14 Aplikasi Burning CD & DVD untuk PC & Laptop

Apakah anda pengguna komputer/laptop dengan kapasitas hard disk yang kecil? Apa yang anda lakukan disaat ingin memasukkan file tetapi hard disk penuh? Mungkin membeli hard disk lagi dengan kapasitas yang besar adalah pilihan yang aman.

Tetapi apakah kapasitas yang besar itu akan digunakan semuanya? Jika tidak, itu akan sungguh menyayangkan bukan, terlebih mengingat harga hardisk yang cukup mahal.

Nah, untuk anda yang hanya memerlukan sedikit kapasitas, anda bisa membeli CD/DVD kosong dan melakukan proses burning. Meningkat harga CD/DVD juga lebih murah, yah itu karena kapasitasnya yang tidak besar sih. Untuk CD sendiri hanya memiliki kapasitas sebesar 700 MB, sedangkan DVD 4 GB – 15,9 GB.

Nah, untuk melakukan burning CD sendiri anda memerlukan aplikasi khusus, yang harus anda install terlebih dahulu, yang kemudian bisa melakukan proses burning CD. Untuk anda yang tidak tahu aplikasi apa-apa saja yang bisa melakukan burning CD, akan penulis beritahu di ulasan kali ini.

Berikut list aplikasi burning CD terbaik untuk pengguna Windows, Mac, dan Linux yang bisa penulis rekomendasikan …

Lihat Juga : 11 Aplikasi Download Manager PC Terbaik

#1. Nero

Aplikasi Burning CD Nero
Sumber Image : alex71.com

Sebagian orang yang sudah cukup lama menggunakan CD/DVD kemungkinan tahu mengenai aplikasi ini. Nero merupakan aplikasi Burning CD/DVD yang paling populer diantara aplikasi burning CD lainnya.

Kenapa tidak, dengan menggunakan Nero anda akan merasakan kemudahan untuk melakukan Burning CD/DVD. Dengan fitur-fiturnya yang cukup lengkap, seperti media manager, converter, Burner, ripper, backup & rescue, dan lain-lain. Anda akan dibantu dalam melakukan Burning CD.

Nero sendiri tersedia dalam versi gratis dan berbayar, tentu yang berbayar akan lebih bagus karena fiturnya lebih banyak. Untuk anda yang hanya memerlukan beberapa fiturnya saja, anda bisa menggunakan versi gratisnya.

Download Nero disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#2. Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio
Sumber Image : techworld.com

Untuk selanjutnya ada Ashampoo Burning Studio. Sama halnya dengan Nero aplikasi ini juga dapat membantu dan mempermudah anda dalam proses burning CD.

Dengan fitur-fitur yang dibawanya anda akan merasakan kemudahan untuk melakukan Burning CD, salah satu fiturnya adalah burning file/folder, video, musik, dan berbagai file lainnya.

Selain itu, Ashampoo Burning Video juga memiliki fitur backup yang mampu melakukan kompresi dan enkripsi pada file anda.

Download Ashampoo Burning Video disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#3. BurnAware

BurnAware Professional
Sumber Image : downloadcrew.com

BurnAware, mempermudah anda dalam proses burning file/folder ke dalam CD/DVD dengan cepat dan mudah. Sama halnya dengan dua aplikasi sebelumnya.

BurnAware ini juga memiliki fitur utama yang sama, yaknimelakukan Burning CD untuk memindahkan data atau file anda ke dalam bentuk CD/DVD. Selain itu, BurnAware juga dapat melakukan proses burning pada file berformat .iso.

Yang mengungguli BurnAware ini adalah dia dapat melakukan Burning pada semua piringan, termasuk CD, DVD, bahkan BluRay.

Download BurnAware disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#4. PowerISO

PowerISO
Sumber Image : nesabamedia.com

Yang keempat ada PowerISO. Merupakan aplikasi burner yang cukup populer di kalangan pengguna komputer atau laptop.

Meskipun dia memiliki fungsi utama yang sama saja dengan burner lainnya. Dengan menggunakan PowerISO anda akan bisa membuka, mengekstrak, burn, create, edit, compress, encrypt, split dan convert ISO files, dan membuat file ISO dengan internal virtual drive.

Selain itu PowerISO juga memiliki fitur yang dapat membuat Audio Disc, Audio CD Ripper, dan ISO – BIN Converter. PowerISO juga mendukung banyak tipe image disc, mulai dari ISO, BIN, IMG, VCD, dan masih banyak lagi.

Download PowerISO disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#5. Free Burning Studio

Free Burning Studio
Sumber Image : disc-maker.net

Berikutnya adalah Free Burning Studio, merupakan aplikasi dengan fungsi sama pada aplikasi lain yang saya sebutkan sebelumnya. Burning CD/DVD, mulai dari Audio, Video, File, Folder, dan ISO Image, semua dapat anda lakukan dengan menggunakan Free Burning Studio ini.

Yang terpenting dari aplikasi ini adalah anda bisa mendapatkan aplikasi secara cuma-cuma alias gratis karena sifatnya yang open source.  Meskipun gratis aplikasi ini sangat aman dan mudah digunakan.

Download Free Burning Studio disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

#6. Active@ ISO Burner

Active ISO Burner
Sumber Image : ntfs.com

Berikutnya ada Active@ ISO Burner yang merupakan aplikasi dengan fungsi sama pada aplikasi lain yang telah saya sebutkan.

Burning File Image ISO ke CD-R, DVD-R, DVD+R, CD-RW, DVD-RW, DL DVD+RW, HD DVD dan Blu-ray Disc lebih mudah dan cepat dengan Active@ ISO Burner.

Download Active@ ISO Burner disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#7. InfraRecorder

InfraRecorder
Sumber Image : totaluninstaller.com

Ketujuh terdapat InfraRecorder, meskipun namanya terdapat sebuah kata perekam (recorder), namun record yang disini bukanlah sebuah perekam namun piringan kaset. Dengan adanya aplikasi InfraRecorder ini, anda akan dimudahkan untuk melakukan burning cd/DVD di komputer atau laptop anda sendiri.

Selain itu, InfraRecorder juga bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan ulang langsung di dalam discnya.

InfraRecorder juga memiliki kemampuan dual layer DVD, burn image berformat ISO atau BIN, fixate disc, scan SCSI/IDE, buat copy-an disc, masukkan data dengan multi-session disc, dan save audio and data track to file.

Download InfraRecorder disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#8. CDBurnerXP

CDBurnerXP
Sumber Image : gadis-anugrahteknologi.blogspot.com

Selanjutnya ada CDBurnerXP, yang merupakan aplikasi Burner CD yang dapat anda gunakan secara gratis.  Sesuai dengan nama aplikasinya, CDBurnerXP memiliki fitur utama burn semua data di CD-R/CD-RW/DVD+R/DVD-R/DVD+RW/DVD-RW/DVD-RAM/BD/HD-DVD, termasuk double layer medium.

Namun selain sebagai Burner, aplikasi ini juga memiliki fitur pendukung lain yang dapat anda gunakan, seperti membuat CD Audio, atau file ISO, dan berbagai fitur pendukung lainnya.

Download CDBurnerXP disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#9. StarBurn

StarBurn
Sumber Image : climatenamechange.org

Di Urutan nomor sembilan diduduki oleh StarBurn. Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, StarBurn ini juga memiliki fungsi utama sebagai Burner CD/DVD. Dengan menggunakan StarBurn, anda akan dimudahkan dalam proses Burning CD/DVD di komputer atau Laptop.

Dengan menggunakan StarBurn anda akan mendapatkan fitur untuk melakukan burning terhadap CD-R/ CD-RW/ DVD+R/ DVD-R/ DVD+RW/ DVD-RW/ DVD-RAM/ BD/ HD-DVD.

Download StarBurn disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#10. Express Burn Free CD and DVD Burner

Express Burn Free CD and DVD Burner
Sumber Image : climatenamechange.org

Express Burn Free CD and DVD Burner adalah aplikasi berikutnya yang saya rekomendasikan kepada anda. Dengan menggunakan aplikasi ini anda akan dimudahkan dalam proses Burning pada CD/CD-R/CD-RW, atau proses burning audio, video, atau file didalam CD/DVD/BLU-RAY.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk authoring DVD, Writing Disc, dan ISO Burner.

Download Express Burn Free CD and DVD Burner disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Convert Video Android Terbaik

#11. DVD Styler

DVD Styler
Sumber Image : dvdstyler.org

DVD Styler adalah aplikasi lainnya yang dapat anda gunakan untuk melakukan burning CD/DVD di komputer atau laptop anda. DVD Styler ini adalah aplikasi open-source yang dapat membantu anda dalam proses burning CD/DVD. Tidak hanya burning, aplikasi ini juga dapat memutar video pada DVD Player.

Download DVD Styler disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#12. Free Audio CD Burning

Free Audio CD Burning
Sumber Image : dvdvideosoft.com

Free Audio CD Burning adalah aplikasi burner lainnya yang dapat anda gunakan secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa melakukan burning pada CD-R atau CD-RW, anda juga dapat menghapus informasi dari disc.

Selain itu, Free Audio CD Burning juga mendukung berbagai format audio, termasuk .MP3, .WAV, .AAC, .M4A, .M4B, dan lainnya.

Download Free Audio CD Burning disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#13. DeepBurner

Aplikasi Burning DeepBurner
Sumber Image : softalead.net

DeepBurner adalah aplikasi burner yang bisa anda gunakan secara gratis. Pada versi gratisnya, berukuran kecil, mudah digunakan, powerful, punya banyak fitur yang anda butuhkan.

Dengan DeepBurner anda dapat burning data/audio/video CD, semua jenis DVD, semua dengan operasi secara mudah dan cepat. DeepBurner tersedia dengan dua versi, versi berbayar yakni pro dan versi gratis yang biasa.

Anda dapat mengunduhnya disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#14. K3b – Disc burning for Linux

K3b – Disc burning for Linux
Sumber Image : kde.org

K3b – Disc burning for Linux adalah aplikasi burner yang dikhususkan untuk pengguna Linux. Dengan menggunakan aplikasi ini anda akan mendapatkan kemudahan untuk menangani burning CD, dengan banyaknya fitur yang mampu membantu kebutuhan anda.

Dengan K3b – Disc burning for Linux ini anda bisa melakukan copy CD dan formatting DVD. Selain itu, hanya dengan menekan icon file maka aplikasi ini akan menampilkan isinya dan memungkinkan untuk aksi selanjutnya.

Download K3b – Disc burning for Linux disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.