Pengertian Jaringan Komputer – Sejarah, Manfaat, Jenis, Topologi, Perangkat, dll

Jaringan Komputer adalah sebuah perantara yang menghubungkan dua komputer atau lebih untuk bertukar data

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet pada saat ini hampir setiap hari digunakan oleh semua orang di berbagai penjuru dunia. Bahkan pengguna internet di Indonesia hampir setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal tersebut terjadi karena internet memberikan berbagai macam kemudahan untuk penggunanya dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu internet juga dapat menjadi hiburan untuk para penggunanya. Internet sendiri merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang ada pada saat ini.

Para pengguna internet dapat terhubung satu sama lain salah satu faktornya juga karena adanya jaringan komputer tersebut. Lalu apa itu jaringan komputer? Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut, namun belum mengetahui lebih dalam mengenai jaringan komputer. Oleh karena itu berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai pengertian, sejarah, jenis-jenis, manfaat, dan transmisi jaringan komputer yang dapat Anda simak.

Lihat Juga : Pengertian Teknik Komputer Jaringan

Pengertian jaringan komputer

Definisi Jaringan Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Jaringan komputer terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung dan digunakan untuk bertukar data. Jaringan dibangun dengan menggabungkan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak untuk menciptakan sistem untuk bekerja dengan mulus. Untuk membangun jaringan, switch dan router menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan mentransfer data ke titik akhir yang diinginkan.

Jaringan komputer yang ada pada saat ini dapat bersifat pribadi atau publik. Jaringan pribadi biasanya mengharuskan pengguna untuk memasukkan kata sandi mereka untuk mengakses jaringan tersebut. Pada umumnya kata sandi disediakan secara manual oleh administrator jaringan atau diperoleh langsung oleh pengguna. Sedangkan jaringan publik seperti Internet tidak memerlukan akses khusus untuk masuk ke dalam jaringan tersebut. Sehingga tidak ada batasan untuk mengaksesnya. Jaringan komputer juga biasanya terbuat dari gabungan dari teknologi kabel dan wireless.

Lihat Juga : Pengertian Plug and Play

Sejarah jaringan komputer

Jenis Jaringan Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Adanya jaringan komputer dimulai dengan munculnya ide dan konsep untuk berbagi komputer. Proyek ini dipimpin oleh sekelompok peneliti dari Universitas Harvard di Laboratorium Bell, yang dipimpin oleh Howard Aiken. Ketika superkomputer lahir pada tahun 1950,  pada saat itu sistem TSS (Time Sharing System) juga ditemukan. Momen ini merupakan momen sejarah penting ketika jaringan komputer pertama kali diterapkan.

Transmission Control Protocol (TCP) juga berhasil ditemukan pada tahun 1982. Dan pada tahun 1984, Domain Name System “DNS” juga berhasil ditemukan. Kemudian pada momen paling bersejarah lahir pada tahun 1990, ketika Tim Berners-Lee meluncurkan program World Wide Web (WWW), sehingga pada tahun-tahun berikutnya, jaringan komputer berkembang sangat pesat.

Lihat Juga : Pengertian Input dan Output

Manfaat jaringan komputer

Peluang Kerja TKJ
Sumber Gambar : unsplash.com

Di bawah ini adalah beberapa manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari yang dapat Anda ketahui, antara lain yaitu:

1. Sebagai media berbagi dokumen

Keuntungan pertama adalah jaringan komputer dapat digunakan sebagai media untuk berbagi dokumen dengan perangkat komputer lain melalui jaringan internet. Anda dapat membagikan dokumen Anda menggunakan kabel data atau nirkabel.

2. Memelihara dan mengelola keamanan data

Data Anda menjadi terpusat, oleh karena itu secara otomatis hal tersebut dapat lebih meningkatkan keamanan data Anda. Selain itu, jaringan komputer juga membantu administrator mengelola data penting perusahaan. Server bersama juga memungkinkan setiap karyawan untuk mengambil data dengan cepat dan efisien.

3. Memudahkan pengguna dalam berkomunikasi

Jaringan komputer juga sangat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi secara cepat dan akurat antar tim maupun dengan orang lain di berbagai wilayah. Melalui komunikasi yang baik, maka dapat membantu Anda mengatasi potensi masalah dalam perusahaan Anda.

4. Menyampaikan informasi yang cepat

Dengan adanya jaringan komunikasi, proses penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan akurat. Anda dapat membaca semua informasi dari seluruh dunia di mana saja dan kapan saja.

5. Mendukung aktivitas manusia

Kemudian keuntungan utama dari jaringan komputer adalah semua aktivitas manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Jaringan yang baik memudahkan pengguna untuk menghubungkan semua aktivitas baik di dalam maupun di luar kantor.

Lihat Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS

Jenis – jenis jaringan komputer

Fungsi & Tujuan TKJ
Sumber Gambar : unsplash.com

Berdasarkan informasi mengenai pengertian dan sejarah komputer di atas, selanjutnya ada beberapa jenis-jenis jaringan komputer yang dapat Anda ketahui, antara lain yaitu:

1. PAN (Personal Area Network)

Jaringan jenis ini biasanya mencakup area yang lebih kecil seperti kantor dan rumah. Pada umunya jaringan ini juga hanya digunakan untuk keperluan internet dan printer. Sehingga tidak memerlukan banyak sumber daya untuk menggunakan jaringan PAN.

2. LAN (Local Area Network)

Kemudian LAN merupakan jenis jaringan yang memiliki fungsi untuk membantu menghubungkan perangkat jaringan dengan kondisi jangkauan yang relatif sempit. Contoh pengaplikasian jaringan LAN adalah sistem jaringan sekolah, kantor, dan rumah. Banyak orang cenderung menggunakan jenis koneksi tertentu, terutama dengan Token Ring dan Ethernet. Selain itu, LAN juga menawarkan teknologi jaringan nirkabel dengan WiFi yang dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

3. CAN (Campus Area Network)

Dapat dikatakan bahwa jaringan CAN hampir mirip dengan jaringan MAN, akan tetapi jaringan CAN bersifat lebih terbatas karena hanya digunakan di lingkungan kampus dan wilayah akademik saja. Jaringan ini biasanya digunakan untuk melakukan praktik di laboratorium, pembaruan kelas, email, dan banyak lagi.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan yang menghubungkan beberapa perangkat komputer di area perkotaan yang memiliki jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari jaringan LAN.

5. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN biasanya menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, dan Frame Relay untuk koneksi jarak jauh.

6. Internet

Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat manusia. Jangkauan Internet mencakup hampir setiap sudut dunia. Siapa pun dapat mengakses berbagai sumber informasi yang berada pada beberapa perangkat komputasi yang berbeda seperti PC, smartphone, laptop, tablet,  dan TV.

7. VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan solusi untuk memberikan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat membuat jalur aman untuk permintaan transfer data. Saat ini, ada banyak platform yang menyediakan layanan VPN secara gratis dan menawarkan akses premium.

Lihat Juga : Pengertian Fingerprint

Jaringan komputer berdasarkan jenis transmisi

Pengertian Teknik Komputer & Jaringan
Sumber Gambar : unsplash.com

Jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis yakni jarak dan transmisi, berdasarkan bentuk dasarnya. Di bawah ini adalah dua cara untuk mengklasifikasikan jenis jaringan komputer berdasarkan transmisi.

1. Broadcast

Jaringan broadcast adalah saluran komunikasi tunggal yang digunakan  secara bersama-sama oleh beberapa perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama.

2. Point-to- Point

Tipe kedua adalah jaringan point-to-point, yang terdiri dari beberapa pasangan koneksi individu dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Untuk dapat mengirim paket ke alamat tujuan, paket tersebut harus melalui beberapa mesin perantara. Oleh karena itu, biasanya melintasi banyak rute yang mungkin berbeda jaraknya. Algoritma routing memainkan peran penting dalam jaringan ini.

Lihat Juga : Pengertian Enkripsi

Topologi jaringan komputer

Pengertian Jaringan Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

1. Bus

Topologi bus adalah topologi kabel tunggal yang menghubungkan setiap workstation dan server. Keuntungan dari topologi bus itu sendiri adalah tidak mengganggu workstation lain ketika jaringan dan workstation baru sedang dikembangkan. Namun kelemahannya adalah jika kabel rusak, seluruh jaringan akan terganggu.

2. Ring (Cincin)

Topologi ring atau cincin adalah topologi yang terbentuk ketika semua perangkat terhubung menyerupai pola cincin atau lingkaran. Oleh karena itu, setiap workstation mendapatkan informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Kelebihan dari topologi ring adalah tidak ada konflik atau tabrakan antar data. Namun kekurangan dari topologi ini adalah jika salah satu node gagal maka seluruh jaringan akan terganggu.

3. Star (Bintang)

Topologi star atau bintang adalah topologi di mana setiap workstation memiliki jalur yang terhubung langsung melalui server atau hub. Kelebihan  topologi ini adalah ketika terjadi masalah pada suatu workstation, hal yang sama tidak terjadi pada semua jaringan. Karena setiap workstation memiliki saluran atau kabelnya sendiri. Namun kelemahan dari topologi star adalah membutuhkan sumber daya kabel yang banyak dan itu membutuhkan biaya yang cukup mahal.

4. Tree (Pohon)

Topologi tree atau pohon merupakan gabungan dari topologi star dan topologi bus. Topologi jaringan ini menyerupai bentuk akar pohon dan merupakan perangkat hub yang terhubung langsung dengan bus pohon. Di mana setiap hub bertindak sebagai akar pohon.  Kelebihan dan kekurangan  topologi tree sama dengan topologi bus dan star. Namun, jaringan pohon ini  mendukung  perluasan jaringan yang lebih baik.

5. Mesh

Topologi mesh sering digunakan ketika tidak ada hubungan komunikasi yang sepenuhnya terisolasi antara node dalam jaringan komputer. Perangkat terhubung secara langsung selama mereka berada di jaringan yang sama. Keuntungan dari topologi mesh adalah komunikasi antar komputer yang lebih cepat dan peningkatan keamanan. Namun kelemahan dari topologi mesh adalah biaya kabel yang cukup mahal.

Lihat Juga : Pengertian Shareware

Macam-macam perangkat jaringan komputer

Macam - Macam Jaringan Komputer
Sumber Gambar : parallels.com

Saat ini, banyak jenis perangkat jaringan komputer yang dikembangkan untuk mendukung dan mengoptimalkan kinerja sistem jaringan. Berikut ini adalah jenis-jenis perangkat pada jaringan komputer yang dapat Anda ketahui:

1. Server

Server bertindak sebagai tempat atau media untuk menyimpan informasi dan mengelola jaringan komputer Anda. Spesifikasi server lebih tinggi dari client. Tujuan dari  server adalah untuk melayani komputer client.

2. NIC (Network Interface Card)

NIC juga dikenal sebagai kartu ekspansi kartu LAN, digunakan agar komputer dapat terhubung ke jaringan.

3. Kabel jaringan

Kabel adalah media untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya. Ada berbagai jenis kabel jaringan. Di antaranya adalah kabel serat optik, kabel coaxial, dan twisted pair.

4. Hub dan Switch

Switch adalah perangkat jaringan komputer yang dirancang untuk menghubungkan beberapa komputer. Secara fisik, switch memiliki bentuk yang sesuai dengan hub, tetapi dari sudut pandang logis, switch sesuai dengan bridge. Ada dua jenis switch, yaitu switch unmanaged yang merupakan tipe termurah. Dan jenis switch managed yang paling mahal.

5. Router

Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN ke jaringan WAN dan mengatur lalu lintas data yang ada di dalamnya.

6. Bridge

Bridge merupakan perangkat yang digunakan untuk mengarahkan lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi tentang tautan data. Bridge juga memiliki kemampuan untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan yang lebih kecil.

7. Modem

Modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer ke penyedia layanan internet (juga dikenal sebagai penyedia layanan internet (ISP)).

8. Repeater

Repeater merupakan perangkat yang dirancang untuk memperkuat dan meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. Repeater juga mencoba menjaga integritas sinyal jaringan. Kelemahan dari repeater itu sendiri adalah ketidakmampuannya untuk menyaring lalu lintas di jaringan.

9. Wireless Card

Kemudian yang terakhir, wireless Card adalah perangkat yang perlu Anda gunakan saat menghubungkan ke jaringan nirkabel. Rata-rata, jenis komputer modern sudah menggunakan perangkat yang mendukung kartu nirkabel. Namun, Anda juga dapat menambahkannya ke komputer Anda sendiri.

Lihat Juga : Pengertian Search Engine

Kelemahan jaringan komputer

Kelemahan Jaringan Komputer
Sumber Gambar : medium.com

1. Membutuhkan biaya yang tidak sedikit

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jaringan komputer Anda, Anda harus siap untuk segala hal mulai dari perangkat lunak hingga perangkat keras. Oleh karena itu Anda juga harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli berbagai perangkat tersebut.

2. Membutuhkan biaya tambahan untuk pengelolaan dan pemeliharaan

Manajemen jaringan dan manajemen pemeliharaan juga perlu Anda perhatikan dan dipertimbangkan secara teratur oleh tim IT yang berdedikasi. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan software atau hardware. Oleh karena itu Anda juga harus menyiapkan biaya yang lebih untuk perawatan tersebut.

3. Aktivitas bersama yang tidak perlu

Kelemahan jaringan komputer yang selanjutnya yaitu dari lalu lintas jaringan yang tidak terkontrol dengan baik dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan dokumen (file) bersamaan dengan spam di komputer Anda.

4. Ancaman terhadap keamanan jaringan

Tentu saja dari berbagai kemudahan proses komunikasi yang dapat dilakukan  secara bersama kapan saja, di mana saja, juga meningkatkan risiko  masalah lain. Misalnya, distribusi konten ilegal, pencurian data, dan masalah keamanan informasi lainnya yang dapat terjadi.

Lihat Juga : Pengertian Blog

Penutup,

Dari beberapa informasi penting di atas dapat diketahui bahwa jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung dan digunakan untuk bertukar data. Jaringan komputer juga berfungsi sebagai media berbagi dokumen, menyampaikan informasi secara cepat, dan membantu kegiatan komunikasi menjadi lebih mudah. Jaringan komputer juga ada beberapa jenis seperti jaringan PAN, LAN, CAN,MAN, WAN, Internet, dan VPN. Namun yang perlu Anda perhatikan pula bahwa jaringan komputer juga memiliki berbagai ancaman keamanan data seperti adanya pencurian data oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana cara memilih topologi jaringan komputer?

Jika Anda bingung untuk memilih topologi jaringan komputer yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda dapat melihat beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan Anda seperti biaya, kecepatan, lingkungan, skalabilitas, dan konektivitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manakah yang lebih aman antara jaringan via kabel atau jaringan nirkabel?

Jaringan via kabel dapat bekerja lebih baik dan lebih aman daripada jaringan nirkabel. Gangguan yang dialami oleh jaringan via kabel juga lebih sedikit dibandingkan dengan jaringan nirkabel. Beberapa gangguan jaringan nirkabel yang dapat terjadi misalnya jangkauan sinyal yang jelek, jumlah perangkat yang terhubung dapat mengganggu kecepatan jaringan Anda serta masalah lainnya.

Apa saja masalah yang terjadi pada jaringan komputer?

Sebagai pengguna jaringan komputer, Anda juga perlu berhati-hati mengenai berbagai masalah yang akan terjadi pada jaringan Anda. Misalnya seperti terjadi masalah kerusakan pada kabel dan konektor, virus komputer, kegagalan sistem, dan kesalahan konfigurasi VPN.

Bagaimana cara mengatasi masalah pada jaringan komputer?

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan jika terjadi masalah pada jaringan komputer Anda adalah dengan memeriksa koneksi antara client dan server. Kemudian pastikan bahwa nama atau alamat yang Anda masukkan sesuai dengan nama server yang diberikan VPN. Berikutnya, pastikan bahwa firewall tidak memblokir koneksi Anda dengan cara non aktifkan pengaturan firewall sementara waktu. Jika semua cara tadi sudah Anda lakukan namun masalah jaringan Anda tidak dapat teratasi, maka Anda dapat menghubungi teknisi atau orang yang lebih ahli untuk memperbaikinya.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…