Apa Itu Plug and Play? Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, Contoh, Cara Kerja

PnP merupakan fitur yang memudahkan proses instalasi hardware di dalam komputer

Bagi Anda pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa perangkat komputer seperti keyboard dan mouse. Lalu bagaimana keyboard dan mouse yang terpasang secara terpisah dapat terhubung pada komputer Anda? hal tersebut tentunya karena keyboard dan mouse termasuk salah satu contoh perangkat yang bisa Anda sebut dengan PnP atau Plug and Play. Lalu apa itu Plug and Play?

Plug and Play sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis fasilitas yang tersedia dalam suatu PC yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam instalasi, sehingga pengguna dapat dengan mudah memasang beberapa perangkat keras komputer seperti keyboard dan mouse. Dengan adanya Plug and Play, pengguna juga tidak perlu repot melakukan pengaturan dan memilih driver yang cocok ketika akan menggunakan beberapa jenis perangkat keras yang dibutuhkan.

Pengguna tinggal memasangnya dan perangkat keras tersebut dapat otomatis bekerja pada komputer Anda. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Plug and Play, fungsi dan manfaat Plug and Play, dan cara kerja dari Plug and Play, simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Input dan Output

Pengertian Plug and Play

Ruang Lingkup Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Plug and Play atau yang bisa Anda sebut dengan PnP, merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu perangkat yang dapat bekerja ketika Anda sambungkan pada komputer atau laptop. Dengan adanya Plug and Play, Anda juga tidak perlu menginstall driver atau program khusus untuk menjalankan perangkat tersebut pada komputer atau laptop Anda. Sebaliknya, komputer dapat secara otomatis mengenali perangkat dan menggunakannya segera untuk melakukan aktivitas sesuai kebutuhan.

Jadi jika Anda ingin menggunakan perangkat Plug and Play, cukup colokkan pada perangkat komputer atau laptop maka Anda langsung dapat menggunakannya. Contoh salah satu perangkat Plug and Play adalah keyboard atau mouse yang dapat Anda gunakan segera setelah Anda menghubungkannya pada komputer Anda. Tidak ada pengaturan atau konfigurasi khusus yang diperlukan, Anda juga tidak memerlukan driver khusus yang perlu di instal ketika ingin menggunakannya.

Lihat Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS

Jenis –Jenis Plug and Play

Fungsi Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Secara keseluruhan Plug and Play dibagi menjadi dua jenis, yaitu plug and play internal dan plug and play eksternal. Berikut informasi singkat yang dapat Anda ketahui:

  • Plug and Play internal – Merupakan komponen yang dipasang hanya saat komputer atau laptop dalam keadaan mati. Misalnya, jika Anda ingin memasang VGA, PCI, atau PCI Express, dll.
  • Plug and Play eksternal – Merupakan komponen yang dapat Anda pasang ketika komputer Anda menyala. Contoh perangkat Plug and Play jenis ini adalah mouse, keyboard, USB, joystick, dan lain-lain.

Lihat Juga : Pengertian GUI dan CLI

Fungsi Plug and Play

Contoh Plug and Play
Sumber Gambar : unsplash.com
  • Memungkinkan PC dapat secara otomatis mengenali keberadaan perangkat keras baru pada saat terhubung.
  • Memudahkan pengguna dalam instalasi, sehingga pengguna dapat dengan mudah memasang beberapa perangkat keras komputer seperti: keyboard, mouse, HHD/SSD eksternal, CD ROM eksternal, flashdisk, modem, scanner, dll.

Lihat Juga : Pengertian Search Engine

Manfaat Plug and Play

Manfaat Sistem Informasi
Sumber Gambar : kalbis.ac.id

1. Di bidang perkantoran

Manfaat Plug and Play dalam bidang perkantoran adalah dapat mempersingkat waktu dalam setiap pemasangan. Plug and Play juga dapat memudahkan karyawan yang tidak mempunyai keterampilan secara khusus dalam bidang komputer, karena pemasangan perangkat Plug and Play yang cukup mudah.

2. Di bidang kontraktor

Kemudian manfaat Plug and Play pada bidang kontraktor yaitu dapat mempercepat penerapan melalui teknologi Plug and Play, memaksimalkan produktivitas mereka dalam bekerja sesuai target, memastikan kualitas, dan mengurangi biaya yang ada.

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Contoh Perangkat Plug and Play

Kelebihan dan Kekurangan Keyboar Mechanical
Sumber Gambar : unsplash.com

Berikut ini merupakan beberapa contoh perangkat Plug and Play yang dapat Anda ketahui, antara lain:

  • Keyboard
  • Mouse
  • Layar komputer atau monitor
  • Hard drive eksternal
  • Gamepad atau joystick
  • Flashdisk
  • Kamera web atau webcam
  • Speaker komputer
  • Microphone
  • Scanner
  • Modem

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Penutup,

Setelah Anda mengetahui beberapa informasi mengenai Plug and Play, Anda dapat mengetahui bahwa beberapa perangkat keras komputer seperti mouse dan keyboard dapat langsung bekerja secara otomatis jika dihubungkan pada komputer tanpa memasang driver atau program khusus ketika Anda menggunakannya. Hal tersebut karena adanya Plug and Play dapat memungkinkan PC secara otomatis mengenali keberadaan perangkat keras baru pada saat terhubung.

Apa syarat yang diperlukan agar Plug and Play dapat beroperasi dengan benar?

Agar Plug and Play dapat beroperasi dengan baik pada komputer, setidaknya Anda harus menggunakan Windows 95 atau versi yang lebih baru untuk mendukung Plug and Play dapat beroperasi dengan baik serta menggunakan BIOS yang mendukung kinerja Plug and Play.

Bagaimana cara kerja Plug and Play?

Komputer akan secara otomatis mengenali perangkat Plug and Play, dan akan bekerja dengan perangkat baru yang sudah terhubung. Contohnya seperti saat Anda menggunakan keyboard dan menghubungkannya pada komputer, maka secara otomatis keyboard tersebut akan terhubung dan dapat langsung Anda gunakan.

Bagaimana cara menggunakan perangkat Plug and Play?

Cara menggunakan perangkat Plug and Play juga dapat dikatakan mudah, Anda hanya perlu menghidupkan komputer kemudian tunggu sampai sistem operasi menyala. Langkah selanjutnya sambungkan kabel yang terhubung pada perangkat tersebut ke port atau konektor yang sesuai pada komputer Anda. Apabila beberapa perangkat juga membutuhkan daya eksternal, Anda hanya perlu menghubungkan kabel daya ke stopkontak. Dan perangkat Plug and Play dapat langsung Anda gunakan.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!