12 Jenis-Jenis Keyboard pada Komputer

Di masa sekarang kebanyakan orang lebih sering menghabiskan waktu mereka dengan bersosial media melalui layar ponselnya sepanjang hari. Tak jarang pula ada sebagian orang yang mengunggah berita serta postingan menarik melalui ketikan keyboard pada komputer yang mereka miliki, seperti yang penulis lakukan dalam pembuatan artikel ini. Mendengar kata “Ketik” pikiran Anda pasti akan tertuju dengan salah satu hardware komputer yang paling primer yaitu keyboard. Alat ini digunakan sebagai perangkat input yang mengkonversi data ke dalam bentuk informasi serta perintah yang dapat dimengerti oleh komputer.

Selain berguna sebagai perangkat input dalam menulis teks pada komputer, papan ketik ini juga dapat difungsikan sebagai game controller dalam sistem permainan tertentu. Bahkan keyboard juga dapat difungsikan sebagai shortcut dalam memanajemen pengoperasian sistem komputer, misalnya saja melakukan copy file dengan menekan ”Ctrl + C” dan paste dengan “Ctrl + V”. Selain itu tahukah Anda bahwasanya keyboard memiliki jenis yang berbeda-beda? Untuk mengetahui jenis-jenis keyboard pada komputer, silakan simak penjelasan berikut ini.

Lihat Juga : 15 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Cloud Storage

Pengertian Keyboard

Jenis - jenis Keyboard Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Sebelum ke pembahasan utama mari kita pahami dulu secara singkat apa sih keyboard itu? Keyboard merupakan perangkat periferal yang memungkinkan pengguna untuk menulis teks maupun mengoperasikan kontrol tertentu ke komputer melalui ketukan pada tombol kunci yang terorganisir. Keyboard terhitung sebagai perangkat primer dalam mengoperasikan sebuah PC yang masuk kategori input (masukan). Karena selain fungsinya dalam menuliskan sebuah teks, keyboard juga digunakan dalam mengoperasikan perintah tertentu pada komputer.

Perintah yang maksud tersebut biasa disebut sebagai shortcut, sistem ini dapat bekerja apabila pengguna menekan 2 atau 3 tombol sekaligus secara berurutan sesuai dengan kode kunci yang akan diaktifkan. Misalnya saja ketika pengguna ingin memanggil Task Manager ataupun Log out dengan menekan tombol “Ctrl + Alt + Delete” (Tanpa tanda ‘+’).

Lihat Juga : Apa itu Overclock? Memahami Overclock, Keuntungan, dan Risikonya

Jenis-Jenis Keyboard Komputer

Berikut ini adalah jenis-jenis keyboard yang jarang diketahui oleh kebanyakan pengguna, beberapa di antaranya mungkin dapat menjadi referensi bagi Anda dalam mencari keyboard yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Keyboard QWERTY  

Jenis QWERTY merupakan tipe yang sudah umum dan sering ditemui sejak lama. Keyboard ini menggunakan desain tombol yang diciptakan oleh Christopher Latham Sholes dengan alasan agar agar pengguna lebih cepat dan mudah dalam menggunakan papan ketik. Selain itu struktur tombol QWERTY lebih nyaman digunakan daripada alfabet karena desain tombolnya mudah di adaptasi oleh jari manusia sehingga proses mengetik menjadi lebih efisien.

2. Keyboard Wireless  

Hampir segala macam hardware di masa modern telah dibuat menjadi wireless, hal ini juga diterapkan ke dalam alat input teks seperti keyboard agar memudahkan penggunanya dalam mengolah data pada komputer. Cara kerja keyboard wireless juga sederhana, Anda hanya perlu menghubungkannya ke komputer maupun alat elektronik sejenis melalui perantara Bluetooth, Wi-Fi, maupun perangkat receiver tertentu agar dapat digunakan.

Meskipun keyboard wireless terlihat praktis untuk dibeli dan dipakai, akan tetapi Anda tetap perlu mempertimbangkan kekurangannya seperti daya baterainya yang terbatas, koneksi antara device dengan keyboard yang dapat terganggu serta kualitas bahannya yang tidak sebanding dengan keyboard jenis mechanical dan lainnya.

3. Keypad Numerik

Keypad Numerik merupakan jenis keyboard yang berisi set tombol angka yang terdiri dari 0 sampai 9 dengan desain tombol yang di susun seperti kalkulator. Mungkin Anda bertanya mengapa model keypad numerik ini dibuat? alasannya cukup simpel, yaitu agar pengguna lebih mudah dalam menginput data numerik (data atau informasi yang hanya berisi angka) ke dalam komputer. Biasanya keyboard jenis ini sering digunakan dalam bidang pekerjaan akuntansi.

Lihat Juga : 12 Kelebihan dan Kekurangan iOS

4. Keyboard USB   

Keyboard USB bisa dibilang salah satu jenis papan ketik yang paling kita kenal saat ini, bahkan bisa dibilang merupakan yang cukup umum digunakan di Indonesia seperti di sekolah maupun perkantoran. Keyboard ini dapat dilihat perbedaannya dari jenis lain melalui colokan kabel yang berbentuk persegi panjang dengan lapisan metal yang terletak pada bagian ujung untuk digunakan sebagai konektor pada port komputer dan sejenisnya. Bisa dibilang keyboard USB merupakan versi upgrade dari keyboard kabel PS/2, karena faktor kompabilitas dan fleksibilitas yang ditawarkan jauh lebih baik dari pendahulunya.

5. Magic Keyboard  

Selain mengembangkan produk elektronik berkualitas premium, Apple juga merilis produk papan ketik yang diberi nama Magic keyboard. Kelebihan yang ditawarkan produk Apple ini memberikan sensasi level berbeda daripada keyboard umum kebanyakan. Contohnya seperti mekanisme tombol yang responsif tanpa memberikan suara mengganggu kepada penggunanya, sehingga pengguna dapat lebih fokus pada aktivitas yang mereka lakukan ketika menggunakan komputer.

Dan yang tak kalah penting tentunya Magic Keyboard sangat kompatibel dengan berbagai macam device elektronik seperti iPad, iPhone, Mac bahkan produk non Apple seperti Windows dan juga Android. Selain itu sistem konektor Bluetooth yang tersedia pada Magic Keyboard memberikan pengguna keleluasaan penuh dalam mengetik secara bebas.

6. Keyboard Backlit  

Namanya mungkin terdengar asing bagi Anda, namun sebenarnya keyboard ini cukup populer di kalangan anak warnet dan pecinta komputer. Keyboard backlit merupakan jenis papan ketik yang memiliki sorot lampu pada setiap bagian bawah kunci tombolnya, sehingga dapat membantu pengguna agar lebih presisi dalam mengetik dalam ruangan yang kurang pencahayaan.

Sekarang ini banyak laptop kelas menengah dan atas menerapkan jenis keyboard backlit sebagai salah satu fitur untuk penggunanya. Selain agar terlihat keren, lampu yang menyala pada bagian bawah tombol juga dapat membantu pengguna dalam memperjelas bagian yang akan ditekan. Hal ini juga sangat membantu bagi mereka yang masih awam dalam membiasakan diri mengetik menggunakan keyboard.

Lihat Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan OS Linux

7. Keyboard Gaming  

Seperti namanya keyboard jenis ini dikhususkan untuk mereka yang gemar bermain game. Dan perlu diketahui pula selain digunakan untuk mengetik sebuah keyboard juga dapat digunakan sebagai controller dalam game. Bahkan tak jarang para gamer lebih memilih menggunakan keyboard daripada joystick, untuk memainkan game tertentu karena memiliki kontrol yang lebih akurat dan presisi. Tujuan utama keyboard jenis ini dibuat ialah untuk memuaskan hasrat para gamer yang dasarnya selalu bermain game secara intens, sehingga perangkat yang mereka gunakan sangat berpengaruh kepada kepuasan pengguna dalam bermain game.

8. Keyboard Mechanical  

Keyboard mechanical merupakan papan ketik yang menggunakan mekanisme fisik dalam menggunakannya. Keyboard jenis ini dapat diketahui dari bagian mekanik yang terletak pada bagian belakang tombol kunci sebagai desain dasarnya. Selain pada bentuk fisik, keyboard mechanical juga dapat dikenali melalui suara keras yang dikeluarkan ketika mengoperasikannya. Hal ini disebabkan oleh suara ketuk dari pengguna ketika menekan tombol kunci sehingga per yang berada dibalik tombol menghasilkan gaya pegas secara berulang-ulang dan menghasilkan suara “tuk-tuk-tuk”.

9. Keyboard Membrane  

Keyboard Membrane sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang begitu signifikan dengan keyboard mechanical, hanya saja yang membedakannya ialah bagian tombolnya yang tidak terpisah dan beroperasi dengan kontak membran sebagai konduksi sirkuit elektrik pada bagian bawah tombol keyboard.

Para pengguna PC sering kali membandingkan jenis membrane dengan mechanical karena faktor tertentu, namun banyak pengguna condong untuk memilih keyboard mechanical. Tentunya dengan alasan lebih taktis ketika digunakan untuk mengetik. Namun tidak sedikit pula pengguna yang nyaman memakai keyboard membrane, dikarenakan ketukan tombol yang dihasilkan jauh lebih smooth dan tenang dibanding jenis mechanical.

Lihat Juga : 10 Perbedaan MBR dan GPT Pada Partisi Hard Disk

10. Keyboard Fleksibel

Seperti namanya fleksibel, keyboard ini dinamai demikian karena bahan pembuatnya yang terbuat dari material lunak seperti silikon, polimer atau sejenisnya. Karena terbuat dari bahan lunak dan ringan keyboard ini mudah untuk dibawa berpergian ke mana pun dan digunakan kapan pun. Hanya saja untuk Anda yang sering menggunakan keyboard bertipe taktis dan padat seperti mechanical atau membrane akan sedikit sulit untuk membiasakan diri dalam menggunakannya karena dinilai terlalu lunak untuk dipakai.   

11. Keyboard Multimedia

Sesuai dengan nama yang disematkan pada jenis keyboard ini yaitu multimedia yang berarti memiliki fungsi ekstra. Keyboard multimedia sendiri tidak berbeda jauh dari kebanyakan keyboard secara umum, yang membedakan ialah ada beberapa tombol tambahan sebagai fitur akses yang lebih simpel untuk beberapa pengaturan di komputer. Seperti tombol untuk mengatur audio, mengaktifkan WiFi, membuka E-Mail dan sebagainya. Keyboard ini sengaja didesain demikian untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer agar menjadi lebih simpel dan efisien.

12. Keyboard Virtual

Secara garis besar keyboard virtual tidak memiliki bentuk fisik, namun hanya berbentuk sebuah fitur program bawaan komputer. Hampir setiap sistem operasi menyediakan fitur ini apabila terjadi error pada keyboard fisik sehingga pengguna tetap dapat melakukan aktivitasnya di komputer. Meskipun demikian nyatanya jarang seorang pengguna dalam menggunakan keyboard virtual dalam jangka panjang dengan alasan teksturnya tidak bisa dirasakan oleh jari sehingga membuat tidak nyaman ketika dipakai. 

Lihat Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

Kesimpulan,

Meskipun keyboard memiliki beragam jenis dengan kelebihan serta kekurangan yang berbeda, namun hal tersebut memang dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna yang memang tidak sama satu sama lainnya. Pada akhirnya kenyamanan pengguna juga yang menentukan keyboard paling layak untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari saat berada di depan layar monitor.

Apakah Keyboard Wireless lebih baik dari Keyboard USB?

Sebenarnya hal ini tergantung kepada keputusan Anda sebagai pengguna, namun jika mempertimbangkan masalah kestabilan keyboard ketika beraktivitas maka penulis menyarankan untuk membeli keyboard USB. Hal ini dengan alasan bahwa keyboard wireless memiliki batasan di mana jika daya nya habis maka Anda tidak selalu bisa memakainya.

Apakah Keyboard Gaming layak dibeli?

Meskipun kebutuhan Anda dalam menggunakan keyboard jenis gaming bukan untuk bermain game, maka ya jawabanya layak untuk dibeli. Hal ini dikarenakan keyboard gaming memang didesain untuk penggunaan yang intens dan taktis sehingga kualitas serta kuantitasnya lebih terjamin dari keyboard biasa.

Bagaimana cara mengaktifkan Keyboard Virtual?

Masuk ke Start » pilih Setting » Klik Ease of Access, Cari Keyboard lalu klik, kemudian nyalakan Keyboard on Screen dengan switch Turn On.

Apa fungsi utama Keyboard?

Sebagai perangkat input dalam menulis teks pada komputer dan juga dapat difungsikan sebagai game controller serta shortcut dalam mengoperasikan komputer.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.