Pengertian RAM | Sejarah, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

RAM adalah perangkat keras di dalam komputer yang menyimpan data dan instruksi program secara sementara.

RAM atau Random Access Memory menjadi salah satu komponen penting dalam komputer. Setiap perangkat yang memiliki kemampuan dalam komputasi akan membutuhkan RAM. Lihat perangkat yang Anda miliki sekarang seperti smartphone, tablet, desktop, laptop, kalkulator grafik, game sistem, dan sejenisnya, semua itu menggunakan RAM. RAM sendiri juga memiliki beragam jenis walaupun pada dasarnya memiliki tujuan yang sama.

RAM hadir dalam berbagai bentuk yaitu dari kapasitas berukuran MB atau GB, kecepatan berukuran MHz atau GHz, dan juga arsitekturnya. Ketika Anda ingin menggunakan laptop atau komputer, perlu untuk mempertimbangkan aspek-aspek tersebut. Kebutuhan jenis RAM didasarkan pada pekerjaan yang Anda lakukan, hal ini untuk memutakhirkan sistem komputer. Untuk lebih jelasnya simak mengenai pengertian RAM dan jenis-jenisnya berikut ini!

Lihat Juga : Pengertian Windows | Definisi, Fungsi, Sejarah, Kelebihan

Pengertian RAM

Pengertian RAM Adalah
Sumber Gambar : DESKDECODE.COM

Apa itu RAM? Random Access Memory (RAM) adalah perangkat keras di dalam komputer yang menyimpan data dan instruksi program secara sementara. RAM merupakan memori yang selalu membutuhkan daya untuk menjaga data tetap dapat diakses. Jika komputer dimatikan, maka RAM tidak dapat diakses dan data yang ada di dalam RAM akan hilang.

RAM sangat mempengaruhi kinerja komputer, karena operasinya berkaitan dengan jumlah memori yang terkandung pada program yang dijalankan. Jika memori yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi dan program kurang memenuhi, maka akan menghasilkan kinerja yang lambat. Semakin banyak memori RAM yang dipakai komputer maka informasi dan perangkat lunak yang dapat dimuat akan terproses dengan cepat.

Lihat Juga : Pengertian Email | Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, dan jenisnya

Sejarah Singkat RAM

Sejarah Singkat RAM
Sumber Gambar : Storables

RAM pertama kali muncul pada tahun 1947 yang dirancang dalam bentuk praktis dengan tabung Williams (setelah penemuan Freddie Williams dan Tom Kilburn). Ini merupakan memori akses acak pertama yang menyimpan data dalam bintik-bintik bermuatan listrik di muka tabung CRT. Dari sini bentuk RAM mulai dikembangkan menjadi memori inti magnetik (Magnetic-core memory) pada tahun 1947 -1970-an. Seorang Frederick Viehe mengembangkan desain memori inti magnetik dan mematenkan pekerjaannya. Memori inti magnetik bekerja melalui penggunaan cincin logam kecil dan kabel yang terhubung pada setiap cincin. Diperolehlah tempat penyimpanan data pada cincin yang dapat diakses kapan saja.

Waktu berlanjut, perkembangan RAM mulai canggih. Seperti yang Anda kenal saat ini, seperti memori solid-state sudah ditemukan pada tahun 1968 oleh Robert Dennard. Kemudian RAM, dikenal secara khusus sebagai memori akses acak dinamis (DRAM) yang dikembangkan oleh perusahaan semikonduktor seperti Intel.

Lihat Juga : Pengertian Mouse | Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Fungsi dan Kegunaan RAM

Fungsi dan Manfaat RAM Komputer
Sumber Gambar : AVG

RAM menjadi memori yang dapat mengakses acak beberapa program yang dijalankan. Dengan perangkat ini memungkinkan Anda untuk melakukan banyak pekerjaan sehari-hari di depan komputer atau laptop. Berikut ini merupakan fungsi RAM yang perlu Anda tahu:

  1. Media penyimpanan sementara – RAM berfungsi sebagai media penyimpanan sementara pada komputer, laptop maupun gadget saat perangkat dioperasikan atau hidup. Misalnya, ketika Anda mengedit video, mengetik dokumen di Word, maka file atau dokumen tersebut akan tersimpan di dalam memori RAM.
  2. Membantu kinerja processor – RAM mampu membantu proses kinerja perangkat prosesor untuk pengolahan data.
  3. Untuk mempercepat akses komputer – RAM memungkinkan kinerja untuk mengakses file maupun program lebih cepat, dibandingkan dengan jenis penyimpanan data lainnya.
  4. Memuat Aplikasi – dalam hal ini RAM berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk membuka software, mengerjakan data di Word dan spreadsheet, mengedit gambar, menjelajahi internet, atau bermain dengan game komputer.
  5. Bekerja dari satu program ke program lain – memori RAM memungkinkan Anda untuk beralih dengan cepat dari tugas satu ke tugas lainnya dengan membuka banyak program. Rekomendasi untuk ini Anda dapat memilih memori yang cukup besar agar program yang dijalankan tidak lambat.

Secara umum, seperti itulah fungsi dan kegunaan dari RAM. Peranan dan fungsi RAM sangat kompleks untuk berjalannya komputer.

Lihat Juga : Pengertian Web Browser | Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya

Jenis – Jenis RAM

Jenis Jenis RAM Komputer
Sumber Gambar : Tom’s Hardware

Semua perangkat komputasi biasanya membutuhkan RAM. Seperti halnya laptop, komputer, tablet, gadget, desktop, smartphone, kalkulator grafik, HDTV, dan lain sebagainya. Pada umumnya semua RAM memiliki fungsi dan tujuan yang sama, namun ada beberapa jenis yang umumnya digunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Static RAM (SRAM)

SRAM merupakan RAM Statis yang digunakan bersama dengan aliran daya konstan. Jenis ini terbuat dari semi konduktor yang tidak membutuhkan kapasitor dan refresh berkala karena terus-menurus terhubung dengan daya. SRAM didesain menggunakan kluster enam transistor untuk penyimpanan setiap bitnya.

RAM Statis memiliki kinerja yang lebih cepat, kecepatan memori ini seimbang dengan kecepatan prosesor sebesar 500MHz atau lebih. Hanya saja memori SRAM mudah menguap, dan data yang tersimpan akan hilang saat listrik terputus. Memori ini juga diproduksi dengan biaya yang cukup mahal. Beberapa produk popular yang menggunakan SRAM meliputi: kamera digital, router, printer, layar LCD, dan sejenisnya.

2. Dynamic RAM (DRAM)

DRAM merupakan memori yang memakai kapasitor untuk menyimpan data dan selalu membutuhkan ‘refresh’ daya berkala agar berfungsi. Disebut RAM Dinamis karena mengeluarkan energi dari kapasitor, ketika energi hilang maka data menjadi hilang. Melakukan refreshing diperlukan untuk menjaga data tetap utuh.

Keuntungan dari DRAM dibanding SRAM adalah biaya produksi yang lebih murah dan menggunakan kapasitas memori yang lebih besar. Kerugiannya adalah kecepatan akses yang dimiliki agak lambat dan mengonsumsi daya lebih tinggi. Memori ini sering dipakai untuk memori sistem maupun memori grafik video. Produk populer yang menggunakan DRAM meliputi: perangkat keras jaringan, konsol video game, dll.

3. Synchronous Dynamic RAM (SDRAM)

SDRAM termasuk RAM yang berkecepatan tinggi dibanding jenis RAM lainnya, yaitu berkisar 100 hingga 133 MHz. SDRAM memiliki sinkronisasi dengan bus CPU untuk berjalan sampai 133 MHz, tiga kali lebih cepat daripada FPM RAM konvensional, juga dua kali lebih cepat dari EDO DRAM dan BEDO DRAM.

Memori ini juga memproses satu baca dan satu instruksi tulis per siklus jam untuk menghasilkan tingkat transfer dan kinerja CPU yang lebih tinggi. SDRAM juga mendukung pipelining dengan membagi memorinya menjadi bank terpisah, menyebabkan preferensinya lebih luas di atas DRAM dasar. Memori ini banyak digunakan untuk; memori komputer dan konsol video game.

4. Single Data Rate SDRAM (SDR SDRAM)

SDR SDRAM merupakan memori yang diperluas dari SDRAM, SDR atau Single Data Rate dari SDRAM ini akan menunjukkan bagaimana kerja memori dalam memproses instruksi satu baca dan satu tulis per siklus jam. Memori jenis ini juga populer digunakan untuk: memori komputer dan konsol video game. Ada generasi kedua dari pengembangan SDR SDRAM yaitu DDR SDRAM.

5. Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)

DDR SDRAM memiliki sistem operasi seperti SDR SDRAM, namun memiliki kecepatan dua kali lebih tinggi. Memori ini memproses data dua instruksi baca dan dua tulis per siklus jam (karena ganda). DDR SDRAM bekerja pada tegangan standar yang lebih rendah yaitu 2,5 V dari 3,3 V. Beberapa pengembangan versi dari memori ini seperti, DDR2 SDRAM, DDR3 SDRAM, dan DDR4 SDRAM. Produk populer yang menggunakan DDR SDRAM yaitu memori komputer.

6. Graphics Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM (GDDR SDRAM)

GDDR SDRAM merupakan jenis dari DDR SDRAM yang didesain khusus untuk me-render video grafis, pada umumnya digunakan bersama dengan GPU (Graphics Processing Unit) pada kartu video. Memori ini memiliki evolusioner sendiri untuk meningkatkan kinerja dan menurunkan konsumsi daya, beberapa pengembangannya meliputi: GDDR2 SDRAM, GDDR3 SDRAM, GDDR4 SDRAM. GDDR5 SDRAM. Pada umumnya GDDR SDRAM digunakan untuk produk: Kartu Grafis Video (GPU) dan Tablet.

7. Extended Data Output (EDORAM)

EDO RAM adalah sejenis chip RAM yang memiliki kecepatan waktu membaca dari memori ke mikroprosesor secara cepat seperti Intel Pentium. memori ini dioptimalkan untuk Intel Pentium 66 MHz. EDO RAM merupakan jenis awal chip dari Dynamic Random Access Memory (DRAM) yang dirancang untuk meningkatkan kinerja mode halaman cepat DRAM pada tahun 1990-an.

8. Flash Memory atau Flash RAM

Memori Flash adalah chip penyimpanan yang tidak mudah menguap dan banyak dipakai dalam sistem tertanam. Jenis ini dapat menyimpan data dan informasi ketika listrik mati. Flash RAM merupakan jenis media penyimpanan elektronik yang memiliki kapasitas rendah dan daya yang kecil. Memori flash terdiri dari satu atau lebih chip memori flash dan chip pengontrol memori flash yang terpisah. Memory Flash banyak digunakan untuk produk: kamera digital, smartphone, tablet, sistem game, dll.

Lihat Juga : Pengertian Keyboard | Susunan, Fungsi, dan Jenisnya

Kesimpulan,

RAM merupakan salah satu perangkat penting untuk alat elektronik seperti komputer, terutama untuk kinerja sistem. Kecilnya spesifikasi dan memori maka akan menghasilkan kinerja yang lambat. Semakin banyak memori dan kapasitas RAM maka informasi dan perangkat lunak yang dimuat akan terproses dengan cepat. RAM juga memiliki jenis beragam berdasarkan kecepatan dan kinerjanya masing-masing, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Apa itu RAM komputer?

Random Access Memory (RAM) adalah penyimpanan jangka pendek pada komputer. RAM memiliki peranan penting untuk mengelola dan membuka program, file, video, dan lain-lainnya.

Apa tujuan utama RAM?

RAM menjadi memori penyimpanan data pengguna komputer dalam sebuah program. Umumnya RAM digunakan untuk menyimpan dan mengakses data sementara.

Berapa besar RAM yang di butuhkah komputer?

Pada umumnya komputer atau laptop membutuhkan memori internal 4GB, namun disarankan ketika ingin membuka dan bekerja beberapa program bersamaan dengan kinerja cepat direkomendasikan untuk menggunakan RAM sebesar 8GB.

Di mana lokasi RAM pada komputer?

RAM terletak di CPU atau Unit Pemrosesan Pusat, di sebut juga dengan prosesor yang terletak di dalam kotak komputer di motherboard.

Bagaimana cara kerja RAM?

RAM pada umumnya merupakan penyimpanan dengan kecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan dan mengakses data sementara komputer. RAM bekerja dengan menyimpan data umum yang digunakan program secara konstan atau saat dibuka.

Apa saja jenis-jenis RAM?

Jenis umum dari RAM meliputi: DIMM, RIMM, SIMM, SO-DIMM, dan SOO-RIMM.

Rekomendasi RAM untuk sistem operasi atau perangkat komputer?

(1) 4GB RAM: Untuk menjelajah web, bekerja di aplikasi office dasar, editing foto dasar. (2) 8GB RAM : Untuk bermain game ringan, membuat program (coding), dan pekerjaan multimedia umum. (3) 16GB RAM : Mengerjakan tugas komputasi yang intensif, seperti gamer (bermain game berat), editing video di beberapa aplikasi, animasi, dan pemrograman. RAM sebesar ini akan mendapatkan performa komputer yang sangat baik.

Demikian ulasan mengenai pengertian RAM beserta fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau pendapat, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar tentang RAM. Penggunaan dan manfaat RAM akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…