11 Contoh Hardware, Software, dan Brainware Komputer

Apa itu hardware, software dan brainware? Ketiga perangkat tersebut memiliki peranan penting yang menjadi pembangun sistem…

Apa itu hardware, software dan brainware? Ketiga perangkat tersebut memiliki peranan penting yang menjadi pembangun sistem komputer. Komputer dapat bekerja karena bergantung pada komponen-komponen tersebut. Ketiga komponen dari hardware, software, dan brainware saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. Ketika komputer hanya memiliki software dan hardware saja, maka tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya brainware.

Kebanyakan orang selalu dekat dengan komputer, namun masih kesulitan memahami tentang perangkatnya. Jika dipelajari lebih jauh perangkat hardware, software, dan brainware memiliki fungsi dan contoh yang beragam. Apa saja fungsi dan contoh dibalik ketiga perangkat ini? Simak penjelasan lengkap mengenai hardware, software, brainware pada ulasan berikut ini!

Lihat Juga : Pengertian E-commerce | Definisi, Manfaat, Jenisnya

Hardware (Perangkat Keras)

Contoh Perangkat Keras
Sumber Gambar : IndustryWeek

Hardware merupakan perangkat keras berupa komponen fisik dari sistem komputer yang berisi papan sirkuit, IC, atau alat elektronik lainnya. Perangkat keras akan mendukung proses komputasi yang dijalankan. Hardware terdiri dari beragam perangkat yaitu: perangkat input, output, pemroses, dan penyimpanan.

1. Perangkat Masukan (Input Device)

Berfungsi sebagai penginput data ke dalam komputer berupa gambar, teks, video, maupun file tertentu. Perangkat input disebut sebagai data yang diterima komputer. Contoh dari perangkat input yang dipakai komputer: Keyboard, Mouse, Gamepad, Microphone, Joystick, Scanner, Digital Camera, dan lain-lain.

2. Perangkat Keluaran (Output Device)

Komponen perangkat yang berfungsi untuk menyebarluaskan dan menampilkan data dan informasi. Perangkat output menjadi hasil dari siklus yang di mulai dari input data dan pemrosesan. Contoh dari perangkat output meliputi : Speaker, Proyektor, LCD/Monitor, Printer, Plotter, Computer Display, dan lain sebagainya.

3. Processor (Perangkat Pemroses)

Merupakan perangkat proses atau pengolahan yang menjadi inti komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses atau memanipulasi data mentah dan mengubahnya menjadi informasi. Perangkat utama yang dikategorikan yaitu mikroprosesor. Contoh perangkat pemroses di antaranya, CPU, Prosesor, VGA Card, LAN Card, CMOS, Sound Card, Motherboard, dan lainnya.

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Device)

Komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data. Ada beberapa jenis perangkat penyimpanan, beberapa di antaranya yaitu : Hard Disk, SSD (Solid State Drive), RAM (Random Access Memory), Static RAM, Dynamic RAM, CD Room, DVD Room, Blu-Ray Disc, DVD RAM, ROM, Memory Card, dan USB Flash Memory.

Lihat Juga : Pengertian Email | Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, dan jenisnya

Software (Perangkat Lunak)

Contoh Perangkat Lunak
Sumber Gambar : Artibeus IT Support

Software merupakan perangkat lunak sistem dengan sekumpulan instruksi yang mengarahkan perangkat keras komputer untuk menjalankan tugas . Perangkat lunak terdiri dari berbagai program, prosedur, dan rutinitas yang berhubungan dengan pengoperasian komputer.

1. Sistem Operasi atau Piranti Lunak Sistem (System Software)

Kumpulan program yang dirancang secara khusus untuk mengoperasikan, mengontrol, dan menjalankan seluruh sistem komputer. Secara umum contoh dari sistem operasi meliputi : Sistem Operasi Komputer, (Windows, MacOS, Linux, Ubuntu) dan Sistem Operasi Smartphone (iOS Apple, Android, OS Windows Phone) dan sejenisnya.

2. Piranti Lunak Aplikasi (Application Software)

Kumpulan perangkat lunak aplikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna komputer. Beberapa aplikasi yang ada di dalam laboratorium komputer merupakan kategori software aplikasi. Contoh perangkat lunak aplikasi di antaranya; Microsoft Office (Word, Excel, Power Point), Software Penggajian, Software Inventaris Manajemen, Software Desain Grafis (Photoshop, CorelDraw, Illustrator), Software Reservasi, Browser Internet (Chrome, Safari, Edge, Firefox) dan lain-lainnya.

3. Perangkat Lunak Pemrograman (Programming Software)

Merupakan piranti lunak untuk programmer komputer maupun pengembang untuk menulis kode dalam bahasa pemrograman. Program ini digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan debug program perangkat lunak. Perangkat ini juga dipakai oleh programmer sebagai program penerjemah. Perangkat lunak pemrograman meliputi: Laravel, Java, Python, C++, PHP, Delphi, BASIC, PASCAL dan lain-lain.

4. Perangkat Lunak Driver (Driver Software)

Driver ini memungkinkan perangkat lunak untuk melakukan fungsi yang diperlukan, setiap perangkat yang terhubung dengan komputer akan memerlukan salah satu driver agar dapat berfungsi. Contoh umum dari driver meliputi : Driver Printer, Driver Mouse, Kartu Jaringan (Network Card) dan sejenisnya.  

Lihat Juga : Pengertian E-learning | Jenis, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Brainware (Pengguna)

Contoh Brainware
Sumber Gambar : Malwarebytes Labs

Brainware disebut sebagai pengguna. Brainware merupakan pengguna atau orang yang mengendalikan dan mengoperasikan komputer. Pengguna komputer dalam hal ini adalah manusia, ia selalu terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Tanpa adanya pengguna maka komputer tidak dapat berjalan. Brainware memiliki fungsi umum di antaranya:

1. Sebagai Programmer

Memiliki tugas sebagai untuk membuat program yang di butuh kan sistem komputer. Programmer juga berperan dalam membuat sistem keamanan pada sebuah sistem komputer. Sebagai programmer harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman komputer untuk merancang sebuah program.

2. Sebagai Administrator

Memiliki tugas dan kemampuan dalam mengatur dan merancang sistem kerja, urutan kerja, dari proses input dan output. Selain itu administrator juga harus memahami database perusahaan untuk mengatur, mengelola, dan menyimpan sebagai arsip data-data dari komputer.

3. Sebagai Operator

Operator bertugas menjalankan perangkat komputer melalui program dan sistem operasi, beberapa hal yang dapat dilakukan operator seperti merawat sistem operasi dan peralatan perangkat komputer dan menyiapkan data untuk diakses.

Brainware memiliki beragam jenis berdasarkan kemampuan dan tugasnya dalam menggunakan komputerdi antaranya; Programmer, Operator, Konsultan IT, Sistem Analis, Graphic Designer, Trainer, Project Manager, Database Administrator, Spesialis Jaringan, dan Teknisi.

Lihat Juga : Pengertian Internet | Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Dampaknya

Kesimpulan,

Ketiga komponen tersebut saling berhubungan dan memiliki fungsi tertentu dalam membantu kerja komputer. Hal ini akan menjadi pertimbangan dan panduan saat menggunakan komputer serta meningkatkan wawasan mengenai istilah dasar pada komputer.

Apa pengertian Hardware, Software dan Brainware?

(1) Hardware adalah perangkat keras yang berupa komponen fisik dari sistem komputer. (2) Software disebut sebagai program-program yang ada di dalam komputer. (3) Sedangkan Brainware adalah pengguna atau user yang menggunakan dan mengoperasikan komputer.

Apa contoh Hardware, Software dan Brainware?

(1) Contoh Hardware: Mouse, Printer, Keyboard, Monitor, CPU, Power Supply, RAM, Sound Card. (2) Contoh Software: Linux, Windows, MacOS, Google Chrome, Firefox, Illustrator, Photoshop, Microsoft Office; Word, Excel, dan masih banyak lagi. (3) Contoh Brainware : User, Operator, Administrator, dan Programmer.

Apa perbedaan antara Hardware dan Software?

Perangkat keras (Hardware) adalah perangkat fisik yang digunakan di dalam atau di luar komputer. Sedangkan Perangkat lunak (software) adalah kumpulan beberapa program atau piranti lunak yang di install ke Hard Drive komputer.

Apa saja jenis perangkat keras komputer?

Perangkat keras komputer terdiri dari 4 jenis utama yaitu (1) Perangkat Input: Mouse, Keyboard, Touchpad, dll. (2) Perangkat Output: Monitor, Printer, Speaker, dll. (3) Perangkat Pemroses: CPU, Processor, CMOS, Motherboard, VGA Card, dll. (3) dan Perangkat Penyimpanan: Hard Disk, DVD, Processor, RAM, ROM, Flash Disk, dll.

Apa saja jenis perangkat lunak komputer?

Ada tiga jenis utama dari perangkat keras komputer yaitu Perangkat Lunak Sistem (Windows, Mac OS, Ubuntu, Linux), Perangkat Lunak Aplikasi (Microsoft Word, Photoshop, Firefox, After Effects, Blender, 3Ds Max), dan Perangkat Lunak Pemrograman (C++, PHP, Python, Laravel, BASIC, dll).

Demikian ulasan mengenai contoh hardware, software, dan brainware, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai hardware, software, dan brainware silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih. Terima kasih!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar perangkat hardware, software, dan brainware komputer. Jenis dan manfaat perangkat komputer akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…