Pengertian Input dan Output pada Komputer, Contoh Perangkat, dan Perbedaan

Input/Output merupakan perangkan masukan dan keluaran yang terdapat pada komputer.

Bagi sebuah perangkat elektronik seperti komputer tentunya memiliki beberapa perangkat-perangkat penting yang saling terhubung satu sama lain dan bekerja sama agar komputer dapat bekerja secara maksimal dan memberikan manfaat kepada penggunanya. Contoh perangkat yang cukup penting bagi sebuah komputer yaitu perangkat input dan output pada komputer. Kedua perangkat tersebut merupakan bagian dari sistem microprocessor yang dapat dikatakan bila tanpa keduanya komputer tidak dapat dijalankan.

Kedua perangkat tersebut juga dapat disebut sebagai bagian anggota tubuh dari komputer, karena masing-masing perangkat, baik perangkat input atau output jika dijalankan memiliki beberapa fungsi atau peran yang berbeda-beda. Lalu apa itu pengertian input dan output, serta apa saja contoh perangkat tersebut, dan apa perbedaan dari keduanya. Berikut ini beberapa informasi yang dapat Anda simak.

Lihat Juga : Pengertian Enkripsi

Pengertian Input dan Output

Pengertian Input Output Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Input adalah perangkat “masukan” yang dipasang pada komputer atau laptop sesuai dengan port masing-masing, yang berfungsi untuk memasukkan perintah dan data yang diproses dalam komputer Anda. Perangkat input juga yang memberi perintah secara langsung kepada penggunanya. Sehingga dapat dikatakan bahwa perangkat input merupakan bagian yang penting dalam sebuah komputer, karena perangkat tersebut terhubung secara langsung dengan pengguna komputer.

Sedangkan output adalah perangkat “keluaran” yang dirancang untuk menyampaikan dan menampilkan informasi kepada pengguna. Informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk audio, gambar, video, dan teks. Sehingga dapat dilihat, didengar, dan dipahami dengan mudah oleh pengguna komputer. Berikut ini merupakan beberapa contoh dari perangkat input dan output pada komputer yang dapat Anda ketahui.

Lihat Juga : Pengertian Teknik Komputer Jaringan

Contoh Perangkat Input

Contoh Perangkat Input Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Ada banyak sekali perangkat input yang dapat digunakan pada komputer, beberapa perangkat input mungkin sudah sering Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti: keyboard, mouse, dan touchpad. Selengkapnya, Anda bisa simak daftar perangkat input beserta penjelasannya berikut ini

1. Keyboard

Keyboard atau yang bisa disebut dengan papan ketik merupakan sebuah papan pada komputer yang terdiri dari beberapa tombol yang bertuliskan huruf alfabet dari A sampai Z, kemudian angka 0 sampai 9, hingga beberapa simbol khusus. Beberapa tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung dari penekanannya dan dapat digunakan sebagai alat untuk memasukkan data bagi penggunanya.

Lihat Juga : 12 Jenis-Jenis Keyboard pada Komputer

2. Mouse

Mouse adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima inputan berupa gerakan, click, dan scroll yang dapat digunakan untuk memilih file, folder, teks, dan ikon lainnya. Mouse berasal dari bahasa inggris yang berarti “tetikus”. Nama tersebut dipakai karena mouse mempunyai bentuk yang pas digenggam, berukuran kecil, dan hampir sama dengan tikus. Mouse juga memiliki dua tombol yang masing-masing mempunyai fungsi berbeda-beda. Dua tombol tersebut biasanya sering disebut dengan tombol klik kanan dan klik kiri.

Tombol klik kanan memiliki fungsi untuk memilih beberapa menu seperti copy, cut, dan lain-lain. Sedangkan klik kiri menunjukkan OK atau sebagai pengganti tombol Enter.

Lihat Juga : 10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik

3. Light Pen

Light Pen adalah salah jenis perangkat elektronik yang dapat digunakan sebagai pengganti keyboard atau mouse pada komputer. Light pen juga merupakan salah satu perangkat input pada komputer yang sering digunakan untuk kebutuhan grafis, seperti menggambar. Sehingga tidak heran jika para desainer grafis sering menggunakan light pen untuk mempermudah pekerjaannya. Light pen juga memiliki bentuk yang portabel seperti pena dan dapat menampilkan sensor cahaya di ujung pada saat digoreskan pada layar monitor.

Kemudian layar monitor akan merekam enam sinyal elektronik setiap baris pada tiap detiknya. Sehingga dapat membuat Anda dengan mudah menulis atau menggambar pada layar monitor.

4. Touchpad

Touchpad (bantalan sentuh) adalah perangkat input yang berfungsi seperti mouse, yaitu sebagai penunjuk atau kursor. Touchpad sendiri mempunyai bentuk seperti papan yang memiliki permukaan dengan dilengkapi sensor khusus yang dapat mendeteksi gerakan jari tangan Anda. Gerakan jari tangan tersebut kemudian akan direkam dan diterjemahkan menjadi sebuah perintah untuk menjalankan pointer pada layar monitor Anda.

Kemudian untuk perbedaan touchpad dan mouse yaitu, mouse merupakan perangkat portabel yang dapat dilepas ketika tidak digunakan. Sedangkan touchpad sudah terpasang secara permanen pada laptop atau notebook yang Anda miliki.

5. Scanner

Kemudian perangkat input selanjutnya yaitu scanner. Scanner memiliki kemampuan untuk menampilkan atau menyalin teks atau gambar lewat layar monitor, dan kemudian dapat disimpan dalam bentuk file. Hasil salinan sangat mirip dengan aslinya, baik dari warna dan bentuk. Anda juga dapat memilih ukuran sesuai dengan keinginan Anda. Pada saat ini mesin scanner juga semakin berkembang dan digunakan sebagai mesin fotokopi dan printer sekaligus.

6. Joystick

Joystick adalah perangkat input yang memiliki bentuk seperti tuas dan dapat bergerak ke segala arah. Joystick juga memiliki fungsi untuk mengontrol pergerakan kursor pada komputer Anda. Biasanya joystick banyak digunakan untuk aplikasi game dan aplikasi grafis. Selain itu, joystick juga dapat Anda temui pada perangkat input untuk penyandang disabilitas seperti kursi roda, hingga pengendali alat berat.

7. Trackball

Trackball adalah salah satu perangkat keras komputer yang memiliki bentuk bulat kecil  yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah. Trackball juga memiliki fungsi yang hampir sama pula dengan mouse yaitu untuk memilih berbagai perintah dari menu yang ada. Objek ini biasanya diletakkan di bagian atas mouse, dan berada di bagian tengah atas. Trackball memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menggesek atau menavigasi halaman, memilih objek, melakukan drag dan drop, dan mendapatkan informasi melalui hover trackball.

8. Microphone

Microphone merupakan salah satu perangkat input yang digunakan untuk mengubah suara analog menjadi suara digital. Selain itu fungsi dari microphone pada komputer adalah untuk merekam suara ketika melakukan video call dan lain-lain.

9. Webcam

Fungsi Webcam tidak jauh berbeda dengan kamera digital. Webcam adalah kamera yang terhubung ke internet yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video dan mengambil gambar. Perangkat input ini biasanya terhubung ke komputer Anda dan berada di atas layar monitor Anda. Webcam mempunyai bentuk yang cukup mini dan hampir sama seperti kamera CCTV yang dapat merekam saat diaktifkan.

10. Flashdisk

Flashdisk merupakan media data eksternal yang terhubung ke port USB yang dapat menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Flashdisk juga dapat menyimpan data secara permanen bahkan ketika aliran listrik yang terhubung pada flashdisk dimatikan. Hal ini karena flashdisk berisi controller dan memory yang dapat menampung data secara permanen. Selain itu flashdisk juga memiliki ukuran yang kecil dan cara penggunaan yang cukup simple sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

11. Barcode Scanner

Barcode scanner atau pembaca kode batang merupakan perangkat input yang dapat digunakan untuk membaca barcode yang dicetak, mengakap dan menerjemahkan kode ke dalam format data agar dapat terbaca oleh komputer. Kemudian sistem kerja barcode scanner yaitu mengambil, memindai simbol, kemudian mengubah kode bar menjadi data yang dapat dikirim ke komputer dengan format yang lebih sederhana. Biasanya barcode scanner digunakan oleh kasir pada pusat perbelanjaan, toko, dan minimarket untuk mempermudah pekerjaannya.

12. Digitizer

Digitizer merupakan salah satu perangkat input komputer yang memiliki bentuk datar seperti papan yang dapat mengubah data menjadi kode-kode digital. Digitizer memiliki beberapa tombol di samping dan pena khusus yang dapat digunakan untuk menggambar atau menulis data yang dapat terhubung dengan komputer Anda. Kemudian beberapa fungsi lain yang dimiliki oleh digitizer adalah dapat mengubah data analog menjadi data digital, kemudian dapat mengubah format ASCII dengan gnuplot.

13. CD (Compact Disc)

CD atau Compact Disk merupakan alat yang berfungsi untuk media penyimpanan dan pembaca data menggunakan sistem optik dari bahan plastik yang berbentuk lingkaran datar dan memiliki lubang kecil di bagian tengahnya.

14. CD atau DVD ROM

CD atau DVD ROM adalah alat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan CD atau DVD. Di dalam PC Anda, Anda dapat memasang alat ini pada casing CPU Anda. Selain itu, saat ini juga sudah ada beberapa laptop khusus yang di dalamnya tersedia CD atau DVD ROM yang dapat dibuka dari samping.

15. Modem

Kemudian perangkat input yang terakhir yaitu modem. Modem merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer Anda ke internet. Modem juga memiliki berbagai macam jenis dan bentuk yang berbeda. Beberapa ada yang terhubung ke port USB komputer, dan ada juga yang menggunakan fitur WiFi.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Contoh Perangkat Output

Contoh Perangkat Output Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

1. Monitor

Monitor adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menampilkan hasil proses dari komputer Anda, baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video visual. Gambar yang ditampilkan tersebut merupakan hasil dari pengolahan data. Resolusi gambar tiap monitor juga berbeda-beda dan dapat mempengaruhi ketajaman dari gambar tersebut. Semakin tinggi resolusinya, semakin baik gambarnya. Monitor juga memiliki berbagai ukuran, ada yang berbentuk layar datar (flat) dan layar cembung. Ada berbagai jenis monitor yang memiliki fungsi yang berbeda seperti monitor LCD, monitor CRT, monitor plasma, dan monitor LED.

Monitor LCD (Liquid Crystal Display) adalah monitor yang memiliki resolusi lebih tinggi dari monitor CRT, ukurannya juga lebih ramping dan tidak memerlukan tabung hampa untuk menampilkan gambar. Kemudian monitor CRT atau yang biasa disebut dengan monitor tabung, monitor ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan televisi tabung. Selanjutnya monitor plasma, monitor ini memiliki kualitas gambar yang lebih baik dari beberapa jenis monitor yang ada. Dan yang terakhir yaitu monitor LED, yang memiliki bentuk yang ramping dan lebih tipis dibandingkan dengan monitor LCD. Selain itu monitor ini juga membutuhkan konsumsi daya listrik yang lebih sedikit daripada monitor LCD.

Lihat Juga : 12 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik

2. Printer

Fungsi dari printer yaitu untuk mencetak data dari komputer Anda dalam format teks, gambar atau foto. Hasil cetakan dari printer berupa hard copy yang dicetak di atas kertas. Alat utama yang digunakan untuk mencetak adalah tinta dan tinta bubuk. Perbedaan keduanya terletak pada sistemnya. Anda tidak perlu memanaskan tinta, tetapi Anda perlu memanaskan tinta bubuk terlebih dahulu jika akan digunakan. Printer saat ini juga hadir dalam berbagai gaya dan dikemas dengan fitur-fitur canggih.

Bahkan hanya dalam satu perangkat dapat memiliki lebih dari satu fitur sekaligus, seperti mesin fotocopy, scan, dan print. Saat ini, ada versi baru dari printer yang ada juga dapat mencetak dalam jenis 3D sehingga lebih mempermudah pekerjaan Anda.

3. Plotter

Plotter merupakan sejenis printer grafis yang dapat memberikan hasil cetakan yang berukuran besar. Biasanya plotter banyak digunakan oleh para arsitektur untuk mencetak hasil-hasil desainnya. Dan digunakan oleh para engineering untuk mencetak gambar ilustrasi 3D, peta, dan gambar lainnya yang berukuran besar dengan kualitas gambar yang tinggi. Plotter juga memiliki berbagai macam jenis seperti plotter pena, plotter elektrostatis, plotter thermal, plotter cutting, dan lain-lain.

4. Proyektor

Perangkat keras ini adalah jenis alat optik yang digunakan untuk menampilkan gambar pada layar proyeksi atau objek lain yang dapat menerima cahaya yang dipantulkan. Proyektor juga mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai alat presentasi, sebagai media informasi, dan media hiburan. Ada berbagai jenis proyektor yang dapat Anda ketahui seperti proyektor digital, proyektor LCD, proyektor CRT, proyektor DLP, dan proyektor LCOS.

5. Speaker

Speaker adalah perangkat keras yang dapat menghasilkan data dalam format audio atau suara. Perangkat ini juga bisa disebut dengan pengeras suara karena dapat menghasilkan gelombang suara yang keras dan menggelegar serta dapat didengar oleh orang-orang di sekitar Anda. Speaker cocok digunakan pada acara berskala besar atau saat Anda ingin menikmati musik yang keras seperti acara konser, pesta, dan acara besar lainnya.

6. Headphone atau Earphone

Berbeda dengan speaker yang dapat didengar oleh orang-orang di sekitar dengan jangkauan yang cukup jauh. Earphone atau headphone adalah alat untuk mendengarkan data dalam format audio yang ditempatkan di telinga pengguna, sehingga hanya pengguna saja yang dapat mendengar suara dari komputer tersebut.

Lihat Juga : Pengertian Format File ZIP dan RAR

Kesimpulan,

Berdasarkan dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat input dan output dalam sebuah komputer dapat dikatakan sama-sama penting. Karena tanpa keduanya komputer tidak dapat berjalan dengan baik. Perangkat input adalah perangkat masukan yang bertugas untuk memasukkan perintah dan data untuk di proses. Beberapa contoh perangkat input yang dapat Anda ketahui juga bermacam-macam seperti keyboard, mouse, light pen, touchpad, scanner, modem, CD, flashdisk dan lain-lain. Sedangkan perangkat output adalah perangkat keluaran yang bertugas untuk menampilkan hasil dari pemrosesan data tersebut baik berupa gambar, video ataupun teks. Contoh dari perangkat output yaitu monitor, printer, plotter, proyektor, speaker, dan earphone.

Apa perbedaan perangkat input dan output pada komputer?

Perbedaan antara perangkat input dan output sebenarnya dapat dilihat dari kata “masukan” dan “keluaran”. Perangkat masukan berarti menandakan bahwa perangkat tersebut bertugas untuk mengirimkan informasi pada sistem komputer untuk diproses. Dan perangkat keluaran yang nantinya berfungsi untuk menampilkan hasil dari proses tersebut.

Apa kelemahan input dan output pada komputer?

Pada dasarnya selain berperan cukup penting bagi sebuah komputer, perangkat input dan output juga memiliki kelemahan yaitu CPU harus menunggu modul input atau output terlebih dahulu untuk siap dalam mengirim maupun menerima data dalam waktu yang cukup lama. Pada saat proses menunggu siap, CPU juga berkali-kali menanyakan status modul dari perangkat input atau output, sehingga mengakibatkan penurunan kerja pada sistem.

Apa saja teknologi terbaru dari perangkat input?

Teknologi terbaru dari perangkat input ada beberapa macam contohnya yaitu Keyboard Laser, keyboard ini memiliki teknologi khusus yang dapat membantu Anda untuk mengetik di mana saja karena keyboard ini tidak menggunakan kabel atau peralatan besar yang lain. Kemudian selanjutnya ada Mouse Scanner yang merupakan perpaduan antara mouse dan scanner. Dan Handling Haptic Glove yang dapat digunakan sebagai alat pelacak magnet. Perangkat ini dilengkapi teknologi sensor yang dapat digunakan untuk mengambil data fisik misalnya menekuk jari.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…