Pengertian VGA | Fungsi, Jenis, Komponen, dan Cara Kerja

Perangkat VGA atau Video Graphics Array merupakan salah satu komponen penting pada komputer untuk menyajikan informasi grafis yang bagus. VGA juga disebut sebagai video card, graphics card, display adapter maupun graphics adapter. Bagi para gamers, designer graphics, video editor, menggunakan VGA yang berkualitas tinggi adalah suatu keharusan, guna mendapatkan pengalaman dan hasil yang bagus.

Dalam bidang ini, Anda menggunakan komputer untuk mengedit video, membuat animasi, mendesain 2D, 3D, dan sejenisnya. Mengapa VGA menjadi begitu penting untuk kualitas grafik komputer? Nah, untuk penjelasannya silakan simak ulasan berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Processor | Sejarah, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Komponennya

Pengertian VGA

Pengertian VGA Komputer
Sumber Gambar : Nvidia

Video Graphics Array atau Video Graphics Adapter (VGA), adalah standar grafis terbaru yang pertama kali dikembangkan oleh IBM untuk kartu grafis komputer. VGA juga dikenal sebagai antarmuka monitor atau tampilan standar yang digunakan sebagian besar PC. VGA diperkenalkan pada tahun 1987 dengan lini komputer IBM PS/2. Standar tampilan VGA hingga saat ini diikuti oleh mayoritas produsen kartu grafis komputer.

VGA pada umumnya disebut dengan graphics card, video card, display card, graphic adapter, dan video adapter. Pertama kalinya VGA didistribusikan untuk resolusi layar 640 x 480 piksel. Selanjutnya banyak pengembangan standar mulai diperkenalkan. Standar VGA mulai digantikan oleh SVGA, walaupun kabel dan konektor masih disebut sebagai VGA, tetapi secara teknis ini termasuk SVGA. Dengan Super VGA (SVGA) akan memungkinkan resolusi layar lebih besar dari sebelumnya, yaitu 800 x 600 atau 1024 x 768 piksel.

Saat ini kartu VGA sudah difasilitasi dengan chipset Graphic Accelerator di mana di dalamnya terdapat kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang sudah diintegrasikan. Bahkan sekarang ini juga ada periferal chipset 3D Accelerator yang lebih baik jika digunakan untuk mengolah dan menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan nyata. Selain itu kecanggihan dari akselerator 3D ini mampu memanipulasi grafis 3D dengan citra yang jauh realistis, seperti saat menjalankan game atau menampilkan objek 3D pada komputer.

Lihat Juga : Apa itu Overclock? Memahami Overclock, Keuntungan, dan Risikonya

Tipe VGA Card (Kartu Grafis)

Perkembangan VGA Card sangat pesat, terutama dipicu dari banyaknya kebutuhan pengguna komputer dalam dunia grafis, 3D, dan sejenisnya. Akhirnya produsen merilis banyak tipe dan varian kartu grafis dari waktu ke waktu. Berikut ini beberapa kartu grafis yang tersedia di pasaran:

  • S3 ViRGE
  • ATI 3D RAGE
  • NVIDIA NV3
  • NVDIA NV4
  • NVDIA GeForce Series
  • Series ATI RADEON Series
  • AMD Radeon Series
  • Dan masih banyak lagi.

Lihat Juga : Apa itu CMD (Command Prompt)? Mengenal CMD beserta Perintah dasarnya

Fungsi dan Manfaat VGA

Fungsi dan Kegunaan VGA Komputer
Sumber Gambar : Tom’s Hardware

Pada umumnya, kartu VGA berguna untuk mengkonversi sinyal digital dari output komputer menjadi tampilan grafis pada monitor. Misalnya untuk pekerjaan desain grafis atau bermain video game, maka akan diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Perlu diketahui juga fungsi VGA yang lebih kompleks adalah sebagai berikut:

  • Berfokus pada tujuan untuk menangani kebutuhan grafis agar mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas, seperti desain grafis, 3D, game, video grafis, dan lainnya.
  • Menterjemahkan hasil output komputer ke monitor.
  • Mengubah sinyal digital komputer menjadi tampilan grafis pada layar komputer.
  • Mengonversi gambar menjadi output yang berkualitas.
  • Konektor VGA dapat menghubungkan laptop atau PC ke layar TV menggunakan HDMI untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.
  • Membantu permainan video game menjadi lebih baik.
  • Membuat tampilan layar menjadi lebih jelas dan tajam sehingga terlihat lebih realistis.

Lihat Juga : Pengertian MacOS | Sejarah, Perkembangan, Kelebihan, dan Kekurangan

Jenis – Jenis VGA

Jenis Jenis VGA Komputer
Sumber Gambar : Nvidia

Pada umumnya VGA Card dibagi menjadi dua jenis, di antaranya sebagai berikut:

1. VGA On-Board

VGA On-Board adalah salah satu jenis VGA yang banyak dipakai dalam komputer maupun laptop. Ciri dari VGA ini memiliki chip yang bersatu dengan motherboard dan bekerja dengan memanfaatkan memori komputer atau RAM. Penggunaan VGA On-Board dapat ditemui pada komputer dengan spesifikasi rendah dan tidak mengutamakan kebutuhan grafis maupun 3D. Beberapa komputer yang masih di bawa dengan VGA On-Board yaitu komputer kecil server, komputer perkantoran, notebook dengan layar kecil (10’’), maupun laptop murah di bawah 2 hingga 3 jutaan (low-end).

2. VGA Add-On / VGA Card

VGA Add-On atau disebut dengan VGA Card adalah jenis VGA terpisah dari motherboard komputer dan membutuhkan socket khusus untuk menginstalnya. Berbeda sekali dengan VGA On-Board, jenis ini dapat bekerja sendiri tanpa bantuan memori RAM, karena letak keduanya, RAM dan VGA Add-On berada di tempat terpisah. Secara umum, VGA On-Board dapat bekerja lebih kuat dan memiliki spesifikasi yang tinggi untuk digunakan komputer. Beberapa penggunaan VGA Add-On banyak ditemui untuk komputer dan laptop berspesifikasi tinggi (high-end).

Lihat Juga : Pengertian Ubuntu | Definisi, Sejarah, Jenis, Kelebihan

Cara Kerja VGA

Cara Kerja VGA Komputer
Sumber Gambar : Nvidia

VGA Card akan mulai beroperasi saat ada aplikasi komputer yang dijalankan. Selanjutnya intruksi dari aplikasi ini akan diterima oleh Driver kartu grafis untuk mengambil data-data digital untuk dikonversi. Data digital yang sudah dikonversi akan dikirim oleh driver menuju kartu grafis untuk memulai proses rendering melalui slot pada motherboard.

Proses selanjutnya, data akan sampai di kartu grafis dan dilanjutkan menuju memori penyimpanan sementara (RAM). Kemudian data akan diambil alih oleh GPU (Graphics Processing Unit) dan mengubahnya menjadi piksel-piksel gambar. Tahap ini masih dalam proses agar dapat ditampilkan ke layar monitor, karena itu data yang sudah terkonversi akan dikirim balik ke Video RAM. VRAM menerima data hasil proses dan melanjutkannya ke RAMDAC untuk mengonversi ke data analog. Hasil akhir RAMDAC akan menghasilkan output final gambar ke monitor melalui kabel dan display interface (monitor).

Lihat Juga : 14 Perbedaan SSD dan HDD Pada Komputer

Komponen VGA

Komponen VGA Komputer
Sumber Gambar : Nvidia

Video Graphics Accelerator merupakan perangkat dengan bentuk papan sirkuit kecil yang memiliki komponen-komponen pendukung untuk dapat berjalan dengan maksimal. Beberapa di antara komponen tersebut meliputi: GPU, Heat Sink, dan Memory. Berikut ini penjelasan singkatnya:

1. Graphics Processing Unit (GPU)

GPU adalah komponen utama bagi VGA Card, karakteristik yang dimilikinya berbentuk sirkuit yang berguna untuk mengonversikan data dari kartu grafis dan RAM. GPU ini akan mengubah data menjadi piksel gambar dalam bentuk proses yang kemudian akan dilanjutkan ke VRAM.

2. Heat Sink

Komponen Heat Sink terdapat di dalam VGA Card, yang baru dikembangkan. Heat Sink berfungsi sebagai peredam suhu pada kinerja GPU. Seperti namanya, komponen ini dilengkapi dengan kipas yang dapat mengurangi suhu panas GPU.

3. Memory

Merupakan komponen terakhir yang ada pada VGA Card. Memory VGA ini berfungsi untuk menyimpan data intruksi grafis yang telah diatur sebelumnya. Memory inilah yang menyiapkan data untuk diolah GPU, kemudian disimpan kembali ke dalam memory atau VRAM. Selanjutnya data yang sudah selesai akan di salurkan ke RAMDAC untuk ditampilkan ke layar monitor komputer.

Lihat Juga : Pengertian dan Perbedaan GUI dan CLI Lengkap

Kesimpulan,

VGA atau sering dikenal sebagai kartu grafis merupakan spesifikasi penting yang ada di dalam komputer maupun laptop. VGA berguna untuk memberikan output grafik dari data-data yang sudah diproses yang kemudian ditampilkan ke monitor. Hasil dan kualitas grafis yang diterima atau dihasilkan bergantung pada jenis spesifikasi VGA yang digunakan. Saat ini produsen VGA terus mengembangkan varian dan tipe VGA dengan teknologi grafis yang lebih baik lagi. Jika Anda penggemar video game komputer atau bekerja dibidang grafis, maka disarankan untuk menggunakan kartu grafis atau VGA yang berspesifikasi tinggi.

Apa itu VGA?

Video Graphics Adapter (VGA) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengonversi tampilan ke layar monitor dalam bentuk grafis yang baik.

Jenis-jenis VGA Card?

Berdasarkan jenis slot, VGA terdiri atas: (1) VGA AGP, yaitu jenis yang dikembangkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan. (2) VGA PCI, yaitu jenis yang digunakan dengan memasangkan slot-nya ke PCI, cirinya memiliki pin lurus atau vertikal dan saat ini suda jarang digunakan. (3) VGA PCI Express, yaitu jenis yang memiliki 2 slot PCI dan dirancang untuk memasang periferal-periferal yang mutakhir.

Itulah ulasan mengenai pengertian VGA, jenis, fungsi, cara kerja, dan komponennya, semoga bisa berguna dan bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar tentang VGA. Penggunaan dan manfaat VGA akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.