Pengertian Keyboard | Susunan, Fungsi, dan Jenisnya

Keyboard menjadi perangkat eksternal yang sangat penting untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer. Bentuk dari keyboard…

Keyboard menjadi perangkat eksternal yang sangat penting untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer. Bentuk dari keyboard pada umumnya terdiri dari berbagai huruf, angka dan simbol-simbol fungsionalitas lainnya. Alat ini juga memberikan kemudahan pengguna alam melakukan proses input data berupa dokumen, gambar, tulisan, dan lainnya ke dalam komputer.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai keyboard, silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lihat Juga : Pengertian Email | Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, dan jenisnya

Pengertian Keyboard

Pengertian Keyboard Adalah
Sumber Gambar : MiIT

Keyboard adalah alat input komputer yang digunakan untuk mengetik informasi dan intruksi perintah, di mana keyboard terdiri dari susunan angka, huruf A-Z, dan simbol-simbol kontrol khusus. Keyboard merupakan papan tombol (bagian penting dari hardware komputer) yang memiliki susunan tombol atau kunci yang bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.

Keyboard juga membantu pengguna komputer dalam mengontrol pekerjaan secara efisien, dengan mempelajari beberapa perintah dan tombol intruksi. Pada umumnya keyboard tersedia dalam 2 port yang ada pada komputer yaitu PS2 dan USB, akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, keyboard dikembangkan dengan memakai wireless (keyboard tanpa kabel).

Keyboard diciptakan oleh Christopher Latham Sholes (Seorang editor dan pencetak surat kabar) pada tahun 1868 berupa rancangan mesin ketik, kemudian ia mematenkan mesin tik praktis pertamanya. Berlanjut segera setelah itu pada tahun 1877 perusahaan Remington mulai memasarkan massal mesin ketik pertama. Hingga berkembangnya teknologi, membuat mesin ketik secara bertahap mengalami revolusi menjadi keyboard komputer standar, seperti yang kita gunakan saat ini.

Lihat Juga : Pengertian Desain Grafis | Para Ahli, Sejarah, Prinsip, dst.

Susunan Tombol Keyboard Berdasarkan Fungsinya

Tombol-tombol pada keyboard dapat dibagi menjadi beberapa grup (susunan) berdasarkan fungsinya, yaitu:

  • Typing (alphanumeric) keys. Yaitu tombol untuk mengetik yang terdiri dari huruf, angka, tanda baca, dan tombol simbol.
  • Control keys. Tombol kontrol digunakan untuk mengontrol atau mengkombinasikan dengan tombol lain untuk melakukan tindakan tertentu. Beberapa tombol yang sering digunakan yaitu Ctrl, Alt, tombol logo Windows, dan Esc.
  • Functions keys. Merupakan tombol fungsi yang digunakan untuk melakukan tindakan tertentu. Beberapa tombol fungsi di antaranya, F1, F2, F3, hingga F12, yang memiliki fungsionalitas berbeda dari program ke program.
  • Navigation keys. Tombol navigasi merupakan kunci yang digunakan untuk berpindah-pindah dalam dokumen, halaman web, maupun mengedit teks.
  • Numeric keypad. Keypad numerik berguna untuk meng-input angka secara cepat. Kunci ini dikelompokkan bersama-sama dalam blok keyboard seperti kalkulator konvensional.
Susunan Tombol Keyboard
Sumber Gambar : InformationQ.com

Ilustrasi di atas akan memperlihatkan bagaimana penempatan tombol-tombol tersusun pada keyboard. Tata letak keyboard biasa akan terlihat seperti di atas, namun di sisi lain ada jenis dan tipe susunan yang berbeda tergantung keyboard yang dipakai.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Dimension beserta Fungsi dan Fitur Lengkapnya

Fungsi dan Manfaat Keyboard

Fungsi dan Manfaat Keyboard
Sumber Gambar : TechRepublic

Pada umumnya, keyboard komputer memiliki fungsi untuk mengirimkan setiap intruksi dari setiap tombol huruf, angka, dan simbol yang diketikkan pengguna, kemudian dikirimkan ke CPU (Central Processing Unit), dari perintah tersebut akan diproses menjadi sinyal-sinyal digital agar dapat dijalankan oleh processor. Maka dari itu keyboard memegang peranan penting sebagai cara pengguna untuk memasukkan informasi dan menjalankan perintah pada program komputer.

Tombol – Tombol Keyboard dan Fungsinya

Biasanya keyboard tersusun dengan tipe Qwerty, namun tata letak penyimpanan tombol antara komputer atau laptop satu dengan lainnya terkadang berbeda. Dalam segi fungsi keyboard memiliki tombol-tombol yang sama. Untuk selengkapnya simak penjelasannya di bawah ini:

Tombol Khusus Keyboard

Tombol  Fungsi
TabMembuat kursor bergeser dengan jarak satu tabulasi ke arah kanan, dan untuk berpindah antar item (maju dengan jarak 5 karakter).
Shift– Untuk menampilkan simbol karakter pada keyboard dengan cara kombinasi, (Contohnya : Shift + ?).
– Untuk membuat huruf kapital menjadi lowercase atau sebaliknya. Cara kerjanya, mengetik dengan menekan tombol Shift.
– Untuk menyeleksi kalimat atau teks, dengan cara menahan tombol Shift lalu klik teks yang ingin diseleksi.
Note: Shift dipakai dalam beragam program dengan fungsi-fungsi khusus.
CtrlDigunakan untuk memilih item dengan cara menahan tombol Ctrl kemudian pilih beberapa item. Tombol Ctrl juga digunakan pada banyak pintasan keyboard.
Scroll LockDigunakan untuk mengunci fungsi glidder (pengguliran) dari mouse scroll. Cara kerjanya hanya dengan mengaktifkan tombol Scroll Lock pada keyboard.
InsertDigunakan untuk beralih di antara dua mode saat sedang mengetik.
Num LockSaat tombol Num Lock ditekan, maka tombol angka keyboard (numerical) akan diaktifkan.
Caps LockUntuk membuat semua huruf yang diketik menjadi huruf kapital. Cara kerjanya dengan menekan tombol Caps Lock pada keyboard.
Tombol FnDapat difungsikan dengan meng-kombinasikan dengan tombol lain. Misanya untuk mencerahkan / meredupkan layar, mengatur naik dan kecilnya volume suara, dan lain sebagainya.
Print ScreenPrint Screen dapat difungsikan untuk menangkap gambar seluruh layar monitor. Cara kerjanya dengan menekan Ctrl+ tombol Print Screen.
EscDigunakan untuk menghentikan dan membatalkan perintah secara cepat maupun menutup program.
Space (Tombol Spasi)Berfungsi untuk menambahkan jarak antar kata saat mengetik sebuah teks. Pada umumnya tombol spasi memiliki bentuk panjang horizontal dan terletak pada bagian bawah.
Tombol Windows (Home) Berfungsi untuk membuka halaman awal atau halaman start secara cepat. Tombol ini dapat dilihat pada keyboard berupa gambar sebuah logo Windows
Tombol Navigasi (Panah Kanan, kiri, atas, dan bawah)Tombol navigasi digunakan untuk menggerakkan kursor ke bawah, atas, kiri dan kanan
Tombol EndUntuk menempatkan kursor ke akhir baris, di mana saat kursor diposisikan.
Tombol Page Up & Page DownUntuk memindahkan kursor ke atas satu panjang halaman maupun ke bagian atas halaman jika dokumen pendek.
Tombol BackspaceUntuk memindahkan kursor ke bawah satu halaman atas bagian bawah halaman jika dokumen pendek.
Tombol HomeUntuk menempatkan kursor di awal baris di mana kursor saat ini diposisikan.
Tombol EnterUntuk berpindah baris atau paragraf. Selain itu, Enter juga dapat digunakan untuk perintah jalankan pada sebuah file atau program.
Tombol DeleteUntuk menghapus sebuah karakter di kanan atau kiri kursor.

Fungsi Tombol Fn (Fn1 – Fn12) pada Keyboard

TombolFungsi
F1Untuk membuka halaman bantuan (help) pada setiap program yang dibuka.
F2Berfungsi untuk mengganti nama (rename) file atau folder yang dipilih.
F3Untuk searching (melakukan pencarian file).
F4Untuk mengarahkan kursor pada address bar pada file My Computer maupun browser.
F5– Untuk me-refresh sistem komputer.
– Fungsi fn+f5 dapat digunakan untuk menurunkan pencahayaan pada layar.
– Untuk memulai tampilan presentasi (slideshow).
F6– Untuk meningkatkan pencahayaan pada layar.
– untuk memindahkan kursor ke address bar pada browser.
F7Dapat digunakan untuk memeriksa ejaan teks dan kesalahan ketik.
F8Untuk menyorot atau memilih teks atau objek .
F9Untuk mengupdate field (Mail Merge) .
F10– Untuk mengaktifkan menu.
– Dengan menekan kombinasi tombol fn + f10 maka dapat mengaktifkan volume suara dan mematikannya (mute).
F11– Untuk menurunkan volume suara saat dikombinasikan dengan tombol fn.
– Untuk membuat tampilan layar penuh pada dokumen komputer, browser dan aplikasi tertentu.
F12Untuk menyimpan data dokumen baru (Save As) dari program Excel, Word, dan lainnya.

Jika dipelajari lebih jauh masih banyak sekali kegunaan tombol-tombol keyboard dan kombinasinya. Selain itu, fungsi tombol keyboard juga menyesuaikan pada jenis program yang digunakan.

Lihat Juga : Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst.

Kesimpulan,

Keyboard merupakan perangkat input yang digunakan untuk menjalankan perintah berupa huruf, angka, karakter maupun simbol yang kemudian diproses oleh komputer. Dengan keyboard aktivitas pengguna yang berhubungan dengan komputer menjadi mudah dan cepat dikerjakan. Keyboard juga merupakan hardware penting pada komputer seperti halnya mouse, speaker, mikrofon, monitor, dan sejenisnya. Tanpa adanya keyboard, pengguna akan sulit berinteraksi atau melakukan aktivitas di depan komputer/ laptop.

Apa itu Keyboard?

Keyboard adalah perangkat input yang berfungsi sebagai alat masukkan berupa teks, simbol, angka, karakter, dan masukan perintah lainnya ke dalam komputer, laptop, maupun smartphone.

Apa fungsi dari Keyboard?

Keyboard berfungsi sebagai perintah masukan berupa teks atau kontrol lainnya ke dalam sistem dan program komputer.

Siapa penemu Keyboard?

Christopher Latham Sholes pada tahun 1868.

Jenis-jenis Keyboard?

Keyboard QWERTY, Keyboard KLOCKENBERG, Keyboard DVORAK, Keyboard Maltron, Keyboard Mekanikal, Keyboard One-Handed, Keyboard Numeric, Keyboard Virtual, dan lain-lain.

Itulah penjelasan singkat dari saya mengenai pengertian, fungsi, dan kegunaan tombol-tombol keyboard, semoga bisa berguna dan bermanfaat. Jika ada ulasan yang kurang dimengerti silakan bertanya melalui kolom komentar. Terima kasih!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar perangkat input Keyboard komputer. Jenis dan penggunaannya dapat berubah seiring perkembangan waktu.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Apa itu Bitmap?

    Bitmap merupakan susunan dari pixel – pixel yang membentuk sebuah gambar / informasi.
  2. Spesifikasi PC / Laptop Untuk eFootball PES 2021

    eFootball PES 2021 adalah salah satu seri game liga pertandingan sepak bola yang dirilis Konami sejak…
  3. Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst.

    Multimedia adalah media teknologi dengan sistem integrasi antara suara, teks, animasi, audio dan video dengan bantuan…