gambar Otomatis
3. Matikan unduhan otomatis media WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi WhatsApp, tap ikon tiga titik yang ada di bagian atas.
  2. Pilih Setelan » Penyimpanan dan data.
  3. Pada fitur Saat menggunakan data seluler. Hilangkan centang pada foto, audio, video, dan dokumen.
  4. Lakukan hal yang sama pada fitur Saat terhubung ke Wi-Fi. Hilangkan centang pada foto, audio, video, dan dokumen.
  5. Tap OKE.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Agar WhatsApp Tidak Menyimpan Foto Secara Otomatis

4. Tambah memori eksternal (MicroSD)

Jika Anda merasa membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, manfaatkan slot MicroSD untuk meningkatkan kapasitas memori penyimpanan. Hampir kebanyakan ponsel Android kelas mid-range dan low-end memiliki slot MicroSD, sedangkan ponsel Android kelas high-end atau flagship tidak memiliki slot MicroSD. Apabila ponsel Android Anda memiliki slot MicroSD, maka Anda bisa memanfaatkannya. Setidaknya Anda bisa manfaatkan memori eksternal (MicroSD) untuk menyimpan file berkas dan media, sedangkan memori internal hanya digunakan untuk instalasi sistem dan aplikasi.

Saya tidak memiliki cukup dana untuk membeli MicroSD, adakah alternatif lain yang dapat saya lakukan? Tentu saja, Anda bisa memanfaatkan cloud storage gratis seperti Google Drive, Box, OneDrive, dan sejenisnya untuk menghemat media penyimpanan internal. Simak penjelasan mengenai cloud storage pada poin kelima.

5. Manfaatkan layanan Cloud Storage

Selain memori eksternal, Anda bisa memanfaatkan layanan cloud storage (penyimpanan awan) gratis seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, Box, dan sejenisnya. Pada ponsel Android sendiri, Anda bisa menggunakan Google Drive yang menyediakan ruang penyimpanan hingga 15 GB untuk satu akun. Selain menghemat memori internal, integrasi dan ekosistem yang baik dari Google memudahkan pengguna untuk mengakses data kapan pun Anda butuh kan, baik dari laptop, komputer, smartphone, ataupun tablet.

Ponsel Xiaomi contohnya, telah menambahkan fitur Google Drive pada aplikasi File Manager. Hal ini tentu saja akan memudahkan pengguna untuk mengunduh atau mengambil data-data yang tersimpan di Google Drive. Pengguna tidak perlu repot untuk membuka Google Drive setiap kali ingin melihat atau mengedit data.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Cloud Storage Android & iOS Terbaik

6. Reset HP Android

Factory Reset Android
6. Factory Reset HP Android. RUDI DIAN ARIFIN

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengembalikan ponsel Android ke setelan awal / pabrikan. Cara ini cukup efektif dalam mengatasi memori penuh karena semua data dan aplikasi akan dihapus secara total. Factory Reset dapat Anda jadikan pilihan ketika Anda ingin mendapatkan performa ponsel yang optimal seperti baru beli. Sebelum melakukannya, Anda perlu mem-backup data-data penting yang Anda miliki. Untuk melakukan reset HP Android, simak dan cermati langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi HP Realme Restart Sendiri

Penutup,

Setiap merek ponsel Android seperti OPPO, VIVO, Realme, Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo, Advan, dan sejenisnya pasti memiliki antarmuka dan nama fungsi yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan tips dan panduan di atas sesuai dengan merek ponsel yang Anda gunakan. Mengatasi masalah memori internal penuh sebenarnya mudah untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu membersihkan data-data yang sekiranya tidak Anda butuh kan. Berikut beberapa poin penting dalam menghemat dan membersihkan memori internal Android.

  • Bersihkan file cache dan file sementara lainnya menggunakan aplikasi pembersih.
  • Hapus aplikasi / game yang sekiranya tidak Anda gunakan lagi.
  • Tambah ruang penyimpanan dengan memasang memori eksternal.
  • Hindari menyimpan video offline YouTube di memori internal.
  • Manfaatkan layanan cloud storage gratis.
Mengapa memori internal tidak sesuai dengan spesifikasi?

Memori internal Anda sebenarnya sesuai dengan spesifikasi, hanya saja sebagian digunakan untuk menyimpan data sistem dan aplikasi bawaan.

Mengapa memori penuh padahal tidak ada file?

Kemungkinan ada file tersebut yang tidak terlihat melalui File Manager. Coba cek secara mendetail menggunakan aplikasi CCleaner.

Mengapa aplikasi terinstall tidak dapat dipindahkan ke memori eksternal?

Android tidak memberikan akses untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal untuk menghindari kerusakan / error pada aplikasi. Apalagi kecepatan baca memori internal jauh lebih baik ketimbang memori eksternal.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.