Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Dalam kehidupan sehari-hari manusia modern saat ini, komputer menjadi kebutuhan penting untuk membantu memaksimalkan aktivitas keseharian baik dalam pendidikan, pekerjaan, dan hiburan. Tanpa adanya komputer, manusia modern saat ini akan sangat terbatas aktivitasnya. Percepatan dan pertumbungan teknologi saat ini terjadi karena awal terciptanya komputer dan dikembangkan secara terus menerus hingga saat ini.

Munculnya program atau aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone saat ini juga karena perkembangan teknologi komputer yang samakin lama semakin canggih. Program yang saat ini populer seperti WhatsApp, Google, YouTube hingga game atau permainan berkat dikembangkannya komputer dan algoritmanya.

Melalui artikel ini, penulis akan menjelaskan apa itu komputer? Pengertian komputer secara umum dan menurut para ahli, sejarah komputer, fungsi dasar komputer, hingga komponen yang ada pada komputer. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga :

Pengertian Komputer Secara Umum

Pengertian Komputer
image credit : ArturVerkhovetskiy | DepositPhotos

Apa itu komputer? Menurut Wikipedia, komputer merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Secara definisi, komputer merupakan suatu alat elektronik yang terdiri dari rangkaian komponen sehingga membentuk suatu sistem kerja. Dari sistem kerja perangkat elektronik tersebut mampu menghasilkan output sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pengguna.

Ditinjau dari etimologi, komputer diambil dari bahasa lain yaitu “Computare” yang artinya menghitung. Sehingga dapat diartikan juga bahwa komputer merupakan alat untuk menghitung atau alat yang mampu melakukan proses perthitungan aritmatika. Ada 3 bagian elemen penting yang perlu diperhatian untuk memahami fungsi komputer, yakni:

  • Hardware (Perangkat Keras), yang merupakan komponen pada komputer yang dapat dilihat secara kasat mata seperti Processor, Hard Disk, RAM, Motherboard, CPU, dan lainnya.
  • Software (Perangkat Lunak), yang merupakan suatu bagian dari komputer dalam bentuk sistem atau program yang tidak memiliki wujud fisik. Berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dengan hardware komputer. Contohnya seperti sistem operasi dan program yang terinstall pada sistem operasi tersebut.
  • Brainware (Pengguna Komputer), merupakan pengguna yang mengoperasikan komputer atau sederhananya, brainware adalah manusia yang memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Penjelasan diatas merupakan pengertian komputer secara umum. Untuk dapat lebih memahaminya, anda bisa merujuk pengertian komputer menurut para ahli berikut ini lengkap dengan daftar pustakanya apabila dibutuhkan.

V.C. Hamacher et al

Merujuk penjelasan dari V.C. Hamacher et al, Komputer merupakan sebuah mesin perhitungan elektronik yang cepat dan mampu menerima informasi input digital lalu memprosesnya sesuai dengan proses yang tersimpan dalam memori dan menghasilkan output berupa informasi.

(V. Carl Hamacher Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001)

William M. Fuori

Menurut William M. Fuori, Komputer merupakan suatu alat pemroses data yang mempu melakukan perhitungan dengan jumlah besar secara lebih cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia.

(William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981)

Donald H. Sanders

Menurut Donald H Sanders, Komputer merupakan sistem elektronik yang mampu memanipulasi data secara cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program (sistem operasi) yang tersimpan di memori penyimpanan (stored program).

(Donald H.Sanders, 1985)

Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

(Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.)

Sejarah Komputer

Sejarah Komputer
image credit : fergregory | DepositPhotos

Dalam perkembangannya, komputer dibagi menjadi lima generasi, dari generasi pertama yang awal mulanya dari sebuah tabung hingga saat ini masuk ke generasi kelima sebagai AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Untuk lebih memahami, mari simak sejarah singkatnya berikut ini:

Komputer Generasi Pertama

Pada masa tersebut komputer masih dalam tahap pengembangan serta memiliki ukuran yang sangat besar. Pengembangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan militer sebagai strategi eksploitasi demi tujuan yang mereka harapkan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa mesin (machine language) yang sulit untuk dipahami.  

Komputer Generasi Kedua

Pada masa tersebut bahasa mesin telah digantikan oleh bahasa Assembly yang merupakan bahasa pemrograman untuk menggantikan kode biner. Pada masa tersebut, komputer secara luas telah digunakan pada industri-industri bisnis besar. Bahasa pemrograman lain juga mulai muncul seperti COBOL dan FOTRAN yang mulai umum digunakan. Karier baru mulai bermunculan seperti programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer.

Komputer Generasi Ketiga

Pada generasi tersebut, komponen komputer mulai dibuat dengan ukuran lebih kecil. Ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip yang disebut sebagai semikonduktor. Selain itu, kemajuan lain komputer generasi ketiga adalah sudah dikembangkannya sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program secara serentak.

Komputer Generasi Keempat

Pada generasi keempat, chip komputer mulai dikembangkan dengan ukuran yang lebih kecil lagi yang mampu membuat ribuan komponen. ULSI (Ultra-Large Scale Integration) mampu meningkatkan jumlahnya hingga jutaan komponen. Dan pada masa tersebut, komputer tidak hanya digunakan oleh perusahaan ataupun instansi pemerintah namun dapat digunakan oleh orang biasa.

Pada tahun 1981, IBM juga telah mengenalkan Personal Komputer (PC) untuk penggunaan kantor, sekolah, dan rumahan. Dimasa tersebut, komputer telah berubah menjadi lebih kecil, dari desktop, laptop, hingga palmtop. Selain IBM, Apple juga mulai menjajah pasar dengan produknya. Keduanya bersaing merebutkan pasar penjualan komputer. Bahkan pada masa tersebut, Apple mulai memperkenalkan penggunaan mouse.

Komputer Generasi Kelima

Masa saat ini merupakan masa pengembangan komputer generasi kelima, meskipun terlihat masih sangat muda. Komputer generasi kelima adalah AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang memiliki nalar seperti manusia dan mampu melakukan banyak hal tak terduga layaknya manusia.

Meskipun masih sangat jauh dari kesempurnaan, namun pengembangan teknologi kecerdasan buatan pada komputer terus dikembangkan. Banyak perusahaan teknologi besar seperti Google, Apple, Microsoft, dan lainnya terus mengembangkan teknologi Artificial Intelligence. Apabila pengembangan ini telah berhasil dan sempurna dilakukan, maka kebutuhan informasi dan komunikasi akan lebih baik serta penelitian dalam bidang apapun akan terasa lebih cepat.

Lihat Juga : Sejarah Komputer

Fungsi Dasar Komputer

Fungsi Komputer
image credit : nd3000 | DepositPhotos

Dalam perkembangannya, komputer tentu memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam pengertian secara umum, komputer memiliki 4 fungsi utama yakni, data input, data processing, data output, dan data storage. Untuk lebih memahaminya, berikut penjelasannya:

Data Input

Komputer memiliki fungsi untuk menerima input, perintah, informasi, atau data dari sumber lain. Input tersebut diterima dari aktivitas yang dilakukan pengguna melalui perangkat lain seperti keyboard, mouse, dan lain sebagainya. Untuk lebih mudah dalam memahaminya, ketika pengguna melakukan klik pada software atau aplikasi terinstal pada komputer maka itu merupakan proses input yang nantinya akan dilakukan pemprosesan oleh komputer itu sendiri.

Data Processing

Setelah melakukan input, maka komputer melakukan pengolahan data atau pemprosesan yang nantinya dapat menghasilan output. Pengolahan data (processing) ini dilakukan oleh komputer dari program yang dijalankan agar dapat dipahami oleh mesin, kemudian mesin menerjemahkannya kembali melalui program sehingga dapat dipahami oleh manusia. Proses ini akan terus berputar sehingga dapat menghasilkan output berupa teks, audio, video, gambar, dan lainnya.

Data Output

Dari pemprosesan yang dilakukan, komputer akan mengirimkan data atau informasi berupa output dalam bentuk teks, gambar, video, audio, dan lainnya melalui perangkat keras seperti monitor, printer, speaker, dan lainnya agar dapat dipahami oleh manusia.

Data Storage

Komputer juga dapat berfungsi sebagai media penyimpanan file atau data sehingga data tersebut dapat digunakan kembali secara berulang-ulang sesuai kebutuhan. Penyimpanan tersebut bisa bersifat sementara atau permanen dengan memanfaatkan media penyimpanan internal dan eksternal. HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Disk) menjadi hardware penting untuk menyimpan semua data yang diinginkan.

Lihat Juga :

Komponen pada Komputer

Komponen Komputer
image credit : Mny-Jhee | DepositPhotos

Dari fungsi komputer diatas, terdapat banyak komponen komputer untuk dapat berjalan dan menjadi syarat bisa disebut sebagai komputer. Namun secara umum, komponen pada komputer terbagi menjadi tiga yakni komponen input, komponen proses, dan komponen output. Berikut penjelasannya,

Komponen Input

Komponen Input merupakan komponen hardware yang digunakan oleh pengguna (manusia) untuk dapat mengoperasikan komputer. Tujuannya agar pengguna dapat memberikan input atau perintah ke komputer. Berikut daftar komponen inputnya:

  • Mouse,digunakan untuk mengoperasikan komputer melalui pointer berupa gerakan, tekan tombol (click), dan penggulungan (scroll).
  • Trackpad,memiliki fungsi yang sama seperti mouse, digunakan untuk mengarahkan dan menggunakan pointer namun dalam bentuk permukaan yang mendatar.
  • Keyboard,digunakan untuk memberikan input berupa alfabet untuk mengetikkan kalimat dan angka 0-9, serta simbol-simbol yang dibutuhkan.
  • Pen,digunakan untuk memberikan input pada komputer dengan dukungan layar sentuh, sehingga bisa dikatakan memiliki fungsi sama seperti mouse. Dalam perkembangannya, pen banyak digunakan pada perangkat tablet dan smartphone.
  • Microphone,digunakan untuk memberi input berupa suara. Fungsinya banyak ditemukan pada perangkat modern saat ini, baik pada smartphone, laptop, desktop, hingga smartwatch.
  • Scanner, digunakan untuk memindai suatu benda seperti dokumen dan gambar. Tujuannya scanner digunakan untuk mengubah data fisik menjadi digital.

Komponen Proses

Komponen proses berfungsi untuk melakukan pengolahan data yang diberikan oleh pengguna (brainware) berupa input yang telah dilakukan. Proses ini dilakukan untuk menerjemahkan kembali input ke output agar dapat dipahami oleh pengguna (manusia). Beberapa perangkat pemprosesan adalah sebagai berikut:

  • Processor, komponen utama yang berfungsi untuk memproses atau mengolah semua data. Umumnya sering disebut sebagai otak komputer.
  • Motherboard, merupakan papan sirkuit atau tempat berbagai komponen elektronik pada komputer sebagai penghubung antar komponen.
  • Hard Disk, merupakan media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan semua data komputer, utamanya sistem operasi dan software yang ingin digunakan.
  • Memori (RAM), adalah Rancom Access Memory yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan data sementara ketika komputer dijalankan.

Komponen Output

Setelah dilakukan pemprosesan, maka komputer akan menampilkan informasi dari perintah dalam bentuk output melalui media lain. Media output yang dibutuhkan diantaranya adalah:

  • Monitor, komponen yang digunakan untuk menampilkan output berupa gambar diam atau bergerak. Dapat juga digunakan untuk menampilkan proses yang dilakukan komputer.
  • Printer, komponen yang digunakan untuk menampilkan informasi berupa teks, gambar, atau grafik dalam sebuah kertas. Dalam diartikan juga sebagai piranti untuk mengubah data digital ke bentuk fisik.
  • Speaker, komponen yang menghasilkan output berupa suara atau audio.

Lihat Juga :

CATATAN: Informasi diatas tidak menjamin kebenaran sesungguhnya. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sesuai dengan yang dibutuhkan sebagai bahan referensi atau pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.