14+ Masalah WhatsApp & Solusi Mengatasinya!

Dianisa.comDi era industry 4.0 saat ini, komunikasi antar pengguna menjadi sangat mudah untuk dilakukan. WhatsApp menjadi salah satu bagian dari industry 4.0 yang mudakan pengguna dalam berkomunikasi dan berbagi informasi. Tidak hanya sekedar chatting belaka, WhatsApp dapat digunakan sebagai media alternatif dalam menyebarkan informasi, entah itu chat, grup, status, atau media seperti foto dan video.

Bahkan baru – baru ini, ada kabar WhatsApp hadirkan fitur Payment sebagai media transaksi seperti kompetitornya WeChat yag sudah hadir di negerinya sendiri. Menjadi aplikasi chat nomor satu dunia tak menghentikan WhatsApp untuk terus berinovasi, justru ke depan WhatsApp akan terus hadirkan hal – hal menarik yang mampu manjakan penggunanya.

Nah, bicara mengenai WhatsApp, kali ini saya akan sedikit berbagi informasi mengenai beberapa masalah yang terjadi pada aplikasi WhatsApp. Masalah ini saya dapatkan dari keluhan para pengguna WhatsApp, termasuk kamu saat ini yang mungkin sedang mengalaminya.

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Masalah HP Android

Masalah WhatsApp dan Cara Mengatasinya

Setiap smartphone android hadir dengan UI (user interface), fitur, spesifikasi, serta masalah yang berbeda – beda, bahkan kesalahan karena human error juga dapat menjadi alasan atau penyebab terjadinya masalah. So, kamu perlu kejelian mengenai hal ini.

Masalah pada aplikasi WhatsApp sangatlah beragam, dimulai dari pesan error pada aplikasi hingga notifikasi pesan yang tidak muncul. Semua keluhan saya ulas sedemikian rupa lengkap dengan penyebab dan solusinya, yang diharapkan dapat membantu mengatasi masalah yang ada.

#1. Muncul Pesan Error (Terhenti)

Yang pertama yakni sering munculnya pesan error, biasanya bertulisakan WhatsApp telah berhenti, terhenti, tidak menanggapi, atau mungkin pesan error lainnya (setiap smartphone dapat muncul pesan error yang berbeda – beda). Hal semacam ini tentu mengganggu para pengguna karena pasti akan terbatas dalam aktivitas yang dilakukan.

Dan penyebabnya bisa bermacam – macam, mungkin karena penumpukan file cache, data corrupt, virus, atau memori utama dan RAM penuh. Kebanyakan masalah ini terjadi pada smartphone dengan space memori yang kecil.

Solusinya, coba bersihkan file cache atau hapus data aplikasi untuk memperbaiki masalah yang ada. Semoga nanti dapat normal kembali …

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih WhatsApp » Kemudian tap Hapus Data.

Baca Lebih Lanjut : Mengatasi WhatsApp Telah Berhenti

#2. Tidak Mendapatkan Kode Aktivasi

Saat melakukan login atau pendaftaran WhatsApp, ada sebagian pengguna yang sulit mendapatkan kode aktivasi. Hal ini terjadi karena beberapa hal, kemungkinan nomor yang dimasukkan salah atau provider bersangkutan lambat dalam mengirimkan kode aktivasi.

Ada opsi lain yang bisa dilakukan yakni melalui pesan suara. Namun ini pun jarang digunakan. Coba manfaatkan mode pesawat (airplane mode) untuk mematikan jaringan dan temukan jaringan yang baru, kemudian cobalah untuk mengirim ulang kode aktivasi.

Disini masalahnya kebanyakan pada provider SIM yang kamu gunakan, jadi mau tidak mau kamu harus menunggu selama beberapa waktu.

#3. WhatsApp Tidak Terhubung

Akses internet yang lambat dapat membuat WhatsApp muncul tulisan tidak terhubung. Jadi kamu juga perlu memastikan koneksi internet di HP kamu benar – benar lancar dan stabil. Coba cek koneksi internet HP kamu dengan membuka YouTube atau Facebook.

Jika disini kamu merasa akses internet terasa cepat, namun WhatsApp tetap tidak terhubung, cobalah untuk menutup aplikasi secara paksa, atau coba hapus data aplikasi WhatsApp. Nantinya kamu bisa coba login kembali dan verifikasi ulang kode.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih WhatsApp » Kemudian tap Hapus Data.

Jika nanti masih bermasalah, lakukan install ulang saja aplikasi WhatsApp. Untuk hasil maksimal, barengi juga dengan membersihkan cache aplikasi pada memori utama dan RAM smartphone.

Masalah Koneksi Internet

#4. WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan

Ada sebagian pengguna yang mengalami kesulitan dalam mengirim dan menerima pesan. Masalah semacam ini tentu akan membuat pengguna bingung dan kerepotan ketika pesan sulit terkirim. Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi pada HP dan aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan.

  • Koneksi Internet Lambat. Akses internet yang kurang stabil tentu akan menghambat WhatsApp dalam mengirim ataupun menerima pesan. So, kamu perlu cek koneksi internet di HP kamu.
  • Nomor Kamu Telah Diblokir. Jika nomor kamu telah diblokir, maka pesan tidak akan bisa terkirim (tanda centang satu terus – menerus). Tanda kamu telah diblokir biasanya foto profil dan bio tidak terlihat, serta kamu tidak pernah melihat status terbarunya lagi.
  • WhatsApp Mengalami Gangguan. Kemungkinan lain bisa jadi WhatsApp mengalami gangguan sementara waktu, mungkin karena server yang sedang dalam mode maintenance atau pembatasan dari pihak pemerintah.

Baca Lebih Lanjut : Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim & Menerima Pesan

#5. Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Saat menambahkan kontak baru, mungkin ada yang mengalami masalah kontak yang ditambahkan tidak muncul, padahal nomor yang ditambahkan aktif dan menggunakan WhatsApp. Lalu apa penyebabnya, berikut beberapa hal yang mungkin terjadi …

  • Koneksi Internet Lambat. Koneksi internet yang lambat dapat membuat loading kontak baru terasa lama atau lambat. Mungkin akan muncul, namun harus menunggu selama beberapa waktu.
  • Nomor Kontak Salah. Kemungkinan lain, bisa jadi nomor yang kamu masukkan salah, akhirnya kontak tidak mau muncul. Coba cek kembali …
  • Nomor Tidak Tersimpan Dengan Benar. Apabila kamu penyimpan kontak tanpa menambahkan nama, maka kontak tidak akan muncul di WhatsApp. Jadi kamu harus tambahkan nama pada kontak tersebut.

Baca Lebih Lanjut : Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

#6. Panggilan WhatsApp Bermasalah

Panggilan WhatsApp bermasalah tentu akan membuat aktivitas penggunaan WhatsApp terganggu, terlebih untuk hal – hal yang bersifat penting dan denting. Ada beberapa pesan WhatsApp yang muncul saat panggilan dilakukan, berikut beberapa diantaranya.

  • Memanggil Terus Menerus. Pesan panggilan WhatsApp tersebut biasanya terjadi ketika yang dipanggil tidak mengangkat atau tidak aktif. Bisa juga karena koneksi internet yang lambat.
  • Menghubungkan Terus Menerus. Pesan tersebut terlihat sudah pasti karena koneksi internet yang lambat, bisa jadi HP kamu atau HP dari orang yang kamu panggil.
  • Sedang Berada di Panggilan lain. Tanda bahwa orang yang kamu panggil sedang melakukan panggilan ke orang lain. So, kamu harus menunggu selama beberapa waktu.

Untuk mengatasi masalah panggilan telepon WhatsApp, kamu perlu cek konektivitas internet dan perizinan hardware yang terhubung pada aplikasi WhatsApp, seperti kamera dan mikrofon.

Baca Lebih Lanjut : Mengatasi Panggilan WhatsApp Bermasalah

#7. Tidak Bisa Memutar Video WhatsApp

Tidak hanya mengirim chat dan melakukan panggilan, WhatsApp juga dapat digunakan sebagai media informasi tambahan berupa foto dan video. Mengingat era digital sekarang ini, media foto dan video sangatlah penting untuk jadi bahan perhatian. Namun, ada sebagian pengguna, atau mungkin dari kamu pernah mengalami gagal memutar video saat mendapatkan kiriman dari teman atau grup.

Hal ini dapat terjadi lantaran video yang dikirimkan terjadi corrupt atau kesalahan. Atau pengiriman dan pengunduhan video tidak selesai 100%. Solusinya, kamu perlu meminta teman kamu mengirimkan video ulang kembali, agar video dapat didownload dan diputar secara normal tanpa kesalahan.

#8. Gagal Mengunduh Foto & Video WhatsApp

Selain tidak dapat memutar video, ada sebagian pengguna yang gagal mengunduh foto maupun video yang dikirim oleh teman atau anggota grup. Hal ini terjadi karena beberapa hal, bisa karena koneksi internet yang tidak stabil, foto dan video yang terjadi kerusakan ditengah jalan saat dikirim, atau foto dan video yang sudah sangat lama, sehingga terhapus oleh server.

  • Koneksi Internet Tidak Stabil. Ketika koneksi internet begitu lambat, maka unduh foto dan video-pun akan terasa lama, bahkan beberapa pengguna sering mengalami kegagalan. So, kamu perlu cek koneksi internet di HP kamu.
  • Foto dan Video Terjadi Corrupt Ditengah Jalan. Bagian ini memang jarang terjadi, namun ini tetap bisa menjadi penyebab foto dan video tidak bisa diunduh. Solusinya, kamu perlu meminta teman kamu mengirim foto atau video yang diinginkan.

#9. Audio WhatsApp Tidak Bisa di Putar

Tidak hanya sekedar berkirim foto dan video, audio-pun terkadang juga terjadi kesalahan, entah itu tidak bisa diputar atau gagal diunduh. Penyebabnya sama, kemungkinan file terjadi kerusakan, unduh audio yang kurang lengkap, serta file audio yang sudah lama berada di WhatsApp yang akhirnya terhapus oleh server.

Apabila file terjadi kerusakaan atau karena file sudah lama berada di WhatsApp dan kamu tidak dapat mengunduhnya, maka kamu bisa coba minta audio yang sama kembali ke teman atau kontak yang bersangkutan. Dengan ini, diharapkan kamu nanti bisa mengunduh dan memutar video yang ada.

#10. Format File Tidak Didukung

Aplikasi WhatsApp membatasi ekstensi setiap format file yang ingin dikirimkan. Ketika pengguna ingin mengirimkan sesuatu, sementara WhatsApp memunculkan pesan format file tidak didukung, itu artinya memang tidak bisa dikirimkan. Biasanya untuk file dokumen seperti Doc, Pdf, Pptx, Xlsx, Txt, kemudian file image Jpg, Jpeg, PNG, dan video 3GP, MP4, MKV, dan beberapa format umum lainnya dapat dikirimkan.

Jika tidak bisa dikirimkan karena format tidak didukung, kamu bisa tambahkan ke archive dalam format RAR atau ZIP. Nantinya, file dapat dikirimkan tanpa ada kesalahan apapun.

Sementara untuk penerima file, harus memiliki aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka file tersebut seperti WinRar, kemudian nantinya dapat dilakukan ekstrak ke memori internal. Kamu bisa baca lebih lanjut mengenai cara ekstrak file RAR dan ZIP disini.

#11. Tidak Bisa Mentransfer File Ke Orang Lain

Sebagian pengguna WhatsApp ada yang mengalami masalah transfer file gagal dilakukan. Ini terjadi kebanyakan karena koneksi internet yang lambat, format file tidak didukung, atau karena kontak yang bersangkutan sudah tidak digunakan. Jika misalnya format file tidak didukung, maka kamu bisa baca point sebelumnya dari artikel ini.

Sementara apabila koneksi internet lambat, maka kamu bisa cari penyebab kenapa lambat, mungkin karena provider atau karena WhatsApp yang bermasalah. Sementara apabila kamu mengirimkan file atau sesuatu, namun centang satu terus, bisa jadi kamu telah diblokir atau kontak yang bersangkutan sudah tidak digunakan kembali.

Coba cek bagian – bagian tertentu yang sekiranya membuat WhatsApp tidak dapat mengirimkan atau mentransfer file. Selain itu, masalah pada server WhatsApp juga dapat menjadi penyebab WhatsApp tidak dapat mengirimkan foto maupun video. Alasan lain bisa jadi pihak pemerintah membatasi fitur – fitur tertentu dalam beberapa waktu. So, kamu harus menunggu.

Hapus data aplikasi WhatsApp jika memang diperlukan, nantinya kamu dapat login dan verfikasi ulang kembali nomor telepon kamu.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih WhatsApp » Kemudian tap Hapus Data.

#12. Tidak Bisa Membuat Status

Untuk masalah tidak dapat membuat status (story) WhatsApp, sebagai penulis saya-pun pernah mengalaminya. Hal ini terjadi karena koneksi internet yang begitu lambat serta pembatasan fitur oleh pihak pemerintah yang dilakukan pada saat pemilu tahun 2019 beberapa waktu yang lalu. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui.

  • Koneksi Internet Lambat. Masalah konektivitas internet memang sangat sering terjadi, coba manfaatkan mode pesawat terbang (airplane mode) untuk mencari dan mendapatkan sinyal baru.
  • Gambar atau Video Bermasalah. Masalah pada foto ataupun video yang diupload juga dapat menjadi penyebab tidak bisa membuat status. Pastikan gambar atau video tidak terjadi corrupt atau kesalahan. Coba gunakan gambar atau video lain.
  • Server WhatsApp Mengalami Gangguan. Kemungkinan WhatsApp sedang mengalami gangguang, artinya pengguna harus menunggu selama beberapa waktu sampai semuanya normal kembali.
  • Take Down Oleh Pihak Pemerintah. Alasan lain, kemungkinan WhatsApp sedang mengalami take down oleh pihak pemerintah selama beberapa waktu. Walaupun jarang terjadi, saat ini Indonesia sangat dimungkinkan karena peraturan pihak kominfo yang begitu ketat. So, kamu harus menunggu atau gunakan Aplikasi VPN sebagai solusi sementara.

Baca Lebih Lanjut : Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Membuat Status

#13. Tidak Bisa Melihat Status Teman

Selain tidak bisa membuat status, sebagian pengguna juga mengalami masalah tidak bisa melihat status teman. Ini tentu akan membuat pengguna bingung mengapa hal ini dapat terjadi. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan lebih lanjut, dan berikut diantaranya.

  • Koneksi Internet Lambat. Masalah akses internet yang tidak stabil terbilang paling umum, namun ini bukan yang utama. Coba lakukan pengecekan jika memang ini sedang terjadi pada smartphone kamu.
  • Nomor Kontak Salah. Kamu perlu pastikan nomor yang disimpan atau tersimpan sudah benar. Dan pastikan juga pengguna aktif menggunakan nomor tersebut. Bisa jadi juga pengguna (teman) kamu telah ganti nomor.
  • Penyimpanan Kontak Salah. Pastikan juga kamu menyimpan nomor dengan benar, maksudnya kamu perlu menyimpan nomor dengan nama, tidak hanya sekedar nomor telanjang tanpa nama.
  • Pengaturan Privasi Yang Disembunyikan. Kemungkinan lain, teman kamu telah menyembunyikan status yang dibuat pada kamu dan pengguna lain. Karena opsinya peragam, bisa Kontak Saya, Kontak Saya Kecuali, dan Hanya Bagikan Dengan.
  • Teman Kamu Tidak Menyimpan Nomor-mu. Kamu juga perlu memastikan teman kamu masih atau sudah menyimpan nomor mu. Karena jika tidak disimpan atau tersimpan hanya dalam bentuk nomor tanpa nama, maka status tetap tidak akan terlihat.
  • Nomor Kamu Telah Diblokir. Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan, bisa jadi teman kamu telah memblokir nomor-mu. Artinya, kamu tidak di izinkan untuk melakukan chat, panggilan, dan melihat status. So, teman kamu perlu membuka pemblokiran agar kamu bisa melihat statusnya kembali.

Baca Lebih Lanjut : Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Melihat Status Teman

#14. Notifikasi Tidak Bunyi & Muncul

Notifikasi pesan masuk pada WhatsApp juga paling sering terjadi, entah itu karena tidak bunyi, tidak muncul, atau baru muncul setelah aplikasi dibuka. Hal ini lebih sering terjadi pada smartphone dengan space memori yang kecil, baik memori internal ataupun memori RAM.

Penyebabnya bisa bermacam – macam, mungkin karena penumpukan sampah atau aplikasi tidak berjalan dilatar belakang karena space RAM yang dialihkan ke aplikasi lain. Selain itu, data internet yang tidak berjalan dilatar belakang juga dapat menjadi penyebab aplikasi tidak bisa menampilkan pesan dan panggilan masuk pada bar Notifikasi.

Solusi sederhana yang bisa kamu lakukan, coba cek semua bagian yang berhubungan dengan notifikasi. Lebih lanjut mengenai notifikasi, baca ulasannya disini. Selain itu, coba hapus data aplikasi, agar semua setelan dan basis data WhatsApp kembali pada posisi default. Jika kamu tidak ingin semua chat terhapus, lakukan backup ke akun Google.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih WhatsApp » Kemudian tap Hapus Data.

Baca Lebih Lanjut : Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi & Muncul

Kesimpulan,

Dari semua masalah yang saya uraikan, mungkin kamu sedang mengalami satu diantaranya. Untuk beberapa hal, kamu perlu memperhatikan bagian – bagian yang dirasa menjadi penyebab WhatsApp berjalan tidak normal atau kurang maksimal.

Seperti misalnya, munculnya pesan error khusus pada aplikasi saat dibuka, kemungkinan karena penumpukan cache atau aplikasi WhatsApp bermasalah (terjadi corrupt data). Nah, solusi yang dapat dilakukan bisa dengan membersihkan semua file cache menggunakan aplikasi manajer telepon, menghapus data aplikasi, atau install ulang aplikasi.

Dari semua penjelasan diatas, harapannya aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan dapat normal dan bisa digunakan kembali tanpa ada kesalahan apapun. Jika dari kamu punya pertanyaan lebih seputar aplikasi WhatsApp, atau mungkin punya tips lebih yang dapat membantu para pengguna WhatsApp, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Bagikan artikel ini apabila dirasa berguna dan bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)