6 Fungsi VGA pada Komputer

Bagian terbaik dari sebuah komputer merupakan tampilan visual yang disuguhkannya. Hal tersebut dapat terbukti dari antusiasnya…

Bagian terbaik dari sebuah komputer merupakan tampilan visual yang disuguhkannya. Hal tersebut dapat terbukti dari antusiasnya para pengguna komputer dalam melakukan upgrade besar-besaran pada PC mereka, untuk memperoleh tampilan dengan grafis terbaik yang dapat disuguhkan oleh sebuah komputer. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan berbagai tujuan, meskipun game menjadi alasan paling umum untuk upgrade PC. Dalam merakit sebuah komputer, hardware menjadi faktor primer yang amat menentukan performa kinerja perangkat lunak nya. Apalagi untuk menjalankan aplikasi kelas berat seperti game, tentunya peran hardware begitu diperhitungkan oleh para pengguna salah satunya adalah Graphic Card atau biasa kita sebut VGA.

Hardware primer kedua setelah CPU ini disebut sebagai perangkat keras yang menentukan nilai artistik sebuah game. Pasalnya VGA atau Graphic card ini bertugas dalam mengolah visual image yang ditampilkan komputer melalui layar monitor. Semakin bagus VGA yang dipakai maka akan semakin detail pula hasil animasi gambar yang disuguhkan oleh komputer pengguna. Nah sebenarnya bagaimana sih fungsi VGA untuk sebuah komputer? Berikut pembahasannya. 

Lihat Juga : 6 Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Google Hangouts

Fungsi VGA pada komputer

Fungsi VGA Komputer
Sumber Gambar : Tokopedia.com

Meskipun sebenarnya hampir semua komputer dapat bekerja tanpa adanya graphic card. Namun sejatinya, pemakaian VGA mampu memberikan rasa puas tersendiri bagi pengguna komputer, di antaranya sebagai berikut.

1. Meringankan kinerja CPU

Seperti yang telah kita tahu, secara umum CPU bekerja dalam memproses segala perintah yang ada pada komputer, termasuk pemrosesan visual grafis pada monitor. Apabila Anda menggunakan VGA sebagai pemacu kinerja grafis komputer, kinerja CPU dapat menjadi lebih ringan. Hal tersebut tidak lepas dari peran GPU sebagai unit yang mengolah segala kinerja pemrosesan data pada VGA.  

Pada dasarnya komputer yang sedang Anda gunakan sekarang menyalurkan daya terhadap dua komponen primer seperti CPU dan GPU agar dapat aktif sepenuhnya. Akan tetapi apabila Anda menggunakan VGA dengan kualitas lebih tinggi dapat membantu CPU dalam menghitung pergerakan semua piksel pada layar monitor. Sehingga komputer mampu memberikan kualitas visual dengan resolusi lebih tinggi dan lebih detail.

2. Menambah performa dalam bermain game   

Saat ini game telah menjadi salah satu produk digital dengan tingkat penjualan yang cukup laris. Sehingga mampu menyuguhkan pengalaman yang lebih nyata kepada para pemain melalui daya tarik grafis pada game. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya produksi hardware dengan performa lebih tinggi dari generasi sebelumnya agar dapat menjalankan segala aplikasi yang diinginkan pengguna.  

Cara kerja yang digunakan VGA dalam meningkatkan kualitas visual pada game sebenarnya cukup sederhana. Pertama yang perlu Anda tahu, layar komputer terdiri dari sebuah susunan pixel. Oleh karena itu, untuk menghasilkan tekstur yang sangat detail pada sebuah game diperlukan sejumlah besar perhitungan matematis yang difungsikan pada GPU. GPU yang bagus, mampu melakukan perhitungan lebih cepat sehingga mampu menghasilkan tekstur yang sangat detail. Karena itulah game yang Anda mainkan dapat terlihat lebih jernih, dengan alasan pixel yang ditampilkan jauh lebih banyak dari sebelum pemasangan VGA.

Lihat Juga : 8 Fungsi dan Manfaat Google Drive

3. Lebih nyaman dipandang mata

Tahukah Anda bahwasanya VGA yang bagus dapat mencegah ketegangan mata ketika menggunakan komputer? Hal tersebut dikarenakan pandangan visual yang dilihat manusia jadi semakin jelas. Misalnya saja, Anda sering menonton sebuah film selama berjam-jam dengan kualitas visual monitor yang buruk. Maka lama kelamaan kesehatan mata akan menurun. Namun hal tersebut dapat Anda minimalisir dengan penggunaan graphic card yang lebih baik. Mengapa demikian? Karena eksekusi pengolah warna pada visual monitor dapat terlihat lebih jelas, sehingga otot mata dapat bekerja menjadi lebih rileks karena objek gambar yang terlihat mata jernih dan tidak buram.

4. Meningkatkan ketajaman gambar pada aplikasi editing

Bagi mereka yang berkecimpung di bidang desain model 3D, tentunya kebutuhan akan VGA yang lebih baik menjadi hal yang cukup penting. Masalah ini dipengaruhi akan kinerja GPU dalam melakukan proses rendering agar menjadi lebih cepat dan stabil. Karena tak jarang juga rendering model 3D gagal di tengah proses karena kendala GPU yang lamban dan memakan waktu lama.

Selain itu dalam membuat model 3D pada aplikasi pengolah objek seperti blender, semakin detail model yang Anda buat maka semakin bertambah pula sumber daya yang diperlukan dalam menjalankan aplikasinya. Tentunya hal tersebut dapat menghambat kinerja pengguna dalam proses membuat model 3D, dan dengan alasan tersebutlah keberadaan VGA dengan kualitas yang lebih tinggi diperlukan.

Lihat Juga : 7 Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Google Classroom

5. Kinerja RAM lebih stabil dan smooth   

VGA merupakan salah satu hardware yang memiliki memori sendiri dalam melakukan semua pengolahan proses terkait grafis komputer. Oleh karena itu kinerja RAM dapat lebih ringan karena alokasi sumber daya pada grafis menjadi lebih minim dan dapat digunakan pada perangkat lain yang lebih membutuhkan.

Meski begitu sebenarnya pada poin ini bergantung pada CPU dengan built Graphic Processing Unit, pasalnya BIOS pada motherboard Anda dapat menentukan berapa banyak RAM sistem yang akan dialokasikan ke GPU. Namun apabila komputer Anda tidak memenuhi kriteria tersebut maka tidak memungkinkan untuk mengurangi kinerja RAM yang dialokasikan pada VGA dan komponen lainnya.  

6. Support yang lebih baik pada driver

Driver merupakan salah satu komponen perangkat lunak yang sangat diperlukan komputer. Bisa dibilang Driver ini yang berfungsi dalam menstabilkan pemasangan dan pengolahan perangkat keras agar dapat bekerja lebih stabil pada komputer. Hal tersebut juga berlaku pada VGA karena memiliki dukungan serta kompatibilitas Driver yang lebih baik pada sistem komputer yang ter-update. Pastinya hal tersebut sangat berguna apabila Anda mengganti sistem operasi terbaru atau ingin menjalankan beberapa aplikasi maupun software grafis tertentu pada komputer.

Lihat Juga : 9 Fungsi dan Manfaat Web Browser

Penutup,

Di masa sekarang VGA telah menjadi suatu produk yang paling dicari oleh banyak pengguna komputer. Karena selain berfungsi dalam menjalankan game kelas berat, VGA yang bagus dapat dimanfaatkan sebagai pendukung program-program pengolah model 3D agar dapat berjalan lebih stabil. Bahkan beberapa miner Bitcoin memanfaatkan kinerja GPU sebagai alat dalam menambang Cryptocurrency yang mereka cari.

Apa fungsi utama sebuah VGA?

sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi dalam mengolah sebuah data untuk ditampilkan menjadi gambar visual melalui layar monitor.

Apakah keberadaan VGA sangat dibutuhkan sebuah komputer?

Tidak semua komputer memerlukan VGA, terutama jika Anda tidak bermain game. Tapi masih ada beberapa faktor mengapa VGA berperan penting pada komputer, misalnya ketika Anda masih memerlukan sebuah perangkat untuk me-render visual grafis pada monitor agar terlihat lebih jernih.

Bagaimana cara kerja sebuah VGA?

VGA beroperasi dengan prinsip yang sama dengan CPU. Keduanya bekerja sama dengan aplikasi perangkat lunak, kemudian mengirimkan informasi mengenai data visual ke graphic card. Lalu graphic card memutuskan dalam mengolah visual gambar melalui pixel pada layar monitor untuk membuat dan menampilkan data gambar yang diolah tadi.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…