15 Aplikasi Antivirus PC, Laptop, Mac Terbaik

Berikut daftar aplikasi antivirus terbaik dan gratis untuk perangkat pc, laptop, dan mac Anda, yuk simak!

Sama halnya dengan tubuh manusia yang mudah terkena virus, sistem dalam PC atau laptop juga rentan terkena virus. Biasanya, virus menyerang sistem imun manusia dan sebagai pencegahannya dibutuhkan vaksin maupun sistem kekebalan pada sistem imun itu sendiri. Nah, sistem operasi juga membutuhkan software antivirus yang dipasangkan untuk menjegal sistem terhadap serangan virus dari luar. Memilih software antivirus terbaik untuk komputer tentu menjadi pertimbangan besar bagi banyak pengguna, karena banyaknya software yang ada di luar sana.

Anda pasti menginginkan sistem keamanan dan perlindungan yang canggih untuk menjaga kekebalan sistem maupun perangkat komputer dari datangnya virus, penipuan, maupun serangan peretas. Jika Anda kesulitan untuk memilih atau mempertimbangkan banyaknya software antivirus, maka ulasan berikut ini perlu Anda simak. Ulasan ini akan memberikan Anda pengetahuan dalam menentukan solusi software antivirus terbaik untuk komputer!

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih RAM Laptop & HP Terbaik

Aplikasi Antivirus PC & Mac Terbaik

Ada banyak software antivirus di luar sana yang memiliki fitur dan fungsi cenderung sama namun memiliki nama dan pengembang software yang berbeda. Aplikasi antivirus yang bagus untuk komputer, biasanya ditentukan oleh fitur-fiturnya yang cukup canggih dengan memberikan keamanan real-time terhadap serangan malware maupun ransomware. Berikut daftarnya!

1. Windows Security

Windows Defender
Windows Security | Microsoft

Jika Anda adalah pengguna Windows 8, Windows 10, dan Windows 11, maka secara otomatis Anda sudah memiliki antivirus bawaan. Inilah Windows Security, merupakan software Antivirus yang dikembangkan oleh Microsoft dan langsung ditanamkan di dalam Windows 10 keamanan sistem. Jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari antivirus lain. Dengan hanya menggunakan software bawaan, Anda sudah bisa mendapatkan keamanan kelas tinggi untuk sistem Windows Anda. Windows Security akan memindai, mendeteksi, menghilangkan beragam virus, spyware, dan malware, serta membantu melindungi sistem operasi dari infeksi virus.

Sebelumnya software antivirus ini dikenal sebagai Microsoft AntiSpyware dan Windows Defender, kemudian diakuisisi oleh Microsoft pada 16 Desember 2004, dan rilis pertama kali pada 24 Oktober 2006. Sebenarnya ini juga tersedia pada Windows Vista dan Windows 7, tetapi cukup untuk melindungi serangan spyware saja. Versi Microsoft Windows terbaru menyediakan Microsoft Security secara gratis, antivirus ini akan secara otomatis mulai dan berjalan setiap kali komputer Anda dihidupkan.

2. Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus
Avira Free Antivirus | duadigits.com

Avira Free Antivirus adalah salah satu perangkat lunak antivirus gratis yang berguna untuk mendeteksi dan memindai virus. Avira Free Antivirus sendiri telah mendapatkan banyak penghargaan dalam bidang keamanan, performa, dan perbaikan. Dengan banyak penghargaan yang didapatkannya, Avira Free Antivirus menjadi salah satu software antivirus terpopuler di kalangan pengguna Windows dan Mac. Untuk kualitasnya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi, semua dapat diketahui lewat penghargaan yang sudah didapatkannya.

Selain itu, Avira Free Antivirus juga memiliki banyak fitur yang sangat berguna dalam menjaga sistem Windows atau Mac Anda. Salah satunya pemindaian virus di dalam sistem Windows atau Mac Anda. Antivirus ini juga memiliki fitur yang dapat memblokir situs-situs yang sudah terinfeksi virus atau diduga Phishing secara otomatis. Aplikasi ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan rootkits semacam software komputer yang sifatnya berbahaya. Avira Free Antivirus melakukan pembaruan secara otomatis secara online setiap harinya.

3. Avast Antivirus

Avast!
Avast! | CNET Download

Avast Antivirus merupakan salah satu keluarga aplikasi keamanan internet lintas platform yang dikembangkan oleh Avast untuk pengguna Windows, MacOS, Android, maupun iOS. Adapun versi produknya yang freeware maupun yang berbayar menyediakan segudang layanan produk untuk perlindungan PC, keamanan browser, software antivirus, firewall, anti-phishing, AntiSpyware, anti-spam, dan lain-lain.

Antivirus Avast memiliki segudang fitur yang sangat berguna untuk mengamankan sistem Windows maupun Mac Anda. Salah satunya adalah dengan pemindaian secara menyeluruh terhadap semua file dari terjangkit virus yang berbahaya. Selain itu ada juga database virus yang selalu diperbarui agar semua virus yang ada bisa dideteksi. Ada juga fitur proteksi terhadap semua data yang ada, pemblokiran situs dan email yang berbahaya. Untuk versi terbaru Avast Antivirus telah ditingkatkan performanya menjadi lebih cepat, dan juga membuat tampilan menjadi lebih sederhana dan mudah.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Cleaner PC & Mac Terbaik

4. BitDefender Antivirus

BitDefender Antivirus Free
BitDefender Antivirus Free Edition | pcworld.com

BitDefender Antivirus Free Edition adalah aplikasi antivirus yang direkomendasikan untuk mendukung keamanan yang kuat untuk komputer Anda. Kegunaan terbesar dari perangkat lunak antivirus ini menggunakan pendekatan minimalis untuk mempertahankan komputer seperti Windows dari semua ancaman dunia maya. Sama layaknya dengan antivirus lainnya, BitDefender Antivirus Free ini juga memiliki banyak fitur yang digunakan untuk melindungi dan mencegah Windows atau Mac Anda terjangkit virus berbahaya.

BitDefender Antivirus Free Edition menyediakan perlindungan gratis terhadap penipuan internet seperti anti-phishing dan anti penipuan. Salah satunya adalah fitur on-demand Virus Scanner yang dapat memindai, mendeteksi, dan memusnahkan segala macam virus yang ditemukan. Fitur Anti-Phishing akan melindungi akun-akun Anda dari phishing. Selanjutnya fitur Anti-Fraud yang menjaga dan mengawasi situs-situs yang Anda kunjungi.

5. Kaspersky Free Antivirus

Kaspersky Free Antivirus
Kaspersky Free Antivirus | Kaspersky

Kaspersky Free Antivirus termasuk salah satu software antivirus yang dirancang untuk melindungi komputer terhadap berbagai jenis ancaman keamanan informasi, serangan jaringan, maupun penipuan secara real time. Aplikasi antivirus ini menyediakan komponen perlindungan khusus untuk menangani serangan atau ancaman berbahaya apa pun. Software ini juga dapat memindai komputer dari serangan virus dan malware, yang mencegah kemungkinan komputer dari program berbahaya yang belum diketahui komponen proteksi.

Cukup beragam fitur yang ada dari Kaspersky Free Antivirus meliputi: File Anti-Virus, Mail Anti-Virus, Web Anti-Virus, IM Anti Virus, Anti-Phishing, System Watcher (ini merupakan komponen pelindung dari malware termasuk: Exploitasi, pengunci layar, pengenkripsi data, dan ransomware yang mengenkripsi data atau memblokir akses ke sistem), Network Attack Blocker, Screen Keyboard (mencegah pengadangan data yang masuk ke keyboard perangkat keras).

6. 360 Total Security

360 Total Security
360 Total Security | 360totalsecurity.com

360 Total Security merupakan salah satu perangkat lunak antivirus gratis dan efektif untuk melindungi komputer dari ancaman secara online. Aktivitas Anda akan tetap aman seperti saat melakukan online Shopping, chatting, maupun mengunduh suatu file dari internet. 360 Total Security memberikan serta menjaga kegiatan komputer dari serangan-serangan virus dan malware jahat yang selalu mengintai. Dengan fitur-fiturnya yang terbilang banyak, software ini akan memastikan sistem Anda aman sepenuhnya.

Tidak hanya fitur pertahanan dari virus, 360 Total Security juga memiliki fitur pendukung yang akan meningkatkan performa sistem komputer. Salah satunya adalah fitur Speed Up yang akan mengoptimalkan kinerja sistem Anda agar menjadi lebih ringan dan cepat. Selain itu ada juga fitur Clean Up yang akan membantu Anda mengecek dan membersihkan plug-in maupun junk file, sehingga bisa membebaskan kapasitas memori Anda.

Lihat Juga : 19 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

7. Malwarebytes

Malwarebytes
Malwarebytes | Review Geek

Malwarebytes termasuk jenis aplikasi antivirus yang memiliki misi untuk menciptakan keberadaan bebas malware. Aplikasi ini berjalan secara real-time sehingga sistem Anda akan selalu dalam keadaan aman. Selain sebagai pengaman dari serangan virus dan malware, Malwarebytes juga dapat mengamankan privasi Anda selama 24/7 jam dari bahaya online yang bahkan belum pernah dilihat orang sekalipun.

Malwarebytes secara proaktif akan melindungi pengguna maupun kebutuhan bisnis dari beragam ancaman berbahaya seperti malware, ransomware, dan eksploitasi yang tidak terdeteksi oleh aplikasi antivirus tradisional. Aplikasi antivirus ini didirikan oleh CEO Marcin Kleczynski dengan menciptakan solusi disinfeksi dan perlindungan tercanggih dalam hal memerangi ancaman internet maupun siber paling berbahaya di dunia.

8. McAfee® Total Protection

McAfee® Total Protection
McAfee® Total Protection | sonos.com

McAfee® Total Protection bukan hanya sekedar Antivirus, ini lebih dari itu- it’s peace of mind. Software yang satu ini telah memenangkan beberapa penghargaan dalam kategori Internet Security, jadi tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam menjaga keamanan sistem komputer. Aplikasi antivirus ini tidak hanya menjaga keamanan sistem dari virus, malware, Ransomware dan serangan spyware yang ada, namun juga melindungi privasi dan identitas diri Anda.

Aplikasi yang satu ini dianggap sebagai tool antivirus terbaik bagi pakar keamanan dan pengguna. Tidak hanya itu, McAfee® Total Protection juga memiliki fitur yang dapat mengontrol izin penggunaan internet Anda pada program-program tertentu. Selain itu, ada juga fitur AppBooster yang akan meningkatkan kinerja software yang Anda gunakan.

9. Panda Free Antivirus

Panda Antivirus Software
Panda Free Antivirus | Softonic

Panda Free Antivirus termasuk salah satu aplikasi antivirus gratis yang paling banyak diminati karena proteksinya yang cukup bagus untuk kinerja sistem Windows. Beberapa kelebihannya seperti tampilan yang unik, tersedia fitur VPN gratis, tersedia Game mode, serta terdapat perlindungan khusus untuk mencegah ancaman virus melalui USB flash drive. Antivirus ini paling mudah digunakan dan cukup intuitif untuk perangkat komputer.

Pada umumnya, menggunakan Panda Free Antivirus akan membuat komputer Anda terjaga dari virus, spyware, rootkits, peretas, maupun penipuan online. Terdapat teknologi khusus pada Panda Antivirus ini yang menyediakan sistem perlindungan cerdas dan membuat komputer lebih mutakhir. Penggunaan antivirus ini cukup ringan dan pengguna tidak perlu belajar menggunakannya, karena Panda Free Antivirus akan secara mandiri melakukan perlindungan apa pun secara real-time.

Lihat Juga : 15 Aplikasi Edit Foto PC & Laptop Terbaik

10. Norton 360

Norton Security
Norton 360 | Downloadcrew

Norton 360 dengan LifeLock Select merupakan aplikasi yang memberikan perlindungan malware secara komprehensif untuk beragam perangkat mulai dari PC, Mac, Android, dan iOS. Beragam fitur yang ada seperti Real Time Protection, Secure VPN, Sistem LifeLock Identity Alert, Parental Control, Password Manager, 100GB Cloud Backup, Privacy Monitor, dan lainnya.

Jika identitas Anda dicuri atau disusupi, pengguna Norton 360 ini akan diberikan akses ke tim Spesialis Pemulihan Identitas yang berbasis di AS untuk bekerja sama dengan Anda mengatasi masalah tersebut. Aplikasi keamanan ini berbayar dan memang dirancang untuk memberikan Anda perlindungan menyeluruh dan terlengkap untuk perangkat Anda yang terhubung, dengan keamanan privasi online dan keamanan identitas.

11. ESET NOD32 Antivirus

ESET NOD32 Antivirus
ESET NOD32 Antivirus | eset.com

ESET NOD32 Antivirus merupakan software antivirus yang simpel, namun tetap Andal digunakan. Ini akan melindungi perangkat Windows atau Mac Anda dari hacker, ransomware, dan phishing. Dengan menggunakan software ini Anda juga akan memberikan pengoptimalan keseimbangan kecepatan, deteksi, dan kegunaan. ESET NOD32 Antivirus termasuk aplikasi yang cepat dan ringan, sangat cocok bagi para gamer dan pengguna komputer sehari-hari yang tidak menginginkan gangguan apa pun.

Selain menjadi pelindung, software ini juga dapat menjadi pendukung yang meningkatkan kinerja perangkat yang Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan fitur yang membuat sistem Windows atau Mac Anda bekerja secara penuh tanpa menurun. Ada juga fitur yang mendukung aktivitas gaming Anda, yakni fitur yang akan meniadakan segala macam update dan pop-up notifikasi di saat Anda bermain game atau menonton film.

12. Sophos Home Cybersecurity

Sophos Home Cybersecurity
Sophos Home Cybersecurity | Sophos.com

Anda dapat menggunakan Sophos Home Cybersecurity agar terlindungi dari berbagai macam bahaya seperti virus, malware, Ransomware, dan lain-lainnya. Dengan menggunakan Sophos Home Cybersecurity Anda akan mendapatkan pengamanan dari virus berbahaya yang dapat menyerang perangkat kapan saja. Sophos Home Cybersecurity juga dapat mencegah Anda memasuki situs-situs yang terdeteksi berbahaya atau terdapat phishing di dalamnya.

Sama halnya dengan aplikasi antivirus lainnya, Sophos Home Cybersecurity juga memiliki fitur pemindaian dan pembersihan malware. Selain itu, Sophos Home Cybersecurity menggunakan kemampuan deteksi ancaman AI yang mampu melindungi sistem Anda dari virus, malware trojan, worm, bot, atau aplikasi yang tidak diinginkan. Software ini juga menggunakan waktu real-time yang secara langsung melindungi sistem Anda kapan pun dan di mana pun. Fitur yang menurut kami paling keren adalah fitur Parental Web Filtering yang membuat Anda dapat mencegah anak Anda untuk masuk ke suatu situs yang sudah Anda blokir.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Video Call PC & Laptop Terbaik

13. BullGuard Antivirus

BullGuard Antivirus
BullGuard Antivirus | Conrad.com

BullGuard Antivirus adalah aplikasi antivirus dan alat keamanan yang cukup ramah digunakan yang dapat melindungi sistem Anda dari peretas, malware, dan virus. Dengan menggunakan antivirus ini, kinerja sistem akan lebih lancar dan terlindungi dari beragam ancaman berbahaya baik online maupun offline. Beberapa ancaman atau serangan virus yang datang bisa dari perangkat luar yang Anda hubungkan ke komputer seperti flashdisk atau hard disk eksternal. Selain itu virus juga bisa datang dari situs web yang tidak diinginkan.

BullGuard Antivirus dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang akan membantu Anda mengamankan perangkat Anda. Salah satunya adalah fitur real-time protection, 24/7 support, perlindungan browsing, dan filter spam. Dengan database virus yang selalu diperbarui, perangkat Anda akan sangat aman dari berbagai virus dan malware bahkan terhadap virus yang belum diketahui pun. Adapun fitur Game Booster yang populer untuk meningkatkan kecepatan PC saat digunakan bermain game.

14. AVG Antivirus Free

AVG Antivirus Free
AVG Antivirus Free | PCMag

AVG Antivirus adalah program antivirus yang dibuat oleh AVG Technologies. Sebagai software antivirus, program ini sangat bisa diandalkan. Fitur unggulan yang tersedia dari AVG termasuk fitur Anti-Rootkit dan juga Link Scanner yang berfungsi untuk men-scan tautan atau link saat melakukan penjelajahan di dunia digital. Selain itu seperti software antivirus lainnya, AVG juga memiliki fitur keamanan yang lengkap dan canggih dalam memproteksi sistem. AVG Antivirus memiliki antarmuka yang praktis, sehingga mudah digunakan.

Program AVG dirancang untuk melindungi komputer dan aktivitas online Anda, beberapa kemampuannya di antaranya: perlindungan dari malware, proteksi email, pembaruan real-time, serta perlindungan phishing. Adapun versi lanjutan berbayar seperti AVG Internet Security yang dapat memberikan keamanan lebih lengkap. AVG Internet Security dapat melindungi komputer dari serangan yang beragam, beberapa fiturnya seperti Anti-ransomware, perlindungan webcam, firewall yang ditingkatkan serta keamanan anti-peretas.

15. Smadav

Smadav
Smadav | lumpiastudio.com

99% pengguna komputer pasti mengetahui software ini. Ya, siapa yang tidak tahu Smadav, software Antivirus yang paling populer di kalangan pengguna komputer. Smadav merupakan salah satu software antivirus yang dikembangkan oleh orang Indonesia. Smadav merupakan software buatan Zainuddin Nafarin yang dimulai pada tahun 2006 silam hingga saat ini. Smadav sendiri memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk Anda yang ingin melindungi sistem komputer dari berbagai virus atau malware yang siap menyerang kapan pun dan di mana pun.

Antivirus ini hanya mampu mengatasi virus yang beredar secara lokal saja, selain itu aplikasinya terbilang sangat ringan dan ampuh menanggulangi virus komputer. Salah satu keunggulan Smadav adalah melindungi sistem perangkat Anda dari perangkat luar, seperti flashdisk, USB cable, dan lain-lainnya. Satu hal yang paling menguntungkan Anda saat menggunakan Smadav, yaitu penggunaan memori yang sedikit dibanding antivirus lain. Sayangnya, Smadav ini hanya tersedia untuk perangkat Windows, untuk Mac sendiri Smadav belum tersedia, tidak tahu kapan adanya kita nantikan saja.

Lihat Juga : 15 Aplikasi Burning CD & DVD Terbaik

Penutup,

Itulah kumpulan aplikasi antivirus PC atau Mac yang dapat Anda gunakan, dari banyaknya rekomendasi antivirus yang tersedia dapat Anda pilih menyesuaikan kebutuhan yang Anda cari. Setiap aplikasi antivirus memiliki kecenderungan fitur yang hampir sama namun memiliki fitur unggulan lain yang berbeda, mulai dari tingkat proteksi virus dan keamanannya dalam menunjang aktivitas Anda di dalam komputer baik offline maupun online. Selain itu program antivirus juga tersedia versi gratis maupun versi berbayar, tergantung jenis pemakaian yang akan Anda gunakan.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda di media sosial. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Yunita Setiyaningsih, Donny Setiawan | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. FBVideoDown : Cara Download Reel Facebook Tanpa Aplikasi

    Download reels Facebook tanpa aplikasi dengan FBVideoDown
  2. SSSGram – Pengunduh Instagram Terbaik

    Gunakan SSSGram untuk mengunduh story dan reel Instagram dengan mudah dan cepat!
  3. X8 Speeder Apk Higgs Domino Terbaru 2022, Tanpa Iklan, No Root

    Berikut link download X8 Speeder yang bisa Anda akses secara gratis dan tanpa root