30 Komponen Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya

Di bawah ini tersedia penjelasan informasi terkait komponen yang terdapat pada komputer

Siapa yang tidak tahu apa itu komputer. Salah satu alat elektronik tersebut pada saat ini hampir digunakan oleh banyak pengguna setiap harinya. Baik itu untuk bekerja, belajar atau bahkan sekedar mencari hiburan seperti bermain game, streaming, dan menonton film. Berbagai fungsi dan keunggulan yang dimiliki oleh komputer membuat banyak dari pengguna tidak ragu untuk menggunakan komputer meskipun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk menjalankan berbagai fungsinya dengan baik, komputer tentunya memiliki beberapa komponen–komponen penting yang saling terhubung satu sama lain. Lalu komponen apa saja kah yang ada pada sebuah komputer? Sebelum mengetahui beberapa jenis komponen komputer contohnya, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian komponen komputer. Berikut ini informasi yang dapat Anda simak.

Lihat Juga : Pengertian Teknik Komputer Jaringan

Pengertian komponen komputer

Pengertian Input Output Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Komponen komputer merupakan gabungan dari beberapa jenis perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain dan bekerja sama untuk menjalankan fungsinya. Masing-masing komponen komputer tentunya memiliki fungsi yang berbeda–beda di mana jika mereka dapat bekerja sama dan terhubung satu sama lain dapat meningkatkan kinerja komputer menjadi lebih baik.

Komponen komputer juga akan terus berkembang mengingat pada saat ini teknologi juga berkembang cukup pesat. Sehingga bukan tidak mungkin jika nantinya komponen komputer juga akan bertambah dan memiliki fungsi yang lebih canggih. Bentuk dari komponen komputer juga bermacam–macam, sehingga cara menggunakannya juga berbeda.

Lihat Juga : Pengertian Input dan Output

Macam – macam komponen komputer dan contohnya

Fungsi Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Komponen komputer sendiri sebenarnya terdiri dari tiga macam yaitu hardware, software, dan brainware. Lalu apa itu pengertian, fungsi dan contoh dari masing-masing komponen tersebut. Berikut ini beberapa informasi yang dapat Anda simak.

A. Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau yang bisa Anda sebut dengan perangkat keras, merupakan salah satu jenis komponen komputer yang dapat dilihat secara kasat mata dan memiliki wujud fisik yang dapat dipegang atau diraba. Perangkat keras komputer ini juga dibedakan lagi menjadi empat bagian seperti input device, output device, processing device, dan storage device. Contoh dari komponen komputer jenis ini antara lain yaitu:

1. Keyboard

Keyboard
Sumber Gambar : logitech.com

Keyboard merupakan perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai komponen input. Dengan kata lain adalah suatu alat yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa huruf, angka, atau simbol dan mengirimkannya ke CPU (Central Processing Unit). Pada saat ini keyboard juga mengalami berbagai macam perkembangan. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya keyboard yang menggunakan format standar QWERTZ yang sudah diakui sebagai standar internasional.

Secara fisik keyboard terdiri dari papan yang memiliki tombol yang berbeda-beda, dan memiliki fungsi masing-masing sehingga pengguna dapat melakukan apa yang diinginkannya. Pada umumnya keyboard QWERTY memiliki 101 tombol dengan susunan Alpha numeric Key, Numeric Keypad, Function Key, dan Control Key.

Lihat Juga : 12 Jenis-Jenis Keyboard pada Komputer

2. Mouse

Mouse
Sumber Gambar : logitech.com

Mouse adalah perangkat keras yang bertindak sebagai komponen input yang menerima input dari pengguna. Karena bentuk fisik yang dimilikinya hampir sama seperti tikus, maka tidak heran jika perangkat ini dinamakan mouse. Jika Anda perhatikan, mouse juga dilengkapi dengan berbagai tombol, seperti klik kanan untuk membuat menu options dan klik kiri untuk memilih menu. Mouse juga memiliki tombol scroll yang memiliki sensor untuk menggerakkan kursor ke atas dan ke bawah.

Selain itu ada berbagai jenis mouse yang dapat Anda temukan di pasaran. Misalnya yaitu mechanical mouse, optomechanical mouse, dan optical mouse.

3. Microphone atau Headphone

Headphone
Sumber Gambar : tokopedia.com

Microphone di sini berfungsi untuk membantu suara Anda agar dapat terdengar jelas pada lawan bicara Anda . Sedangkan Headphone berfungsi untuk mendengarkan suara Anda yang telah diproses dalam komputer tersebut.

4. Touchpad

Touchpad
Sumber Gambar : dell.com

Touchpad merupakan salah satu jenis perangkat keras yang terdiri dari papan yang dilapisi sensor khusus yang berfungsi untuk mendeteksi gerakan jari Anda. Touchpad biasanya sering Anda temukan pada sebuah laptop sebagai pengganti mouse. Namun yang perlu Anda tahu bahwa touchpad juga bisa Anda gunakan pada komputer. Biasanya touchpad yang digunakan pada komputer adalah jenis touchpad portabel yang menggunakan kabel.

5. Joystick

Joystick
Sumber Gambar : ubuy.co.id

Joystick merupakan salah satu perangkat input komputer yang biasanya digunakan untuk membantu memudahkan Anda ketika bermain game karena bentuknya yang seperti tuas dan mudah digerakkan ke segala arah.

6. Light Pen

Light Pen
Sumber Gambar : shopee.co.id

Light Pen adalah salah satu jenis hardware yang tidak asing untuk para desainer grafis. Perangkat ini biasanya digunakan untuk memudahkan mereka menuangkan ide–ide mereka dengan menulis atau menggambar karya mereka pada layar komputer mereka.

7. Printer

Printer
Sumber Gambar : epson.co.id

Printer merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi sebagai komponen keluaran atau output. Perangkat ini dirancang untuk menampilkan data dalam format cetak, baik kertas, gambar ataupun grafik. Selain memiliki kemampuan untuk menghasilkan dokumen secara cetak, printer juga memiliki fitur lain seperti menduplikasi dokumen, pemindaian dokumen, dan kemampuan transmisi data. Jenis printer yang banyak Anda temui di pasaran adalah printer dot matrix, printer ink jet, printer laser jet, printer DTG, printer banner, printer outdoor, dan printer thermal.

8. Monitor

Monitor
Sumber Gambar : lg.com

Monitor adalah jenis perangkat keras yang bertindak sebagai komponen keluaran. Monitor juga dikenal sebagai layar komputer. Layar ini digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam format grafik. Perangkat ini memainkan peran yang sangat penting. Tanpa monitor, Anda tidak dapat mengamati perangkat komputasi lain secara langsung. Hingga saat ini, beberapa jenis monitor tersedia juga bermacam–macam. Misalnya seperti Monitor CRT, LCD, LED (light emitting diodes), monitor plasma, monitor 4K, Monitor Curved, Monitor TFT, Monitor OLED, Monitor DLP, dan Monitor Touchscreen.

Lihat Juga : 12 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik

9. Scanner

Scanner
Sumber Gambar : epson.co.id

Scanner adalah salah satu komponen input yang ada pada sebuah komputer. Sebuah alat yang dapat digunakan sebagai pemindai, atau alat yang dapat menduplikasi dokumen dan objek secara digital dan menyimpannya pada komputer Anda. Scanner itu sendiri hadir dalam berbagai jenis dan format. Jenis-jenis scanner yang ada di pasaran adalah scanner drum, scanner flatbed, film scanner, dan roller scanner.

10. Pengeras suara (Speaker)

Speaker
Sumber Gambar : logitech.com

Speaker adalah perangkat keras yang bertindak sebagai komponen output, Speaker juga dapat memberikan output dari CPU dalam bentuk suara atau audio. Speaker komputer terdiri dari beberapa bagian seperti sekat rongga, membran, magnet, kumparan, casing, dan lain–lain.

11. RAM

RAM
Sumber Gambar : crusial.com

RAM (Random Access Memory) adalah jenis perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan. Sesuai dengan namanya yaitu Random yang berarti acak, RAM digunakan sebagai media penyimpanan, tetapi memori bersifat sementara dan acak, selain itu RAM juga dapat diakses jika komputer dihidupkan saja. RAM bekerja ketika ada sebuah instruksi dari prosesor, kemudian RAM yang bertugas untuk menyimpan data dari instruksi tersebut. Oleh karena itu, RAM bekerja saat komputer masih menyala, dan ketika dimatikan, instruksi dari RAM tersebut akan hilang.

RAM yang biasa ditemukan pada komputer adalah berbentuk chip. Jika motherboard Anda memiliki slot RAM, Anda dapat menambahkan chip di dalamnya. Semakin banyak spesifikasi RAM yang dimiliki komputer Anda, maka semakin cepat kinerja komputer Anda. RAM yang tinggi juga dapat mempercepat proses loading data dan program yang Anda akses. Oleh karena itu disarankan jika Anda memilih komputer yang memiliki spesifikasi RAM yang tinggi. Beberapa spesifikasi RAM yang digunakan juga bermacam–macam, seperti RAM DDR 3, RAM DDR 4, dan RAM DDR 5.

12. Power Supply

Power Supply
Sumber Gambar : rs-online.id

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa komputer Anda tetap hidup meskipun sumber listrik dalam keadaan padam? Dapat Anda ketahui bahwa hal ini karena adanya perangkat yang disebut dengan power supply. Power supply adalah perangkat keras yang memiliki kemampuan untuk menyuplai daya/tegangan pada komponen komputer. Daya akan disuplai ke motherboard, hard drive, heatsink, dll.

Tujuan dari power supply adalah untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Saat ini, ada beberapa jenis power supply yang dapat Anda ketahui. Misalnya seperti:

  • Power Supply AT – Power supply jenis ini memiliki kabel power yang terhubung dengan motherboard dan dipisahkan menjadi dua konektor, yaitu konektor P8 dan konektor P9. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati untuk menghindari kesalahan selama proses instalasi.
  • Power Supply ATX – Power Supply jenis ini memiliki sejumlah besar kabel 20-pin yang terletak dalam satu unit untuk menghubungkan ke motherboard. Berbeda dengan jenis power supply sebelumnya, power supply jenis ini sangat jarang terjadi kesalahan pada saat proses instalasi atau pemasangannya.

13. Mainboard atau Motherboard

Motherboard
Sumber Gambar : intel.co.id

Mainboard atau Motherboard dapat dikatakan sebagai salah satu komponen utama bagi sebuah komputer, karena di dalamnya terdapat sistem Basic Input Output System, RAM, VGA Card, dan lain–lain. Secara sederhana motherboard juga memungkinkan semua komponen penting pada komputer Anda untuk saling terhubung dengan komponen lain. Sehubungan dengan fungsinya, motherboard memiliki kemampuan untuk menyediakan akses ke setiap komponen saat berhubungan satu sama lain. Selain itu, motherboard juga dapat meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri.

14. Processor (CPU)

Processor
Sumber Gambar : jetorbit.com

CPU (Central Processing Unit) adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai otak bagi sebuah komputer, di mana jenis perangkat keras ini bertugas untuk memproses segala instruksi pada komputer Anda. Selain itu CPU juga memiliki fungsi lain yaitu untuk mengatur segala aktivitas dan menjalankan program yang terdapat dalam sebuah komputer. Misalnya, ketika Anda menekan Alt + F4, maka secara otomatis akan menutup program yang terbuka. Hal ini menunjukkan bahwa CPU yang menerima instruksi, kemudian memprosesnya, dan kemudian menjalankan instruksi atau perintah tersebut.

Saat membeli komputer, hal pertama yang dapat Anda lihat adalah spesifikasi komputer. Misalnya, prosesor 32-bit sangat berbeda dari prosesor 64-bit. Komputer dengan prosesor 64-bit mempunyai kinerja jauh lebih baik daripada prosesor 32-bit. Oleh karena itu Anda harus lebih berhati-hati saat memutuskan spesifikasi CPU yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

15. Heatsink

Heatsink
Sumber Gambar : amazon.com

Heatsink atau pendingin PC adalah perangkat keras yang memiliki bentuk fisik seperti kipas yang terbuat dari tembaga dan aluminium. Fungsi utama dari heatsink sendiri sebenarnya sama dengan kipas pada umumnya yaitu untuk memberikan suhu dingin pada prosesor, sehingga kinerja prosesor menjadi lebih stabil. Heatsink juga dapat menyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor. Maka tidak heran, jika setiap komputer atau PC memiliki heatsink yang terpasang.

16. Hard disk

Harddisk
Sumber Gambar : amazon.com

Hard Disk (HDD) adalah salah satu perangkat keras komputer yang juga digunakan sebagai media penyimpanan. Pada umumnya, hard disk memiliki ruang yang bertanggung jawab untuk menyimpan data secara permanen. Saat Anda mematikan komputer, Anda masih bisa mengakses data yang disimpan ketika Anda menyalakan komputer kembali. Kecuali jika Anda menghapus data tersebut secara manual atau karena terinfeksi virus.

Tidak seperti RAM yang dapat menyimpan data dan instruksi hanya saat komputer menyala, hard disk memungkinkan Anda untuk menyimpan data secara permanen seperti program, dokumen, gambar, audio, dan video pada komputer Anda. Anda juga tidak perlu khawatir kehilangan data karena hard disk memiliki cadangan, atau pemulihan data yang hilang. Beberapa jenis Hard disk yang dapat Anda ketahui adalah Hard Disk SCSI, Hard Disk Raid, Hard Disk ATA/AIDE, Hard Disk SATA, dan SSD.

17. Kartu VGA (Virtual Graphics Array)

VGA Card
Sumber Gambar : shopee.co.id

Kartu VGA adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memproses dan menerjemahkan output ke dalam monitor. Kartu VGA juga dikenal sebagai adaptor grafis video. Kehadiran kartu VGA pada komputer Anda tidak berdampak banyak seperti komponen komputer penting lainnya. Penggunaan VGA ditujukan untuk hal-hal yang berhubungan dengan grafis seperti desain 3D dan game.

Fungsi utama dari kartu VGA sendiri sebenarnya adalah untuk mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan grafis melalui monitor. Akibatnya, komputer yang tidak memiliki VGA biasanya memiliki tampilan layar yang kurang bagus dan tidak sedap dipandang.

Lihat Juga : 10 Fungsi VGA pada Komputer

18. Flash disk

Flashdisk
Sumber Gambar : shopee.co.id

Flashdisk atau drive USB adalah media penyimpanan untuk perangkat PC dan laptop. Tidak ada data yang akan hilang meskipun daya komputer Anda dimatikan. Data yang Anda simpan juga tidak akan hilang kecuali Anda hapus. Flash disk dapat dihubungkan ke komputer melalui port USB pada motherboard. Flashdisk memiliki komponen yang lebih sederhana dibandingkan media penyimpanan seperti hard disk.

Flashdisk dapat digunakan sebagai alternatif hard disk untuk menyimpan data pribadi Anda. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah dibawa. Flash disk pada awalnya hanya memiliki kapasitas sekitar 512MB. Namun seiring perkembangan teknologi, kapasitas flashdisk menjadi terus berkembang dari 1GB, 2GB, 3GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, dan seterusnya.

Lihat Juga : 10 Rekomendasi Flashdisk OTG Terbaik

19. Optical Drive

Optical Drive
Sumber Gambar : wikipedia.org

Tahukah Anda tentang CD atau DVD? Kedua alat tersebut merupakan jenis media penyimpanan yang termasuk dalam perangkat keras jenis optical drive. Oleh karena itu, optical drive adalah perangkat keras yang memiliki fungsi yang sama dengan hard drive atau flash drive, yaitu sebagai media penyimpanan. Namun di sini ada berbagai jenis optical drive yang dapat Anda ketahui. Misalnya seperti:

  • CDROM (Compact Disc-Read-Only Memory) – Alat yang hanya dapat digunakan untuk membaca CD.
  • CDRW (Compact Disk–Rewritable) – Alat yang dapat melakukan dua fungsi: membaca dan menulis CD.
  • DVD-ROM (Digital Video Disc-Read Only Memory) – Perangkat yang dapat membaca CD dan DVD.
  • DVD Combo – Alat yang tidak hanya dapat membaca CD dan DVD, tetapi juga dapat menulis CD, tetapi tidak dapat menulis DVD.
  • DVD RW – Alat berfitur lengkap. Dengan kata lain, selain membaca CD dan DVD, Anda juga dapat menyimpan dan menulis CD dan DVD.

20. SSD

SSD
Sumber Gambar : wikipedia.org

SSD atau kepanjangan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, adalah sebuah perangkat untuk menyimpan data menggunakan seperangkat IC (Integrated Circuits) yang berfungsi sebagai memori untuk menyimpan data tersebut secara permanen. Secara umum, SSD memiliki fungsi yang sama dengan hard disk. Namun, SSD adalah inovasi penyimpanan data.

Dengan menggunakan SSD, data disimpan pada chip memori flash berbasis NAND yang saling terhubung. Chip tersebut lebih cepat dari flash disk. Meski demikian, SSD belum banyak dikenal di kalangan pengguna komputer karena harganya sangat tinggi.

Lihat Juga : 10 Rekomendasi SSD Laptop Terbaik

21. LAN Card

LAN Card
Sumber Gambar : blibli.com

LAN Card sering disebut sebagai NIC (Network Interface Cards), Kartu Ethernet, atau Kartu Jaringan. Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer ke jaringan, terutama di area LAN. Misalnya jaringan komputer seperti gedung, rumah, dan kantor.

Kartu LAN biasanya dipasang pada slot PCI yang terdapat pada motherboard. Secara umum, ada dua jenis NIC, yaitu NIC fisik dan NIC logis. Contoh NIC fisik termasuk Token Ring dan NIC Ethernet. Sedangkan contoh NIC logis adalah loopback adaptor dan dial-up adaptor. Saat ini dengan kemajuan teknologi yang ada, LAN Card terbagi menjadi dua jenis yaitu LAN Card kabel dan LAN Card nirkabel atau wireless.

Lihat Juga : 10 Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer

22. WLAN Card

WLAN Card
Sumber Gambar : shopee.co.id

WLAN Card atau juga dikenal sebagai adaptor WiFi, adalah perangkat komputasi yang terhubung ke jaringan Anda. Fungsinya sama dengan LAN Card yang ditujukan untuk menghubungkan komputer dengan akses jaringan. Namun karena adanya jaringan WiFi, Anda tidak perlu membawa kabel ke mana-mana hanya untuk tersambung pada jaringan, sehingga memudahkan dalam menjalin koneksi jaringan. WLAN Card juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan komputer Anda ke jaringan secara nirkabel.

23. Sound Card

Sound Card
Sumber Gambar : ubuy.co.id

Sound Card merupakan salah satu komponen yang mengacu pada kebutuhan audio dan suara pada komputer. Misalnya, jika Anda mendengar suara dari komputer melalui headset atau speaker, suara yang Anda dengar diproses oleh sound card. Ada berbagai jenis sound card berdasarkan cara pemasangannya yang dapat Anda ketahui misalnya, Sound Card Onboard, Sound Card offboard, dan Sound Card eksternal.

24. Webcam

Webcam
Sumber Gambar : asus.com

Webcam atau camera web adalah istilah yang digunakan untuk kamera yang dapat dihubungkan dengan komputer. Secara umum, fungsi webcam mirip dengan kamera biasa, sehingga memudahkan untuk memproses pesan seperti obrolan video secara real time. Webcam juga dilengkapi dengan perangkat lunak yang dirancang untuk menangkap gambar dari kamera digital pada interval waktu tertentu yang terhubung melalui koneksi internet.

Fungsi utama webcam di sini hanya untuk merekam dan mengirim gambar yang diambil langsung oleh komponen tersebut. Sampai saat ini, jenis webcam yang ada di pasaran juga bermacam–macam, tergantung pada kemampuannya dalam mengambil gambar.

Lihat Juga : Pengertian Plug and Play

B. Software (Perangkat Lunak)

Berbeda degan hardware, software sendiri merupakan komponen komputer yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata. Namun jangan salah, software memiliki peran yang cukup penting bagi sebuah komputer untuk dapat menjalankan segala macam perintah atau instruksi yang masuk pada hardware komputer Anda. Beberapa contoh komponen komputer yang termasuk dalam jenis software adalah sebagai berikut:

1. Perangkat lunak sistem

Laptop Windows 11
Sumber Gambar : digitaltrends.com

Perangkat lunak sistem merupakan salah satu software primer yang harus ada pada komputer. Sistem operasi ini memiliki fungsi sebagai penghubung dan pengendali antara hardware dan software lain. Contoh dari perangkat sistem operasi pada komputer yaitu Windows, Mac, dan Linux.

Lihat Juga : 7 Fungsi Sistem Operasi pada Komputer

2. Web Browser

1 Halaman beranda Microsoft Edge

Web browser merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menerima dan menampilkan berbagai macam informasi yang berasal dari internet. Informasi yang ditampilkan bisa berupa halaman website, gambar, video, atau berbagai macam jenis konten lainnya. Contoh web browser yang ada pada umumnya seperti Google Chrome, Internet Explorer, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, UC Browser, dan lainnya.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Browser PC & Mac Terbaik

3. Perangkat lunak pemutar audio

Winamp
Sumber Gambar : ussfeed.com

Perangkat ini merupakan salah satu software yang berfungsi untuk memainkan file audio atau musik pada komputer Anda. Winamp merupakan salah satu contoh dari perangkat lunak pemutar audio yang dapat Anda ketahui. Selain itu perangkat lunak tersebut juga terhubung dengan perangkat keras komputer seperti speaker, sehingga audio dapat Anda dengar secara lebih jelas.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Pemutar Audio PC & Mac Terbaik

4. Perangkat lunak pemutar video

5 Tampilan VLC saat memutar video

Anda tentunya menggunakan komputer tidak hanya digunakan untuk bekerja saja, melainkan dapat Anda gunakan sebagai media hiburan seperti melihat video atau film. Untuk itu software ini berfungsi sebagai pemutar video. Beberapa contoh jenis pemutar video yang dapat Anda gunakan ada bermacam–macam seperti Windows media player, VLC, GOM player, dan Media Player Classic.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Pemutar Video PC & Mac Terbaik

5. Perangkat lunak pengolah gambar

Daftar Shortcut Key Adobe Photoshop
Sumber Gambar : Adobe

Software ini merupakan perangkat yang lebih spesifik digunakan untuk mengedit gambar atau membuat desain. Anda bisa menggunakan perangkat lunak pengolah gambar untuk mengedit gambar atau foto menjadi lebih menarik sesuai keinginan dan kebutuhan. Para desainer grafis memanfaatkan perangkat lunak pengolah gambar untuk menyelesaikan proyek mereka seperti banner, poster, brosur, pamflet, logo, cover buku, dll. Contoh beberapa aplikasi yang sering digunakan misalnya seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dan Paint.

Lihat Juga : 19 Aplikasi Desain Grafis PC, Laptop, dan Mac Terbaik

6. Perangkat lunak antivirus

Avast!
Sumber Image : CNET Download

Yang perlu Anda ketahui pula bahwa komputer Anda juga dapat terkena virus. Oleh karena itu software ini dapat berfungsi untuk mencegah dan membersihkan berbagai virus yang masuk pada komputer Anda. Avast merupakan salah satu aplikasi antivirus yang paling populer dan sering digunakan bagi para pengguna komputer.

Lihat Juga : 15 Aplikasi Antivirus PC & Mac Terbaik

C. Brainware

Komponen komputer yang terakhir adalah brainware. Brainware atau yang bisa Anda sebut dengan perangkat otak merupakan pihak yang mengoperasikan komputer dalam arti lain adalah pengguna komputer itu sendiri. Jadi dapat Anda ketahui pula jika brainware juga penting karena perangkat tersebut yang berfungsi untuk menjalankan komputer.

Lihat Juga : 13 Contoh Hardware, Software, dan Brainware Komputer

Penutup

Beli PC Gaming Armaggeddon Shopee
PC Gaming Armageddon

Dapat disimpulkan bahwa komponen komputer merupakan beberapa jenis komponen komputer seperti hardware, software, dan brainware yang saling terhubung satu sama lain dan bekerja sama untuk menjalankan fungsinya. Komponen hardware sendiri juga bermacam–macam seperti keyboard, mouse, monitor, hard disk, webcam dan lain–lain. Kemudian untuk komponen software contohnya seperti web browser, perangkat lunak sistem, perangkat lunak pemutar video, perangkat lunak pengolah gambar, dan lain–lain. Semua komponen tersebut saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama sehingga fungsi komputer dapat berjalan maksimal.

Bagaimana cara merawat komponen komputer?

Anda dapat melakukan beberapa cara seperti membersihkan CPU secara berkala, kemudian jangan lupa untuk membersihkan dan merawat layar monitor Anda, matikan komputer sesuai prosedur, uninstall program–program yang tidak perlu atau tidak Anda gunakan, dan yang terakhir pastikan aliran listrik dalam keadaan stabil.

Sebutkan contoh dari sistem operasi?

Microsoft Windows, Linux, ChromeOS, MacOSX, Android, iOS, dan masih banyak lagi.

Apa saja komponen utama pembangun sistem komputer?

Komponen utamanya yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan juga manusia/pengguna (brainware)


Penulis: Adella Eka Ridwanti | Editor: Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!