13 Cara Mengatasi Status WhatsApp (WA) Teman Tidak Muncul / Hilang

Pastikan koneksi internet ponsel Anda lancar supaya status WhatsApp dapat ditampilkan

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi sosial messenger yang saat ini menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna paling banyak di seluruh dunia, mengalahkan Facebook dan Instagram. Fitur paling menarik dari sosial messenger saat ini ialah, pengguna dapat membuat story (status) yang dapat dilihat oleh kontak atau followers dalam waktu 1 x 24 jam.

Meluncur sekitar Januari 2017, story (status) WhatsApp disambut positif oleh para penggunanya. Pada waktu itu, banyak pengguna ramai-ramai melakukan update aplikasi untuk mendapatkan fitur tersebut. Tidak hanya sekedar gaya dan trends masa kini, status (story) juga dapat menjadi peluang untuk memaksimalkan bisnis online bagi yang menjalankannya. Anda pasti tahu sendiri, semuanya serba online dan banyak iklan-iklan endorse, MLM, bisnis makanan (food), semuanya bisa dijajakan lewat status (story).

Tidak hanya WhatsApp, Instagram dan Facebook juga lebih ramai dengan hal semacam ini, terlebih banyak selebgram yang menerima banyak endorse dari berbagai kalangan atau perusahaan, entah itu barang elektronik, produk rumahan, MLM, kosmetik, atau yang lainnya. So, story sosial messenger menjadi sangat penting (kebutuhan) untuk saat ini.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka

Penyebab story WhatsApp tidak muncul / hilang

Pada pembahasan kali ini, saya akan mencoba menguraikan masalah pada status WhatsApp tidak muncul yang banyak dialami oleh sebagian pengguna Android. Mengenai hal tersebut, berikut beberapa penyebab yang kemungkinan terjadi pada perangkat atau aplikasi WhatsApp.

  • WhatsApp mengalami gangguan – Bisa jadi saat ini WhatsApp sedang mengalami gangguan pada server. Maklum saja, dari seluruh dunia, WhatsApp memiliki banyak pengguna. Artinya, lalu lintas bisa sangat padat dan ramai.
  • Aplikasi WhatsApp bermasalah – Kemungkinan lain, aplikasi WhatsApp di smartphone Anda bermasalah, mungkin ada data yang corrupt, penumpukan cache, virus, atau yang lainnya.
  • Nomor Anda diblokir – Ketika nomor Anda telah diblokir oleh teman atau pengguna, maka Anda tidak diizinkan untuk melihat status sampai kontak Anda dibuka pemblokirannya.
  • Anda belum menyimpan kontak – Kemungkinan lain, Anda belum menyimpan kontak, artinya kontak masih dalam bentuk nomor telepon. Dan bisa jadi juga  teman Anda telah ganti nomor yang artinya Anda harus menyimpan ulang nomor telepon.
  • WhatsApp belum Anda update – Pastikan untuk melakukan update WhatsApp ke versi terbaru, agar stabilitas dan fitur dapat pembaharuan. Tujuannya untuk menghindari bugs atau masalah pada aplikasi WhatsApp.
  • Memori internal penuh – Untuk kasus ini, biasanya saat ada status WhatsApp terbaru muncul pesan memori penuh. Artinya, Anda harus membersihkan memori internal dari penumpukan cache, file temporary, dan data-data lainnya.
  • dll.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Cara mengatasi status WhatsApp error / tidak muncul/ hilang

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari WhatsApp yang Anda gunakan, berikut berapa metode sederhana yang diharapkan dapat membantu. Setiap smartphone Android mungkin akan sedikit berbeda, karena UI dan letak fiturnya berbeda, namun Anda tetap bisa menyesuaikannya.

1. Pastikan koneksi internet stabil dan lancar

Pertama, Anda perlu pastikan koneksi internet benar-benar lancar dan stabil. Karena bisa jadi koneksi internet di HP Anda lambat yang akhirnya membuat status (story) loading terus dan tidak bisa terbuka (terdownload). Untuk melihat koneksi internet, tes sederhana Anda bisa coba membuka YouTube atau Facebook. Coba gunakan mode pesawat terbang (airplane mode) agar smartphone mencari dan mendapatkan sinyal yang baru.

Masalah koneksi internet

2. Update aplikasi WhatsApp

Update WhatsApp ke versi terbaru
2. Coba perbarui aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Coba lakukan update aplikasi WhatsApp di HP Anda. Diharapkan dengan ini, masalah pada aplikasi dapat terselesaikan. Karena bisa jadi bugs pada aplikasi membuat WhatsApp berjalan kurang optimal. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pembaharuan fitur apabila WhatsApp menambahkan fitur terbaru.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

3. Cek privasi status teman, apakah disembunyikan?

Cek Privasi Status WhatsApp
3. Cek privasi status teman WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Untuk bagian ini, Anda perlu cek pada HP teman Anda secara langsung yang sekiranya Anda tidak bisa melihat statusnya. Karena bisa jadi pengaturan privasi disembunyikan pada kontak atau orang-orang tertentu, termasuk Anda. Untuk memahaminya, Anda bisa baca penjelasan berikut ini.

  • Kontak Saya. Semua kontak tersimpan dapat melihat status yang dibuat.
  • Kontak Saya Kecuali. Semua kontak, namun dengan beberapa pilihan pengecualian.
  • Hanya Bagikan dengan. Hanya kontak pilihan yang dapat melihat status yang dibuat.

Jika Anda dikecualikan atau tidak berada pada opsi bagikan dengan, maka dapat dipastikan Anda tidak bisa melihat status yang dibuat. Saya rasa ini-pun tidak jadi masalah, karena ini bagian dari privasi pengguna.

Lihat Juga : 3 Cara Menyembunyikan Status Online WhatsApp

4. Pastikan nomor teman Anda ada

Anda juga perlu memastikan nomor teman Anda tersimpan atau masih ada, karena bisa jadi kontak nya telah hilang yang akhirnya Anda tidak bisa melihat update status terbaru. Kemungkinan lain, teman Anda berganti kontak. Artinya, Anda-pun juga harus mengganti kontak yang sebelumnya tersimpan diganti dengan yang baru. Dengan ini, Anda bisa melihat status terbaru yang dibuat.

5. Pastikan Anda tidak diblokir

Jika Anda diblokir oleh teman atau kontak dimaksud, maka dapat dipastikan Anda tidak akan bisa melihat status yang dibuat. Karena opsi blokir tidak mengizinkanmu melihat status, mengirim chat, ataupun melakukan panggilan. Solusinya, nomor Anda harus dibuka pemblokirannya. Untuk melihat apakah kontak Anda diblokir atau tidak, biasanya saat Anda pengirim pesan akan centang satu terus, atau bio dan foto profil tidak terlihat.

Lihat Juga : 7 Cara Blokir dan Membuka Blokir Kontak WhatsApp

6. Hapus data aplikasi WhatsApp

Cara Hapus Data Aplikasi WhatsApp
6. Coba hapus data aplikasi WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Selanjutnya, opsi lain yang bisa Anda lakukan yakni dengan hapus data aplikasi WhatsApp. Ini akan membuat WhatsApp kembali pada posisi default. Semua data yang bersifat sementara akan terhapus seperti basis data, cache, dan beberapa file temporary lain akan terhapus. Menghapus data aplikasi pada perangkat Android pasti akan ada sedikit perbedaan, karena penempatan fitur pasti berbeda. Namun Anda tetap bisa menyesuaikannya.

  1. Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  2. Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  5. Tap OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa login kembali ke akun WhatsApp menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 6 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

7. WhatsApp mengalami gangguan sementara

Kemudian hal lain yang bisa jadi alasan, kemungkinan WhatsApp mengalami gangguan, entah itu dari server nya langsung atau dari pihak pemerintah yang melakukan pembatasan fitur. Karena beberapa waktu yang lalu, WhatsApp sering kali terjadi masalah pada fitur story, tidak bisa membuat dan tidak bisa melihat status pengguna lain.

Solusi yang dapat dilakukan yakni dengan menunggu hingga semuanya normal kembali. Masalah gangguan server atau take down biasanya akan ramai di media sosial atau berita-berita nasional.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa

Kesimpulan,

Dari penyebab dan solusi yang saya ulas secara mendetail, saya harap ini dapat membantu para pengguna WhatsApp dalam menyelesaikan masalah yang terjadi. Status WhatsApp yang bermasalah lebih sering disebabkan oleh koneksi internet yang bermasalah, memori internal yang penuh, dan server WhatsApp yang down (maintenance). Dan apabila memang terjadi down, sebagai pengguna Anda mau tidak mau memang harus menunggu.

Jika-pun bukan karena maintenance, Anda bisa cek bagian-bagian tertentu yang tanpa Anda sadari membuat WhatsApp tidak dapat menampilkan status. Untuk ke depan nya, artikel ini akan terus saya update agar solusi yang dihadirkan lebih informatif dan maksimal dalam penyelesaian masalah.

Adapun jika ada dari Anda yang punya tips yang lebih baik atau mungkin punya pertanyaan seputar aplikasi WhatsApp, silakan sampaikan melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Jangan lupa, bagikan artikel apabila dirasa berguna dan bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!!


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Tips WhatsApp

Masalah WhatsApp

Masalah Aplikasi Android

Aplikasi terkait

Rudi Dian Arifin

Rudi Dian Arifin adalah pemilik, penulis, dan editor utama di Dianisa.com. Ia fokus pada pemecahan masalah pada perangkat Android dan Windows. Saat ini, ia juga mengelola Yunt.co, sebuah situs yang menyajikan berbagai tools keren untuk segala macam kebutuhan.

Discussion | 19 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. FELICIA berkata:

    Tolong dong ini biasanya bisa dilihat semua orang tau2 cuma bisa dilihat 8 org

  2. FELICIA berkata:

    Saya mau status wa saya kembali

  3. Manisah berkata:

    Biasanya orang dapat melihat status orang lain tetapi kenapa saya tidak bisa tolong berikan infonya dan caranya terima kasih….

  4. Muhaimin berkata:

    Saya saat mau screenshoot story wa teman saya, terlebih dulu saya ubah kontak namanya bukan dirubah sih cuma dikurangi sedikit seperti nomor wanya baru saya selalu cantumkan kata baru di belakangnya dan setelah Saya buang kata “baru”nya ternyata SWA teman saya hilang padahal belum dihapus kata temanku dan sekarang memang sudah tidak pernah muncul lagi padahal tidak diprivasi, apakah hal seperti ini bisa diperbaiki?

  5. Dwi berkata:

    Kenapa status saya tidak muncul di wa doi….tetapi status doi muncul di wa saya

  6. Andi saputra berkata:

    Mengapa saya tidak bisa melihat status teman saya …sy pernah menghapus status teman sy setelah itu sy tidak bisa melihat status teman sy lg

    • Rahadian berkata:

      Tolong dong, ini status biasanya bisa dilihat di banyak orang, tau2 cuma bisa diliat 1 orang. Ada yang pernah ngalamin???

  7. Ney berkata:

    Kok wa saya tidak ada status kontak tmyang timbul, kenapa status wa saya tidak ada yang melihat, mohon bantuannya

  8. Nursiana berkata:

    Kenapa apdet status saya di kontak doi tidak terlihat padahal saya tidak privasikan nya dan knpa cuma 1 konta yg bgtu yaitu doi saya…..padahal yg lain bisa liat story whatsapp saya dan saya udah ngcek smua bgian privasi tpi tidak ada 1 pun nama kontak yg terprivasi…mohon bntuan nya dong ini penting banget buat saya😑

  9. Satriyo berkata:

    Saya tidak bisa melihat profil wa teman padahal saya chattingan dengannya

  10. Enny christhyn berkata:

    Gimana caranya agar Kita bisa melihat story WA yang disembunyikan dari Kita?

  11. RAHMA W berkata:

    Saya tidak bisa melihat status whatsApp teman

  12. Jeje berkata:

    Recommend sekali kak!

  13. 1 2 3
  1. 10 Cara Mengatasi HP OPPO Lemot, Sering Hang, Macet

    Berikut penyebab dan beberapa tips mengatasi HP OPPO yang lemot, macet, lag yang dapat Anda simak…
  2. 415 Nada Dering Lucu, Aneh, Unik, TikTok, Lengkap dan Terbaru 2024

    Berikut kami bagikan sejumlah nada dering yang bisa Anda jadikan nada notifikasi smartphone!
  3. 62 Nada Dering Nokia Jadul Semua Tipe, Terlengkap 2024

    Berikut kami bagikan kumpulan nada dering Nokia jadul versi lama MP3 yang bisa kamu download dan…