17 Cara Menghidupkan Komputer

Berikut ini merupakan tata cara menghidupkan komputer dengan baik dan benar yang dapat Anda ikuti

Tanpa disadari bahwasanya perkembangan teknologi saat ini telah mengubah cara hidup kita menjadi jauh lebih mudah dan efisien. Faktanya berbagai aktivitas yang Anda lakukan di kehidupan sehari-hari telah beralih ke sistem digital, baik dalam hal pendidikan maupun pekerjaan. Melihat faktor ini lah yang membuat sebagian besar masyarakat ingin memiliki keterampilan dasar dalam menggunakan teknologi, utamanya adalah komputer.

Sementara itu di kalangan remaja hingga dewasa ini juga sering kali menggunakan komputer sebagai media perantara untuk berkomunikasi dan mencari sumber informasi. Akan tetapi tidak semua orang memiliki pengetahuan dasar tentang komputer. Melalui artikel ini, saya akan memberikan tata cara menghidupkan komputer dengan benar, agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri

Cara menghidupkan komputer

Meskipun terlihat sepele, namun ternyata ada sejumlah prosedur yang harus Anda pahami dan ikuti dalam menghidupkan komputer, ini dilakukan dengan tujuan agar komputer tidak mengalami masalah yang berakibat fatal (merusak komponen) dan berjalan dengan normal. Mulai dari memeriksa kabel, proses booting hingga masuk ke dalam sistem operasi. Informasi selengkapnya, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Catatan : Saya menggunakan Windows sebagai media penjelasan informasi. Jika Anda menggunakan sistem operasi lain, lakukan sedikit penyesuaian terhadap metode yang tersedia.

1. Memastikan semua kabel telah terhubung

Memastikan Kabel Komputer
Sumber Gambar : pcgamesn.com

Langkah awal yang perlu Anda lakukan ketika menghidupkan komputer ialah dengan memastikan bahwa semua kabel telah terhubung dengan baik dan benar. Apabila terdapat sedikit saja kelonggaran pada port, bisa jadi komputer tidak akan menyala. Jika sudah, sambungkan kabel power ke power supply dan juga hubungkan sisi lain kabel power di stop kontak. Terkadang ada sejumlah CPU komputer yang memiliki tombol switch. Jadi, Anda bisa menekan tombolnya menjadi ON terlebih dahulu untuk mengaktifkan aliran listrik.

Pada tahapan ini Anda juga bisa menghubungkan perangkat peripheral lainnya yang dibutuhkan selama beraktivitas di depan layar komputer. Contohnya seperti mouse, keyboard, speaker, monitor, dan lain sebagainya. Mengenai cara pemasangannya, saya rasa cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menghubungkan setiap kabel di port USB yang tersedia pada bagian belakang / depan CPU.

Lihat Juga : 20 Cara Menggunakan Laptop

2. Nyalakan monitor

Langkah berikutnya adalah menyalakan monitor dengan menekan tombol Power pada monitor. Namun Anda pastikan terlebih dahulu jika tidak ada masalah saat menghubungkan kabel monitor ke CPU komputer. Perlu Anda ketahui juga bahwasanya ada dua jenis kabel penghubung monitor dengan CPU komputer yang memiliki bentuk berbeda antara satu sama lain, yaitu HDMI dan juga VGA. Untuk melihat perbedaannya, Anda bisa melihat pada gambar di bawah ini.

Perbedaan Kabel HDMI & VGA
Sumber Gambar : indonesian.alibaba.com

Selain kabel port yang terhubung ke casing CPU komputer, Anda juga harus memastikan kabel power monitor telah terhubung ke stop kontak. Letak tombol monitor ini bervariasi antara produsen perangkat; ada yang berada di bagian depan, belakang, dan juga samping.

3. Tekan tombol Power pada casing CPU komputer

Menekan Power CPU Komputer
Sumber Gambar : lifewire.com

Setelah semua kabel terhubung dengan benar, selanjutnya yaitu menekan tombol Power untuk menghidupkan komputer. Setiap jenis komputer tentu memiliki letak dan bentuk tombol Power yang berbeda-beda pada casing CPU, namun umumnya tombol ini bisa Anda tandai dengan simbol seperti gambar di atas. Jika komputer berhasil dinyalakan, biasanya terdapat lampu LED yang akan menyala pada casing CPU dan bagian kipas berbunyi.

Lihat Juga : 7 Cara Membersihkan Kipas Laptop

4. Menunggu proses booting sistem

Kemudian saat Anda menyalakan komputer, akan ada proses yang harus dilewati terlebih dahulu sebelum masuk ke sistem Windows. Proses ini biasa dikenal dengan sebutan booting; untuk memuat sistem dan program yang terdapat di dalam komputer dan biasanya ditandai dengan munculnya logo Windows. Lamanya proses booting yang berjalan ini tergantung dari spesifikasi komputer yang Anda gunakan.

Semakin tinggi hardware yang Anda gunakan, maka proses booting akan berjalan lebih cepat. Selain itu banyaknya program startup yang berjalan juga bisa memperlambat proses booting itu sendiri. Tapi secara umum, proses booting hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 menit.

5. Komputer siap digunakan

Jika komputer Anda berhasil melalui proses booting tanpa kendala apa pun, Anda bisa menggunakan komputer sesuai keinginan. Sekarang, Anda bisa menggunakan komputer untuk banyak hal, mulai dari mengerjakan tugas atau pekerjaan, meeting online, menonton video YouTube, bermain video game, dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 12 Cara Masuk Safe Mode Windows 11, 10, 8, 7

Cara mematikan komputer

Mematikan Komputer
Menonaktifkan komputer. WAHYU SETIA BINTARA

Demikian juga dalam mematikan komputer, Anda beberapa tahapan yang harus Anda lalui terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, pastikan Anda sudah menutup semua program yang Anda buka / jalankan.
  2. Kemudian, klik ikon Start menu di pojok kiri bawah » klik menu Power » pilih opsi Shutdown.
  3. Tunggu prosesnya shutdown (mematikan komputer) selama beberapa saat.
  4. Jika Anda melihat lampu LED dan kipas pada komputer mati (tidak berputar), maka artinya komputer Anda sudah dalam kondisi mati / OFF.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Reset Laptop ke Pengaturan Awal

Opsi pemecahan masalah

Perlu diperhatikan bahwa panduan dan tips di atas merupakan langkah dasar dalam menghidupkan komputer dengan baik dan benar. Dalam kondisi tertentu, ada beberapa pengguna yang mengalami masalah saat menghidupkan komputer. Di bawah ini tersedia informasi mengenai 4 masalah yang sering ditemui saat menghidupkan komputer.

  • Monitor tidak menampilkan gambar – Jika Anda mengalami kondisi ini, maka ada kemungkinan kabel HDMI/VGA pada monitor dan casing CPU tidak terpasang dengan benar. Opsi perbaikannya, Anda bisa melepas dan menghubungkan kabel kembali.
  • Komputer tidak bisa masuk Windows – Masalah ini mungkin disebabkan oleh hard disk yang usang / rusak. Ini terjadi karena data tidak terbaca oleh sistem. Jika tidak demikian, file sistem yang bermasalah juga bisa menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan komputer bermasalah. Lakukan pemeriksaan hard disk atau re-install Windows jika diperlukan.
  • Komputer tidak menyala – Bisa jadi kendala ini ada pada kabel Power yang belum terpasang dengan benar. Anda bisa memeriksanya di bagian belakang CPU, terutama yang terhubung ke power supply.
  • Proses booting lambat – Kondisi ini biasa terjadi ketika Anda terlalu banyak menginstall program startup, sehingga proses yang dilakukan sedikit memakan waktu. Selain itu, faktor rendahnya spesifikasi hardware yang digunakan juga mempengaruhi kinerja komputer yang melambat.

Lihat Juga : 7 Cara Memperbesar Suara Laptop

Penutup,

Menghidupkan komputer sebenarnya mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memastikan semua komponen perangkat telah terhubung dengan baik dan benar, lalu tekan tombol Power untuk menyalakan komputer. Selanjutnya, Anda bisa tunggu proses booting selama beberapa saat. Setelah melalui proses booting, Anda sekarang bisa menggunakan komputer sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Jika Anda merasa bingung dalam memahami panduan dan tips yang saya berikan di atas, silakan tulis pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Berapa lama proses booting Windows?

Umumnya proses ini berlangsung antara 1-2 menit tergantung dari spesifikasi komputer dan banyaknya program startup yang berjalan di latar belakang sistem.

Apa yang menyebabkan komputer lemot?

Salah satu penyebab mengapa komputer menjadi lemot adalah hardware yang tidak mampu lagi menjalankan sistem dan program. Selain itu, kendala ini juga bisa disebabkan oleh sampah / cache yang menumpuk dan virus yang terdapat pada perangkat.

Apa fungsi utama stabilizer pada komputer?

Stabilizer berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang naik atau turun agar tidak membuat komputer cepat rusak.

Mengapa komputer tidak bisa masuk Windows?

Kesalahan ini sering kali diakibatkan oleh hard disk yang usang atau rusak. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasan mengenai komputer yang tidak bisa masuk Windows pada artikel berikut.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download CCleaner Terbaru

    Berikut link download CCleaner terbaru untuk desktop Windows 64 bit / 32 bit
  2. Download Microsoft Office 2013 SP1

    Berikut link download Microsoft Office 2013 64-bit / 32-bit untuk Windows 11, 10, 8, dan 7
  3. 10 Cara Cek Apakah Sinyal Smartfren Gangguan Hari ini atau Tidak

    Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah jaringan Smartfren gangguan hari ini atau tidak