7+ Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto & Video di Instagram

Dianisa.com – Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram. Setiap kali anda Mengunggah Foto Ataupun Video di Instagram Selalu Terjadi Kegagalan, terus gagal dan terus gagal? Hal semacam itu pasti membuat anda pusing tujuh keliling, galau karena pusing, dan stress karena galau.

Penyebab mengenai Tidak Bisa Upload Foto Dan Video di Instagram terjadi karena beberapa macam. Paling umum terjadi karena penumpukan cache dan history.

Saya sering sekali mengatakan bahwa cache android memang benar – benar mempengaruhi performa android, karena pemakaian smartphone atau tablet android satu hari saja dapat menghasilkan cache yang lumayan banyak.

Artinya jika memori anda kecil maka pengaruh cache akan terasa, di saat membuka aplikasi tertentu pasti akan terasa berat dan lemot.

Selain cache, lokasi anda saat ini juga mempengaruhi Kelambatan Atau Kegagalan Dalam Mengupload Foto. Apa Sinyal android anda lemah? Jika ya, maka dapat di pastikan semua aktifitas internet anda pasti serasa lambat dan lemot.

Masalah Instagram

Masalah Koneksi Internet

Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto & Video Instagram

Apa anda baru saja menginstall aplikasi baru? Jika sebelumnya anda bisa upload foto dan video instagram dan setelah menginstall aplikasi tertentu tidak bisa mengupload foto di instagram maka itu tandanya terjadi crashing.

Apa itu crashing? Crashing dapat di artikan terjadi kerusakan karena tabrakannya antar aplikasi. Hal ini biasanya juga sering terjadi pada komputer yang menggunakan dua antivirus. Mengenai masalah tersebut ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan, dan berikut solusinya.

1. Hapus Cache dan History Instagram

Tumpukan cache dapat mempengaruhi aktifitas harian anda di instagram, untuk itu sebaiknya bersihkan sebersih – bersihnya. Masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua » lalu cari aplikasi Instagram. Pada tampilan tersebut anda bisa tap “Hapus Cache”.

Untuk Menghapus History atau Riwayat Pencarian masuk pada aplikasi Instagram » My Profile » Opsi » Scrool ke bawah dan tap “Bersihkan Riwayat Pencarian”.

Hapus Cache Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Restart Android Anda

Coba lakukan Restart Pada Smartphone Android anda, kemudian buka instagram-nya kembali dan coba unggah foto ataupun video anda.

3. Hapus Aplikasi Lain

Jika sebelumnya anda menginstall aplikasi lain dan Menyebabkan Instagram Terjadi Error maka lebih baik hapus aplikasi tersebut agar tidak terjadi Crashing. Masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, lalu cari aplikasi yang baru saja anda install.

Tap “Copot Pemasangan” untuk menghapus aplikasi dari android anda.

Hapus Aplikasi Facebook

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “NAMA APLIKASI” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

4. Install Ulang Instagram

Hapus Aplikasi Instagram anda, kemudian ganti dengan yang baru. Untuk lebih baiknya, anda bisa download langsung melalui Google Play Store.

Hapus Aplikasi Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

5. Cari Lokasi Dengan Tingkatan Sinyal Yang Baik

Coba cari lokasi yang penuh dengan sinyal, karena mungkin saja anda Gagal Upload Karena Sinyal Di Tempat Anda Sedang Buruk. Pindah ke luar rumah, dekat dengan tower, atau jika mau anda bisa panjat.

Masalah Jaringan

Akhir Kata

Dengan mengikuti tips – tips di atas, semoga nantinya anda bisa berhasil mengunggah foto ataupun video. Saran saya, cobalah untuk memasang Aplikasi Clean Master sebagai software untuk membantu anda meningkatkan performa android agar terasa lebih cepat dan ringan.

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya.

Jika ada sedikit perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Itulah tips singkat mengenai Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 78 Comment

  1. Dimas Setiawan berkata:

    Mau tanya dong, ketika saya mau upload video ato foto..kenapa ya filenya gak keluar? Jadi display nya jadi ‘putih’ aja, sblmnya baik baik saja ketika blm install antivirus, setelah di install..jadi begitu. Akhirnya saya uninstall antivirus nya, tapi masalah blm terselesaikan…, Mohon pencerahannya. Terima kasih.

  2. Elsa berkata:

    instagram aku kan baru di update terus aku coba upload foto tapi gabisa ga gagal sii malah loading terus, terus nyobain post di story nya sama loading teruuuss, kira kira kenapa ya ka?:(

  3. lala berkata:

    hallo kak, saya mau tanya dong..
    ini kenapa ya tbtb kok udh beberapa hari ini akun instagram punya saya, ngga bisa upload foto ya? waktu pas posting sebenernya bisa, cuma di feed nya ngga muncul fotonya yg asalnya 958 tetep diangka 958 juga.. trs coba refresh timline ig malah ikut ilang juga huhu (btw akun jualan soalnya)
    mohon bantuannya terimakasih

  4. Chucha berkata:

    Saya mau apload video kok ngga bisa ya? Jadi saya dari layar tl geser ke kiri buat ambil video dan ig langsung log out sendiri 😓 Kenapa ya min?

  5. Maulana bin Nawawi berkata:

    Semua cara sudah saya coba dari hapus cache sampai reset hp ke setelan pabrik tapi tetap saja masih tidak bisa upload video di instagram…

    • Dian Arifin berkata:

      Sudah tes pakai HP lain bisa ngak gan, bisa jadi itu kesalahan dari server instagram loh .. kasusnya banyak, bukan dari smartphone-nya tapi kesalahan dari pihak instagramnya …