12 Rekomendasi Flashdisk OTG Terbaik

Saat ini, untuk memindahkan data atau file-file penting dari perangkat smartphone ke komputer maupun laptop tidak lagi menjadi hal yang sulit. Dimana sebelumnya kita harus menggunakan kabel USB, bluetoth maupun jaringan internet hanya untuk memindahkan data-data tersebut.

Semenjak perangkat flashdisk OTG ditemukan, maka pemndahan atau transfer data menjadi semakin mudah. Seperti umumnya flashdisk biasa, Flashdisk OTG ini juga berfungsi sebagai penyimpanan dan alat transfer data. Namun, perbedaannya hanya pada fungsi dan 2 buah port USB yang terletak disisi yang berbeda.

Dimana satu sisi berguna untuk menghubungkannya ke perangkat smartphone sedangkan sisi lainnya untuk laptop maupun komputer. Nah, kali ini kita akan mengenali 12 rekomendasi flashdisk OTG terbaik di bawah ini.

#1. Kingston DataTraveler microDuo 3C

Kingston DataTraveler microDuo 3C

Untuk pilihan flashdisk OTG terbaik yang pertama kita bahas adalah varian dari Kingston. Yakni, Kingston Data Traveler microDuo 3C. hal unik yang pertama kali kita temukan ketika melihat flashdisk ini adalah ukurannya dan pelindung datanya yang transparan.

Kecepatan transfer data yang diberikan perangkat ini tergolong cepat. Hal ini dikarenakan fitur USB 3.0 yang dimiliki oleh perangkat ini. jadi, kita tidak perlu menunggu terlalu lama ketika memindahkan data yang diperlukan. Kapasitas penyimpanan yang disediakan juga tergolong besar yakni sebanyak 32GB.

Kisaran Harga : Rp. 300.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

#2. Toshiba Transmemory EX U382

Toshiba Transmemory EX U382

Falshdisk OTG kedua yang tak kalah menarik dari yang pertama kali kita bahas adalah Toshiba Transmemory EX U382. Flashdisk yang satu ini hadir dengan garansi yang tergolong meyakinkan dan lama yakni 5 tahun. Perangkat ini juga dilengkapi dengan dual konektor. Yakni tipe C dan tipe A.

Kecepatan membaca dan menulis yang dimiliki oleh falshdisk OTG satu ini juga menabjukan. Yakni mencapai 80 MB/s untuk menulis sedangkan membaca mulai dari 95 MB/s. Hal ini memungkinkan pemindahan data menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan flashdisk yang masih menggunakan port 2.0.

Kisaran Harga : Rp. 700.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

Lihat Juga : 12 Rekomendasi Charger Smartphone Terbaik

#3. Sandisk Ultra Dual Drive M.30

Sandisk Ultra Dual Drive M.30

Sandisk Ultra Dual Drive M.30 merupakan salah satu varian flashdisk OTG terbaik dari Sandisk. Sandisk sendiri merupakan bran yang populer ketika kita berbicara masalah flashdisk. Sedangkan harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Kecepatan transfer data yang diberikan mencapai 150 MB/s.

Hal ini dikarenakan penggunaan dari fitur USB 3.0 yang sudah sangat unggul jika dibandingkan pendahulunya yakni USB port 2.0. sedangkan untuk pilihan penyimpanan datanya sangat beragam. Yakni dari 12 GB hingga 128 GB.

Kisaran Harga : Rp. 80.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

#4. Transcend JetFlash 890

Transcend JetFlash 890

Selain Sandisk, Trascend juga merupakan bran terkemuka yang banyak diminati ketika mencari sebuah flashdisk terbaik. Dimana Transcend juga memiliki varian flashdisk OTG terbaik yakni transcend Jetflash 890. Teknologi yang digunakan oleh flashdisk OTG ini juga sangat modern.

Dimana perangkat tersebut sudah mulai menggunakan port USB 3.1 dan USB tipe C untuk memudahkan pemindahan serta pembacaan data yang akurat. Penyimpanan data yang diberikan juga besar mencapai 64 GB. Dimana kecepatan transfer mencapai 90 MB/s. terbuat dari bahan metal yang kokoh dan tahan lama.

Kisaran Harga : Rp. 300.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

#5. Kingston Data Traveler Micro Duo C

Kingston Data Traveler Micro Duo C

Satu lagi varian flashdisk OTG dari Kingston yang tak kalah populer dan memiliki kualitas baik yaitu Kingston Data Traveler Micro Duo C. USB yang satu ini didesain sedemikian rupa hingga terlihat klasik dan menarik. Memiliki dua varian port USB, yakni tipe A dan tipe C.

USB OTG ini juga sudah mulai menggunakan port 3.1 sehingga mempercepat proses transfer data. Kecepatan menulisnya mencapai 15 MB/s dan membaca mencapai 100 MB/s. flashdisk OTG ini juga sudah bisa digunakan oleh perangkat smartphone dengan dukungan fitur USB OTG.

Kisaran Harga : Rp. 200.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

#6. Samsung Flash Drive 3.1

Samsung Flash Drive 3.1

Seperti namanya, USB OTG yang satu ini sudah dilengkapi dengan antarmuka USB port 3.1. Yang menyatakan bahwa perangkat ini bisa mengantarkan data dan membaca data jauh lebih cepat daripada port USB dibawahnya. Penyimpanannya juga beragam dari 4 GB hingga 128 GB.

Bahkan, desain yang ramping dan mungil ini juga disertai dengan ketahanan yang sangat baik. Dimana perangkat ini mampu bertahan dari debu, suhu ekstrim dan kemungkinan kerusakan lainnya. USB OTG ini juga memiliki kecepatan pengiriman data hingga 150 GB/s.

Kisaran Harga : Rp. 100.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

Lihat Juga : 12 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik

#7. Vandisk V60N

Vandisk V60N

Vandisk V60N ini juga merupakan salah satu varian dari flashdisk OTG yang tergolong murah dan fungsinya sangat baik. Memiliki desain yang menarik dengan pencapuran warna merah dan hitam yang mempesona. USB OTG ini hadir dengan kapasitas 8 hingga 16 GB. Bahkan, perangkat ini dilengkapi dengan antivirus AVG.

Kisaran Harga : Rp. 120.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

#8. ADATA UC360

ADATA UC360

Diurutan ke delapan kita memiliki ADATA UC360 yang tak kalah populer diatara USB OTG terbaik di atas. Hadir dengan perangkat OTG yang menggunakan port USB 3.1 jelas memberikan pelayanan kecepatan transfer data yang tak lagi diragukan. Bahkan, perangkat ini tahan guncangan, debu bahkan air.

Kisaran Harga : Rp. 115.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

#9. V-Gen OTG

V Gen OTG

V gen OTG ini adlaah salah satu flashdisk OTG yang berbentuk unik dengan varian warna-warni yang mencolok sangat cocok untuk kaum milenial. Jadi, kita bisa memilih warna kesukaan untuk USB OTG tersebut. Penyimpanan yang ditawarkan sebesar 16 GB.

Kisaran Harga : Rp. 90.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

Lihat Juga : 12 Rekomendasi Earphone Xiaomi Terbaik

#10. iFlashdriver OTG

iFlashdriver OTG

Salah satu kelemahan dari penggunaan iPhone adalah keterbatasan penyimpanan. Dimana penyimpanan yang dimilikinya hanyalah penyimpanan internal. Nah, dengan menggunakan iFlashdriver OTG ini, maka pengguna iPhone bisa mentransfer data mereka tanpa harus melalui iTunes lagi.

Kisaran Harga : Rp. 150.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

#11. Addlink OTG Flash Drive T50

Addlink OTG Flash Drive T50

Addlink OTG Flash Drive T50 ini juga hadir dengan varian warna yang beraga, hampir sama dengan pilihan USB OTG V-gen. perangkat ini memiliki konektor USB tipe A dan mikro USB tipe B. Namun USB ini masih menggunakan port 2.0 yang mungkin sedikit lebih lambat daripada port 3.0 atau 3.1.

 Kisaran Harga : Rp. 300.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

#12. Philips Dueto Edition USB 2.0

Philips Dueto Edition USB 2.0

Untuk rekomendasi terakhir kita memiliki Philips Dueto Edition USB 2.0. Philips juga bukanlagi brand biasa yang pastinya sudah banyak dikenali oleh masyarakat awam. USB OTG ini memiliki kapasitas penyimpanan 16 GB dan hadir dengan varian warna ungu, abu-abu dan biru.

Tentunya kita juga mendapatkan garansi sampai 1 tahun untuk menunjang performa pemakaian flashdisk OTG ini. Bahkan, desain minimalis dan ramping yang dimilikinya selaras dengan harga jual yang terjangkau.

Kisaran Harga : Rp. 100.000

[Tokopedia] [Bukalapak] [Shopee]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.