8 Fungsi dan Manfaat Menggunakan Gmail

Perkembangan teknologi memungkinkan manusia untuk saling bertukar informasi melalui media internet secara mudah dan cepat. Email menjadi salah satu teknologi pertama yang memungkinkan manusia dalam berkomunikasi melalui jaringan internet dalam bentuk teks/ tulisan. Teknologi internet dan Email pertama kali digunakan sekitar tahun 1960 (meskipun sifatnya masih sangat terbatas).

Sampai saat ini, berbagai layanan Email hadir untuk memudahkan seseorang dalam berkirim pesan seperti Gmail, Yahoo, Outlook, iCloud, dan sejenisnya. Setiap pengguna komputer/ smartphone mengharusnya pengguna untuk memiliki Email agar lebih mudah dalam menggunakan layanan yang ada. Entah nantinya digunakan untuk kebutuhan daftar akun, keamanan, integrasi layanan, backup, dan sebagainya.

Salah satu layanan Email yang paling banyak digunakan saat ini adalah Gmail. Ingin tahu lebih jauh mengenai pengertian singkat, fungsi, dan manfaat menggunakan Gmail, simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 7 Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Google Chrome

Apa itu Gmail?

Apa itu Gmail
Jenis SitusSurel/ Surat Web
Bahasa105 Bahasa
PemilikGoogle LLC
Diluncurkan1 April 2004
Situs Webmail.google.com

Gmail merupakan layanan surel (email) yang dimiliki Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail Diluncurkan dalam bentuk beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada Februari 2007. Gmail merupakan salah satu email yang menggunakan teknologi antarmuka berbasis AJAX/JavaScript.

Adanya Gmail memudahkan pengguna untuk saling berkirim pesan, file, gambar, audio, video, dan sejenisnya dari berbagai perangkat dengan aman dan nyaman. Pengguna dapat mengakses Gmail dari browser mana pun seperti Google Chrome, Internet Explorer, Microsoft Edge, Safari, Firefox, Opera, dan sejenisnya. Pengguna Android juga di wajibkan untuk memiliki akun Gmail untuk dapat mengakses semua produk Google seperti Google Drive, Google Play Store, G Suite, dan sejenisnya.

Lihat Juga : Pengertian Dropbox | Fungsi, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Fungsi dan Manfaat Menggunakan Gmail

Fungsi dan Manfaat Gmail
Tampilan antarmuka Gmail. RUDI DIAN ARIFIN

Bagi pengguna ponsel pintar, Gmail tidak hanya berfungsi sebagai media berkirim pesan, namun juga integrasi dengan beragam produk Google lainnya. Faktor keamanan juga menjadi alasan manfaat Gmail ketika menggunakan ponsel pintar. Simak beberapa fungsi dan manfaat menggunakan Gmail berikut ini.

1. Mengirim dan menerima pesan

Fungsi dasar Gmail adalah sebagai layanan untuk berkirim dan menerima pesan. Dalam mengirimkan pesan, pengguna cukup membuat pesan baru, menuliskan alamat pengirim, subjek, kemudian pesan yang ingin disampaikan. Pengguna juga dapat melakukan pengeditan pesan seperti memperbesar atau mengecilkan font, menebalkan, memiringkan, serta menambahkan objek menarik yang sekiranya dibutuhkan.

Pengguna dapat memanfaatkan Gmail untuk berkirim pesan dengan teman, keluarga, rekan bisnis, hingga tujuan pemasaran dan sejenisnya. Pengguna juga dapat menambahkan lampiran berupa dokumen, gambar, foto, audio, video, dan sejenisnya dengan maksimal 15 MB per file. Adapun untuk penyimpanan Gmail secara keseluruhan adalah 15 GB (sesuai dengan batas penyimpanan gratis dari Google Drive).

Lihat Juga : 10 Cara Keluar akun Gmail di HP Android

2. Sebagai identitas diri

Gmail/ fungsi email secara umum dapat digunakan sebagai identitas diri. Hampir kebanyakan layanan yang di akses melalui internet membutuhkan data pribadi. Contoh sederhananya ketika ingin mendaftar Facebook, maka pengguna di haruskan untuk memiliki email seperti Gmail untuk dapat melakukannya. Email tersebut berfungsi sebagai identitas pengguna untuk verifikasi serta jaminan keamanan pada akun Facebook.

3. Dapat digunakan sebagai media pemasaran

Para pebisnis online sampai saat ini masih memanfaatkan email sebagai media pemasaran. Istilah lain dapat disebut sebagai Email Marketing. Meskipun metode ini sudah tidak begitu populer, namun email marketing masih sangat efektif digunakan.

Banyak para profesional, pebisnis, CEO, pelajar, pengajar, hingga pegiat internet marketing memanfaatkan Gmail untuk komunikasi. Alasan menggunakan Gmail (ataupun layanan email lainnya) karena terlihat lebih profesional dan lebih personal ketimbang menggunakan media komunikasi lain.

4. Digunakan untuk mendaftar berbagai situs/ sosial media

Fungsi Gmail juga dapat digunakan untuk mendaftar situs web/ sosial media. Seperti yang penulis jelaskan di atas, pengguna dapat memanfaatkan Gmail untuk mendaftar di berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sejenisnya. Tak hanya sosial media, layanan digital payment biasanya juga membutuhkan Email untuk pendaftaran dan verifikasi.

Beberapa situs biasanya juga telah memanfaatkan API Google Account sehingga memudahkan pengguna untuk mendaftar/ login.

Lihat Juga : 10 Cara Daftar Aplikasi Signal

5. Mengakses beragam produk Google

Dengan satu akun Gmail, pengguna bisa akses beragam produk Google. Produk Google tersebut di antaranya seperti YouTube, G Suite (Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dst), Google Drive, Google Maps, Google Play Store, Blogger, Google Adsense, Google Analysis, dan masih banyak lagi. Namun satu hal yang perlu di perhatikan, semua akses yang pengguna lakukan tersimpan di database Google.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan relevansi iklan kepada pengguna. Pengguna dapat melihat aktivitas melalui halaman aktivitas Google.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Link Google Form Tidak Bisa Dibuka

6. Akses ke perangkat Android

Android merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Untuk itulah, pengguna yang ingin menggunakan ponsel Android membutuhkan akun Gmail atau akun Google untuk dapat menggunakannya. Selain integrasi dan kemudahan akses produk Google, ponsel Android juga lebih aman ketika digunakan. Bahkan ketika ponsel hilang atau di ambil orang maka orang tersebut tidak bisa menggunakan ataupun mengambil data dari ponsel.

7. Melacak perangkat Android yang hilang

Manfaat lain memiliki akun Gmail, pengguna dapat mengakses perangkat Android melalui jarak jauh. Bagi pengguna yang merasa kehilangan ponsel ,dapat memanfaatkan akun Google yang terhubung ke ponsel untuk mencari letak dari ponsel tersebut berada. Jika perlu, pengguna juga dapat mengunci (locked) ponsel tersebut agar tidak bisa di akses oleh orang yang menemukan.

Untuk melakukannya, pengguna dapat mengakses perangkat melalui halaman temukan ponsel (Find your phone). Melalui halaman tersebut, pengguna dapat memantau penggunaan ponsel hingga menghapus semua data dan akun dari ponsel.

Lihat Juga : 13 Fungsi, Manfaat, dan Fitur Microsoft PowerPoint

Kesimpulan,

Gmail merupakan layanan email yang sangat fungsional. Tidak hanya berguna untuk berkirim dan menerima surel, pengguna juga mendapatkan banyak manfaatkan dari semua produk Google yang tersedia. Hampir semua layanan di internet membutuhkan email untuk mendaftar. Untuk itulah, memiliki akun Gmail merupakan prioritas utama yang pengguna internet harus miliki.

Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.