13 Aplikasi Streaming Musik Android & iOS Terbaik

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik adalah salah satu jalan yang ampuh untuk mengubah suasana kehidupan menjadi lebih tenang. Musik memang dinilai memiliki kekuatan yang dapat merubah suasana hati seseorang, sesuai dengan jenis musik yang ia dengarkan.

Dengan adanya kekuatan itu, banyak orang yang selalu mendengarkan musik di setiap aktivitasnya, dan mungkin anda adalah salah satu dari mereka. Setiap orang juga memiliki pilihannya masing-masing untuk mendengarkan musik, ada yang mendengarkan melalui CDnya, ada yang mendengarkan secara digital diponsel atau perangkat komputer. Kalau anda termasuk golongan yang mana?

Di zaman yang serba pintar ini, Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk mendengarkan musik, salah satu caranya adalah dengan mendengarkan secara online atau streaming di salah satu platform musik yang ada di Android.

Lihat Juga : 19 Software Pemutar Musik PC & Mac Terbaik

Aplikasi Streaming Musik Terbaik

Di Kesempatan kali ini, penulis akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat anda jadikan referensi dalam memilih aplikasi streaming musik terbaik. Berikut daftarnya…

1. YouTube Musik

YouTube Music
image source : google play

Tahukah Anda, kalau saat ini YouTube telah membuat layanan tersendiri untuk semua pengguna yang ingin memutar musik di YouTube. Layanan itu bernama YouTube Musik, layanan ini dapat anda akses di internet, disini, atau melalui aplikasi Android & iOS.

YouTube Musik  adalah layanan yang dikembangkan untuk mempermudah Anda mencari musik-musik kesukaan di platform YouTube. Dengan menggunakan layanan ini anda akan bisa mendengarkan musik tanpa takut merugikan penciptanya, anda juga dapat membuat playlist anda sendiri.

Tidak hanya itu, YouTube Musik juga akan memberikan banyak pilihan lain, beberapa diantaranya adalah, rekomendasi, dan hotlist, yang akan menyesuaikan dengan waktu, tempat, dan kesukaan anda. Dengan YouTube Musik, anda juga bisa melakukan pencarian lagu tanpa harus tahu judulnya. Anda hanya perlu mencarinya lewat pencarian lirik. Namun kelemahan dari layanan ini adalah tidak bisanya memutar lagu di latar belakang, hal ini hanya bisa diatasi dengan bergabung dalam premium member.

Selain meng-unlock fitur pemutar latar belakang, dengan bergabung sebagai Premium Member, anda juga tidak akan direpotkan lagi dengan iklan-iklan menyebalkan, kelebihan ini tetap bisa anda rasakan saat menonton video di YouTube normal. Untuk Anda yang ingin mencoba aplikasi ini, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

2. Spotify

Spotify Music
Sumber Image : Play Store

Spotify, salah satu aplikasi yang cukup populer dikalangan pengguna gadget. Aplikasi yang muncul sejak tahun 2016 ini memang pantas untuk populer. Kenapa tidak? Spotify memiliki koleksi musik yang sangat beragam dan sangat up-to-date, mulai dari lagu lokal sampai lagu non-lokal, hampir semuanya ada.

Tidak hanya itu, di Spotify anda juga dapat digunakan untuk mendengarkan podcast dari artis-artis kesukaan. Kekurangan dari Spotify adalah fitur-fiturnya yang terbatas hanya untuk premium member, tapi tetap playable untuk free member. Untuk mencoba, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

3. Joox

JOOX

Aplikasi berikutnya adalah Joox Music, aplikasi yang dikembangkan oleh Tencent Mobility Limited. Sama dengan aplikasi sebelumnya, Joox ini juga merupakan aplikasi yang memberikan layanan streaming musik, dengan koleksi yang sangat beragam dan up-to-date.

Tidak tanggung-tanggung, Joox juga memiliki fitur karaoke yang dapat anda gunakan secara gratis, Joox juga memiliki 50 saluran radio yang akan selalu memutar lagu-lagu hits dan lagu terbaru tanpa jeda. Tidak hanya itu Joox juga memiliki fitur Joox Live, yang menampilkan konser-konser musik dan video interview dari para artis.

Unduh Joox Music melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 6 Cara Membuat SlideShow Foto & Musik

4. Apple Music

Apple Music
image source : google play

Merupakan aplikasi hasil kembangan brand yang sangat terkenal, Apple Music hadir dengan 60 juta lagunya untuk menemani hari-hari membosankan anda. Untuk anda yang tidak menggunakan produk apple, anda tidak perlu khawatir, karena saat ini Apple Music juga tersedia diperangkat android.

Dengan menggunakan Apple Music, anda akan bisa mendengarkan 60 juta lagu yang tersedia di katalog apple secara langsung, tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Anda juga bisa mengunduh lagu-lagunya jika anda ingin mendengarkan dalam keadaan offline. Untuk Anda yang ingin mencobanya, Apple menyediakan layanan gratis 3 bulan untuk anggota baru, jadi tunggu apa lagi.

Unduh Apple Music melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

5. SoundCloud

SoundCloud
image source : google play

Aplikasi yang dulu sempat disebut dengan sebutan “YouTube-nya Musik”, SoundCloud. Merupakan aplikasi dimana para artis baik yang amatir atau yang profesional dapat mengunggah karya mereka.

Di SoundCloud, anda bisa menjadi artis atau hanya menjadi pendengar, disini anda akan bisa mem-follow akun teman atau artist kesukaan anda untuk mendengarkan lagu yang mereka bagikan. Anda juga dapat melihat lagu-lagu kesukaan mereka di playlist yang mereka buat. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, SoundCloud merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan secara gratis tanpa adanya kesenjangan sosial antara pengguna.

Coba SoundCloud dengan mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

6. Resso

Resso
image source : google play

Masih dengan aplikasi streaming musik Android. Di Urutan keenam ini, ada aplikasi yang cukup unik, dia adalah Resso. Resso adalah aplikasi streaming musik yang sama seperti aplikasi lainnya, yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi lainya adalah tampilan UI-nya yang terkesan modern dan lebih kekinian.

Di Resso, anda juga dapat mengunggah berbagai macam foto, gif, atau video di lagu-lagu favoritmu untuk mengekspresikan apa yang anda rasakan. Tidak hanya itu, di Resso anda juga dapat menampilkan lirik lagu yang sedang anda putar. Anda juga bisa melihat playlist teman atau membuat playlist anda sendiri.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 4 Cara Convert Video MP4 ke MP3

7. Shazam

Shazam
Sumber Image : Google Play

Shazam merupakan layanan musik yang sudah ada sejak 2002, pada awalnya Shazam merupakan layanan musik yang ada di hp-hp jadul. Pada 2008 Shazam masuk ke dalam App Store sebagai aplikasi pertama, lalu saat ini Shazam sudah menjadi bagian dari keluarga Apple.

Dengan menggunakan Shazam anda akan bisa menemukan berbagai lagu, lirik, atau artist hanya dalam hitungan detik.  Anda juga bisa menambahkan lagu yang anda dapatkan di Shazam ke dalam playlist di Apple Music atau Spotify. Tidak hanya itu Shazam juga dapat memutar lagu dibelakang layar, bahkan aplikasi ini juga dapat dijalankan secara offline.

[Google Play] [App Store]

8. Deezer Music

Deezer Music
image source : google play

Temukan 56 juta lagu yang berbeda dengan aplikasi Deezer Music. Tidak hanya lagu yang dapat anda temukan, di Deezer Music anda juga bisa mendengarkan podcast, radio, dan channel audio yang akan menghilangkan kebosanan anda.

Sama halnya dengan aplikasi musik lainnya, Deezer Musicini juga memiliki fitur-fitur yang dimiliki aplikasi lain, seperti playlist, lirik, offline mode, dan beberapa fitur lainnya. Anda bisa menikmati semua itu dengan mengunduh aplikasi ini.

Unduh Deezer Music melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

9. SongFlip

SongFlip
image source : google play

Dengan jutaan lagu yang dimilikinya, SongFlip akan membuat kehidupan anda menjadi lebih cerah lagi. Hanya dengan bermodalkan koneksi internet anda sudah bisa menikmati semua lagu secara gratis. SongFlip juga memberikan kebebasan dalam membuat playlist anda sendiri. Anda bisa memasukkan lagu-lagu favorit anda ke dalam playlist untuk memudahkan anda dikemudian hari.

Unduh SongFlip melalui link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 12 Aplikasi Pemutar Video Android Terbaik

10. TuneIN

TuneIN
image source : google play

Meskipun bukan aplikasi yang berfokus memberikan layanan musik, namun aplikasi yang satu ini masih bisa menjadi pilihan untuk anda. TuneIN merupakan aplikasi yang memiliki lebih dari 100.000 saluran radio yang mencakup berbagai kategori, mulai dari berita, sport, sampi musik. Jika anda membuka deskripsi aplikasi di Google Play, disana disebutkan 5 alasan untuk mengunduh TuneIN.

  • Tersedia Live Sport
  • Musik tanpa henti
  • Berita terbaru dari setiap sudut
  • Semua podcast favorit untuk anda
  • Powerful Free Radio Apps

[Google Play] [App Store]

11. Yandex Music & Podcast

Yandex Music & Podcast
image source : google play

Yandex Music & Podcast merupakan aplikasi yang memberikan layanan streaming musik dengan puluhan juta lagu yang dapat anda nikmati. Yandex Music & Podcast juga memiliki podcast dengan beragam topik untuk didengar. Disini anda juga dapat membuat playlist anda sendiri dan mengisinya dengan berbagai lagu favorit.

Anda juga dapat melihat playlist rekomendasi yang dibuat secara otomatis berdasarkan jenis lagu kesukaan anda. Yandex Music & Podcast juga dapat dijalankan dalam keadaan offline, namun untuk bisa melakukannya, anda harus berlangganan terlebih dahulu. Anda juga akan mendapatkan kelebihan lain saat berlangganan, seperti suara berkualitas tinggi, tidak ada iklan, dan beberapa keunggulan lain.

[Google Play] [App Store]

12. Spotify Lite

Spotify Lite
image source : google play

Sama halnya dengan Spotify biasa, Spotify Lite ini juga merupakan aplikasi dimana anda dapat mendengarkan jutaan lagu secara gratis. Yang membedakan versi lite dan versi biasanya adalah ukurannya yang lebih kecil untuk versi lite, namun dengan fitur yang sedikit di pangkas.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Convert Video Android Terbaik

13. Shazam Lite

Shazam Lite
image source : google play

Sama seperti Spotify Lite yang merupakan hasil pangkasan dari Spotify biasa, Shazam Lite juga merupakan aplikasi yang sama. Untuk versi Lite ini Anda akan mendapatkan Shazam dengan ukuran yang lebih kecil, data yang lebih hemat, namun dengan fitur yang terpangkas.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.