7+ Cara Mengatasi Status WhatsApp (WA) Teman Tidak Muncul

1

Dianisa.comWhatsApp merupakan salah satu aplikasi sosial messenger yang saat ini menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna paling banyak di seluruh dunia, mengalahkan Facebook dan Instagram. Fitur paling menarik dari sosial messenger saat ini ialah, pengguna dapat membuat story (status) yang dapat dilihat oleh kontak atau followers dalam waktu 1 x 24 jam.

Meluncur sekitar Januari 2017, story (status) WhatsApp disambut positif oleh para penggunanya. Pada waktu itu, banyak pengguna ramai – ramai melakukan update aplikasi untuk mendapatkan fitur tersebut.

Tidak hanya sekedar gaya dan trends masa kini, status (story) juga dapat menjadi peluang untuk memaksimalkan bisnis online bagi yang menjalankannya. Kamu pasti tahu sendiri, semuanya serba online dan banyak iklan – iklan endorse, MLM, bisnis makanan (food), semuanya bisa dijajakan lewat status (story).

Tidak hanya WhatsApp, Instagram dan Facebook juga lebih ramai dengan hal semacam ini, terlebih banyak selebgram yang menerima banyak endorse dari berbagai kalangan atau perusahaan, entah itu barang elektronik, produk rumahan, MLM, kosmetik, atau yang lainnya. So, story sosial messenger menjadi sangat penting (kebutuhan) untuk saat ini.

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Masalah Aplikasi Android

Penyebab Story WhatsApp Tidak Muncul

Pada pembahasan kali ini, saya akan mencoba menguraikan masalah pada status WhatsApp tidak muncul yang dialami oleh sebagian pengguna Android. Mengenai hal tersebut, berikut beberapa penyebab yang kemungkinan terjadi pada perangkat atau aplikasi WhatsApp kamu.

  • WhatsApp Mengalami Gangguan. Bisa jadi saat ini WhatsApp sedang mengalami gangguan pada server. Maklum saja, dari seluruh dunia, WhatsApp memiliki banyak pengguna. Artinya, lalu lintas bisa sangat padat dan ramai.
  • Aplikasi WhatsApp Bermasalah. Kemungkinan lain, aplikasi WhatsApp di smartphone kamu bermasalah, mungkin ada data yang corrupt, penumpukan cache, virus, atau yang lainnya.
  • Nomor Kamu Diblokir. Ketika nomor kamu telah diblokir oleh teman atau pengguna, maka kamu tidak diijinkan untuk melihat status sampai kontak kamu dibuka pemblokirannya.
  • Kamu Belum Menyimpan Kontak. Kemungkinan lain, kamu belum menyimpan kontak, artinya kontak masih dalam bentuk nomor telepon. Dan bisa jadi juga teman kamu telah ganti nomor yang artinya kamu harus menyimpan ulang nomor telepon.
  • WhatsApp Belum Kamu Update. Pastikan untuk melakukan update WhatsApp ke versi terbaru, agar stabilitas dan fitur dapat pembaharuan. Tujuannya untuk menghindari bugs atau masalah pada aplikasi WhatsApp.
  • Memori Internal Penuh. Untuk kasus ini, biasanya saat ada status WhatsApp terbaru muncul pesan memori penuh. Artinya, kamu harus membersihkan memori internal dari penumpukan cache, file temporary, dan data – data lainnya.

Mengatasi Status WhatsApp Error / Tidak Muncul

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari WhatsApp yang kamu gunakan, berikut berapa metode sederhana yang diharapkan dapat membantu. Setiap smartphone Android mungkin akan sedikit berbeda, karena UI dan letak fiturnya berbeda, namun kamu tetap bisa menyesuaikannya.

#1. Pastikan Koneksi Internet Stabil dan Lancar

Pertama, kamu perlu pastikan koneksi internet benar – benar lancar dan stabil. Karena bisa jadi koneksi internet di HP kamu lambat yang akhirnya membuat status (story) loading terus dan tidak bisa terbuka (terdownload). Untuk melihat koneksi internet, tes sederhana kamu bisa coba membuka YouTube atau Facebook.

Coba gunakan mode pesawat terbang (Airplane Mode) agar smartphone mencari dan mendapatkan sinyal HP yang baru.

Masalah Koneksi Internet

#2. Update WhatsApp

Coba lakukan update aplikasi WhatsApp di HP kamu. Diharapkan dengan ini, masalah pada aplikasi dapat terselesaikan. Karena bisa jadi bugs pada aplikasi membuat WhatsApp berjalan kurang optimal. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pembaharuan fitur apabila WhatsApp menambahkan fitur terbaru.

Update WhatsApp
Sumber Image : Play Store
  • Buka Google Play Store, cari atau ketikkan aplikasi WhatsApp, kemudian tap Update untuk melakukannya.

#3. Cek Privasi Status Teman, Apakah Disembunyikan?

Untuk bagian ini, kamu perlu cek pada HP teman kamu secara langsung yang sekiranya kamu tidak bisa melihat status-nya. Karena bisa jadi pengaturan privasi disembunyikan pada kontak atau orang – orang tertentu, termasuk kamu. Untuk memahaminya, kamu bisa baca penjelasan berikut ini.

Privasi Status WhatsApp

  • Kontak Saya. Semua kontak tersimpan dapat melihat status yang dibuat.
  • Kontak Saya Kecuali. Semua kontak, namun dengan beberapa pilihan pengecualian.
  • Hanya Bagikan dengan. Hanya kontak pilihan yang dapat melihat status yang dibuat.

Jika kamu dikecualikan atau tidak berada pada opsi bagikan dengan, maka dapat dipastikan kamu tidak bisa melihat status yang dibuat. Saya rasa ini-pun tidak jadi masalah, karena ini bagian dari privasi pengguna.

#4. Pastikan Nomor Teman Kamu Ada

Kamu juga perlu memastikan nomor teman kamu tersimpan atau masih ada, karena bisa jadi kontak-nya telah hilang yang akhirnya kamu tidak bisa melihat update status terbaru. Kemungkinan lain, teman kamu berganti kontak. Artinya, kamu-pun juga harus mengganti kontak yang sebelumnya tersimpan diganti dengan yang baru.

Dengan ini, kamu bisa melihat status terbaru yang dibuat.

#5. Pastikan Kamu Tidak Diblokir

Jika kamu diblokir oleh teman atau kontak dimaksud, maka dapat dipastikan kamu tidak akan bisa melihat status yang dibuat. Karena opsi blokir tidak mengizinkanmu melihat status, mengirim chat, ataupun melakukan panggilan. Solusinya, nomor kamu harus dibuka pemblokirannya.

Untuk melihat apakah kontak kamu diblokir atau tidak, biasanya saat kamu pengirim pesan akan centang satu terus, atau bio dan foto profil tidak terlihat.

#6. Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Selanjutnya, opsi lain yang bisa kamu lakukan yakni dengan hapus data aplikasi WhatsApp. Ini akan membuat WhatsApp kembali pada posisi default. Semua data yang bersifat sementara akan terhapus seperti basis data, cache, dan beberapa file temporary lain akan terhapus.

Menghapus data aplikasi pada perangkat Android pasti aka nada sedikit perbedaan, karena penempatan fitur pasti berbeda. Namun kamu tetap bisa menyesuaikannya.

Hapus Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih WhatsApp » Kemudian tap Hapus Data.

#7. WhatsApp Mengalami Gangguan Sementara

Kemudian hal lain yang bisa jadi alasan, kemungkinan WhatsApp mengalami gangguan, entah itu dari server-nya langsung atau dari pihak pemerintah yang melakukan pembatasan fitur. Karena beberapa waktu yang lalu, WhatsApp sering kali terjadi masalah pada fitur story, tidak bisa membuat dan tidak bisa melihat status pengguna lain.

Solusi yang dapat dilakukan yakni dengan menunggu hingga semuanya normal kembali. Masalah gangguan server atau take down biasanya akan ramai di media sosial atau berita – berita nasional.

Kesimpulan,

Dari penyebab dan solusi yang saya ulas secara mendetail diatas, saya harap ini dapat membantu para pengguna WhatsApp dalam menyelesaikan masalah yang terjadi. Kebanyakan status WhatsApp yang tidak muncul, dan dirasakan oleh banyak pengguna WhatsApp lain kemungkinan memang dari server WhatsApp langsung yang bermasalah (maintenance).

Dan sebagai pengguna, mau tidak mau memang harus menunggu. Jika-pun bukan karena proses maintenance, kamu bisa cek bagian – bagian tertentu yang tanpa kamu sadari membuat WhatsApp tidak dapat menampilkan status.

Untuk kedepannya, artikel ini akan terus saya update agar solusi yang dihadirkan lebih informatif dan maksimal dalam penyelesaian masalah.

Adapun jika dari kamu punya tips lebih atau mungkin punya pertanyaan seputar aplikasi WhatsApp, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Bagikan artikel apabila dirasa berguna dan bermanfaat.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here