8 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Xiaomi

Ketika menggunakan ponsel Android tentunya kita berharap semuanya berjalan lancar tanpa ada masalah sama sekali. Apalagi saat sedang melakukan aktivitas penting seperti mengerjakan tugas, melakukan meeting online, membuat konten sosial media, Vlogging, hingga live streaming. Bagaimanapun ponsel Android menjadi perangkat penting dalam menunjang segala aktivitas di keseharian kita, baik untuk pekerjaan ataupun hiburan.

Meskipun demikian, terkadang beberapa aplikasi terjadi masalah ketika digunakan seperti force close atau keluar sendiri tanpa sebab. Bahkan terkadang muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, Aplikasi Terus Berhenti”. Masalah semacam ini umumnya disebabkan karena aplikasi tidak kompatibel, sistem Android yang telah dilakukan root, penumpukan file cache, kerusakan pada aplikasi, aplikasi belum update, hingga kerusakan pada hardware smartphone.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot, Sering Macet, LAG

Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Untuk mengatasi aplikasi keluar sendiri atau force close, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan mulai dari restart ponsel, update aplikasi, update sistem, hingga install ulang aplikasi. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Restart ponsel Xiaomi

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan restart ponsel Xiaomi Anda. Hal ini Anda lakukan karena ada kemungkinan service sistem dan aplikasi terinstall tidak berjalan optimal sehingga menyebabkan aplikasi terjadi force close atau keluar sendiri. Meskipun sederhana, tetapi umumnya me-restart ponsel dapat memperbaiki masalah error pada aplikasi. Jika-pun nantinya masih terjadi error, Anda bisa coba tips selanjutnya dengan update aplikasi.

2. Update Aplikasi Xiaomi

Perbarui Aplikasi Xiaomi
2. Update aplikasi Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila dengan restart ponsel Xiaomi juga tidak membuat aplikasi normal kembali, cobalah untuk memperbarui aplikasi. Bisa jadi aplikasi tersebut memang membutuhkan pembaruan, karena terkadang beberapa vendor aplikasi mengharuskan pengguna untuk update dengan tujuan penambahan fitur, perbaikan, dan peningkatan performa. Untuk memperbarui aplikasi, Anda bisa kunjungi Google Play Store atau market store lain yang ada di ponsel Xiaomi Anda.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Tap ikon tiga garis [menu] yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Lalu pilih aplikasi yang terjadi masalah atau error tersebut.
  4. Jika tersedia perbaruan, Anda bisa tap Update dan tunggu sampai proses update berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Jika yang bermasalah adalah aplikasi bawaan Xiaomi, Anda bisa mencoba memperbarui aplikasi melalui Setelan » pembaruan apl sistem.

Perbarui Apl Sistem Xiaomi
2. Update aplikasi bawaan Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pada menu Setelan Xiaomi » pilih Pembaruan Apl sistem.
  2. Jika tersedia pembaruan, tap Perbarui Semua » konfirmasi dengan Lanjut.
  3. Tunggu sampai proses pembaruan berhasil dilakukan.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 14 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

3. Hapus Data Aplikasi

Hapus Data Aplikasi Xiaomi
3. Hapus data aplikasi Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila aplikasi masih terjadi force close atau keluar sendiri, cobalah untuk menghapus data aplikasi. Dengan menghapus data aplikasi maka semua data sementara seperti setelan aplikasi, basis data, cache, cookies, dan lainnya akan terhapus. Cara ini tidak akan menghapus data-data penting (seperti dokumen, foto, video, dan sejenisnya) yang tersimpan pada memori internal ataupun eksternal, tetapi hanya menghapus file log pada aplikasi. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang Anda gunakan.
  3. Pilih Hapus data » konfirmasi dengan Hapus semua data.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Data Aplikasi Xiaomi

4. Install Ulang Aplikasi

Menghapus Aplikasi Xiaomi
5. Install ulang aplikasi Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan install ulang aplikasi. Cara ini Anda lakukan apabila semua tips di atas tidak berhasil sama sekali. Mungkin saja aplikasi terjadi corrupt atau terdapat bugs di dalamnya sehingga terjadi force close atau keluar sendiri. Selain itu, unduhan aplikasi dari pihak ketiga yang tidak terjamin stabilitas dan keamanan juga menyebabkan aplikasi bermasalah. Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Uninstall » kemudian konfirmasi dengan Oke untuk menghapus aplikasi.
  4. Selesai.

Setelah menghapus aplikasi, sebaiknya bersihkan file sementara pada ponsel Xiaomi Anda menggunakan aplikasi pembersih bawaan Xiaomi. Setelah itu, restart ponsel dan barulah install aplikasi langsung dari Google Play Store.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Aplikasi Xiaomi

Penutup,

Dengan mencoba beberapa tips di atas diharapkan aplikasi yang terjadi force close dapat normal dan bisa digunakan kembali. Apabila ponsel Xiaomi terdapat pembaruan sistem dan aplikasi, disarankan untuk melakukan pembaruan agar mendapat peningkatan performa dan perbaikan. Jika nantinya masih terdapat bugs pada sistem dan aplikasi Xiaomi, kirimkan bugs tersebut ke aplikasi layanan dan masukan MIUI.

Itulah tips sederhana mengatasi aplikasi keluar sendiri pada perangkat Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Masalah Xiaomi

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.