15 Software Edit Foto PC & Mac Terbaik

Tidak peduli apakah Anda adalah Photographer pemula atau professional, proses editing memang menjadi proses yang sangat penting, proses yang akan sangat menentukan hasil kerja keras Anda nanti.

Proses editing, sendiri adalah proses dimana seorang editor memodifikasi foto dengan menambahkan berbegai filter dan efek. Jika Anda adalah seorang editor foto atau seorang yang hobi ngedit, Anda pasti tahu betapa pentingnya software edit yang powerfull.

Tanpa software yang powerfull, kemampuan yang dimiliki sang editor tidak bisa dituangkan kedalam fotonya. Namun kebanyakan software yang powerfull memiliki tampilan yang rumit dan sulit digunakan, jadi kurang cocok untuk pemula.

Nah, untuk itu disini Penulis akan memberikan rekomendasi software photo editor yang bisa Anda jadikan referensi untuk memilih software yang cocok dengan Anda.

Lihat Juga : 10 Software Kompres Foto PC & Mac Terbaik

Software Editor Foto PC & Mac Terbaik

Jika di ulasan sebelumnya penulis memberikan rekomendasi software audio editor, di ulasan kali ini penulis akan memberikan rekomendasi software Photo Editor terbaik untuk perangkat komputer & laptop.

Berikut rekomendasinya…

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop CC

Siapa yang tidak tahu software yang satu ini. Adobe memang memiliki software-software yang berkualitas, tidak terkecuali software yang satu ini (Adobe Photoshop).

Adobe Photoshop, merupakan software edit foto yang paling populer di antara software editing lainnya. Photo Editor yang satu ini memiliki kemampuan yang sangat hebat, ia bisa membuat gambar yang mustahil ada menjadi mungkin.

Dengan berbagai fitur yang powerful dan menarik, Adobe Photohsop ini menjadi pilihan utama dari setiap editor foto, mulai dari yang professional, veteran, bahkan pemula sekalipun.

Hanya saja, karena pada dasarnya software ini ditujukan untuk para veteran dan professional, pemula mungkin akan sedikit kesulitan saat menggunakannya. Namun dengan sedikit niat dan waktu, seorang pemula juga kan bisa mengguasainya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

2. Paintshop Pro

PaintShop Pro by Corel
image source : petapixel.com

Software berikutnya adalah PaintShop Pro, software yang satu ini merupakan software yang ditawarkan oleh Corel yang juga meruapakan salah satu pengembang software editor terbaik.

Dengan kemampuannya dalam mengedit foto, serta fitur dan filternya yang terbilang lengkap, PaintShop Pro ini hadir untuk membantu pekerjaan para editor foto untuk mencapai hasil yang maksimal.

Selain Photoshop, software edit foto lainnya yang cukup banyak digunakan para professional adalah Paintshop Pro ini. Software ini juga sering dikatakan sebagai saingan dari Adobe Photoshop sendiri.

Dengan kemampuannya dan fitur-fitur yang dimilikinya, Paintshop Pro memang pantas mendapatkan julukan sebagai rival Photoshop. Apalagi dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan harag Photoshop. Satu hal ini bisa menjadi faktor yang membuat orang berpaling dari Photoshop.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 11 Software Alternatif Adobe Photoshop

3. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro

Jika Anda mencari photo editor yang ringan dan gratis, maka software yang satu ini bisa jadi pilihan untuk Anda coba.

Photo Pos Pro, merupakan aplikasi edit foto yang cukup penulis rekomendasikan untuk Anda coba. Terlebih jika Anda mencari software yang ringan dan gratis. Salah satu kelebihan yang dimiliki Photo Pos Pro ini adalah fitur dimana Anda bisa memilih, tingkat kerumitan sesuai dengan kemampuan Anda. Novice untuk pemula, dan Expert untuk veteran.

Selain dari itu, Photo Pos Pro ini juga memiliki berbagai tools yang mirip dengan Photoshop, seperti selection tool, special tool, script tool,dan berbagi toolslainnya. Dengan menggunakan Photo Pos Pro ini, Anda tidak hanya bisa mengolah foto, namun juga mendesain grafis, menghaluskan foto, dan lain-lain.

[Windows] [MacOS] [Linux]

4. Affinity Photo

affinity photo
image source : affinity.serif.com

Software berikutnya adalah Affinitu Photo, software yang satu ini merupakan software Photo Editor lainnya yang bisa Anda coba. Sama halnya dengan software Photo Editor lainya, Affinity Photo ini juga memiliki berbagai tools yang mendukung pengolahaan foto.

Dengan berbagai fiturnya, seperti Full HDR Merge, 360-Degree Image Editing, Tone Mapping, dan fitur lainnya menjadikan software yang satu ini cukup banyak digunakna oleh para Photographer Professional.

Meskipun banyak digunakan profesinal, Affinity Photo ini tetap sangat bisa digunakan para pemula. Dengan seidkit waktu, pemula akan bisa menguasainya dengan mudah, terlebih karena pihak Affinity Photo juga menyediakan tutorial untuk penggunanya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

5. DxO Photolab

DxO Photolab

Masih dengan rekomendasi software photo editor, di urutan kelima ini ada software yang dikembangkan oleh DxO. Photolab merupakan software edit foto lain yang banyak digunakan Photographer Profesional untuk membantu pekerjaan mereka.

DxO Photolab ini memiliki berbagai fitur unggulan yang pastinya tidak akan mengecewakan penggunanya. Hanya saja, karena software ini ditujukan untuk professional, Photolab ini memiliki fitur yang cukup memusingkan, tidak seperti Photo Editor lain, Photolab ini memiliki fitur yang rumit.

Untuk Anda yang masih pemula, penulis tidak merekomendasikan untuk menggunakan software yang satu ini.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 13 Software Slideshow Maker PC & Mac Terbaik

6. PhotoScape

PhotoScape

Jika sebelumnya, penulis membahas software editing foto yang ditujukan untuk Profesional. Maka di urutan keenam ini hadir software photo editor yang sangat cocok untuk digunakan pemula.

PhotoScape, mungkin Anda tidak asing dengan nama ini. Software yang satu ini memang sudah cukup tua, meskipun begitu PhotoScape ini masih sangat bisa untuk digunakan. Terutama untuk pemula yang baru belajar atau orang yang hanya membutuhkan fitur-fitur dasar editing saja.

Dengan tampilannya yang sederhana, dan pengoperasian yang mudah. PhotoScape ini memang pantas dikatakan sebagai software editing foto untuk pemula. Selain mudah digunakan, PhotoScape juga ditawarkan dengan gratis, penggunaannya pun sangat ringan.

[Windows] [MacOS] [Linux]

7. Luminar

Luminar 4

Berbeda dengan PhotoScape barusan, meskipun sama-sama cocok digunakan pemula, namun software yang ketujuh ini unggul dibidang yang berbeda.

Luminar, merupakan software photo editor yang dapat digunakan para pemula sampai Profesional sekalipun.Dengan menggunakan software ini Anda akan mendapatkan berbagai fitur menarik yang bekerja secara otomatis, beberapa diantaranya adalah fitur memperbaiki warna, lens distortion, tone, chromatic, dan automatic correction.

Tidak hanya itu, Luminar ini juga memiliki 45 filter yang dapat Anda gunakan secara bebas. Tentu saja, sebelum itu Anda harus membelinya terlebih dahulu atau menggunakan trial 30 hari.

[Windows] [MacOS] [Linux]

8. GIMP

GIMP
image source : visualmodo.com

GIMP merupakan software editing foto lain yang cukup penulis rekomendasikan untuk Anda coba. Salah satu alasannya adalah karena GIMP ini merupakan software yang bersifat open source. Selain itu, GIMP ini juga ditawarkan secara gratis dan bisa digunakan siapapun secara bebas.

Tidak hanya itu, GIMP juga memiliki kelebihan lain, seperti penambahan plugin, tampilan interface yang bisa di customizes sesuai keinginan Anda. Untuk kelengkapan toolssendiri, Anda tidak perlu meragukan software yang satu ini, GIMP bahkan memiliki fitur-fitur yang dimiliki software Photo Editor berbayar.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 11 Software Image Converter Terbaik & Gratis

9. Pixlr Online

Pixlr Web App
image source : techradar.com

Berbeda dengan software-software yang penulis sebutkan sebelumnya, Pixlr Online ini merupakan software yang dapat Anda akses dengan bebas di situs resminya. Anda tidak perlu mengunduh atau memasangnya di komputer atau laptop Anda.

Jika Anda tahu aplikasi photo editor di android yang bernama Pixlr, maka software yang kali ini merupakan versi yang lebih tinggi sedikit. Namun penggunaan Pixlr Online ini tetap untuk proses pengeditan sederhana, jadi software ini kurang cocok untuk professional yang mengedit editan rumit.

[Web App]

10. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Selanjutnya adalah Lightroom, software yang satu ini merupakan saudara dari Photoshop. Software ini merupakan software yang juga dikembangkan oleh Adobe.

Pada awalnya, Lightroom ini merupakan software yang ditujukan untuk penggunaan gambar-menggambar, namun makin kesini Lightroom juga menyediakan toolsyang mendukung penggunaan editing.

Lightroom ini menambahkan fitur-fitur yang tersedia di Photoshop ke dalam dirinya, jadi untuk Anda yang mencari software yang lebih murah daripada photoshop namun tidak kalah jauh, Anda bisa mencoba Lightroom ini.

[Windows] [MacOS] [Linux]

11. PicMonkey

PicMonkey
image source : digitoolscoupons.com

Berikutnya adalah PicMonkey, software yang satu ini merupakan salah satu program photo editor web app yang bisa Anda akses dengan bebas.

Dengan menggunakan PicMonkey, anda akan bisa melakukan pengeditan foto, pembuatan desain, dan touch up portrait. PicMonkey  juga menyediakan berbagai tools yang bisa anda gunakan. Selain itu, disini anda juga akan mendapatkan berbagai efek, skin touch up, template, dll.

[Web App]

Lihat Juga : 10 Software Cleaner PC & Mac Terbaik

12. BeFunky

BeFunky

Sama dengan software sebelumnya, software yang satu ini juga merupakan software yang dapat ada anda akses hanya dengan membuka situsnya saja. Anda tidak perlu mengunduh ataupun menginstalnya.

BeFunky adalah program web app lain yang dapat anda gunakan untuk mengedit gambar. Tidak hanya itu, BeFunky juga memiliki layanan lain berupa Collage Maker, dan Graphic Designer.

Dengan menggunakan layanan photo editor BeFunky, Anda akan mendapatkan berbagai tools berguna. Anda juga akan mendapatkan berbagai template yang bisa anda gunakan untuk memperindah gambar. Selain itu, anda juga akan mendapatkan fitur seperti touch up, effect, frame, dll.

[Web App]

13. Fotor

Fotor

Masih dengan tipe program yang sama, di urutan kali ini ada program web app yang bernama Fotor. Layaknya program Web App sebelumnya, Fotor juga memiliki kemampuan untuk memanipulasi gambar.

Di Fotor, Anda tidak hanya akan bisa mengedit gambar, tapi juga bisa membuat collage, ataupun membuat design. Dengan menggunakan Fotor anda bisa membuat gambar anda menjadi lebih indah lagi dengan tools touch up-nya.

Anda juga akan mendapatkan berbagai tools dan fitur yang luar biasa untuk membuat desain yang luar biasa. Tidak hanya itu, Fotor juga menyediakan guide dan tutorial untuk Anda yang kesulitan menggunakan Fotor.

[Web App]

14. Canva

Canva
Sumber Image : fastcompany.com

Software berikutnya adalah Canva. Software yang satu ini merupakan program web app lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengedit gambar.

Dengan menggunakan Canva, Anda akan bisa memanipulasi gambar yang Anda miliki menjadi lebih indah lagi. Anda juga bisa membuat desain Anda sendiri, Canva menyediakan berbagai template untuk Anda yang ribet.

Mulai dari Poster, Logo, Presentasi, Kiriman Instagram, dll. Anda bisa mendapatkan berbagai template itu hanya dengan menggunakan Canva.

Tidak hanya itu, Canva juga menyediakan berbagai foto menarik yang bisa Anda gunakan untuk keperluan Anda. Foto-foto ini disediakan untuk membantu Anda membuat desain yang luar biasa. Hanya saja tidak semuanya dapat Anda gunakan, beberapa foto hanya dapat Anda gunakan bila Anda menggunakan Canva Premium.

[Web App]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

15. iPiccy

ipiccy

Terakhir adalah program web app yang dapat anda gunakan untuk mengedit gambar, membuat collage, dan membuat design. Dia adalah iPiccy.

iPiccy, merupakan program web app yang dapat digunakan siapa saja dengan bebas. Anda hanya perlu masuk ke situs resminya, dan menggunakannya di sana. Anda tidak perlu mengunduh atau menginstalnya terlebih dahulu.

Layaknya software lainnya, di iPiccy Anda bisa memanipulasi gambar dengan berbagai fitur dan filter yang disediakan. Dengan menggunakan fitur-fitur itu Anda akan bisa membuat gambar yang Anda miliki menjadi lebih indah lagi.

[Web App]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.