9 Cara Hard Reset HP Xiaomi

Anda bisa melakukan reset HP Xiaomi melalui menu Mi Recovery. Selengkapnya, simak ulasannya berikut ini!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone ternama yang bermarkas di Tiongkok. Sejak tahun 2010, Xiaomi dengan cepat menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok. Memang betul, Xiaomi selalu menghadirkan smartphone Android dengan desain bodi cantik dan juga spesifikasi mumpuni, namun tetap di banderol dengan harga yang sangat terjangkau. Hebatnya lagi, Xiaomi jarang sekali beriklan. Xiaomi lebih suka mengandalkan media online, marketplace, dan e-commerce untuk menjual produk mereka secara mudah dan cepat.

Dan dibalik spesifikasi yang garang, multitasking yang mengagumkan dengan MIUI nya, tentu tidak menutup kemungkinan beberapa pengguna bisa saja mengalami masalah, khususnya pada bagian aplikasi dan sistem Android. Adapun masalah yang biasa terjadi pada perangkat Xiaomi yaitu, aplikasi telah berhenti, aplikasi tidak bisa dibuka, Launcher telah berhenti, bootloop, brick, layar tidak respons dengan sentuhan, hang, layar blank, dan lainnya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya pengguna akan membersihkan data aplikasi, menghapus file sampah, Factory reset, atau bisa juga dengan Flashing dengan ROM Xiaomi yang baru.

Lihat Juga : Cara Menambahkan Sidik Jari di HP Xiaomi

Panduan Hard Reset HP Xiaomi

Beli HP Xiaomi Shopee
Beli HP Xiaomi di Shopee

Hard Reset merupakan salah satu fitur yang disematkan pada menu Recovery Mode Xiaomi yang tujuannya adalah mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik atau awal. Dengan adanya fitur hard reset, pengguna tentu bisa lebih mudah dalam mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat Xiaomi. Dan untuk melakukan reset HP Xiaomi, pastikan juga Anda telah melakukan backup pada semua file yang tersimpan di memori internal / eksternal. Sebelum itu, mungkin Anda perlu menyimak tips sebelum reset HP Xiaomi berikut ini.

Tips sebelum reset HP Xiaomi

Sebelum melakukan reset, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting dalam melakukan reset, berikut di antaranya;

  • Cadangkan semua data yang tersimpan di memori internal Xiaomi Anda, mulai dari kontak, video, audio, foto, musik, dokumen, dan lain sebagainya. Anda bisa manfaatkan penyimpanan online seperti Google Drive, Dropbox, dan sejenisnya untuk mencadangkan file.
  • Jika diperlukan, backup riwayat chat Anda yang ada di WhatsApp dan aplikasi chat lainnya, Anda bisa sinkronisasikan aplikasi ke Google Drive untuk backup riwayat chat.
  • Tidak semua masalah error harus diperbaiki dengan reset HP. Jika masih memungkinkan, gunakan cara-cara sederhana seperti membersihkan data, membersihkan cache, dan juga me-restart ponsel. Jika Anda mengalami masalah error pada aplikasi Xiaomi, Anda bisa simak penjelasan dan solusinya di sini.
  • Tidak ada jaminan reset HP dapat mengatasi masalah yang sedang terjadi. Jika Anda mengalami masalah serius seperti bootloop, fastboot, mati total, dan sebagainya, tidak ada jaminan bahwa reset melalui Mi Recovery dapat mengatasi masalah tersebut. Ada kemungkinan bahwa masalah disebabkan kerusakan pada hardware.

Setelah memahami beberapa poin di atas dan Anda merasa yakin untuk melakukan reset HP Xiaomi, Anda bisa simak panduannya berikut ini.

Factory Reset melalui menu Pengaturan

Factory Reset Xiaomi
Tutorial Factory Reset Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka menu Setelan di HP Xiaomi yang Anda miliki.
  2. Kemudian pilih Setelan Tambahan » Buat Cadangan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembalikan Ke Setelan Pabrik » Setel Ulang Telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses Factory Reset berhasil dilakukan.
  6. Jika sudah, maka HP Xiaomi Anda secara otomatis melakukan reboot.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP VIVO

Hard Reset melalui menu Mi Recovery

Tutorial Hard Reset Xiaomi. YouTube | HardReset.info
  1. Sebelum melakukan hard reset, pastikan daya baterai mencukupi agar nantinya proses hard reset tidak berhenti di tengah jalan. Minimal sediakan 50% untuk lebih amannya.
  2. Dan untuk masuk menu Recovery Mode Xiaomi, Anda bisa tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo Xiaomi / Redmi lalu lepaskan.
  3. Dan secara otomatis, Anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode Xiaomi.
  4. Jika terdapat pilihan bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  5. Untuk melakukan Hard Reset, Anda bisa pilih Wipe Data. Kemudian lanjutkan dengan memilih Wipe All Data. Jika muncul pesan konfirmasi, Anda bisa pilih YES (Gunakan tombol Power untuk memilih dan tombol Volume Up/ Down untuk Navigasi).
  6. Tunggu saja sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai dan berhasil 100%.
  7. Jika sudah, Anda bisa mencoba untuk Reboot atau Restart HP Xiaomi Anda.
  8. Ikuti petunjuk login email dan kata sandi sampai nantinya Anda bisa menggunakan HP Xiaomi Anda kembali.
  9. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP OPPO

Penutup,

Dengan adanya metode Hard Reset / Wipe Data Xiaomi di atas, semoga semua permasalahan pada perangkat Xiaomi Anda bisa teratasi dengan baik. Masalah semacam lupa pola kunci atau password layar biasanya akan sangat mudah terbantu kan dengan metode di atas. Namun sebelumnya perlu Anda ingat bahwa Hard Reset dapat membuat sebagian data Anda hilang.

Metode di atas dapat Anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial Hard Reset/ Factory Reset di atas, maka Anda tinggal menyesuaikannya saja.

Apakah Hard Reset Xiaomi dapat mengatasi lupa pola / kata sandi layar?

Hard Reset dapat mengatasi lupa pola / kata sandi layar untuk Xiaomi seri lama. Untuk seri terbaru, Anda harus melakunya melalui Mi Cloud atau fitur Forgot Password.

Bagaimana cara keluar dari Mi Recovery Xiaomi?

Anda bisa memilih Reboot untuk keluar dari Recovery Mode Xiaomi.

Apakah Hard Reset akan menghapus semua data pada memori?

Tentu saja, Hard Reset akan menghapus semua data pada memori internal seperti aplikasi, foto, video, audio, kontak, pesan, dan lainnya.

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Masalah Xiaomi

Discussion | 76 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Joko berkata:

    Redmi 9a saya mengalami bootloop tidak bisa hidup atau mati, hanya stuk di logo redmi, berulang-ulang saya pencet tombol power dan vol up bersamaan tetap tidak bisa masuk recovery mode, saya pencet power dan vol down malah masuk fastboot mode, kenapa ya gan?

  2. Arya berkata:

    Bang mau tanya, hp saya xiaomi redmi note 8 pro. Setelah pembaruan miui 12.0.1 kamera belakang jadi tidak bisa fokus.gimana ya?

  3. ariffin madina berkata:

    gimana yah caranya mau restar seperti awal tapi email dn pas jga no yg dipake sudah lupa dan hilang mohon bantuannya 🙁
    soalnya hp ini saya pake kerja admin

  4. Yuki berkata:

    Bang mau tanya ko aku tiba tiba muncul deskripsi di mintain pasword pula, padahal sebelumnya enga?!! langsung masuk wipe instal beres.. sekarang nambah ribet?!! Pasword apa ya bang? Atasnya mount, terus tentang deskripsi.. , tolong bang masukan nya!!!

  5. ela berkata:

    gan mau tanya… tadi xiomi di restart tapi malah hank stuck di logo doang gak bisa di apa-apain lagi… udah di hard reset tapi balik begitu lagi… minta pencerahan ya gan

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau masalahnya ada pada sistem, bisa coba Flashing. tapi kalau udah ngak bisa ya macem – macem mas penyebabnya, kemungkinan bisa Chipset. Dan itu harus ganti total …

  6. emelly berkata:

    gan mau nanya pas reset ktnya masukin akun google tpi uda lupa gmna ya

  7. Ifna megawati berkata:

    Saya udh mereset….cm pas masuk email knp disuruh masukin email lg….

  8. Gerry Prasetya berkata:

    Gan Mau nnya dong d HP xiaomi MI A1 ane sim card 22nya gk kbaca knpa iya?

  9. Abu berkata:

    Gan.. Sy lakuin hard reset dgn tombol power+volume up trus kok stuck di logo MI .. Kenapa yo gan?

  10. Devi berkata:

    Ko pas udh mau stelan pabrik trs kan klik setelan ulang telepon y tapi malah muncul konfirmasi sandi Anda nah itu mksdnya sandi apa y?

  11. yuhuu berkata:

    kak mau tanya kalo pas di tekan tombol power dan volume up nya ga muncul recoverynya gimana ya ? soalnya posisi setelah itu ter password dan lupa sandi

  12. Nathan berkata:

    Gan kalau pas mereset , terus katanya masukkan akun google yg berkaitan dgn perangkat , tp saya gk tau tuh gan. Bisa gk gan pk akun google yg punya saya?. Mohon solusinya gan🙏🙏

  13. Wisnu berkata:

    Mass hp saya kok ga bisa di reset yahh saya udah coba reset dari pengaturan tapi dia malah kembali seperti awal lagi kya cuma di rebort doang terus saya coba dari recovery dia malah ngerebort itu kenapa yah mas?

  14. Jangan sembunyi berkata:

    Bg mau nanya klo data sering mati sndiri pdhal ga kumatiin knpa ya

  15. Ujang berkata:

    Gan mau nanya.. kalo mau ubah rom global ke rom china sama persis seperti mereset hp gak.

  16. Sopi berkata:

    Mas tolong di bantu. Belum lama saya beli hp xiaomi mi6. Setelah ditangan saya, saya reset hp nya. Tiba2 minta masukin pass akun mi. Jdi k lock gtu ga bisa di pke.. Yg sepertu Ini ada solusi?

  17. khania berkata:

    saya baru ganti hp, xioami hp saya yg lama mau saya reset nah disana diminta buat masukin akun mi nya, kira2 di hp baru akun mi nya bakalan pengaruh atau tidak ya?

  18. Ade novitasari berkata:

    Hp ku polanya ngga bisa ke buka , udh di recovery ttp aja ngga bisa kebuka . Solusi mya gan ?

  19. Andre pane berkata:

    Gan,, mau tanya
    Tombol navigasi di sebelah kiri untuk recent app dan tengah (fingerprint) pada xiaomi mi note 3 ku tdk berfungsi..
    Apa klo di wipe data/factory reset bisa berfungsi kembali??
    Mohon infonyaa gan

  20. Tole berkata:

    Gan mau tanya, setelah saya riset kok cuman muncul logo MI aja yah gan hp malah ngga nyala itu kenapa yah gan

  21. Rico berkata:

    Tp hp xiaomi saya malah masuk ke menu twrp

  22. Agung Strife 7 berkata:

    Kak kalo factory reset minta akun mi gak ya?

  23. beckham berkata:

    bro klo ada tanda charger pada saat hard reset gmna yah

  24. Nadya berkata:

    Makasih infonya gan…sangat membantu

  25. farhad berkata:

    bang,, kalo factory reset versi MIUI nya turun ga ya? soalnya saya udh versi MIUI terbaru

  26. Lana berkata:

    Mas saya abis upgrade miui, klik aplikasi ataupun ketik kok jdi agak lambat ya?

  27. Adiva berkata:

    Mass hp saya redmi 5..mau udh di hard reset tpi lupa akun MI nya

  28. Sofyan berkata:

    Sblmnya sy pakai miui 8 trus upgrade ke 9 setelah upgrade kamera jadi burem, apa dg wipe data bisa kembali ke miui 8?

    • Dian Arifin berkata:

      Iya mas, akan kembali ke MIUI 8. Jikapun tidak berhasil, cobalah untuk download ROM MIUI 8 untuk HP Xiaomi. Mas bisa download di Forum MIUI

  29. Shakry aris suanda berkata:

    Maaf mau tanya. Sya mau mengatur ulang atau merestat siomu retmi 4a.no kodenya berapa ya.. Makasih

  30. Dora egar berkata:

    Mas, stelah hard ada piliham power off itu, kok lama ya prosesnya…ditunggu smpe selesai?

  31. Ikbal.sadam berkata:

    Gan saya besok mau COD (tuker tambah hp) solusi Agar data(file) di hp ini ilang gimana,tapi biar data(file) saya bisa dimasukin ke hp yg saya dapat dari cod
    Harus di backup dulu kah?

    • Dian Arifin berkata:

      ya, pindah ke Laptop atau Komputer semua data mas, kemudian mas lakukan Hard Reset dan barulah mas tukar tambah. Aman …

  32. Danny berkata:

    Hp sya xiaomi renot 4 megalmi masalah layar blank tidak muncul menu itu bgai mana ya smpat sya bwa ke servis hp udah 6 hari belum jadi jadi hp nya sampe skarang. Tolong solusi nya

    • Dian Arifin berkata:

      1. Bisa jadi itu Layarnya yang rusak
      2. Bisa jadi itu Sistemnya (MIUI), solusinya cobalah untuk melakukan Flashing menggunakan Mi Flash Tools. Pastikan Smartphone terdeteksi oleh komputer

  33. Erwin berkata:

    Bang sy punya xiaomi 4 saat ini kondisi hp tidak bisa charge,kalau di charge hanya lampu LED nya yang berkedip dan bagaimana cara merisetnya?
    terima kasih

    • Dian Arifin berkata:

      Charger-nya yang rusak atau bagian lubang port-nya mas. Bawa ke service aja mas kalau tidak bisa di charger atau beli charger yang baru. Tidak perlu dilakukan reset. Jikapun mas ingin mencoba melakukan reset, metodenya bisa dibaca sendiri mas.

  34. Sandi Maulana berkata:

    Jadi gini sodara saya nemu hp xiomi tidak tau type nya apa, nah hp nya lancar menu bisa di buka bisa musik an cuman mau masuk ke pesan, WA dan segala aplikasi yg berhubungan dengan komunikasi tidak bisa di buka karna di kunci! Itu solusinya gimana yah hard reset atau gimna?

  35. Dedey berkata:

    File2 dan berkas2 lainnya ke ilang ga bang?

  36. ricky berkata:

    bang kok hp xiaomi saya malah menjukan konfirmasi pasworrt

  1. 10 Cara Memalsukan GPS Android Tanpa Mock Location & Root

    Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur lokasi palsu di perangkat Android
  2. Download XAMPP Terbaru

    Berikut link download XAMPP terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit
  3. Download CPU-Z Terbaru

    Berikut link download CPU-Z terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit