15 Aplikasi Antivirus PC & Mac Terbaik

Sama halnya dengan tubuh manusia yang mudah terkena virus, sistem dalam sebuah komputer atau mac juga rentan terkena virus. Kalau di kasusnya manusia, manusia akan diberikan imunitas untuk pencegahannya. Nah, kalau dalam kasus sistem operasi sendiri ada software antivirus yang dibuatkan untuk menjegal sistem terserang virus.

Sedikit berbeda dengan antivirus manusia yang dibedakan dalam beberapa gejala khusus, antivirus komputer kebanyakan memiliki fitur utama yang sama dan tidak banyak perbedaan diantaranya.

Nah, diluar sana ada banyak sekali software antivirus yang fungsi utamanya sama namun berbeda nama dan pengembang. Di ulasan kali ini saya akan membawakan beberapa aplikasi antivirus yang dapat anda gunakan untuk mengamankan windows atau mac anda.

Lihat Juga : 19 Aplikasi Antivirus Android Terbaik

#1. Windows Defender

Windows Defender

Jika Anda adalah pengguna Windows 10, maka secara otomatis Anda sudah memiliki antivirus bawaan. Dialah Windows Defender, yang dibuat oleh Microsoft dan langsung ditanamkan di dalam Windows 10 untuk mencegah dan menghilangkan virus yang ada pada sistem.

Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot mencari antivirus lain. Dengan hanya menggunakan software bawaan, anda sudah bisa mendapatkan keamanan kelas tinggi untuk sistem Windows anda.

[Windows] [Mac] [Linux]

#2. Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus
Sumber Image : duadigits.com

Dengan umur yang sudah sangat tua, sejak 1986 Avira Free Antivirus masih sangat bagus untuk anda gunakan. Avira Free Antivirus sendiri telah mendapatkan banyak penghargaan dalam bidang keamanan, performa, dan perbaikan.

Dengan banyak penghargaan yang didapatkannya, Avira Free Antivirus menjadi salah satu software antivirus terpopuler di kalangan pengguna windows dan MAC. Untuk kualitasnya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi, semua dapat diketahui lewat penghargaan yang sudah didapatkannya.

Selain itu, Avira Free Antivirus juga memiliki banyak fitur yang sangat berguna dalam menjaga sistem windows atau MAC anda. Salah satunya pemindaian virus di dalam sistem Windows atau Mac anda.

Antivirus ini juga memiliki fitur yang dapat memblokir situs-situs yang sudah terinfeksi virus atau diduga phising secara otomatis.

[Windows] [Mac] [Linux]

#3. Avast!

Avast!
Sumber Image : CNET Download

Avast! merupakan salah satu aplikasi antivirus yang populer di kalangan pengguna Windows atau MAC. Dengan menggunakan Avast! anda dapat mencegah sistem Windows atau MAC anda terkena virus yang berbahaya.

Dengan kemampuannya yang sudah dipercaya pengguna windows dan Mac, aplikasi ini menjadi aplikasi yang populer dan punya rating yang tinggi.

Kenapa tidak? Avast! memiliki fitur-fitur yang sangat berguna untuk mengamankan windows atau mac anda. Salah satunya adalah dengan pemindaian secara menyeluruh terhadap semua file dari terjangkit virus yang berbahaya, selain itu ada juga database virus yang selalu diperbarui agar semua virus yang ada bisa dideteksi.

Ada juga fitur proteksi terhadap semua data yang ada, pemblokiran situs berbahaya, dan juga pemblokiran email yang berbahaya.

Untuk versi terbaru Avast! sudah meningkatkan performanya menjadi lebih cepat, dan juga membuat tampilan menjadi lebih sederhana dan mudah.

[Windows] [Mac] [Linux]

#4. BitDefender Antivirus Free

BitDefender Antivirus Free
Sumber Image : pcworld.com

BitDefender Antivirus Free adalah aplikasi antivirus lainnya yang saya rekomendasikan untuk anda gunakan. Dengan fitur-fiturnya yang ampuh menjaga sistem Windows atau Mac anda dari berbagai virus dan malware jahat.

Sama layaknya dengan software antivirus lainnya, BitDefender Antivirus Free ini juga memiliki banyak fitur yang digunakan untuk melindungi dan mencegah Windows atau Mac anda terjangkit virus berbahaya.

Salah satunya adalah fitur on-demand Virus Scanner yang dapat memindai, mendeteksi, dan memusnahkan segala macam virus yang ditemukan.

Selain itu, ada juga fitur yang melindungi akun-akun anda dari phishing, fitur ini dinamakan Anti-Phishing Feature. Lalu ada juga fitur yang menjaga dan mengawasi situs-situs yang anda kunjungi, situs ini disebut Anti-Fraud.

[Windows] [Mac] [Linux]

#5. Kaspersky Free Antivirus

Kaspersky Free Antivirus
Sumber Image : Kaspersky

Menjaga sistem Windows atau Mac anda dalam waktu real-time. Kaspersky Free Antivirus sangat memudahkan anda dalam menjaga sistem Windows atau Mac dari virus-virus jahat.

Dengan fitur-fiturnya yang beragam, Kaspersky dijamin akan dapat melindungi sistem Windows atau Mac secara real-time. Dalam software ini Anda dapat memindai sebagian, atau seluruh file anda dari terjangkitnya virus atau malware jahat sesuai dengan keinginan.

Selain itu, aplikasi antivirus ini juga memiliki fitur lain seperti web anti-virus yang akan melindungi anda dari situs-situs yang diduga berbahaya, ada juga fitur yang melindungi anda dari network yang berbahaya, fitur ini disebut network attack blocker.

Lalu ada juga fitur mail anti-virus yang akan memindai seluruh pesan yang masuk ke Windows atau Mac dari virus atau malware.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 11 Aplikasi Download Manager PC Terbaik

#6. 360 Total Security

360 Total Security
Sumber Image : 360totalsecurity.com

Selalu tetap mengamankan sistem Windows atau Mac anda, bahkan saat anda sedang melakukan online shopping, chatting, dan saat mengunduh suatu file. Dengan menggunakan 360 Total Security ini Anda dapat mengamankan dengan total sistem Windows atau Mac anda.

360 Total Security memberikan Anda keamanan secara penuh terhadap Windows atau Mac anda dari serangan-serangan virus dan malware jahat yang selalu mengintai.

Dengan fitur-fiturnya yang terbilang banyak, software ini akan memastikan sistem anda aman sepenuhnya.

Tidak hanya fitur pertahanan dari virus, 360 Total Security juga memiliki fitur pendukung yang akan meningkatkan performa sistem Windows atau Mac anda. Salah satunya adalah fitur Speed Up yang akan mengoptimalkan kinerja sistem anda agar menjadi lebih ringan dan cepat.

Selain itu ada juga fitur Clean Up yang akan membantu anda membersihkan junk file dan membebaskan kapasitas memori anda.

[Windows] [Mac] [Linux]

#7. Malwarebytes

Malwarebytes
Sumber Image : Review Geek

Malwarebytes merupakan software Antivirus lainnya yang dapat anda gunakan untuk mengamankan sistem Windows atau Mac anda. Aplikasi ini berjalan secara real-time sehingga sistem anda akan selalu dalam keadaan aman.

Selain sebagai pengaman dari serangan virus dan malware, Malwarebytes juga dapat mengamankan privasi anda selama 24/7 jam dari bahaya online yang bahkan belum pernah dilihat orang sekalipun.

Selain itu, Malwarebytes juga memiliki fitur pendukung lainnya seperti pembersih yang akan membersihkan file atau program yang tidak anda inginkan, lalu ada juga fitur yang dapat meniadakan notifikasi dan update saat anda bermain game atau menonton film.

[Windows] [Mac] [Linux]

#8. McAfee® Total Protection

McAfee® Total Protection
Sumber Image : sonos.com

McAfee® Total Protection bukan hanya sekedar Antivirus, ini lebih dari itu- it’s peace of mind. Software yang satu ini telah memenangkan beberapa penghargaan dalam kategori Internet Security, jadi tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam menjaga keamanan dalam sistem Windows atau Mac.

Aplikasi antivirus ini tidak hanya menjaga keamanan sistem dari virus, malware, Ransomware dan serangan spyware yang ada, namun juga melindungi privasi dan identitas diri anda.

Tidak hanya itu, McAfee® Total Protection juga memiliki fitur yang dapat mengontrol izin penggunaan Internet anda pada program-program tertentu.

Selain itu, ada juga fitur AppBooster yang akan meningkatkan kinerja software yang anda gunakan.

[Windows] [Mac] [Linux]

#9. Panda Antivirus Software

Panda Antivirus Software
Sumber Image : Softonic

Ingin sistem Windows atau Mac anda aman tapi tidak ingin menggunakan software yang berat? Panda Antivirus Software jawabannya.

Meskipun mempunyai ukuran yang terbilang ringan, namun software ini menawarkan fitur yang cukup banyak. Dengan fitur-fiturnya sistem Windows atau Mac anda akan aman dari terjangkit virus atau malware jahat yang mengancam.

Dengan menggunakan Panda Antivirus Software sistem anda akan selalu dalam keadaan aman, bahkan saat anda sedang sibuk melakukan aktivitas tertentu dengan perangkat yang anda gunakan.

Panda Antivirus Software memungkinkan Anda menikmati nyamannya berkelana dengan perangkat tanpa harus takut diserang virus atau malware yang akan membahayakan perangkat anda.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : Mengembalikan File Terhapus di Windows & Mac

#10. Norton Security (LifeLock)

Norton Security
Sumber Image : Downloadcrew

Akurat mendeteksi virus, dan mencegah serangan hacker yang ingin mencuri data, Norton Security (LifeLock) memberikan semua itu kepada anda yang menggunakannya sebagai pengaman sistem Windows atau Mac.

Tidak hanya menawarkan perlindungan tingkat tinggi, Norton Security (LifeLock) juga memberikan Anda pelayanan untuk bisa menyimpan data di cloud terpercaya dengan aman.

[Windows] [Mac] [Linux]

#11. ESET NOD32 Antivirus

ESET NOD32 Antivirus
Sumber Image : Coretan Bangfad

ESET NOD32 Antivirus merupakan software antivirus yang simpel, namun tetap andal digunakan.

Lindungi Windows atau Mac anda dari hacker, ransomware, dan phishing dengan menggunakan ESET NOD32 Antivirus. Dengan menggunakan software ini Anda juga akan memberikan pengoptimalan keseimbangan kecepatan, deteksi, dan kegunaan.

Selain menjadi pelindung, software ini juga dapat menjadi pendukung yang meningkatkan kinerja Windows atau Mac anda. Salah satunya adalah dengan fitur yang membuat Windows atau Mac anda bekerja secara penuh tanpa menurun.

Ada juga fitur yang mendukung aktivitas gaming anda, yakni fitur yang akan meniadakan segala macam update dan pop-up notifikasi di saat anda bermain game atau menonton film.

[Windows] [Mac] [Linux]

#12. Comodo Cyber Security

Comodo Cyber Security
Sumber Image : Comodo.com

Comodo Cyber Security merupakan salah satu dari aplikasi Antivirus yang dapat anda gunakan untuk mengamankan Windows atau Mac anda dari serangan virus dan malware yang berbahaya.

Dengan menggunakan Comodo Cyber Security Windows atau Mac anda akan dapat diamankan secara langsung, anda juga tidak perlu khawatir privasi anda terbongkar karena Comodo Cyber Security melakukan penjaminan terhadap para penggunanya.

[Windows] [Mac] [Linux]

#13. Sophos Home Cybersecurity

Sophos Home Cybersecurity
Sumber Image : Sophos.com

Ingin terlindungi dari berbagai macam bahaya seperti virus, malware, ransomware, dll. Sophos Home Cybersecurity jawabannya.

Dengan menggunakan Sophos Home Cybersecurity anda akan mendapatkan pengamanan dari virus, malware, ransomware yang dapat menyerang kapan saja. Sophos Home Cybersecurity juga dapat mencegah anda memasuki situs-situs yang terdeteksi berbahaya atau terdapat phishing didalamnya.

Sama halnya dengan Aplikasi antivirus lainnya, Sophos Home Cybersecurity juga memiliki fitur lainnya selain fitur utama yang sebagai pelindung.

Dengan menggunakan kemampuan prediksi kepintaran buatan Sophos Home Cybersecurity mampu untuk melindungi sistem perangkat anda. Software ini juga menggunakan waktu real-time yang membuat anda dapat secara langsung melindungi sistem anda kapanpun.

Fitur yang menurut saya paling keren adalah fitur Parental Website Filtering yang membuat anda dapat mencegah anak anda untuk masuk ke suatu situs yang sudah anda blokir.

[Windows] [Mac] [Linux]

#14. BullGuard Antivirus

BullGuard Antivirus
Sumber Image :Conrad.com

BullGuard Antivirus merupakan aplikasi Antivirus yang efektif untuk anda gunakan pada sistem Windows atau Mac.

BullGuard Antivirus akan melindungi sistem perangkat anda dari berbagai macam virus, malware, keylogger, adware, dan sebagainya, yang dapat merugikan anda.

BullGuard Antivirus dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang akan membantu anda mengamankan perangkat anda. Salah satunya adalah fitur real-time protection, 24/7 support, perlindungan browsing, dan filter spam.

Dengan database virus yang selalu diperbarui, perangkat anda akan sangat aman dari berbagai virus dan malware bahkan terhadap virus yang belum diketahui pun.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga :

#15. Smadav

Smadav
Sumber Image : lumpiastudio.com

99% pengguna komputer pasti mengetahui software ini. Ya, siapa yang tidak tahu Smadav, software Antivirus yang paling populer di kalangan pengguna komputer.

Merupakan salah satu software antivirus yang dikembangkan oleh orang Indonesia. Smadav merupakan software buatan Zainuddin Nafarin yang dimulai pada tahun 2006 silam hingga saat ini.

Smadav sendiri memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk anda yang ingin melindungi laptopnya dari berbagai virus atau malware yang selalu siap menyerang. Salah satunya adalah fitur yang melindungi sistem perangkat anda dari perangkat luar, seperti flashdisk, USB cable, dan lain-lain.

Dan satu yang paling menguntungkan anda saat menggunakan Smadav, yaitu penggunaan memori yang sedikit dibanding Antivirus lain.

Sayangnya, Smadav ini hanya tersedia untuk perangkat Windows, untuk Mac sendiri Smadav belum tersedia, tidak tahu kapan adanya kita nantikan saja.

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.