12 Aplikasi Video Call PC & Mac Terbaik

Suatu perubahan yang dibawa teknologi ke tengah masyarakat di dunia, mengatasi segala macam permasalahan yang terkait dengan jarak dan pertemuan, perubahan yang membuat Anda bisa terhubung dengan seseorang yang tidak bisa anda jangkau, dia adalah video call.

Program atau layanan yang membuat Anda bisa terhubung dan saling bertatap muka dengan orang lain yang jauh disana. Suatu program yang membuat Anda bertemu dengan orang yang Anda rindukan. Menghubungkan Anda dengan keluarga yang tidak bisa anda temui dihari-hari besar.

Dengan menggunakan software khusus yang mendukung panggilan video (video call), anda bisa terhubung dengan seseorang yang tidak bisa Anda temui. Ada banyak sekali layanan video call yang bisa anda gunakan secara gratis, baik pada perangkat smartphone, laptop, hingga desktop.

Lihat Juga : 13 Software Pemutar Video PC & Mac Terbaik

Aplikasi Video Call PC & Mac Terbaik

Di ulasan kali ini, penulis telah merangkum beberapa software terbaik yang mendukung panggilan video untuk Anda. Penulis harap dengan adanya ulasan ini, dapat mengatasi masalah Anda dalam berhubungan dengan seseorang yang jauh. Anda bisa menggunakannya diperangkat komuter atau laptop yang mendukung.

… berikut daftarnya.

1. Skype

Skype

Merupakan software yang hampir semua orang tahu namanya, dan memiliki sejarah yang panjang sebagai software video call terbaik untuk PC, dia adalah Skype. Software yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan software pertama yang memberikan layanan video call secara gratis. Hal inilah yang membuat video call saat ini bisa dinikmati semua orang.

Dengan berbagai macam fitur yang disediakannya, Skype memang sangat pantas dijuluki sebagai software terbaik untuk PC. Tidak hanya pelayanan HD dalam melakukan panggilan video, tapi juga fitur perekam panggilan´yang membuat Anda bisa merekam moment penting dalam suatu panggilan Video.

Tak hanya itu saja, Skype juga memiliki fitur subtitle langsung yang akan membantu Anda saat Anda tidak bisa mendengar dengan jelas suara yang diucapkan, fitur ini akan secara otomatis membuat subtitle dari apa yang diucapkan.

Dan yang membuat software ini sangat populer adalah karena dukungan perangkatnya yang sangat beragam. Tidak hanya komputer dan smartphone, Skype ini juga bisa digunakan di web, Alexa, bahkan pada perangkat Xbox sekalipun.

[Windows] [MacOS] [Linux]

2. Google Duo

Google Duo

Layanan terbaik untuk video call berikutnya adalah Google Duo, software yang satu ini merupakan salah satu dari berbagai layanan aplikasi google yang bisa Anda akses di menu “Google Apps” saat Anda masuk ke laman Google.

Dengan menggunakan Google Duo, Anda tidak hanya bisa berhubungan atau bertatap muka dengan seseorang, namun juga bisa berseang-senang dengan berbagai fitur yang disediakannya. Seperti menggambar doodle bersama, menggunakan virtual effect yang lucu-lucu, dan beragam fitur menarik lainnya.

Google Duo ini bisa Anda gunakan di smartphone, tablet, dan perangkat PC. Jadi Anda tidak perlu mengganti perangkat Anda hanya untuk menghubungi seseorang.

[Web App]

Lihat Juga : 10 Software Edit Audio PC & Mac Terbaik

3. Hangout Meet (Google Meet)

Google Meet

Masih satu keluarga dengan Google Duo, Google Meet ini juga merupakan salah satu layanan yang disebarkan Google kepada para pengguna untuk melakukan panggilan video grup.

Sama hal yang dengan Google Duo, dengan menggunakan Google Meet anda juga akan bisa terhubung dengan seseorang memalui panggilan video. Yang membedakan kedua layanan ini adalah tingkat penggunaanya, jika Google Duo dikembangkan untuk menghubungkan dua orang, maka Google Meet ini sebaliknya.

Dengan menggunakan Google Meet Anda bisa melakukan panggilan video secara besar, atau bisa dibilang panggilan grup. Biasanya software ini digunakan oleh sebuah perusahaan untuk melakukan rapat secara online.

Salah satu kelebihan Google Meet ini adalah kemampuannya dalam menampung peserta video call. Google Meet mengklaim ia bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu room.

[Web App]

4. LINE

LINE Desktop

Siapa yang tidak mengenal LINE. Merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi chat dan sosial media yang populer di Indonesia. Mungkin tidak banyak yang tahu, tapi LINE memiliki versi desktop yang juga terhubung dengan pengguna mobile. Fitur yang dimilikinya pun tidak berbeda dengan versi mobile-nya, salah satunya adalah video call.

Dengan menggunakan LINE, anda bisa terhubung dengan keluarga atau teman-teman anda melalui kontak yang anda hubungi. Tak hanya sekedar video call, LINE juga menyediakan fitur lain seperti watch together yang membuat Anda bisa menonton video YouTube bersama teman-teman dalam sebuah panggilan video.

Ada juga fitur berbagi tampilan layar yang bisa digunakan untuk menunjukkan tampilan layar perangkat Anda ke teman-teman Anda. Tak lupa, terdapat juga fitur editing seperti filter kamera dan filter latar belakang.

[Windows] [MacOS] [Linux]

5. Messenger (Facebook)

Messenger Web

Siapa yang tidak mengenal Facebook, Media sosial terpopuler didunia dengan jutaan bahkan miliyaraan pengguna aktif. Sedangkan Messenger merupakan layanan private chat yang dimiliki Facebook. Layanan ini bisa anda gunakan di Facebook secara langsung atau dengan mengunduh software-nya sendiri.

Dengan menggunakan Messenger, Anda akan bisa menghubungi teman-teman Facebook atau teman yang terdaftar di kontak telepon Anda. Kabarnya, Messenger mengeluarkan fitur baru, namanya Messenger Rooms.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda akan bisa terhubung dengan siapa saja yang masuk melalui link yang Anda bagikan, bahkan seseorang yang tanpa akun Facebook sekalipun.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 18 Software Edit Video PC & Mac Terbaik

6. Viber

Viber Desktop

Rekomendasi aplikasi video call adalah Viber. Software yang satu ini merupakan software yang dikembangkan oleh Viber Media untuk memberikan layanan berkirim pesan, menelpon suara ataupun video, dan berbagi gambar. Viber pertama kali diluncurkna pada Desember 2010 silam, dan saat ini telah memiliki dukungan di berbagai perangkat, salah satunya adalah perangkat komputer.

Dengan menggunakan Viber ini, Anda mampu melakukan panggilan video ke sesama pengguna dengan kualitas video HD dan suara yang bagus. Tidak hanya pada satu pengguna saja, namun Anda juga bisa melakukan panggilan kepada banyak orang dalam sebuah grup.

[Windows] [MacOS] [Linux]

7. Zoom

Zoom Desktop

Sedikit berbeda dengan software sebelumnya, softwara yang dikembangkna oleh Zoom Video Communication Inc. ini merupakan software video call yang biasa digunakan untuk melakukan rapat perusahaan atau sejenisnya. Software seperti ini biasa disebut sebagai software video conference.

Dengan menggunakan Zoom, Anda bisa terhubung dengan banyak pengguna secara bersamaan. Jika dibutuhkan, anda juga bisa berkirim pesan atau suara dalam diskusi yang dibuat. Berkat kebijakan Work from Home saat ini, Zoom menjadi salah satu layanan meeting online yang paling banyak digunakan.

Zoom ini dapat menampung lebih dari 15 pengguna sekaligus selama kurang lebih 30 menit dalam versi gratisnya. Anda bisa menambahnya dengan membeli paket bulanan yang disediakan.

[Windows] [MacOS] [Linux]

8. IMO

IMO

Software video call lainnya ada IMO Free Video Calls and Chat. Tidak hanya bagus di video call, IMO ini juga memiliki dukungan platform yang luas, mulai dari Windows, MacOS, Android, sampai iOS. Jadi Anda bisa menggunakanya diberbagai perangkat yang Anda miliki, Anda juga bisa secara otomatis sign in.

Dengan menggunakan IMO, Anda akan bisa berhubungan dengan teman atupun keluarga Anda dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya panggilan video, namun juga panggilan suara dan pengiriman pesan.

Fitur-fitur menarik yang layak untuk anda coba adalah Story, imoZone, profile, grup chat, dll. Yang sedikit berbeda adalah fitur IMO levels yang dihitung dari hari aktif dan durasi online. Semakin tinggi IMO levels Anda maka semakin banyak pengalaman menyenangkan yang bisa Anda dapatkan.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 12 Aplikasi Nonton Drakor Android & iOS Terbaik

9. Wire

Wire

Masih dengan rekomendasi video call terbaik untuk komputer, diurutan kesembilan ini ada software yang bernama Wire. Software ini dikembangkan oleh perusahaan Wire Swiss GmbH yang berpusat di Berlin, Jerman.

Berbeda dengan kebanyak software sejenis lainnya yang berfokus untuk memperbanyak fitur dan layanan, Wire ini lebih berfokus untuk meningkatkan keamanannya. Jika Anda ingin yakin tidak ada yang melacak dan melihat panggilan Anda maka software yang satu ini sangat penulis rekomendasikan.

Dan menariknya lagi adalah, program keamanan dari Wire open source dan anda bisa mengunduh atau melakukan perubahan melalui GitHub. Bagi anda yang merasa memiliki keahlian dalam bidang keamanan, maka anda bisa ikut berkotribusi dari program yang telah dibuat.

[Windows] [MacOS] [Linux]

10. ooVoo

ooVoo

Sofwtare video call lainnya yang bisa anda coba adalah ooVoo. Software yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa biaya sepersen pun. Dengan menggunakan ooVoo, Anda akan bisa terhubung dengan teman atau keluarga Anda yang jauh dari jangkauan Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir teman atau keluarga Anda tidak bisa menggunakan ooVoo, sebab software yang satu ini memiliki dukungan perangkat yang cukup luas, mulai dari Android, iOS, Windows, sampai MacOS sekalipun.

Tak hanya itu saja, ooVoo juga memiliki dukungan kualitas HD pada fitur panggilan videonya. ooVoo juga menyediakan layanan group video call yang bisa menampung hingga 8 peserta.

[Windows] [MacOS] [Linux]

11. WeChat

WeChat Desktop

Mungkin Anda tidak asing dengan software yang satu ini, WeChat merupakan platform sosial media yang cukup populer di dunia. Disini Anda bisa berhubungan dengan teman atau keluarga Anda, menemukan teman baru atau bahkan menemukan pasangan hidup Anda.

Tidak hanya obrolan berbentuk pesan, namun juga bisa berupa pesan suara, panggilan suara, panggilan video, dan lainnya. Dalam pengembangannya, WeChat juga hadirkan beragam fitur menarik lainnya seperti WeChat Pay, Moment untuk berbagi status / aktivitas keseharian, Game, WeChat Out, dan masih banyak lagi.

Karena Facebook diblokir oleh pemerintah China, maka WeChat-lah yang jadi alternatif buat masyarakat China. Meskipun demikian, pengguna dari negara lain juga bisa menggunakannya, tersedia lebih dari 20 bahasa di dunia, termasuk Indonesia.

[Windows] [MacOS] [Linux]

12. Facetime

Facetime

Rekomendasi software video call yang terakhir adalah Facetime. Software yang satu ini merupakan software yang hanya bisa digunakan dikalangan pengguna perangkat Apple, seperti MacOS, iOS, dan iPad. Facetime akan memungkinkan Anda tetap terhubung dengan teman atau keluarga yang jauh dari sisi Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan Facetime untuk mencari teman baru untuk diajak mengobrol. Jika Anda berpikir Anda hanya bisa memanggil satu orang disetiap panggilan video, Anda salah. Dengan Facetime, Anda juga bisa melakukan panggilan video atau suara dalam sebuah grup.

Pada perangkat mobile, anda membutuhkan iOS 12.1.4 atau yang paling baru saat ini. Adapun yang model lama, dibawah iOS 12.1.4 masih dapat terhubung namun hanya dalam bentuk suara. Tertarik mencoba, unduh melalui link dibawah ini.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.